6 Langkah untuk Mendapatkan Mobil Bekas Berkualitas

Pict source : Pixabay


Tidak semua orang memasarkan mobilnya karena kondisinya sudah tidak bagus lagi. Ada banyak juga mobil dengan kondisi kedua yang kualitasnya mendekati mobil baru dan murah seperti
harga all new toyota rush. Tentu saja, untuk dapat menemukan mobil bekas yang berkualitas, kejelian dibutuhkan.
Selain mengamati kondisinya, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih mobil bekas yang berkualitas dari kami:


1. Periksa Kondisi Mesin
Selesai memeriksa bagian luar, buka kap untuk memeriksa situasi mesin mobil. Ini adalah bagian penting dari proses inspeksi. Mobil harus mudah dinyalakan, kemudian pastikan suara mesin tidak kasar dan lihat apakah ada kebocoran pada komponen mesin.
Kualitas mesin mobil akan lebih terasa ketika kamu mengendarainya langsung di jalan raya. Karena itu, minta untuk melakukan test drive pada vendor mobil. Selain memeriksa performa mesin, rem, transmisi, dan kaki mobil, kini saatnya menguji kenyamanan berkendara.

Pict source : Poxabay

2. Kelengkapan Dokumen
Setelah memeriksa situasi mobil dan kamu merasa cocok, sebelum melakukan pembayaran, periksa kelengkapan sertifikat kendaraan, seperti registrasi kendaraan, BPKB dan Faktur. Jika mobil yang ingin kamu beli adalah mobil bawaan, tanyakan Formulir A dari mobil tersebut.
Juga cocok dengan nomor bingkai dan nomor mesin mobil, pastikan bodi mobil cocok dengan huruf. Kamu harus memastikan bahwa mobil yang ingin kamu beli memiliki BPKB dan STNK dengan nama asli pemiliknya.
3. Catatan Layanan Lengkap
Satu urgensi untuk ditanyakan adalah catatan layanan kendaraan. Apakah layanan reguler dilakukan? Jika demikian, apakah daftar sudah lengkap? Di bengkel mana layanan dilakukan?
Catatan layanan adalah yang paling penting karena mobil yang dirawat secara rutin, tentu saja, akan memiliki kinerja dan situasi yang lebih baik. Mobil yang diservis secara teratur juga mencerminkan identitas pemilik sebelumnya yang dikawal dan mengurus situasi mobil.
Jika memungkinkan, pilih mobil yang jarang diservis di bengkel resmi, sejauh kamu juga dapat memastikan kemurnian odometer mobil target Anda.
4. Jadilah Peringatan Harga Mobil
Pepatah "ada harga seperti itu" berlaku ketika kamu melakukan pembelian mobil bekas. Bukannya kita tidak bisa mengejar mobil berkualitas dengan harga murah, tetapi Anda harus lebih berhati-hati dan jeli untuk memeriksa situasi mobil ketika harganya jauh di bawah pasar.
Ini karena tidak sedikit mobil bekas musibah dan banjir yang dipasarkan ulang dengan harga murah. Selain itu, penjual terkadang membebankan harga rendah untuk memancing pembeli datang ke ruang pamer mereka untuk menawarkan mobil lain.
5. Periksa Aksesori dan Interior
Saat melakukan pengecekan situasi mobil, periksa dulu bagian dalam mobil. Tidak ada beberapa komponen interior yang perlu diperiksa untuk fungsi-fungsi seperti AC, sistem audio, dan sakelar lampu. Anda harus memastikan semua fitur berfungsi dengan baik, terutama fitur ketenangan seperti sabuk pengaman.
Setelah itu, periksalah situasi interior mobil. Usahakan duduk bagian depan dan kursi belakang masih nyaman, periksa situasi dashboard, plafon dan karpet. Perhatikan juga bau interiornya, apakah interiornya bau apek? Jika demikian, ini bisa menjadi salah satu indikasi bahwa mobil telah kebanjiran.
6. Periksa Bodi Mobil
Setelah itu, periksa situasi bodi dan eksterior mobil secara menyeluruh. Pastikan komponen seperti pintu, kap mesin dan kaca depan, masih asli atau tidak. Selain itu, perhatikan kondisi cat mobil, terkadang cat mobil bergaris-garis karena perbaikan yang tidak rapi.
Yang sangat penting ketika memeriksa bodi adalah struktur rangka utama mobil. Pastikan rangka atau sasis mobil masih dalam kondisi prima, tidak ada tanda-tanda tabrakan atau perbaikan.


Tidak ada komentar