Review Misteri Pantai Mutiara – Erlita Pratiwi



Judul : Misteri Pantai Mutiara
Penulis : Erlita Pratiwi
Penyunting : Pradikha Bestari
Ilustrator : Indra Bayu
Perancang Sampul dan Isi : Indra Bayu
Penerbit : Kiddo
Cetakan (pertama) : Januari 2015
Tebal : 185 hlm
ISBN : 978-979-91-0814-2




Masih nggak pecaya kalo ada yang bilang jodoh nggak kemana? Weiss, kalo aku sih pecaya.   Setelah mengikuti kuisnya di sana sini . . . . dan kalah, eh Misteri Pantai Mutiara datang sendiri ke studio siar,  langsung dari penulisnya, kak Erlita Pratiwi. Bukan sekedar 1, melainkan 3. 2 untuk pemenang kuis radio, sedang 1nya untuk penyiarnya. Cihuuuii! Tuh kan, kalo jodoh mah nggak kemana. Persis kayak kamu sama aku *uhuk

Awalnya, aku kira Misteri Pantai Mutiara ini adalah bacaan hororr. Hiyyy! Udah kebayang, bacanya kudu siang-siang, di tengah orang rame. Eh salah, ternyata buku ini adalah 1 dari 9 seri misteri favorit terbitan Kidoo, untuk anak-anak. Tapi tetep yess, aku yang penakut agak merinding disko pas ada kata-kata sosok hantu tanpa wajah di salah satu bab buku ini :((

Cerita berawal saat Resti ikut tante Linda yang baru saja menggelar pameran mutiara di Jakarta , berlibur ke Lombok, tempat tantenya tinggal. Di sana, Resti bertemu dengan Amora, putri tante Linda yang suka terbolak balik kalau bicara. Sayang, rencana liburan Resti tak berjalan mulus, sebab tanpa sengaja, sepanjang perjalanan dari bandara hingga tiba di Lombok ia menemukan banyak kebetulan yang aneh. Dari mulai tak sengaja menguping percakapan tante kipas, hingga bertemu dengan pegawai tante Linda yang menurutnya jahat. Dan petualangan besar dimulai saat mutiara-mutiara tante Linda menghilang .. oow!

Jatuh cinta dengan karakter Resti yang menurutku sangat cerdas untuk anak seusianya. Dari ide-ide yang keluar dari resti, aku sering menggumam sendiri “Loh, kok aku nggak kepikir ya?” kalah deh sama anak SD. Heuheu

Salut buat kak Erlita Pratiwi yang sukses menyampaikan banyak hal mengenai lombok di buku ini. Seperti makanan khas Lombok yang sukses bikin baca sambil ngiler. Juga daerah wisatanya yang tergambar cihuuii banget. Jadi pengen nabung deh buat jalan-jalan ke Lombok. 

Eh, nggak cuma itu loh, berbagai pengetahuan yang kayaknya berat jadi terlihat sederhana di buku ini. Semisal cara kak Erlita menjelaskan beda kerang air laut dan air tawar melalui percakapan Resti dan Amora. Aku yang biasanya suka gagal paham kalo udah ngomongin hal-hal teoritis, eh jadi cepet ngerti.

Recommended! Nggak cuma buat anak-anak, tapi buat siapapun yang ingin menjelajah Lombok hanya dengan menyibak lembar demi lembar buku petualangan seru ini.  


#Note: Rekaman Siar ABCB bareng Kak Erlita Pratiwi Bisa didengarkan di : 

7 komentar:

  1. Huhuhuuuu baca ceritamu membuat ku menangissss *loh knp* iya soalnya bikin aku jd kanget pake banget dan akut parah pengen siaran lagi huhuhu .... Iyaaaa aku mantan penyiar yg beberapa bln lalu terpaksa resign demi orang tua huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa alasan orangtua nyuruh berhenti jadi penyiar kak? aku juga awalnya dilarang. tapi lama-lama malah direstuin. heheh

      Hapus
  2. Weee mwnarik, cocok buat yg pengen blajar cernak

    BalasHapus
  3. wah, rekaman siarannya lama juga ya, tan. *dengerin dulu ah* :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu versi full sama lagu-lagunya kak :))

      Hapus
  4. baca judulnya kok kaya kurang menarik yaa ,, mungkin cerita di dalamnya menarik kali yaa :)

    BalasHapus