Venture Capital Akan Memilih Bisnis Startups Seperti Apakah? Cari Tahu Selengkapnya di Sini!


Mencari pendanaan dari venture capital merupakan hal yang sangat lumrah ditemui di tengah-tengah masyarakat yang sedang membangun bisnisnya, khususnya di bisnis startups. Seperti yang diketahui, perkembangan teknologi yang pesat membuat banyak orang berlomba-lomba dalam mengembangkan bisnis mereka. Tidak sedikit dari orang-orang tersebut yang tidak memiliki dana yang cukup untuk berkembang. Padahal, dana merupakan salah satu hal yang vital. Pada nyatanya, memang terdapat banyak lembaga yang menyediakan investasi menggiurkan. Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut? Berikut ulasannya.

Mengetahui Apa yang Venture Capital Cari dalam Suatu Bisnis Startups

Venture Capital Akan Memilih Bisnis Startups Seperti Apakah? Cari Tahu Selengkapnya di Sini

Venture capital atau VC umumnya memiliki sejumlah hal yang mereka pertimbangkan. Hal-hal yang dimaksud ini yakni kriteria dari suatu bisnis startups yang dapat meyakinkan mereka untuk menaruh investasinya. Karenanya, penting bagi para pebisnis pemula untuk memikirkan kriteria apa saja yang dilihat oleh para investor. Hal tersebut patut dipikirkan supaya bisa mendapatkan sumber dana terpercaya. Maka dari itu, mari simak bersama apa saja kiranya yang akan dilihat dari sebuah startup.



Produk dari startup 

Cara kamu mengemas atau menciptakan produk dari bisnis yang sedang dikembangkan merupakan hal penting yang bisa membuat para investor tertarik untuk menaruh investasi mereka. Kini sudah banyak sekali startups yang bermunculan dan tentu saja ini menimbulkan persaingan ketat. Tidak sedikit produk yang terlihat mirip karena memiliki gagasan yang serupa. Karenanya, memiliki produk yang dapat diterima secara luas atau menjual dan produk disruptif merupakan poin bagus yang perlu dimiliki.

Tim yang mumpuni

Venture Capital Akan Memilih Bisnis Startups Seperti Apakah? Cari Tahu Selengkapnya di Sini

Dibalik produk yang hebat tentu saja ada orang-orang yang hebat pula dibaliknya. Hal ini menjadi poin lainnya yang umumnya dipertimbangkan oleh venture capital. Adanya tim yang mumpuni untuk sebuah bisnis merupakan sebuah pondasi  yang kuat. Hal terkecil yang bisa dilihat adalah dari adanya visi ke depan yang jelas. Selain itu, tahan akan gempuran dari masalah-masalah dalam masa perkembangan bisnisnya juga menjadi indikator yang bisa dilihat.

Target pasar yang luas

Venture Capital Akan Memilih Bisnis Startups Seperti Apakah? Cari Tahu Selengkapnya di Sini

Memiliki target pasar yang jelas dan luas agaknya menjadi impian setiap pebisnis. Karenanya, ada baiknya kamu juga memikirkan hal ini. Para investor menyukai mereka yang dapat mengukur potensi pendapatan serta memiliki target-target. Sebuah tim bisnis ada baiknya memiliki target keuntungan dan pasar yang ingin dicapai. Tidak harus muluk-muluk pada awal berdirinya, namun paling tidak ada target jangka pendek dan jangka panjang.

Ide yang tidak biasa

Yang satu ini sebenarnya memiliki kaitan erat dengan produk yang ingin diciptakan oleh pebisnis dan dicari oleh venture capital. Saat mengembangkan bisnis, alangkah baiknya mempertimbangkan 3 hal berikut: jadilah yang pertama, jadilah yang terbaik, dan jadilah yang berbeda. Jadilah yang pertama berarti kamu adalah orang pertama yang memiliki gagasan yang belum pernah ada sebelumnya. Jadilah yang terbaik berarti apabila sudah ada bisnis serupa, targetkan untuk melampaui para pebisnis sebelumnya. Yang terakhir, jadilah yang berbeda berarti kamu memiliki gagasan yang berawal dari gagasan lainnya dan memberikan “sentuhan” yang lain agar terlihat tak sama.

Dari banyaknya investor di luar sana, sebuah lembaga Indonesia VC hadir untuk memberikan pendanaan bagi para pebisnis startup di luar sana, yakni Convergence Venture. Sejak didirikan pada tahun 2014, lembaga yang satu ini berkembang menjadi salah satu yang terbaik di bidangnya. Apa yang bisa mereka lakukan untukmu? Kunjungi secara langsung di convergencevc.com. :)

Tidak ada komentar