5 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang & Cara Booking Hotel via Pegipegi


5 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang & Cara Booking Hotel via Pegipegi

Minggu lalu, aku dan puluhan teman-teman blogger serta travel agent berkesempatan mengikuti Famtrip Musi & Beyond 2019. Senang sekali. Akhirnya setelah berkali-kali ke Palembang karena business trip, aku berkesempatan juga mengeksplor tempat-tempat wisata nan kece di kota tertua di Indonesia ini. Yippi! Palembang di mataku memang istimewa, bukan hanya karena kelezatan pempeknya saja, namun kota yang juga menjadi salah satu kota tempat penyelenggaraan Asian Games 2018 ini juga memiliki wisata alam, budaya & sejarah yang sungguh sayang dilewatkan.
Nah, berikut 5 rekomendasi tempat wisata di Palembang versi aku yang wajib untuk dikunjungi, jika kamu berencana liburan ke ibukota Sumatera Selatan ini dalam waktu dekat.


1. Jembatan Ampera & Sungai Musi
5 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang & Cara Booking Hotel via Pegipegi

Selain pempek dengan kuah cuko yang begitu khas, Jembatan Ampera & Sungai Musi adalah ikon kota yang berjulukan Bumi Sriwijaya itu. Katanya sih, belum sah ke Palembang kalau belum pernah mampir  & foto-foto di sekitaran Ampera. Makanya, begitu berkesempatan main ke kota Palembang lagi, aku langsung bersemangat sekali menyempatkan mampir ke jembatan yang pada awal mula dibangun bernama Jembatan Bung Karno ini.
Menurutku, Jembatan Ampera akan terlebih lebih cantik saat malam hari. Dengan kerlap kerlip cahaya lampu, cocok banget buat tempat dinner sama yang tersayang, apalagi kalo memilih resto yang lokasinya persis menghadap jembatan Ampera. Duh, jangan lupa bawa kamera, biar hasil fotonya kece. Hehehe.
5 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang & Cara Booking Hotel via Pegipegi

Nah, kalo kebetulan mampir ke Ampera saat siang hari, sekalian saja cus menuju destinasi wisata selanjutnya, yaitu Pulau Kemaro.

2. Pulau Kemaro
Untuk tiba di Pulau Kemaro yang lokasinya ada di tengah-tengah Sungai Musi, kita tentu saja harus menyeberang. Bisa dengan kapal besar, maupun kecil. Waktu famtrip kemarin, aku kecele, ku kira akan menggunakan kapal besar, tapi ternyata pakai yang kecil aja. Gak nyesel sih, karena seruuuu banget. Dengan sedikit cipratan air di sana sini, plus ada kawan-kawan yang usil goyangin kapal kecil ke kiri & kanan, rasanya adrenalin terpacu. Serem-serem seru. Serem karena aku gak bisa berenang woy tolong. Tapi seru banget, karena bisa menyusuri Sungai Musi yang ikonik itu.
5 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang & Cara Booking Hotel via Pegipegi

Nah jadi genks, Pulau Kemaro itu memiliki kelenteng yang sering didatangi oleh umat Buddha untuk sembahyang dan berziarah. Karena di kelenteng tersebut terdapat makam seorang pangeran dari China bernama Tan bun An dan istrinya Siti Fatimah. Cerita cinta dua anak manusia berbeda etnis itu, kerap disebut dalam kisah legenda asal mula Pulau Kemaro, sebagai kisah cinta yang berakhir tragis namun abadi.
5 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang & Cara Booking Hotel via Pegipegi

Di pulau legendaris itu,  juga terdapat pagoda dengan sembilan lantai yang baru dibangun tahun 2006. Cantik sekali & instagramable. Sayangnya, waktu ke Pulau Kemaro tempo hari, di sana sedang turun hujan, jadi aku tidak bisa menikmati sunset di Kemaro yang katanya indah banget. Fix, next time kalo ke Palembang, harus menyeberang lagi ke Kemaro.
3. Bukit Siguntang
5 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang & Cara Booking Hotel via Pegipegi

Masih dengan destinasi sejarah, Palembang memiliki Bukit Siguntang. Sebelum ke sana, aku sempat googling sedikit tentang destinasi wisata satu ini. Agak ciut nyali, begitu tau kalau Bukit Siguntang adalah area pemakaman para raja pada masanya. Akutu penakut. Takut aja nggak enjoy ketika di sana.
Tapi begitu sampai, wow, ternyata tempatnya indah. Alih-alih seperti area pemakaman yang seram, Bukit Siguntang Palembang justru tertata rapi & modern. Fasilitas di sana juga komplit. Seperti ruang informasi, kedai kopi, mushola, taman & toilet. Dan senangnya, bukan hanya bisa menikmati pemandangan alam saja, namun dengan singgah di Bukit Siguntang kita juga bisa belajar mengenai kisah kejayaan Kerajaan Sriwijaya.
5 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang & Cara Booking Hotel via Pegipegi

Di sana ada makam-makam para raja yang terawat rapi, yaitu makam Raja Sigentar Alam, Puteri Rambut Selako, Pangeran Batu Api, Pangeran Djunjungan, Puteri Kembang Dadar, Pangeran Bagus Karang dan Pangeran Bagus Kuning. Kabarnya di sana ada sebuah ritual yaitu mencuci muka dari air di dalam kendi yang diletakkan di atas makam Puteri Kembang Dadar, putri yang amat cantik semasa hidupnya. Ada cerita yang berkembang, bahwa ketika seseorang mencuci muka dari air kendi tersebut maka wajah akan terlihat lebih cantik & cerah. Aku maju mundur mau nyobain, tapi karena rasa takut lebih besar daripada penasaran, akhirnya ga jadi nyobain deh. Hehe. *brb olesin essence aja banyak-banyak xD
4. Jakabaring Sport City
Jakabaring Sport City (JSC) atau kompleks olahraga Jakabring adalah kompleks berbagai fasilitas olahraga di Palembang. JSC ini menjadi tempat sekunder untuk penyelenggaraan Asian Games tahun 2018 lalu. Di sana terdapat Stadion Gelora Sriwijaya, stadion terbesar ketiga di Indonesia setelah Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta dan Stadion Utama Palaran di Samarinda.

5 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang & Cara Booking Hotel via Pegipegi

Dulu saat dibangun pada tahun 2004 untuk perhelatan PON XVI, JSC hanya terdiri dari stadion utama dan dua hall olahraga GOR Dempo dan GOR Ranau. Menyambut SEA Games XXVI 2011, JSC pun dibangun lagi. Dan semakin dipercantik saat menyambut perhelatan akbar Asian Games 2018 yang diselenggarakan bersama dengan Jakarta sebagai tuan rumah.
Kemarin, waktu berkunjung ke Palembang, aku sempat main-main ke Stadion Gelora Sriwijaya, arena bowling (waktu itu sedang ada pertandingan internasionl Qubica AMF Bowling World Cup), stadion menembak & wisma atlet. Sempat mampir juga ke spot wahana olahraga air untuk main banana boat. Tapi lagi-lagi karena takut tenggelam (dih Intan cemen, padahal kan pake pengaman), aku gak ikutan main, malah sibuk makan mie & otak-otak di pinggir danau. Gapapa. Yang penting tetap happy karena perut kenyang. Hehehe.
5. Kenten Street
5 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang & Cara Booking Hotel via Pegipegi

Kenten Street beralamat di Jl. MP. Mangkunegara no 77 Palembang, merupakan tempat makan & nongkrong kekinian yang baru aja dilaunching pada April 2019. Masih baru banget, gaes. Konsepnya adalah Garden Street, dengan area yang cukup luas memanjang ke belakang. Setiap sudutnya instagramable. Mulai dari gedung di bagian depan yang terlihat antik & cantik dengan mural-muralnya, begitu pun dengan penataan lokasi tenant yang rapi.
5 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang & Cara Booking Hotel via Pegipegi

Begitu datang, aku langsung jatuh cinta dengan tempat ini, karena selain jadi tempat pefotoan yang oke, di sana juga tersedia banyak pilihan makanan dan minuman. Ada pempek, minuman cincau, aneka thai tea, gelato hingga makanan berat seperti mie ayam & bebek peking. Uwuw surga banget untuk pencinta kuliner sspertiku. Ohiya, pada momen-momen tertentu di sana juga ada live music dan event-event menarik loh. Asik. Jangan khawatir juga sama fasilitas di sana karena semua tersedia. Parkir luas, toilet hingga mushola di area tengah Kenten. Luvv!
---
Dengan banyaknya tempat-tempat kece di Palembang, tentu saja aku jatuh hati & mau balik ke sana lagi. Apalagi jarak Palembang-Bengkulu cukup dekat. Cuma 1 jam perjalanan via udara atau 10 jam perjalanan via darat. Jika minggu lalu berangkat bersama teman-teman blogger, next time aku mau menyusuri Palembang bersama teman hidup *cie. Tapi seriusan, aku harus balik lagi ke Palembang karena masih banyak destinasi wisata seru yang belum sempat aku datangi, seperti Masjid Cheng Ho, Kampung Kapitan, Benteng Kuto Besak, Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin, Taman Hutan Wisata Punti Kayu, dan masih banyak lagi.
Kalo ke Palembang, akutu gak usah khawatir sih sama akomodasi & transportasinya. Transportasi aman, hotel-hotel nyaman juga udah banyak banget bertebaran. Kalo urusan booking hotel, aku lebih suka booking online daripada booking dadakan pas tiba di hotel. Kalo ada cara yang lebih mudah & praktis, kenapa harus milih yang ribet? Nah, kalo urusan booking hotel, aku percayakan sama Pegipegi. Kenapa?
5 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang & Cara Booking Hotel via Pegipegi

1. Aplikasinya Super Ringan & Mudah Digunakan
Kesan pertama yang bikin jatuh cinta adalah aplikasinya yang super ringan. Hanya 11,88 MB saja uwuw. Dengan kapasitas memori internal smartphone yang terbatas, aku cinta banget sama aplikasi Pegipegi ini. Gak menuh-menuhin memori smartphone.
Terus, selain itu, aku juga suka apps Pegipegi, karena mudah digunakan. Di aplikasinya ada fitur untuk filetring & sorting yang tentunya bakal bikin pencarian hotel jadi lebih mudah. Misalnya nih, aku mau cari hotel bintang 3, dengan harga paling rendah, sekaligus nyari nilai ulasan yang bagus. Tap tap tap, hotel yang dicari pun langsung kelihatan di layar smartphone. Sooo gampil!
5 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang & Cara Booking Hotel via Pegipegi

2. Sering Bertabur promo
Sebagai pencinta promo, aku juga merasa dimanjakan oleh Pegipegi yang sering berbagi kode promo untuk booking hotel. Lumayan banget loh potongan harganya. Bisa 10%, 20%, 30%, dan seterusnya. Tergantung tingkat keberuntungan. Hehe. Asik kan? Nanti selisih uang yang harusnya buat hotel, bisa kita alihkan buat jajan pempek atau songket Palembang. Yippi!
5 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang & Cara Booking Hotel via Pegipegi

3. Satu Aplikasi untuk Semua Kebutuhan
Bukan cuma untuk booking hotel, tapi dengan aplikasi Pegipegi juga bisa untuk pesan tiket pesawat atau tiket kereta. Jadi, kalo mau travelling, segampil itu pesan semua kebutuhan dalam satu aplikasi. Praktis euy.
--
Cara Pesan Hotel Melalui Aplikasi Pegipegi:
1. Cari Hotel & Pilih
5 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang & Cara Booking Hotel via Pegipegi

Begitu tiba di halaman utama apps Pegipegi, kita bisa memasukkan nama kota/daerah/nama hotel dan data menginap (tanggal check-in & lama menginap). Jika sudah menemukan hotel yang dicari, kita bisa langsung memilih hotel yang diinginkan.
5 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang & Cara Booking Hotel via Pegipegi

FYI, saat memutuskan untuk booking hotel, jangan buru-buru menentukan pilihan. Baca aja dulu pelan-pelan, jangan sampai kita booking hotel tanpa informasi yang detail. Periksa alamat hotel dan cek lokasinya dengan menggunakan Google Maps. Kita bisa cek ricek, seberapa jauh lokasinya dari tempat wisata atau restoran yang ingin kita datangi selama berlibur. Tujuannya, biar ringkes kalo mau kemana-mana & hemat ongkos, beb. Oh iya, biar makin yakin, baca juga review-review dari netijen & bandingkan harga si hotel A, dengan B, C, D, dst. Biar dapat best price dongg. *sobat irit xD
2. Isi Data & Bayar
Setelah memilih hotel, kita tinggal mengisi data lalu melakukan pembayaran. Biar makin yakin, kita bisa cek lagi data di halaman review. Kalo data udah benar, tanggal check in/out udah sesuai keinginan, kita tinggal masuk ke halaman pembayaran deh.
5 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang & Cara Booking Hotel via Pegipegi

5 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang & Cara Booking Hotel via Pegipegi

3. Voucher Hotel/E-ticket Dikirmkan
Ketika pembayaran sudah kita selesaikan, kita tinggal menunggu email yang berisi ringkasan voucher hotel berupa e-ticket. Nunggunya gak lama-lama kok, maksimum 60 menit aja. Segampang & secepat itu.
Jadi gimana, awal tahun nanti, mau liburan kemana gaes? Atau mau bareng aku liburan ke Palembang (lagi)? :)


7 komentar

  1. Wahhh pengen banget nih, Palembang serasa tiada habisnya as😁

    BalasHapus
  2. Jembatan Ampera & Sungai Musi ini memang pingin banget Mbak saya kunjungi. Semoga bisa segera ke sana aamiin hehe

    BalasHapus
  3. Aku belum pernah ke Palembang nih, jadi tahu kalau nanti berkunjung kesana udah ada rekomendasi tempat wisata, dan juga udah ada pilihan penginapan juga dari pegipegi.com mulai direncanakan kesana nih.

    BalasHapus
  4. Wah asyik nih ada rekomendasi jalan2 di palembang. Kebetulan memang ada rencana kesana. Siip deh di bookmark

    BalasHapus
  5. Aaaaaa aku udah lamaaaa sekali gak ke palembang , liat ini aku jadi kangen palembang , sekrg udh bnyak bnget tempat wisata dan udh makin bagus y palembang😍😍😍

    BalasHapus
  6. Makasih mba baca tulisannya sy jd nambah wawasan tentang destinasi wisata palembang nih, jd pengen kesana saya ternyata banyak tmpt keren yaa

    BalasHapus
  7. wah ini banyak banget rekomendasi tempat wisatanya, jadi ingin jalan ke palembang deh

    BalasHapus