Tips Perpaduan Warna Cat Rumah yang Menarik


Pict from Pixabay 

Hanya menggunakan satu warna pada cat rumah bisa membuat rumah terlihat monoton dan membosankan sehingga rumah kehilangan unsur karakteristiknya. Padahal rumah didesain untuk membuat penghuninya nyaman dan betah berlama-lama di dalamnya. Untuk menghindari adanya kesan membosankan pada rumah diperlukan adanya padu padan warna cat yang menarik. Menarik dari segi harmonisasi dan keselarasan warna cat dengan furnitur yang dipakai, lantai, langit-langit rumah, kusen dan pintu. Dengan warna cat yang menarik akan membuat rumah menjadi nyaman, hangat, antar penghuni rumah bisa lebih akrab dan jadi lebih betah tinggal di rumah. Dalam memadukan warna tidak boleh sembarangan. Berikut tips perpaduan warna cat rumah yang menarik untuk kamu.

Tips perpaduan warna cat rumah yang lebih menarik


1. Memahami cakra warna

Cara yang mudah untuk mendapatkan perpaduan warna cat rumah yang harmonis dan serasi adalah dengan melihat cakra warna. Warna cat dasar terdiri dari 3 warna yaitu kuning, biru dan merah, warna dasar itu bisa diartikan juga sebagai warna sekunder. Dari warna sekunder ada warna tersier serta warna turunannya. Dengan memahami cakra warna kamu bisa memadukan warna yang serasi dengan tidak memakai warna yang berseberangan sehingga paduan warnanya tidak akan norak. Pilih warna yang serasi membentuk sudut sembilan puluh derajat. Misalnya perpaduan biru dengan warna yellow-green.

2. Kondisikan dengan ukuran

Pada ruangan berukuran sempit gunakan warna-warna dinding yang terang seperti kuning muda, cream, biru, putih, dan hijau tosca. Namun, jangan hanya sebatas warna dinding saja yang cerah kamu bisa memadukan warna gelap pada aksen lain seperti furniture dan hiasan dinding dengan porsi yang tidak terlalu banyak. Cara yang paling gampang biasanya dengan menggunakan warna putih pada dinding yang dipadukan dengan warna unsur kayu pada furnitur dan lantainya.

3. Mendesain konsep ruangan

Tips perpaduan warna cat yang lebih menarik selanjutnya yaitu mendesain konsep ruangan terlebih dahulu. Desain konsep ruangan yang diinginkan bergaya apa. Gaya kontemporer dan pop art tidak semuanya bisa dipadukan pada gaya rumah minimalis. Misalnya konsep kamar tidur in house yang dipadukan dengan cat dinding berwarna terang seperti biru dan putih ditambah aksen warna kayu pada lantai dan furnitur tempat tidur yang dipakai. Berikan ornamen hiasan pada dinding jika kamar dipakai oleh anak.  Warna cat rumah yang harmonis dan serasi Asian Paints pilihannya.

4. Bedakan sebagai batas ruangan

Untuk ruangan yang tidak memiliki sekat, warna yang berbeda bisa menjadi batas antara ruangan satu dan lainnya. Ruangan tanpa sekat dipakai sebagai ruang multifungsi supaya ukuran ruang menjadi lebih luas. Perpaduan warna ini bisa sangat kontras dan juga komplementer disesuaikan degan kebutuhannya. Tonjolkan kesan dari masing-masing ruangan supaya terlihat harmonis.

Itu tadi 4 tips perpaduan warna cat rumah yang menarik. Pilihan untuk warna cat rumah tidak terbatas jumlahnya. Kamu bisa memanfaatkan banyaknya warna cat ini untuk menjadikan rumah memiliki keselarasan dan imbang pada warna yang dipakai. Tidak semua warna komplementer akan mendukung point utama yang kamu tonjolkan pada rumah, karena apabila porsinya tidak tepat justru akan mengganggu keselarasan. Sedangkan tidak semua warna kontras cocok dipakai, jika salah perpaduan warnanya akan terlihat norak. Contoh warna kontras adalah ungu dan merah tua, jika tepat porsinya ruangan akan menjadi menarik dan enak dipandang mata.


Tidak ada komentar