Blogtour LOVE IN EDINBURGH – Indah Hanaco || Review dan Giveaway



Keterangan buku :
Judul : Love in Edinburgh
Penulis : Indah Hanaco
Editor : Donna Widjajanto
Desain sampul : Orkha Creative
Desain Isi : Nur Wulan
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : 2016
ISBN : 978 – 602 – 03 – 2534 – 7
Tebal : 232


Blurb :

Katya adalah karyawati toko kue di Edinburgh yang aktif sebagai relawan di beberapa badan amal. Sementara Sebastian adalah pemilik perusahaan parfum yang sedang menyiapkan masa depan bersama kekasihnya.

Lewat sebuah reality show berjudul Underground Magnate, keduanya bertemu. Sejak awal, mereka punya banyak perbedaan. Katya, muslimah yang menemukan Tuhan justru saat berada jauh dari kota kelahirannya, Jakarta. Sebastian, pria Yahudi yang cenderung menjadi islamphobia usai ibunya menjadi salah satu korban runtuhnya gedung WTC. Namun, ada terlalu banyak hal tak terduga yang terjadi. Reaksi kimia di antara mereka terlalu kuat untuk diabaikan.

Ketika akhirnya Katya dan Sebastian punya kans untuk bersama, dosa masa lalu menghantui keduanya, menuntut penyelesaian. Bisakah cinta membuat mereka tetap bertahan?




2 tahun sudah Katya Nefertiti meninggalkan Indonesia dan menetap di Edinburgh. Meski demikian, masa lalu yang belum masuk fase kadaluarsa masih kerap mengusiknya. Meninggalkan luka-luka yang menganga, berikut trauma yang menyiksa. 

Awalnya, Katya memilih London sebagai tempat aman untuk ‘melarikan diri’, namun pertemuan tak sengaja dengan Evelyn Anderson, pemilik Sister Eve, membuatnya yakin bahwa Edinburgh adalah pilihan terbaik. 

Di kota yang disebut-sebut sebagai kota terbaik untuk ditinggali di seluruh Inggris Raya ini, Katya benar-benar memulai hidup baru. Ia bertransformasi dari gadis manja yang tak tau apa-apa, menjadi perempuan dewasa yang enggan menggantungkan diri pada orang lain. Tak tanggung-tanggung, Katya versi saat ini juga aktif di 3 kegiatan sosial, yaitu We Are Family, Good Karma dan Solitude.


--

Tak ada yang kurang dalam hidup Sebastian Meir, ia memiliki perusahaan parfum bernama Belle Femme. Ia juga memiliki kekasih yang cantik, punya otak cemerlang dan karier bersinar, Bridget Randall, seorang presenter olahraga yang cukup terkenal di Inggris. Namun, akhir-akhir ini Sebastian merasa ada yang kurang dalam hidupnya. Ia menginginkan hubungan yang kokoh dan punya legalitas bersama Bridget. Ia ingin menikah. 

Ketika akhirnya berani melamar Bridget, Sebastian harus menelan kecewa, pasalnya gadisnya belum berniat menikah dalam waktu dekat. Karir Bridget yang sedang melejit, baginya merupakan waktu yang ideal untuk mewujudkan mimpi. Berseberangan dengan Sebastian yang tak sabar untuk membangun rumah tangga.

Alih-alih menemukan solusi yang pas, Sebastian dan Bridget malah terjebak dalam pertengkaran yang lebih sering dibanding sebelumnya. Mereka gagal menemukan kata sepakat. Terlebih Bridget malah menginginkan agar mereka membuat perjanjian pra nikah. Sesuatu yang dibenci Sebastian, karena merasa membuatnya tak dipercayai.



--


Di tengah kemelut hubungannya dengan Bridget, Sebastian mendapat tawaran untuk terlibat dalam sebuah acara reality show bertajuk Underground Magnate. Di acara ini, para pengusaha menyamar untuk melihat langsung bagaimana badan amal di Inggris dikelola. Mereka akan memberi sumbangan dari dana pribadi untuk badan amal yang dipilih. Sebastian, si pengusaha parfum, menyanggupi. Ia berharap pikirannya bisa mendingin dan menemukan jalan terbaik atas masalahnya dan Bridget.

Benarkah Sebastian akan menemukan solusi yang ia cari?

Terlebih, pertemuannya dengan Katya menghadirkan perasaan yang harusnya tidak dikecap, buah dari masa lalu Katya dan masa depan miliknya.

--

Novel kak Indah Hanaco yang berjudul Love in Edinburgh ini merupakan salah satu novel yang terdapat pada series Around the World with Love. Setelah di pekan sebelumnya, Ketimpuk Buku mengajak kamu untuk menelusuri hiruk pikuk masalah keluarga ala Aleska, kali ini kita akan menikmati kisah Katya dan Sebastian yang dipertemukan Tuhan lewat reality show bertajuk Underground Magnate.


Baca juga



Tema yang dipilih kak Indah cukup menantang. Kedua tokoh utama punya masa lalu yang kelam. Katya punya cerita yang mengerikan di masa silam, sedangkan Sebastian terpaksa kehilangan ibunya dalam tragedi WTC. Kejadian yang sukses membuat Sebastian menjadi Islamphobia

Bahasan mengenai toleransi beragama terasa kental sekali di sini. Banyak adegan cerita yang membuatku tersentuh, bagaimana cara orang-orang yang berbeda agama saling menghargai dan mengormati di Edinburgh sana. Inspiratif, sekaligus nyentil. Kenapa kita yang satu agama saja doyan saling hina bahkan saling bantai sih?


Aku juga jatuh cinta melihat karakter kedua tokoh yang berkembang seiring bergulirnya cerita. Saling beranjak dari masa lalu, juga menekan kuat-kuat ketakutan yang menghimpit hati. Terlebih Katya. Entah berapa jempol yang layak dihadiahkan untuk gadis sekuat ini.

Tapi memang sih, Katya dan Sebastian bukan pasangan favoritku dari seluruh novel-novel kak Indah yang pernah aku baca. Selain karena chemistry keduanya yang kurang nendang (barangkali karena mereka tipikal orang-orang yang serius ya), aku juga masih gagal paham, kenapa Sebastian bisa berpaling hati dengan mudah. Eh tapi, kalo kata Maudy Ayunda, ‘tiba-tiba cinta datang..” kan? Hihi.  

Selain membahas mengenai toleransi beragama, yang menjadikan Love in Edinburgh menjadi spesial karena profesi Sebastian yang unik. Aku jadi sedikit tahu mengenai serba-serbi parfum. Seingatku, aku belum pernah membaca novel yang tokohnya berprofesi sebagai produsen parfum seperti Sebastian ini.

Pict source : www.jomalone.co.uk

Pict source : www.mattchapman.me



Mengenai alur ceritanya, kali ini kak Indah benar-benar menghadirkan kejutan bertubi-tubi. Dari mulai saat menguak masa lalu Katya saja, sudah cukup membuatku terkaget-kaget sampe ngelus dada. Ya ampuuun.. ngeri! Peristiwa demi peristiwa setelahnya pun sama sekali ga mudah. Bikin menghela nafas berulang kali. Fiuuh.



Mengenai setting, meski tidak digambarkan secara detail oleh kak Indah, lewat gaya hidup yang dilakoni para tokoh di novel ini, aku cukup setuju jika Edinburgh adalah kota terbaik untuk ditinggali di seluruh Inggris Raya. Kayaknya di sana tenaaang banget, tindak kejahatan pasti juga minim. 


Dan terakhir, inilah pesan moral yang aku dapatkan dari Love in Edinburgh :

Ajakan untuk mengusung toleransi setinggi-tingginya terhadap agama orang lain. Toleransi loh ya, bukan mencampur-adukkan agama.

--

Jangan menilai orang terhadap hal-hal yang tak bisa diubah. Warna kulit atau kebangsaan misalnya.

--

Tidak ada gunanya menoleh ke masa lalu, karena ga ada mesin waktu yang bisa kita pinjam untuk mengubah secuil pun kejadian dari masa itu. Yang bisa kita lakukan hanyalah melakukan hal-hal terbaik untuk hari ini dan hari esok.



--

Allah suka membuat kejutan, memasangkan hal-hal yang sejak awal dirasa mustahil bersama. Jadi jangan ragu untuk banyak-banyak berdoa, memperkencang usaha. Kalau Allah sudah berkehendak, apa sih yang tidak mungkin?





GIVEAWAY TIME!


Ketimpukers mau dapetin 1 novel Love in Edinburgh karya kak Indah Hanaco ini? Tenaaaaaang! Kak Indah & penerbit GPU punya 1 Love in Edinburgh untuk 1 pemenang loh. 

Caranya gimana?

Gampaaang!

1. Follow twitter kak @IndahHanaco

2. Share info giveaway ini di twitter beserta cover Love in Edinburgh. Jangan lupa kasih hestek #LoveinEdinburgh & #AroudtheWorldwithLoveSeries. Mention @inokari_ & @IndahHanaco juga ya.

3. Jawab pertanyaan di bawah ini di kolom komentar dengan format

Nama
Link share info giveaway
Jawaban


Sebastian bisa melupakan Bridget dengan hadirnya Katya. Padahal, Bridget cantik, cerdas, terkenal, kaya, dan yang pastiiii .. Sebastian punya kisah yang ‘dalam’ dengan Bridget. Menurutmu, hal apa yang bisa membuat seseorang bisa melupakan sosok yang begitu ia cintai, lantas berpaling ke orang baru? Apakah perkara chemistry? Perasaan yang hadir tiba-tiba? Ala cinta karena biasa? Atau apaa? Sharing di kolom komentar ya.


Btw, kalo kamu mau dapetin poin tambahan, sertakan juga jawaban dari pertanyaan berikut (cukup jawab A, B, C atau D. Untuk kepentingan survei.)


Tingkat ketebalan buku manakah yang Ketimpukers sukai? 

A. Kurang dari 200 halaman
B. 200-300 halaman
C. 300-400 halaman
D. Lebih dari 400 halaman


Btw, giveaway Love in Edinburgh di Ketimpuk Buku ini berlangsung sejak blogpost ini tayang hingga 14 Mei 2016, pukul 24.00 WIB. Pemenang dipilih berdasarkan jawaban. Makin seru, makin kreatif, makin bikin baper (eh?) maka kesempatan memenangkan 1 novel Love in Edinburgh makin besar.

Pengumuman pemenang paling lambat 2 hari setelah giveaway berakhir yuuu..

Good Luck!





Update Pemenang

Selamat untuk @gemaulani

 




Note :

Pemenang akan dihubungi via twitter. 

Terimakasih untuk partisipasinya. Sampai jumpa di blogtour selanjutnya ya Ketimpukers. :D
 

46 komentar:

  1. Menurutku knp seseorang bisa lupa dan berpaling ke orang baru karena cinta datang karena terbiasa, klise mungkin ya terdengar klise. Tapi bukankah memang kenyataannya begitu, walaupun awalnya g saling kenal,tpi karena seringnya menghabiskan waktu bersama, sering bertemu, akan timbul rasa nyaman dan benih-benih cinta tanpa disadari.

    BalasHapus
  2. Tambahannya untuk pertanyaan kedua jawabnnya B.

    BalasHapus
  3. Nama : Fitriani Dewi
    Link share : http://www.ketimpukbuku.com/2016/05/review-love-in-edinburgh-indah-hanaco.html?m=1

    Jawaban : Terkadang ada hal yang terkadang bisa membuat seseorang bisa melupakan sosok yang begitu ia cintai, lantas berpaling ke orang baru. Bisa jadi ia berpaling ke orang baru bukan karena menilai dari fisiknya, melainkan dari kepribadian seseorang tersebut yang mungkin baginya istimewa, unik atau bahkan berbeda dari orang lain. Karena mungkin ia sadar bahwa fisik bukanlah segalanya, bukan juga penentu sebuah kenyamanan dan kebahagiaan bagi dirinya.

    Jawaban Tambahan : (D) Lebih dari 400 halaman

    BalasHapus
  4. Nama : Arfidiah fitri
    Link Share : https://twitter.com/arfidiahfitri/status/729177220011282432

    Menurutku pada akhirnya se istimewa apapun seseorang baik dari segi fisik dan teman temannya, yang pernah nyentuh dan sempat nempatin satu ruang penting di hati kita , itu akan pudar dan bisa tergantikan dengan seseorang yang selalu ada dan tidak akan pergi meninggalkan kita dalam keadaan apapun karna perasaan itu halus dan sensitif, rasa itu pasti tahu kemana harus meletakan dirinya pada tempat yang semestinya.

    Aku milih B, karna aku suka membaca sebuah karya yang tidak terlalu pendek juga tidak terlalu panjang, biar rasa dari buku yang kita baca lebih bisa kita hayati/maknai dan agar karyanya tidak sampai membuat kita merasa jenuh/bosan untuk menikmatinya ,lagi dan lagi.

    BalasHapus
  5. Wulaningtyastuty

    Https://mobile.twitter.com/tyas_ning/status/729166446324940800?p=v

    Menurut aku seseorang bisa melupakan orang yang sangat dicintainya karena kehadiran seseorang yaa walaupun orang itu tidak lebih cantik, kaya, pinter, ataupun yang lain dari orang yang dicintainya. Tapi kan cinta nggak memandang semua itu kan? Cantik, kaya nggak jadi jaminan. Seiring berjalannya waktu seseorang itu bakalan bisa melupakan orang yang sangat dicintainya karena terbiasa bersama dengan seseorang yang baru itu. Memang sulit melupakan seseorang yang sangat kita cintai karena kita sekolah diajarkan untuk mengingat buksn melupakan hihi :-D apalagi untuk membuka hati dan membiarkan orang lain masuk pasti sulit kan ya. Tapi, who's know? Pasti ada obat penawar kalau ada luka. Dan karena sering bersama seseorang yang baru pasti akan menimbulkan rasa nyaman. Semua itu hanya butuh waktu dan percaya saja kalau semua indah pada waktunya karena seseorang yang tepat tidak akan dipertemukan dalam waktu yang singkat :-D

    Jawaban tambahan : B. (200-300 halaman)

    BalasHapus
  6. Gita Nurladikasari | https://twitter.com/oneonlygzb/status/729220488803672065

    Jawaban :
    Dikecewakan, meskipun terbagi lagi sih di kecewakan karena apa.
    Kalu masalah Sebastian disinikan soal komitmen, itu pasti besar banget kecewanya apalagi tidak ada kata sepakat yang menghasilkan sama-sama menguntungkan.
    Soal komitmen itu masalah yang paling gak bisa di anggap remeh menurutku, saat wanita atau prianya bersikukuh tidak mau menikah. Ya jalan satu-satunya memang mencari pasangan lain. Apalagi kalau ternyata wanita lain itu pas banget seperti yang ia butuhkan. Chemsitrynya dapat banget. Pasti gampang lah cinta itu tumbuh dan subur.
    Seperti sosok Katya yang pas banget untuk Sebastian terlepas dari apa masa lalu Katya.


    Jawaban tambahan : D. (Lebih dari 400 halaman)

    BalasHapus
  7. Nama : Wulandari
    Twitter @wulanchayaank

    Link share https://t.co/9Kf2W68S3o

    #LoveinEdinburgh #AroudtheWorldwithLoveSeries @inokari_ @IndahHanaco


    Jawaban :
    Hal yg bisa membuat seseorang bisa melupakan sosok yang begitu ia cintai lantas berpaling ke orang baru adalah karena ....

    Seperti yang sering kita dengar, berjuang mendapatkan cinta itu sulit namun lebih sulit lagi adalah mempertahankannya.
    Mempertahankan segala sesuatu adalah tidak gampang apalagi di masa kosong .

    Pepatah jawa mengatakan witing tresno jalaran soko kulino. That's it


    tebal buku C.

    BalasHapus
  8. Arie Pradianita

    https://twitter.com/APradianita/status/729239057889296384

    Hal-hal yang bisa membuat seseorang bisa melupakan sosok yang begitu ia cintai, lantas berpaling ke orang baru:

    1. Kurangnya perhatian dari pasangan.
    Well.. Kurangnya perhatian dari penyebab melupakan dan berpaling merupakan masalah klasik yang sering terjadi, kurangnya perhatian sering kali disebabkan oleh salah satu pasangan yang terlalu egois, tidak bisa memahami satu sama lain, sehingga komunikasi susah terjalin dan akhirnya membuat salah satu pasangan tidak puas karena merasa terasingkan. Walaupun pasangan tersebut selalu kemana-mana bersama tetapi satu sama lain kurang perhatian sama saja seperti sosok perempuan yang dijaga oleh seorang pengawal.

    2. Uang.
    Lagi-lagi uang yang berbicara, sepertinya peribahasa ini masih berlaku ya saat ini "Ada uang Abang ku sayang, gak ada uang Abang ku tendang". :) Itulah godaan paling berat dalam menjalin hubungan, jika kita tidak memiliki komitmen yang kuat terhadap pasangan kita dan mencintai dengan hati yang tulus. Uang bukanlah segalanya dalam hidup ini tetapi cinta bisa membuat segalanya indah.

    3. Sensasi.
    Ini yang paling terbaru, seseorang berusaha untuk mendapatkan "cintanya" tetapi dia hanya ingin mendapatkan sensasi saja, atau zaman sekarang biasa disebut "playboy" dan "playgirl". Biasanya orang seperti ini hanya ingin mendapatkan sensasi dan pujian dari teman-temannya, tentunya ya itu teman sesama playboy dan playgirl tersebut, bahwa dia bisa mendapatkan seorang perempuan atau laki-laki yang diincar-incar untuk dipertaruhkan hanya untuk kepuasan mereka sendiri, dan akhirnya pasangannya dicampakan. Wuihhh.. Rasanya itu lebih menyakitkan daripada diselingkuhin secara normal. :)

    4. Tidak puas terhadap pasangan.
    Faktor melupakan dan berpaling karena tidak puas dengan pasangan adalah sering terjadi pada pasangan suami-istri, istri yang kurang baik dalam melayani suami atau suami yang tidak bisa memenuhi kepuasan istri. Dan akhirnya mereka berpaling mencari pasangan lain karena kurangnya "servis" dari pasangan sebelumnya. Pasti Kak Intan tahulah maksudnya, sedikit tabu untuk membahasnya secara terperinci lagi. :)

    Okay baiklah, itu tadi hal-hal yang bisa membuat seseorang bisa melupakan sosok yang begitu ia cintai, lantas berpaling ke orang baru, lagi-lagi jika ingin serius dalam membangun sebuah hubungan yang harmonis selamanya maka harus mempunyai komitmen yang kuat dengan pasangan agar tercipta suatu hubungan yang harmonis tanpa kepalsuan yang menyakitkan. :)

    TINGKAT ketebalan buku yang saya sukai adalah B. 200-300 halaman.

    BalasHapus
  9. Nama : Ignasia Ruvina
    Link Shares : https://twitter.com/IgnasiaRuvina/status/729592386033090560
    Jawaban : ada banyak hal yang bisa membuat orang-orang melupakan siapa yang mereka cintai sebelumnya dan berpaling kepada orang lain.

    Yang pertama adalah kecocokan,jadi perasaan cocok atau nyaman terhadap orang baru seringkali membuat orang-orang tersebut berpikir, bahwa sebenarnya antara orang tersebut dengan pacar atau orang yang dicintainya memiliki banyak perbedaan. Pikiran itu terus mengganggu hingga meretakkan hubungan kedua orang itu. Hal ini biasanya terjadi pada orang-orang yang plin-plan dan sering kali menjadi penyebab ia bergonta-ganti pacar terus hingga ia pun mendapat julukan playboy atau playgirl.

    Yang kedua adalah tampang atau wajah, postur tubuh atau penampilan. Orang-orang yang tertarik terhadap tampang memiliki prinsip seperti kategori nomor 1 tadi, dan biasanya rasa cinta mereka hanya bertahan sebentar, bahkan cinta mereka sebenarnya tak dapat dikategorikan sebagai cinta yang sebenarnya, melainkan perasaan kagum atau mengidolakan saja. Perasaan ini cepat mati, apabila orang yang disukai ternyata tak sesuai dengan ekspektasi.

    Yang ketiga adalah kemiripan orang-orang baru terhadap cinta pertama atau role model pacar seperti ibu. Terkadang orang baru yang kita temui memiliki kemiripan sifat atau perilaku dengan cinta pertama kita atau dengan orang tua kita. Survei yang dilakukan oleh orang-orang korea membuktikan bahwa biasanya pacar kita biasanya memiliki kemiripan entah di bagian mananya dengan orang tua kita, karena sebenarnya role model pasangan kita adalah orang tua kita. Sebab, pasangan yang pertama kali kita lihat di bumi ketika kita lahir adalah ortu kita,yg kita tiru tingkahnya juga ortu kita, hal ini pun juga berlaku bagi pasangan hidup.

    Yang keempat adalah uang. Banyak orang yang memiliki masalah keuangan dan biasanya karena masalah tersebut, dia akan menghabiskan uang yang diterimanya (gaji) sebelum pada waktunya. Hal ini menyebabkan orang-orang tersebut mencari berbagai solusi untuk mengatasi perekonomian mereka saat itu, salah satunya dengan memacari orang kaya. Biasanya, orang-orang kayak gini akan bersikap baik,malah terlalu baik pada pasangannya hingga dapat dikategorikan sebagai babu cinta atau babu uang? *ups* sikap baik ini hanya bertahan ketika pasangan mereka masih punya uang untuk menopang hidup mereka, tapi begitu uang itu habis, sikap mereka yang sebenarnya pun keluar, dan akhirnya mereka putus. Hal ini mengingatkan saya pada pepatah "Kacang Lupa Pada Kulitnya"; "Habis Manis Sepah Dibuang".

    Yang terakhir karena takdir atau "Love at The First Sight". Saya percaya pada Tuhan bahwa jodoh saya sudah ditentukan dari sononya, makanya saya gak terlalu rewel berusaha pacaran sana-sini karena seperti kata orang, "Kalau jodoh, emang gak kemana."

    Lalu... sebenarnya saya suka semua tingkat ketebalan buku, yang penting isinya bagus, tapi kalau disuruh *dipaksa* milih saya suka yang lebih dari 400 halaman karena... rasanya menantang untuk ditaklukan

    BalasHapus
  10. Nama: Trisna Novi Aswita
    Link: https://mobile.twitter.com/trisnanovi16/status/729666819217182720
    Jawaban: takdir. sedalam apapun kita mencintai seseorang. Sesempurna apapun orang itu untuk kita. Jika dia tidak ditakdirkan untuk bersama kita, maka kita tidak akan bersama
    Tebal buku: c

    BalasHapus
  11. Nama : Ratnani Latifah
    Link Share : https://twitter.com/ratnaShinju2chi/status/729700928681431040

    Jawab :

    Tidak lagi memiliki kecocokan dalam pandangan hidup dan tentang kenyamanan. Jika sudah tidak nyaman pada suatu hal seseorang pasti akan berpaling. Mencari tempat lain yang memberikan kenyamanan yang diinginkan. Begitupun perasaan suka. Jika salah satu sudah merasa tidak nyaman, ketika dia mendapat kenyamanan dari orang lain, maka dia pasti akan memilih stay di sana.

    Dan lagi mungkin karena memang sudah jalannya cintanya seperti itu. Karena hati memang bolak-balik. KIta tidak tahu pada siapa hati akan benar-benar berlabuh. Secinta apapun, jika memang tak jodoh kadang perasaan yang awalnya kuat bisa perlahan terkiksi. Begitupun sebaliknya, jika memang jodoh, meski baru bertemu jika ditakdirkan bersama. Cinta itu akan terpupuk sendiri.

    Waduh kalau disuruh pilih malah bingung. Karena aku suka baca berapa pun halamannya. Ada tantangan tersendiri untuk menuntaskannya. Tapi kalau harus memilih aku pilih D 400 lebih. Ini sangat menantang.

    BalasHapus
  12. Nama : Ratnani Latifah
    Link Share : https://twitter.com/ratnaShinju2chi/status/729700928681431040

    Jawab :

    Tidak lagi memiliki kecocokan dalam pandangan hidup dan tentang kenyamanan. Jika sudah tidak nyaman pada suatu hal seseorang pasti akan berpaling. Mencari tempat lain yang memberikan kenyamanan yang diinginkan. Begitupun perasaan suka. Jika salah satu sudah merasa tidak nyaman, ketika dia mendapat kenyamanan dari orang lain, maka dia pasti akan memilih stay di sana.

    Dan lagi mungkin karena memang sudah jalannya cintanya seperti itu. Karena hati memang bolak-balik. KIta tidak tahu pada siapa hati akan benar-benar berlabuh. Secinta apapun, jika memang tak jodoh kadang perasaan yang awalnya kuat bisa perlahan terkiksi. Begitupun sebaliknya, jika memang jodoh, meski baru bertemu jika ditakdirkan bersama. Cinta itu akan terpupuk sendiri.

    Waduh kalau disuruh pilih malah bingung. Karena aku suka baca berapa pun halamannya. Ada tantangan tersendiri untuk menuntaskannya. Tapi kalau harus memilih aku pilih D 400 lebih. Ini sangat menantang.

    BalasHapus
  13. Khoyul
    https://twitter.com/JKhoyul/status/729885817460559872

    Jika seseorang yang tadinya sudah menjalin hubungan sangat lama kemudian bisa berpindah hati, kemungkinan cinta yang dia miliki belum sungguh-sungguh. Dan ketika orang itu mampu meraih kenyamanannya justru dengan orang lain yang baru saja ditemuinya, berarti dia telah menemukan tempat di mana bisa meletakkan segala-galanya. Raga dan nyawa, juga cinta. Mungkin demikian juga dengan Sebastian.

    Soal jumlah halaman buku yang aku suka lebih dari 400 halaman. Aku jarang bisa beli buku, maka dari itu membaca buku tebal bisa membantuku nggak galau karena buku nggak bisa habis dibaca sekali duduk.

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Nama: Khoirun Nisa'
    https://twitter.com/khoirvnisa/status/729949175782117376

    Kalau ditanya kenapa maka jawaban saya adalah banyaaak sekali alasannya. Entah masalah kenyamanan, kecocokan, merasa saling melengkapi, dan sebagainya. Intinya sih banyak sekali alasan yang pada dasarnya itu semua terserah sama yang namanya hati. Kadang, pas kita ngrasa nyaman pun, kita nggak bisa berpaling ke yang lain karena merasa bahwa hati kita sudah punya rumahnya. Seperti kata orang-orang, masalah hati siapa yang tahu. Bisa saja kita jatuh hati pd orang yang dimata orang-orang di sekitar kita tidak baik untuk kita. Tapi bagaimana lagi, hati terlanjur memilih. Hati tidak bisa disalahkan, dia punya caranya sendiri

    Soal halaman bukunya, saya milih yang B karena saya orangnya bosanan jadi kalo bukunya terlalu tebal saya akan terus menunda-nunda buat menyelesaikannya.

    Wish me luck enough to win this time ;D

    BalasHapus
  16. Nama : Yohana siallagan
    link share : https://twitter.com/MrsSiallagan/status/729999804428754945
    Jawaban :
    Menurut saya hal-hal yang bisa membuat seseorang bisa berpaling dari sosok yang dia cintai dengan orang yang baru adalah
    Dia mempunyai perasaan mendalam atau love at first sight dengan wanita baru.Mungkin ada chemistry yang mendalam saat pandangan pertama .Percaya atau tidak tetapi faktor tersebut adalah salah satu penyebabnya sehingga selalu ada rasa tak menentu yang membuat jantung selalu berdetak tak karuan .Ada perasaan ingin selalu berjumpa dengan orang tersebut.yang kedua faktor kebersamaan , tak peduli suka atau benci jika selalu bersama dalam situasi apapun maka akan selalu ada rasa baik rasa benci atau suka maka jika sekali berpisah , pasti akan menimbulkan kerinduan . Sehingga membuat seseorang selalu penasaran dengan si wanita tersebut .Yang ketiga adanya perbedaan yang tidak dia lihat pada wanita tersebut sehingga dia sangat tersentuh misalnya dia lebih ramah,murah senym ,cerdas dan bersahabat .Dia akan semakin jatuh cinta dengan wanita tersbut dan dia berpikir bahwa dia belum pernah menemukan sosok wanita yang seperti itu .Dia akan kagum sekaligus takjub sehingga dia ingin selalu bersama wanita yang bisa membuatnya nyaman dan penuh cinta .
    B
    #LoveinEdinburgh #AroundtheWorldLoveSeries

    BalasHapus
  17. Nama : Rissya Mutya Prima
    Link share : https://twitter.com/RMP2982/status/730078623432990720

    Alasannya mungkin karrna sosok yang dahulu kita cintai menyakiti hati kita membuat kita kecewa dan patah hati. Disaat yang sama hadir sosok yang membuat kita nyaman dengan segala chemistry, waktu yang dilewati bersama, sehingga menimbulkan perasaan yang tiba-tiba hadir tanpa disadari. Apalagi jika ada rasa menyayangi, ingin melindungi, dan saling melengkapi membuat benih cinta yang tumbuh makin mumpuni. Belum lagi jika dengan hadirnya sosok baru membuat kita dapat memandang hidup dengan lebih berarti, menerima segala kekurangan/kelebihan dengan ikhlas, saling melengkapi untuk mencapai kesempurnaan-Nya, apalagi bila sampai menjadi teman di surga, subhanallah banget kak! Kalo begini siapa yang bisa menolaknya *seketika aku baper* *mau punya sosok yang seperti itu* *jodoh mana jodoh* Apalagi jika sosok baru ini membuat kita tau bahwa masih ada cinta yang lebih indah dan lebih murni dari cinta sesama manusia, yaitu cinta kepada Tuhan :)) *fix baper*

    aku suka yang B dan C *ehh kalo dipilih satu aja pro ke B :D

    Wish Me Luck ^^

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Nama: Aulia
    Link share: https://twitter.com/nunaalia/status/730287739866734592

    Menurutku hal yang bisa membuat seseorang bisa melupakan sosok yang begitu ia cintai, lantas berpaling ke orang baru adalah Hati/perasaan. Bicara tentang cinta tidak akan lepas dari hati. Hati-lah yg merasakan nyaman dan tidaknya kita dengan seseorang. Hati juga yg memilih orang yg ingin kita cintai. Jika hati dikecewakan, kita akan merasa sakit dan sedih sehingga rasa cinta yg ada bisa pudar bahkan hilang. Dan jika hati merasa nyaman dan bahagia, maka cinta pun akan datang.

    Tingkat ketebalan buku yang disukai
    B. 200-300 halaman

    BalasHapus
  20. Nama : Heni Susanti
    Link Share : https://twitter.com/hensus91/status/730311613941616640
    Jawaban :
    Menurutku satu yang bisa membuat seseorang melupakan orang yang dia cintai dan berpaling pada orang lain adalah waktu. Waktu yang mempertemukan Sebastian dan Katya memisahkannya dengan Bridget. Waktu yang menciptakan kebersamaan antara Sebastian dan Katya dan melunturkan sedikit demi sedikit perasaannya pada Bridget. Waktu yang dilalui Sebastian bersama Katya dan mulai mengaguminya. Waktu yang dimiliki Sebastian untuk mengenal Katya dan semua yang ada pada Katya namun tidak ada pada Bridget. Waktu yang menyadarkan Sebastian kalau yang dia butuhkan adalah wanita seperti Katya.

    Aku suka tingkat ketebalan buku 300-400 halaman, gak terlalu tipis tapi juga gak ketebalan. PAS. :)

    BalasHapus
  21. nama: sari rahmawati
    link share: https://twitter.com/rie_bundaAzka/status/730300639025057792
    Alasannya mungkin karena pada awalnya Sebastian melihat sosok Katya yang seorang muslimah ternyata tidak seburuk yang ditakutkan oleh Sebastian yang mengidap Islamphobia. Katya memiliki toleransi yang tinggi terhadap agama lain, Katya juga menilai Sebastian tidak hanya dari penampakan luar yang terlihat kasat mata. Katya tidak hanya melihat Sebastian sebagai seseorang yang sukses dengan perusahaan parfumnya, justru Katya menganggap bahwa kesuksesan yang diraih Sebastian bukan hanya hasil kerja kerasnya semata tapi juga karena seizin Tuhan, sosok Katya yang religius membuat Sebastian jatuh cinta terlebih Sebastian sadar bahwa seseorang yang mencintai Tuhannya dan takut akan murka Tuhan tidak akan berani berbuat jahat pada sesama manusia terlebih pada orang yang dicintainya.

    Jawaban tambahan: B. 200-300 halaman

    BalasHapus
  22. Nama : Nafilah
    Link Share : https://twitter.com/Naafilahizzah/status/730310560974135297

    Ans :
    Hal apa yang bisa membuat seseorang bisa melupakan sosok yang begitu ia cintai, meskipun begitu klise tapi menurutku hal itu bisa terjadi karena penghianatan dan juga kematian.

    -Penghianatan itu sendiri bisa berdampak pada kepercayaan orang, jika seseorang sangat mencintai kita, sudah pasti ia memberikan harapan, kepercayaan yang sangat besar pada kita, sekali ia mengetahui kita menghianatinya, sebesar apapun cintanya, ia akan berusaha meninggalkan dan bahkan melupakan kita.
    -Kematian, mungkin awalnya kita pikir ini tidak akan berdampak, mungkin kita akan berpikir bahwa jika seseorang meninggal maka kita akan masih tetap mengenangnya. Tapi lain halnya jika ada seseorang yang sangat mencintainya, seseorang itu akan menganggap orang yang dicintainya telah meninggalkannya, rasa sakit yang mendalam membuat pikiran menjadi tidak jernih, rasa sakit itu cenderung membuat orang tersebut membenci orang yang telah meninggalkannya, bahkan tak jarang seiring berjalannya waktu ia akan melupakan orang yang telah meninggalkannya, meskipun masih terselip kenangan-kenangan mereka.

    ketebalan buku yang aku suka? c. 300-400 halaman.

    wish me lucky kakk^^

    BalasHapus
  23. Nama: Novi Diyah
    Link share: https://mobile.twitter.com/VidyChanzu/status/730311322261315584

    Menurutku kenapa seseorang bisa berpaling dari orang yang dicintainya lalu berpaling ke orang baru karena kekecewaan, dia berharap penuh pada seseorang itu, contoh yang di cerita dia ingin berkomitmen karena udah merasa cocok. Tapi si doi gak mau, emang si doi bisa dikatakan sempurna, tapi kita pasti memilih kepastian, ya kan. Jadi saat Sebastian bertemu Katya, merasakan chemistry, adanya kepastian maybe...
    Mungkin itu saja, kurang bisa berkata2 heee

    Kalau masalah buku, setebal apapun kalau ceritanya rame why not...
    Tapi kalau disuruh milih aq pilih B, biar sekali baca heee

    BalasHapus
  24. nama : wening
    share :
    https://mobile.twitter.com/DabelyuPhi/status/730317366530179072?p=v

    hal yang membuat seseorang bisa melupakan sosok yang begitu ia cintai, dan berpaling ke orang yang baru sih... kalo menurutku karena seseorang tersebut terbiasa dengan kehadiran si orang baru.

    terkadang, orang yang sangat asing bagi kita yang tiba-tiba saja memasuki dunia kita tanpa ijin, seringkali membuat pikiran kita secara perlahan-lahan dan tanpa sadar akan memikirkan orang tersebut; entah karena rasa nyaman yang ia tawarkan ataupun rasa kesal yang ia berikan setiap kita berada didekatnya. perasaa-perasaan yang awalnya begitu kecil dan sering kita abaikan tersebut, pada akhirnya akan membuat kita jadi terbiasa dengan orang baru itu. dan waktu juga ikut berperan dalam memupuk chemistry diantara dua orang asing seiring keterbiasaan yang mereka habiskan bersama.

    tapi bagaimana pun, Tuhan tetap ambil bagian sih di dalam pertemuan seseorang tersebut dengan si orang baru. karena di dunia ini tidak ada yang namanya kebetulan. yang ada hanyalah "kebetulan" dipertemukan Tuhan dengan orang yang tepat dengannya tapi waktunya terlambat... makanya seseorang tersebut akhirnya berpaling dan melupakan sosok yang begitu ia cintai.

    BalasHapus
  25. Nama : Rachmah Wahyu
    twitter: @rachmah_wahyu
    link share: https://twitter.com/rachmah_wahyu/status/730542996786057217
    Domisili : Surabaya
    Jawaban :

    Menurut saya ada beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang melupakan orang yang dicintainya dan beralih pada orang baru, yaitu :
    1. Rasa kecewa. Seperti yang telah kakak jelaskan pada review bahwa Sebastian sebenarnya menginginkan adanya komitmen pernikahan antara dirinya dengan Bridget. Namun Bridget tidak bersedia karena karirnya sedang melejit. Sebastian jelas merasa kecewa, Bridget lebih mengedepankan karir ketimbang dirinya. Itu adalah bukti bahwa Sridget sebenarnya tidak cukup mencintai dirinya, karena Bridget lebih mengedepankan karirnya ketimbang Sebastian. Secara tidak langsung Bridget beranggapan bahwa karirnya akan turun jika dia menikah dengan Sebastian. Dengan kata lain, Sebastian baginya tidak cukup mumpuni untuk menunjang karir dan popularitasnya.
    2. Rasa jenuh. Pada setiap hubungan, pasti ada titik jenuh di mana kita merasa bosan terhadap pasangan. Apalagi jika pasangan tersebut tidak menunjukan perasaannya pada kita. Sementara kita bertemu dengan orang baru yang memiliki kepribadian leih baik dari pada pasangan kita, siapa yang tidak tertarik?
    3. Rasa lelah. Sebastian terus memperjuangkan cintanya dengan Bridget, bahkan memberanikan diiri melamar Bridget. Namun tidak ada perjuangan apa pun dari Bridget. Cinta adalah sebuah kesepakatan untuk bahagian bersama. Jika satu pihak terus berjuang sendirian, hal itu pasti terasa melelahkan.
    4. Frekuens pertemuan yang kurang. Bridget yang begitu sibuk dengan karirnya sehingga hanya dapat meluangkan sedikit waktu untuk Sebastian. Sementara frekuensi pertemuan Sebastian dengan Katya lebih sering, tentu saja Bridget dapat terlupakan untuk sementara waaktu.
    Menurut saya pribadi,cinta adalah tentang bagaimana kita membangun masa depan bersama. Jika kita memiliki pasangan semaccam Bridget yang tidak memasukan kita dalam rencana hidupnya tentu kita merasa miris. Dan kita perlu mempertimbangkan berapa lama hubungan tanpa kejelasan akan masa dengan semacam ini akan bertahan. Saya justru sangat setuju jika Sebastian move on dari Bridget. Untuk apa sih kita terus memperjuangkan cinta bersama orang yang tidak memperjuangkan kita? Cinta adalah tentang prioritas. Jika kita tidak berada prioritas utama bagi pasangan kita, hampir dapat dipastikan bahwa mereka sebenarnya tidak memiliki perasaan cinta yang cukup besar pada kita. Cepat tinggalkan dia dan cari orang lain yang bersedia berjuang untuk bahagia bersama kita.

    Tingkat ketebalan buku yang saya pilih adalah B (200-300 halaman)

    BalasHapus
  26. Nama : Naning Pratiwi
    Link share info giveaway : https://twitter.com/ning_nong27/status/730655258892869632
    Jawaban

    Mungkin Sebastien kecewa. Kadang rasa kecewa yang teramat besar bisa meluruhkan cinta. Meskipun awalnya itu bisa dikatakan cinta, tapi kalau rasa kecewa yang sering datang, pastinya akan merubah perasaan seseorang. :D :D :D

    Kalau masalah tebal buku, saya pilih 200-300 halaman :D :D

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. Nama: Diah P
    Twitter: @She_Spica
    Link share: https://twitter.com/She_Spica/status/730720944809902080

    Kenapa Sebastian mudah berpaling?
    Karena, melihat dari pengalaman teman lelakiku yg jg mengalami hal yg sama, itu karena dia menerima perlakuan yg terlalu membuat sakit hati dan kecewa luar biasa dgn sosok yg selama ini dicintainya. Juga karena sosok tersebut trnyta tidak memiliki inner beauty yg selama ini disangka-sangkanya.
    Lalu ketika muncul sosok lain yg tampak sederhana, namun brsahaja dan menampakkan inner beauty yg membuat dia tertegun sejak pandangan pertama, maka cinta pun tumbuh tanpa disadarinya. Melupakan sosok terlampau sempurna yg selama ini mengisi hatinya hingga kesempurnaan fisik dan otak yg dimilikinya pun ternyta tak sejaln dgn kesempurnaan akhlaknya.
    Kesempurnaan akhlak itulah yg mngkin membuat Sebastian jatuh hati pada Katya meski pun gadis itu tidak memiliki fisik dan otak yg sebagus Bridgate.
    Begitulah kira2 hal yg kuamati pada teman lelakiku dulu yg memiliki kasus yg sama dgn Sebastian.
    Terima kasih.

    By the way, buku yg bikin aku nyaman untuk baca itu yang berhalaman 200-300 halaman karena bisa langsung tamat dibaca sebanyak 2-3 kali duduk saja 😊

    BalasHapus
  30. Kurnia Dwi Pertiwi
    https://mobile.twitter.com/KDP264/status/730745297681321985

    Ketertarikan yang berbeda. Sebastian punya ketertarikan yang luar biasa beda sama katya. Yang jarang dia temui di bidget atau mantan-mantannya.setiap manusia pasti punya daya tarik tersendiri. Bigdet dan mantan sebastian yang lain bukan tidak punya daya tarik, mereka punya kok bukti pacaran sama sebastian tapi daya tarik mereka berbeda-beda. Nah, si katya ini daya tariknya, sampai narik banget [?] yang bikin si sebastian penasaran. Nggak mandang dia cewek miskin, sederhana atau apalah karena Cinta mengalahkan logika. Toh orang gendut tetap punya pasangan, orang yang punya kekurangan masih bisa dapat pendamping. Itu karena mereka punya daya tarik tersendiri, yang orang lain nggak punya. Atau hanya orang tertentu saja yang sadar akan daya tarik si dia. Termasuk sebastian.
    namanya juga daya tarik pasti bikin kita semakin mendekat dong. Semakin dekat sama jodoh.


    Terus kapan kamu sadar aku punya daya tarik, biar semakin menarik, semakin dekat, semakin bersatu di pelaminan *NOTE: BUAT KAMU, TULANG RUSUK YANG AKU COLONG

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saking gregetannya sama kamu, aku sampai lupa masih ada pertanyaan yang belum aku jawab. Bukan pertanyaan dari calon mertua kamu kok, ini pertanyaan dari mbak inokari biar aku menang dapet buku. Lumayan kan bisa membunuh waktu siapa tau kamu tiba2 dateng karena udah lihat daya tarik aku. *NGOMONG SAMA CALON IMAN*

      Mbak inokari aku pilih B, ya. Yang 200-300 halaman. Di paket ke rumah, ya :D itu katagori buku yang standar lah, bicara nggak terlalu cepat dan nggak terlalu lama. Buku yang halamannya dikit cukup buku pernikahan aja, mbak. *eh *baper

      Hapus
  31. Nama: Dian Maharani
    Link share info giveaway: https://twitter.com/realdianmrani93/status/730697376747245569

    "Menurutmu, hal apa yang bisa membuat seseorang bisa melupakan sosok yang begitu ia cintai, lantas berpaling ke orang baru?"

    Ada cinta karena biasa <3
    Bukan maksud iklan nih hihihi Tapi aku ingat dulu ada iklan pasta gigi dengan program sikat gigi selama 21 hari untuk menjadi kebiasaan baik. Usut punya usut, katanya 21 hari adalah rata-rata yang digunakan untuk mengubah kebiasaan. Aku percaya ini karena aku pernah merasakan ajaibnya 21 hari untuk kebiasaan seseorang, baik memulai kebiasaan baru yang baik maupun meninggalkan kebiasaan lama yang buruk *Ayo dicoba~
    Nah, untuk kasus move on dari seseorang, bukannya men-judge sih, tapi ke-gagal-an move on seseorang menurutku adalah karena dianya yang memang belum mau pindah, malah menggalau-kan diri dengan ngestalk akun sns doi, baca sms atau chat lama sama doi, atau malah sering cupan (curi-curi pandang) ke doi *padahal katanya udah zizik wkwkwk* Yah, kalo selama 21 hari begitu terus, jadi kebiasaan yang tidak baik dong kannn.
    Nah, pada kasus Sebastian, setelah ditolak oleh ceweknya model nan anggun itu, dia benar-benar berusaha untuk melupakan semuanya. Kecewa pasti. Tapi ingat loh, jika dibiasakan hatinya sakit, nanti hatinya nggak bakalan sembuh gimana? Kalo hatinya sakit terus gimana? Jalan satu-satunya adalah mencari yang baru.
    Mencari yang baru bukan serta merta hati akan menerimanya dalam waktu 24 jam. Ada proses didalamnya loh. Nah, disinilah hari-hari membentuk kebiasaan yang baru dimulai. Kalo percaya metode program pasta gigi tadi, waktunya sebentar kok, cuma 21 hari :D
    So, I'm believe in 'Ada cinta karena biasa' <3 Heuheuheu~

    Jawaban Tambahan: B. 200-300 halaman :D

    BalasHapus
  32. Nama : Mega Widyawati
    Link Share : https://mobile.twitter.com/Widy4_W/status/729299806946922496?p=v

    Menurut prediksiku sih, itu tandanya Sebastian orang yang gampang move on.
    hello, gak pernah denger gosip uptodate ya?? move on itu susah Mega!
    lhoo,, Eh, iya deng.. aku kok mendadak lupa-lupa ingat begini sih.
    Oke kuralat, Move On itu memang gampang-gampang-susah. Hmm, tergantung orang yang menjalaninya kayak gimana. Kalo dibawa hepi ya tentu mudah dijalani, tapi kalo dibawa mati tentu saja pasti mengalami sekarat dulu.. Aduh omanganku makin ngawur kan.

    Begini, kalian pernah dengar pepatah jowo "witing tresna jalaran saka kulino". Pasti pernah semua, nggak percaya aku kalo ada yg jawab belum.
    Mungkin si Sebastien terkena syndrom pepatah jowo tersebut. Katakanlah emang iya, kalo sebastian mengalami masa yaitu "Cinta datang karena terbiasa", yg kejadiannya dimulai sejak Sebastian terlalu sering bertemu dengan katya pada sebuah acara, and finally dia lupa sama orang yang pernah dicintainya setengah mati di masa lalu. Lalu mencoba menerima orang baru yang sering masuk memorinya belakangan ini.
    Kalo move on dihubungkan sama chemistri antara Sebastian & Katya, bisa jadi itu juga merupakan bentuk realitas yg membentuk sesuatu berbeda dari dalam hati Sebastin. Yang mula2 sesuatu itu berbentuk serpihan ketertarikan, lama-kelamaan medan yg terlalu kuat akhirnya mampu menarik paksa serpihan2 itu ke dalam dirinya. Hingga sebuah rasa yang bernama cinta benar-bebar menguasai raga dan jiwanya, sehingga sangat sekali sulit untuk di netralkan kembali.

    C. 300-400

    BalasHapus
  33. Nama : Annisa
    Link share : https://twitter.com/Annisakih/status/730984908709994496?s=09
    Survey : D

    Menurut saya yang bisa membuat sesorang berpindah ke lain hati itu ialah kenyamanan saat bersama si Dia yang baru. Perasaan nyaman inilah yang akan mengahapuskan segala kenangan lama dan membangkitkan semangat untuk menciptakan kenangan indah baru di masa depan. Mungkin inilah yang dirasakan Sebatian terhadap Katya. Lambat laun Sebastian pun akan merasa bahwa Katya adalah sesorang yang ditakdirkan untuk melengkapi hidupnya

    BalasHapus
  34. Julia dwi kartikasari || https://twitter.com/juliakartika326/status/730764605559996418

    Yang membuat orang bisa lupa dengan orang yang dia cintai bisa terjadi kalau orang yang dia cintai tidak mencintainya. Atau bisa juga kalaupun orang yang dia cintai juga mencintanya, biasanya tidak tulus dan terkesan dipaksakan. Dan kalau itu sudah terjadi, hati tidak bisa dibohongi, pasti dia meronta untuk dibebaskan dari sebuah perasaan yang palsu.

    Sebuah hati akan meminta penyembuh luka di hatinya, seperti seseorang yang tulus menyayanginya, ada saat membutuhkan, rela meluangkan waktu dan usaha untuknya, dan bisa membuat kita merasa nyaman, dan merasa kalau kita adalah orang penting untuknya.

    Pada intinya kita mencari sebuah kepastian cinta dan cinta itu membuat kita nyaman dan bahagia. Itulah alasan yang bisa membuat kita berpaling dari orang yang awalnya sangat kita cintai.

    Tambahan, aku suka baca novel antara 200-300 lembar. Terima kasih kak udah adain GA yang bisa bikin baper *hehehe😂

    BalasHapus
  35. Nama : Humaira
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/730942812494008320?p=v

    Sebastian bisa melupakan Bridget dengan hadirnya Katya. Padahal, Bridget cantik, cerdas, terkenal, kaya, dan yang pastiiii .. Sebastian punya kisah yang ‘dalam’ dengan Bridget. Menurutmu, hal apa yang bisa membuat seseorang bisa melupakan sosok yang begitu ia cintai, lantas berpaling ke orang baru? Apakah perkara chemistry? Perasaan yang hadir tiba-tiba? Ala cinta karena biasa? Atau apaa?

    1. Kecewa
    Saat rasa cinta yang dimiliki ternodai oleh orang yang dicintai itu rasanya hancur, seperti rasa kecewa. Untuk menyembuhkannya butuh waktu yang lama, atau sama sekali tidak bisa disembuhkan. Seberapa pun kuatnya perasaan cinta, rasa kecewa mampu memberi dampak besar untuk menggoyahkannya.

    2. Nyaman
    Ditengah rasa kecewa, lalu hadir sesorang yang memberikan rasa nyaman melebihi orang yang kita cintai. Rasa nyaman dalam berbicara, berbagi dan berteman.

    3. Terbiasa
    Dilanda kekecewaan dan bertemu seseorang yang membuat nyaman dalam waktu yang cukup sering, mampu menghadirkan perasaan cinta. Merasa ada orang yang mengerti dan memahami dengan baik menjadi tempat berbagi, juga kecocokan yang lebih mendominasi.

    Sebenernya aku suka buku dengan ketebalan 200-400 halaman, jadi aku pilih C aja buat mewakili semuanya :D

    BalasHapus
  36. Nama: Kiki Amaliah
    Link:
    https://t.co/QVrtnA2xYG

    Menurut aku sih karena terbiasa dan niat. Niat melepas perasaan yg lalu dan membuka lembar baru. Perlahan-lahan maka rasa akan tumbuh. Klise? Tapi itu fakta sih ahha
    Seperti pepatah lama, aku lupa bunyinya huhu
    Yang WRiting tresno ....

    Kayaknya poin C deh hehe feeling ja wkwk

    BalasHapus
  37. Rini Cipta Rahayu
    https://twitter.com/RiniCipta/status/731069580748054528

    Melupakan dan berpaling, kalau dilihat dari konteks yang luas aku akan menjawab karena adanya perbedaan prioritas dalam hidup. Misalnya aja ketika masih kecil, tiap kesempatan selalu beli mainan baru tapi setelah beranjak dewasa udah mulai mikir buat nabung dan nggak beli mainan lagi. Pengalihannya bisa ke pakaian, gadget, buku, makanan dan lainnya. Yang namanya perubahan pasti akan terus terjadi. Perubahan itulah yang cenderung dibenci karena belum tentu setelah berubah, diri kita atau lingkungan akan menerima kita seperti saat sebelum perubahan terjadi.
    Aku rasa dalam hubungan percintaan juga begitu. Ketika pasangan kita mulai menjadikan kita bukan sebagai prioritas utama, pasti kita akan merasa diacuhkan. Kita sebel karena dia lebih sibuk ngurus kerjaan/studinya, jadinya dia lebih sering berinteraksi dengan orang lain dibanding kita. Nah, mulai deh timbul kecurigaan dan hal-hal negatif yang justru akan memperkeruh suasana. Cinta sih nggak berubah, tapi yang bikin perubahan itu orang-orang yang menjalaninya.

    Oya, vote option B dan C. Kalau milih satu, prefer ke B sih. Nggak suka bacaan terlalu tebal dan berat karena akan mempengaruhi harga dan jumlah tumpukan yang tak tersentuh karena fokus pada buku itu aja hehe..

    BalasHapus
  38. Devie Dwi Anggrainy @mahadeviedwi
    Link share : https://mobile.twitter.com/mahadeviedwi/status/731132748153294850

    Hal yang bisa membuat seseorang melupakan sosok yang begitu ia cintai dan berpaling ke orang baru adalah :

    1. Daya tarik tidak hanya terletak pada kecantikan atau ketampanan fisik, kekayaan dan status sosial.
    Daya tarik sesungguhnya ada dari dalam diri pribadi seseorang, bagaimana seseorang bisa menempatkan dirinya dalam suatu komunitas, bagaimana pembawaan dirinya dan caranya berinteraksi dengan orang lain, yang mana hal itu akan sangat dipengaruhi oleh kepribadiannya dan atau karakternya, dan kepribadian/karakter seseorang akan sangat terbentuk oleh apa yang sudah di alaminya, sayangnya sebagian besar kepribadian/karakter terbentuk oleh masalah2 yang bisa membuat seseorang itu mengambil hikmah dan pelajaran, senantiasa berpikir untuk memberikan dan melakukan hal terbaik untuk dirinya sendiri demi menghindari masalah terutama terulangnya masalah yang sama.

    2. RASA KECEWA, seseorang akan lebih mudah melupakan orang yang telah membuatnya sangat kecewa ataupun terluka, tidak peduli seberapa dalam cinta yang pernah ada. Seperti peribahasa "Karena nila setitik, rusak susu sebelangga"

    3. Waktu yang tepat. Seseorang bisa dengan mudah menyusup ke hati orang lain itu karena waktu yang tepat, mungkin saat kecewa, muncul orang baru yang menyenangkan sehingga dengan mudah membuat kita terhibur lalu akhirnya kita merasa kalau kita membutuhkan kehadirannya.

    Itulah yang akhirnya membuat Sebastian dapat berpaling. Rasa kecewa nya pada Bridget dan kuatnya karakter Katya sehingga membuat Katya menjadi perempuan yang sangat menarik dan Katya hadir di waktu yang tepat.

    Tingkat ketebalan buku :
    D. Lebih dari 400 halaman
    Karena lebih menantang untuk dihabiskan..

    BalasHapus
  39. Nama : Gilang Maulani
    Link share : https://twitter.com/gemaulani/status/731272468690698241

    Jawaban : Karena seseorang itu terbiasa menjalani hari dan berkomunikasi dengan orang baru, sementara orang yang ia cintai sulit dihubungi. Setelah terbiasa, tahap selanjutnya ... orang baru menawarkan rasa nyaman yang lebih dari apa yang ia rasakan sebelumnya. Yang membuat ia merasa dihargai. Orang baru itu mungkin punya sesuatu yang nggak dimiliki orang sebelumnya, sesuatu yang selama ini di cari. Terakhir, kalau kata bang Raditya Dika di Koala Kumal mah : "Selalu, yang baru akam terlihat lebih baik daripada yang lama."

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tingkat ketebalan buku yang aku suka : B

      Hapus
  40. Nama : Daisy S
    Link share info giveaway : https://twitter.com/Daisy_skys/status/731352213495287808
    Jawaban :

    Menurutmu, hal apa yang bisa membuat seseorang bisa melupakan sosok yang begitu ia cintai, lantas berpaling ke orang baru? Apakah perkara chemistry? Perasaan yang hadir tiba-tiba? Ala cinta karena biasa? Atau apaa?

    Karena tidak ada kecocokkan lagi .Akhir dari sebuah asmara selalu sama .Awalnya selalu bergaya maksimal,memperlihatkan sisi terbaik,sampai pada akhirnya sama sekali tidak malu untuk bersendawa , juga kentut didepan pasangan .Kita akan mulai memahami pasangan seperti memahami garis tangan sendiri.Cinta akan mengalihkan cara berpikir seseorang .Awalnya hanya menilai hanya dari penampilan luar ,lalu perlahan berpindah ke arah hubungan yang lebih mementingkan kecocokan sifat ,visi dan misi dalam menjalani masa depan yang akan dijalani di antara pasangan tersebut .Tapi perlahan lahan setiap orang menginginkan kejelasan , masa depan untuk hubungannya .Bagaimana mungkin seorang mau bertahan dengan hubungan tanpa kejelasan ? Tidak mungkin kan sebuah hubungan bisa bertahan jike kedua belah pihak punya visi dan misi yang berbeda ? Kita pasti akan merasa bahwa dia bukanlah puzzle yang bisa melengkapi kita .Lalu berpikir untuk menyudahi dan mencari sosok lain yang memang bisa menjadi pasangan yang kita harapkan .


    C. 300-400 halaman
    Biar kenyang baca bukunya.


    BalasHapus
  41. Nama: Dewi ayu ningsih
    Link Share: https://mobile.twitter.com/DewiiaeyuN/ status/731447554831978496

    Apa ya kak? Aku soalnya belum pernah mengalami perasaan seperti itu ke seseorang kak.
    Tapi sepertinya Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan 'Jodoh& Takdir' yang gak berpihak kemereka dech kak ;D,. Mau selama apa pun, seganteng apa pun, sekaya apa pun jika dia bukan jodoh kita, pasti suatu saat akan berpisah.

    C. 300-400 Halaman.

    BalasHapus
  42. Putri Prama A.
    https://twitter.com/PutriPramaa/status/731310342517596160
    Mencintai itu ada prosesnya dan proses itu nggak sebentar. Seorang laki-laki, pada kodrat awalnya memang akan melihat wajah terlebih sebagai bentuk ketertarikan. Seperti halnya hewan yang tertarik begitu saja untuk kawin dengan lawan jenisnya. Tapi, manusia bukanlah hewan yang tak berakal, manusia memiliki akal yang bekerja, oleh karena itu ... laki-laki juga akan melihat inner beauty seorang perempuan.
    Pernahkah kamu melihat seorang laki-laki tampan yang menggandeng mesra perempuan yang kata kita nggak terlalu cantik? Banyak di luar sana, contohnya saja Mark Zuckerberg sama istrinya.
    Hal yang bisa membuat seseorang melupakan sosok yang ia cintai ke orang baru adalah inner beauty dari orang baru tersebut. Karena seseorang yang baru tersebut pastilah memiliki sesuatu yang 'lebih' daripada orang yang sebelumnya. Dan inner beauty jauh lebih di segalanya daripada outer beauty. Seseorang kodratnya selalu belajar, begitu pula dengan mencintai. Dengan berpaling ke orang baru, orang tersebut belajar untuk mendapatkan yang lebih baik. Itu proses.
    Jadi, ya, bagiku hal yang bisa membuat seseorang bisa melupakan sosok yang begitu ia cintai lantas berpaling ke orang baru adalah ... inner beauty dari seseorang baru tersebut yang lebih banyak daripada seseorang sebelumnya.
    Oh ya, satu lagi, ini pendapat pribadi dan setiap orang tidak mungkin sama. Kita tidak bisa menebak pemikiran orang lain, sehebat apa pun kita.

    Aku suka dengan B. 200-300 halaman.

    BalasHapus
  43. Bintang Maharani
    https://twitter.com/btgmr/status/731528289387458560

    Karena ada campur tangan Tuhan yang menuntun hati hamba-Nya untuk bertemu dengan jodoh sesuangguhnya. Atau karena Dia ingin kita sejenak terpisah dari yang dicinta sampai kita berada di waktu yang tepat bersama orang yang tepat. Tuhan si pemilik hati, Dia bisa melakukan apa saja, termasuk rasa cinta yang hilang pada pasangan yang bisa menyebabkan sebuah perpisahan.

    C. 300-400 hlm

    BalasHapus