Review (Driving Story) Dosen Kenthir Belajar Nyetir – Nikmah Yuana




Judul Buku              : (Driving Story) Dosen Kenthir Belajar Nyetir
Penulis                      : Nikmah Yuana
Desain Cover           : Muhamad Sofyan
Layouter                   : Muhamad Sofyan
Editor                        : Edi Dimyati
Pemeriksa Aksara  : St. Jazimah Muhyidin, Rifqi Khoirulanam
Penerbit                    : PT. Media Edents Publika
Cetakan Pertama    : November 2017
Jumlah Halaman   : ix + 210 hlm.
Ukuran Buku           : 11 cm x 18 cm
ISBN                          : 978-602-50528-0-4

Blurb :

Musibah bukan akhir segalanya. Semenjak suamiku divonis gagal ginjal, tak berarti semua aktivitas tersendat. Bukan berarti pula waktu menjadi terasa sempit. Sebaliknya, hidup ini jadi banyak ragam dan lebih produktif. Walau aku dipaksa untuk belajar menyetir, rutinitas mengajar sebagai dosen Politeknik Negeri Semarang (POLINES) taka da hambatan. Mengantar Mas Teguh bolak-balik cuci darah di klinik tetap lancar.


Malahan, dari peristiwa ini justru telah melahirkan banyak cerita seru tentang bagaimana perjalananku saat belajar menyetir. Saking serunya, pengalaman itu dikemas dalam buku menarik Driving Story : Dosen Kenthir Belajar Nyetir. Di dalamnya ada banyak kisah lucu, menyebalkan, mengejutkan dan heroic.

Di balik kekonyolan, buku ini punya kesan mendalam. Dengan cara nekat, Nikmah Yuana mampu melewati semua masalah yang ada. Ya, semua itu bermodal kemauan keras dan kesabaran, walau sempat disita sekaligus dibilang, “Dosen kok ndak tau etika!?”

--

“Kudu dipekso. Nak ora kepekso ora iso iso.”  

Buku ini datang di saat yang tepat. Karena pas banget aku lagi nyari-nyari tempat kursus nyetir sambil menimbang-nimbang “Bakal cepet bisa gak ya? Kalo nabrak gimana? Kalo remnya blong, aku kudu piye?” Abis baca buku Dosen Kenthir Belajar Nyetir karya ibu Nikmah Yuana ini, semangatku rasanya meletup-letup, Ibu Nik yang sudah berumur aja masih semangat belajar kok, masa aku nggak?

Kalau ibu Nik terpaksa belajar mengemudi karena harus mengantar sang suami ke klinik, aku pun sebenarnya terpaksa. Di tempat kerjaku sekarang ini, mau dapat dinas subuh kek, dinas malam yang kelarnya tengah malam kek, tanggungjawab sendiri, udah gak disediakan fasilitas antar jemput supir lagi. Oke bisa pake motor, tapi ngeri-ngeri sedap huhu. Ditambah akhir-akhir ini di kota tempatku tinggal, Bengkulu, lagi rame sama kasus anak gadis hilang – ada yang pergi sama pacar, ada yang dihabisi nyawanya cuma karena uang kos-kosan, ada yang pulang dengan selamat tapi udah kayak orang linglung gitu, dll.

Ngeri gak sih?

Terpujilah jadwal siaran itu random, jadi gak bisa diintai juga “ah malam senin nih, jadwalnya si Intan balik tengah malam”. Gak. Soalnya random serandom-randomnya. Tapi tetap, hati bakal lebih adem & tenang kalo pake mobil ketimbang motoran sendirian.

Awalnya aku pikir, lewat buku ini aku cuma bakal dapat cerita seputar belajar menyetir aja – maksudnya sekedar mobilnya bisa jalan, belok & ngerem doang. Hihi. Ternyata gak. Urusan menyetir ini ternyata lumayan kompleks. Ibu Nik kan tinggalnya di Semarang nih, yang notabene kotanya jauuuuuh lebih padat dibanding Bengkulu, jadi tantangan menyetirnya juga jauh lebih besar. Menyetir bukan sekedar jaga-jaga dari urusan tabrak menabrak doang, tapi juga gimana caranya mengendalikan rasa grogi & panikan, jadi pengemudi yang baik di jalan raya, menghargai pengemudi lain, termasuk gimana caranya bersikap kalo ketemu masalah di jalanan.

Nabrak mobil orang?
SIM disita?
Mobil mati di tanjakan?
Tekor aki?
Nyetir di malam hari dalam kondisi hujan deras?



And many more. Semua cerita tertuang di buku Dosen Kenthir Belajar Nyetir. Happy gak? Bahkan ada tips triknya juga di tiap-tiap bab. Misal nih di bab pertama ada tips dari Bu Nik kalo belajar menyetir mobil itu butuh keberanian dan tekad yang kuat. Kita juga harus mau mengenali fungsi-fungsi alat yang ada di sekitar dashboard. Saat mengemudi, pandangan harus fokus ke depan. Ingat baik-baik posisi gas, rem, kopling & persneling. Berguna banget ya kan?

Sebenarnya kalo diingat-ingat lagi, aku sudah ditawari belajar nyetir pas masih kuliah, pake mobil di rumah. Tapi ada perasaan takut dan gak enakan, terlebih kalo inget peristiwa belajar pake motor pas aku masih  SMP dulu. Motornya babak belur dong. Untung sekedar motor, kalo mobil kan mahal biaya ngebenerinnya. Lecet doang aja abis berapa coba? Aki tekor kena berapa? Jawabannya ada di buku Bu Nik ini teman-teman. Hehe. Selengkap itu loh diceritain kira-kira berapa dana darurat yang harus kita punya untuk menghadapi kejadian tak terduga di jalan raya.  

Pesan Bu Nik di penghujung buku ini, kalo mau jagoan nyetir kayak beliau sekarang yang udah lancar nyetir dalam segala kondisi : pada malam hari, cuaca hujan lebat, ketemu kelokan & tanjakan, nyalip truk, dll, kita harus tetap berani dan terus belajar nyetir tanpa henti. Belajar tak pernah kenal usia. Gak usah nunggu kepepet banget baru mau nyoba belajar. Gak usah nunggu siap-siap banget untuk memulai, toh perfect time itu gak bakal ada kalo gak diciptain sendiri.

Terakhir, aku rekomendasiin buku kece cerah ceria ini untuk kalian yang sekarang masih gamang mau lanjut belajar nyetir ato gak. Baca buku ini berasa punya temen yang menguatkan. Temen yang menyadarkan bahwa untuk jago di jalanan, harus ada pahit asem kecut dulu yang kita lewati di tahapan belajar. Belajar nggak pernah ada ruginya. Apalagi untuk urusan sekrusial menyetir. Teman kantorku pernah bilang, kalo yang bikin dia semangat banget bisa nyetir adalah pas inget anaknya pernah jatuh sakit dan harus dibawa motoran hujan-hujanan, momen pahit itu gak mau lagi dia rasakan, jadi semangat deh belajar nyetir sampai ahli. Bisa kok asal tekadnya kuat.


So, gimana ada yang mau kursus nyetir bareng aku, gak? 

7 komentar

  1. Lucu bukunya kak, kemaren pas fira belajar nyetir juga banyak banget cobaannya. Yang paling serem kalau sampai mati aki pas bulan puasa. Aduh kasihan liat cowok-cowok pada bantu dorongin hehe

    BalasHapus
  2. Itu pertanyaan di akhir kode ya Tan? heheheeee
    Kode untuk siapa kah?
    Kok agak-agak merujuk ke seseorang gitu

    BalasHapus
  3. Buku yang seru kayaknya ya, lumayan ya untuk merefresh otak kalo lagi santai.. jadi pingin baca lho ntan ^^

    BalasHapus
  4. kayaknya bagus buku ini dibaca ya, tahun ini mau mencoba menaklukan mobil, hahaha

    BalasHapus
  5. abi nawra cocok juga nih kalo baca buku ini, supaya feelnya dapat

    BalasHapus
  6. Aku dulu udah sempat bisa mbak. Tp krn mobil ortu dijual, sekarang udah kaku. Ada yg mau ngasih mobil ke aku? Heheh

    BalasHapus
  7. Adekkk, benee banget, aku udah mengantongi sim A tapi kadang masih takut mau coba ke jalan raya, hahaha wah buku ini bisa jadi teman menguatkan

    BalasHapus