Nggak Semua Aplikasi Pinjaman Online Punya Bunga Mencekik, Ini Buktinya




Meski mencekik karena sangat tinggi, sebenarnya ada alasan yang cukup mendasar di balik mengapa rata-rata pinjaman online dari fintech yang beredar sekarang mematok suku bunga 1% per hari atau sampai 30% per bulan. Salah satunya adalah karena jenis pinjaman yang ditawarkan termasuk pinjaman cepat, berisiko tinggi, dan tanpa survey. Jenis pinjaman ini juga lebih berisiko terjadi kredit macet karena antara debitur dan kreditur hanya dihubungkan melalui aplikasi dan internet tanpa bertatap muka secara langsung. Jauh berbeda dengan proses pengajuan pinjaman di institusi konvensional seperti bank.


Suku bunga yang tinggi bisa dibilang adalah ‘jaminan’ yang didapat kreditur atau lembaga keuangan dari nasabah ketika menawarkan jenis pinjaman ini. Keputusan mau pinjam atau tidak, mau menyetujui suku bunganya atau tidak, itu sepenuhnya menjadi pertimbangan dan tanggung jawab kreditur atau peminjam. Maka dari itu, penting sifatnya untuk berpikir panjang dan melakukan riset fintech sebelum pinjam uang ke aplikasi pinjaman online.


Meski rata-rata suku bunga fintech tinggi, tetapi tidak lantas artinya fintech = suku bunga mencekik. Kalau cermat memilih, kamu bisa ketemu banyak aplikasi pinjaman online yang suku bunganya ada di batas aman, paling rendah, dan sesuai dengan acuan kabijakan Bank Indonesia. Salah satunya adalah Kredivo yang hanya mematok suku bunga pinjaman ataupun cicilan barang sebesar 2,95% per bulannya.

Pict from Pixabay


Persyaratan Utama untuk Mendaftar Akun Kredivo


Sebagai fintech, Kredivo memiliki syarat pendaftaran yang terbilang cukup sederhana, yaitu:

1. Kamu wajib WNI yang sudah berusia minimal 18 tahun ke atas.

2. Sudah punya penghasilan tetap minimal Rp 3 juta per bulan.
3. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali,
Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi.


Berbagai Dokumen yang Dibutuhkan untuk Daftar Akun Kredivo


Tidak hanya syarat daftarnya yang sederhana, dokumen persyaratan yang dibutuhkan juga sedikit: KTP, akun internet banking untuk bukti validasi jumlah penghasilan, dan akun e-commerce pribadi kamu yang sudah ada riwayat transaksinya untuk bukti domisili. Nggak perlu pakai slip gaji!


Download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store dan klik “Apply for Kredivo”. Kamu akan diberi dua pilihan pendaftaran, yaitu Akun Basic atau Akun Premium. Perbedaannya terletak pada cara daftar, jumlah limit, serta fasilitas kredit yang didapat. Untuk Akun Basic, kamu cuma perlu mengupload foto KTP, mengisi form data diri, dan foto selfie saja. Sementara untuk Akun Premium kamu perlu menghubungkan akun internet banking dan akun e-commerce pribadi yang sudah memiliki riwayat transaksi.


Limit maksimal untuk Akun Basic hanya Rp 3 juta, sementara untuk Akun Premium maksimal bisa mencapai hingga Rp 30 juta. Selain itu, fasilitas untuk Akun Basic terbatas pada metode kredit bayar dalam 30 hari tanpa bunga. Sementara untuk Akun Premium, kamu bisa menikmati fasilitas cicilan barang hingga 12 bulan di merchant online rekanan Kredivo seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, atau Bukalapak, hingga fasilitas pinjaman tunai dengan tenor maksimal 6 bulan.


Tidak memakan waktu lama, proses approval pendaftaran Kredivo maksimal hanya 1 x 24 jam.


Besaran Pinjaman Online yang Bisa Diajukan Lewat Kredivo


Jenis pinjaman tunai yang bisa kamu manfaatkan apabila sudah terdaftar menjadi Akun premium Kredivo ada dua, yaitu pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Perbedaannya terletak pada besaran pinjaman dan tenor pengembaliannya. Untuk pinjaman mini, jumlah minimal pinjaman yang harus diajukan adalah sebesar Rp 500 ribu dengan tempo pengembalian maksimal 30 hari. Sementara untuk pinjaman jumbo, jumlah minimal pinjaman yang harus diajukan adalah sebesar Rp 1 juta dengan pilihan tenor pengembalian 3 & 6 bulan.


Maksimal pinjaman yang bisa kamu ajukan di Kredivo adalah sebesar limit kredit yang kamu punya untuk tenor 6 bulan. Contohnya kalau kamu mendapat limit kredit Rp 15 juta dari Kredivo, sedangkan limit yang tersedia untuk tenor 6 bulan adalah Rp 7 juta. Maka, maksimal jumlah pinjaman yang bisa kamu ajukan adalah Rp 7 juta dengan tenor 6 bulan dan suku bunga 2,95% per bulannya. Pinjaman yang kamu ajukan akan langsung cair ke rekening pribadi maksimal dalam waktu 1 hari kerja. Pastikan kamu hanya menggunakan fitur pinjaman mini atau pinjaman jumbo untuk mencairkan limit jadi pinjaman di aplikasi Kredivo secara langsung. Jangan menerima tawaran pihak lain apalagi sampai memberikan akun login Kredivo-mu sebab sangat berisiko tinggi untuk disalahgunakan.


Limit Kredivo Juga Bisa Digunakan untuk Belanja Cicilan Barang hingga Tiket Pesawat


Kalau belum butuh pinjaman, kamu bisa gunakan limit yang kamu punya di akun Kredivo-mu untuk belanja cicilan barang apa pun di merchant online rekanan Kredivo. Ada sekitar 200 lebih merchant online ternama di Indonesia yang saat ini sudah bermitra dari Kredivo. Mulai dari Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, JD.id, Bhinneka, dan masih banyak lagi merchant lainnya. Hanya dengan melakukan pembelanjaan minimal sebesar Rp 1 juta di merchant-merchant rekanan Kredivo, kamu bisa langsung cicilan dengan pilihan tenor 3/6/12 bulan, suku bunga 2,95% per bulan, tanpa perlu dp atau uang muka. Nggak cuma barang, lewat aplikasi Kredivo, kamu juga bisa beli pulsa, paket data, token PLN, hingga tiket pesawat ke semua rute secara langsung dengan menggunakan limit kreditmu. :)

Tidak ada komentar