Tentang Ginjal & Cara Mudah untuk Menjaganya

 


Kalo lagi travelling, siapa yang suka nahan buang air kecil? Hm hmm hmmm..


Jangan pernah remehkan kebiasaan buruk, sekecil apapun itu.

Walau kecil, kalau dilakukan terus menerus, dari hari ke hari, minggu, bulan, tahun berganti, dampaknya bisa besar juga.

Sering nahan pipis.

Kurang minum air putih.

Kurang olahraga.

Gak doyan makan buah dan sayur.

Hobi begadang.

Dan kalau aku sebutkan lebih lanjut, wah bisa panjang ini daftarnya.

 

Tapi aku mau cerita dulu nih, baru aja minggu kemarin aku & teman-teman menjenguk salah satu atasanku di kantor, yang baru pulang dari Rumah Sakit. Beliau menjalani operasi pengangkatan batu ginjal. Dilihatin dong batu bekas operasinya itu. Ukurannya lumayan besar, sekitar seukuran 2 jari orang dewasa, bercabang 3 pula. Alamak, wajar aja beliau ngerasain sakit tersiksa tiap kali buang air kecil, malah katanya sampai urinnya pernah bercampur darah. Ya Tuhan.

“Temen-temen jangan kayak ibu ya. Banyak minum air putih, jangan suka nahan pipis. Operasinya kemarin nyiksa banget, operasi caesar tuh gak ada apa-apanya.”

Temen aku yang lagi hamil, langsung lemes. Tapi si ibu belum selesai cerita..

“Bayangin nih temen-temen, perut ibu dibelek, terus ginjalnya dibelek juga sampai batunya keluar.”

Aku langsung merinding. Langsung teringat dosa-dosa sama tubuh aku,

“Berapa sering aku selama ini nahan pipis, apalagi kalo lagi di perjalanan?”

“Sudah cukupkah asupan air mineral, buah & sayuran yang aku konsumsi selama ini?”

 


Inside our body, there are organs of the body that looks like a bean. The organ is the kidney.


Mungkin kedengerannya remeh ya gaes, nahan pipis, gak cukup minum, mageran & malas olahraga, lebih seneng junkfood dibanding makanan sehat, tapi kalo dilakukan terus menerus, dikombinasikan pula kebiasaan buruk itu, beuh, hati-hati banget, salah satu organ ekskresi kita yaitu si kidney alias ginjal bisa aja kena masalah.

Ginjal ini ukurannya terbilang mungil. Ginjal orang dewasa tuh panjangnya sekitar 11 cm, tebal 5 cm & berat sekitar 150 gram saja. Meski mini, tapi fungsinya banyak. Pas sekolah dulu, pasti kamu udah dikasih tau Bu guru atau Pak guru pas pelajaran Biologi, kalo ginjal berfungsi untuk menyaring kotoran dari darah & membuangnya bersama dengan air dalam bentuk air seni. Selain itu, ginjal juga punya tugas mengatur cairan yang ada di dalam tubuh. Cairan & molekul yang masih diperlukan oleh tubuh diserap ginjal, sedangkan cairan dan molekul yang tidak berguna dibuang sebagai air seni. Penyaringan darah ini gak sepele, penting banget! Darah perlu disaring agar bahan kimia & cairan yang terkandung dalam darah tidak terbawa kembali oleh darah & beredar ke seluruh tubuh. Bayangin, kalau kedua ginjal gak berfungsi sebagai penyaring darah, zat sisa yang seharusnya dibuang bersama air seni kembali beredar ke seluruh tubuh. Bahaya banget!

Tau gak, setiap hari darah manusia melewati ginjal sebanyak 350 kali dengan laju 1,2 liter per menit dan menghasilkan 125cc filtrat glomerular (urine primer) per menitnya, disaring lagi hingga menjadi urine sekunder, disaring lagi sampai hanya mengandung zat-zat yang tidak berguna. Kerja keras banget sih ginjal kita tuh.

Mungkin kamu pernah denger atau nonton di drakor kesayangan kamu, kalo ada orang-orang yang hidup dengan 1 ginjal. Iya, emang bisa bisa aja. Tapi, kalo kedua ginjal kita udah gak berfungsi secara normal, itu yang disebut dengan gagal ginjal, berarti udah butuh terapi pengganti ginjal. Terapinya bisa berupa cuci darah, cuci rongga perut & cangkok ginjal.


Senior di kantorku, ada yang istrinya menjalani terapi cuci darah karena ginjalnya udah gak berfungsi normal. Cuci darahnya biasanya 2-3 kali dalam seminggu. FYI, ketika fungsi ginjal semakin menurun, maka proses cuci darah dapat dilakukan lebih sering. Nyita waktu, tenaga, emosi, sampai biaya, belum lagi efek samping dari terapi itu sendiri. Makanya yuk gaes, sayangi ginjal kita. Minum air putih yang banyak, karena bisa membantu pengeluaran racun dalam tubuh melalui air seni. Jangan tunda buang air kecil. Kalau kita tunda, kotoran yang ada pada urin akan mengendap, endapan itu menetap di ginjal dan menjadi batu ginjal. Serem! Jangan lupa juga olahraga, apalagi buat kamu yang banyak ngabisin waktu di depan laptop buat kerja selama pandemi ini. Di masa-masa sulit ini, jaga diri & orang terdekat biar gak jatuh sakit, penting banget. Karena ke Rumah Sakit udah jadi PR tersendiri, apalagi kalo kita-kita ini termasuk kelompok yang dapat gilirin vaksin entah kapan, yakan? Sehat sehat sehat!

Tapi kalo kamu ada di kondisi yang perlu berkonsultasi kesehatan dengan dokter, aku saranin kamu bisa menggunakan apps Halodoc. Aplikasi ini memberikan solusi lengkap & terpercaya untuk kebutuhan kesehatan masyarakat Indonesia. Yep, bukan cuma silahturhmi sama kerabat aja yang bisa dilakukan online, tapi konsultasi antara dokter dengan pasien pun bisa dilakukan dalam layanan online aplikasi Halodoc. Aplikasi ini bisa kamu unduh di Playstore atau Appstore. Cukup registrasi, lengkapi data diri, dan yaudah, kamu udah bisa konsultasi kesehatan sama dokter yang kompeten di tengah pandemi seperti ini. Praktis. Sekaligus mengurangi resiko bertemu banyak orang, mengurangi resiko terdampak virus corona.



Semangat sehat ya teman-teman.

Bareng-bareng memulai kebiasaan baik untuk jiwa raga kita. Mungkin berat pada awalnya, tapi yakin kalo udah terbiasa, semuanya jadi ringan-ringan aja. Stay safe, stay healthy everyone! 😊

 

8 komentar

  1. Ginjal salah 1 bagian tubuh yg penting makanya harus dijaga dengan benar, simpel ternyata jaganya kok

    BalasHapus
  2. Terima kasih remindernya kak... Memang penting banget ya.... Ginjal kita adalah aset berharga pemberian Tuhan YME

    BalasHapus
  3. Terima kasih, Kak. Sudah diingatkan utk menjaga tubuh kita, salah satunya ginjal. Duh, aku sering lupa minum nih kalo lagi sibuk..

    BalasHapus
  4. Ngeri ya kalau sudah kena penyakit gagal ginjal. Ngeri di pengobatan dan duitnya juga. Semoga kita senantiasa sehat selalu.

    BalasHapus
  5. Aku kalau denger sakit gagal ginjal jadi inget almarhumah temenku yang meninggal 3 tahun lalu. Inget banget perjuangannya cuci darah sampai akhirnya menyerah dan berpulang. Gara-gara kejadian itu aku jadi tertampar banget harus selalu jaga kesehatan. Btw temenku ini dulu jaman kuliah sering banget minum minuman yang berasa. Sebisa mungkin harus dihindari.

    BalasHapus
  6. Dimulai dari hal sepele dampaknya jadi besar ya, kurang minum salah satunya. Duh setelah baca ini ngeri juga ya, aku langsung rajin minum air putih yang banyak nih.

    BalasHapus
  7. Bener banget sih mbak. Tahun lalu teman kantorku meninggal krn gagal ginjal ini. Setelah diusut ternyata dia kurang minum air putih. Abis itu skrg di pojokan ruang selalu ada galon air minum.

    BalasHapus
  8. aduh, jadi ngeri ya. Langsung minum air nih ehehe.. semoga aman aamiin.. konsultasi dengan halodoc ngga harus yang sakit aja ya ternyata. Boleh juga nih buat jaga kesehata dapat tips dari pakarnya.

    BalasHapus