Blogtour Truly Yours – Fathnisa Hasnah || Review



TRULY YOURS
FATHNISA HASNAH
SC; 14 x 20 cm
Jumlah Halaman: 260 hlm
Bookpaper 55 gr;
ISBN : 978-602-61138-4-9
Harga: Rp 69.000,-

Dekat di mata, jauh di hati.
Ini cinta yang terlalu lama disimpan sendiri.


Blurb:

Namanya Aleva. Nggak suka dandan dan nggak bisa masak juga. Jutek dan hobi menonton film thriller—tapi anehnya, selalu parno kalau ditinggal sendirian terlalu lama di apartemennya. Daripada perasaannya terus-terusan nggak tenang, jemarinya langsung mencari nomor satu orang spesifik di handphone. Yang selalu siap sedia untuk dijadikan tempat bersandar. Yang keberadaannya senyaman selimut hangat. Orang itu... Reggy Rahadian.  


Namanya Reggy. Selama enam tahun, Reggy selalu jadi pendengar yang baik untuk semua curhatan dan keluh kesah Alev. Selama enam tahun itu juga Reggy menyimpan rahasia klise: dia jatuh cinta diam-diam pada adik sahabatnya.

*

Kau tak bisa menyangkal, ada kenikmatan tersendiri mencintai seseorang yang belum tentu akan balas mencintaimu. Mungkin kau pernah melakukan sesuatu supaya dia menyadari perasaanmu—mungkin juga tidak. Tak ada bedanya juga. Toh di dalam mimpi-mimpimu dia sudah jadi milikmu.

Itu sebabnya kau selalu betah berada di sisinya. Menjaganya, jadi sandaran baginya... hingga suatu saat kau tak bisa menyangkal jeritan hatimu sendiri.

Ternyata, bermimpi saja tak akan pernah cukup.... 



--

Aleva Astari, hobi menonton film thriller tapi parnoan. Selalu tidak tenang kalau ditinggal sendirian di apartemen. Sialnya, Alev punya kakak cuek (tapi sebenarnya sayang banget sama Alev) & sering pulang malam (malah kadang-kadang pulang pagi haha), namanya Diaz Erlangga. Sebel banget kan sama Diaz? Udah tau punya adek penakut, tapi Diaz tetap aja gak berniat mengurangi kesibukan di luar rumah. Untunya, kesibukan Diaz bukan sibuk unfaedah apalagi sibuk pacaran kok. Wong pacarnya aja kadang dalam kurun waktu sebulan cuma sekali dua kali aja ditemuin. Ada banget emang tipikal cowok mengesalkan begini.

Untungnya, Alev punya Reggy. Sahabat kakaknya itu bak selimut hangat yang siap melindungi Alev kapan saja. Wajar kalau kemudian Alev meletakkan posisi Reggy sebagai orang penting ke-2 di hidupnya setelah Diaz, karena dia sudah mengenal & bersahabat dengan Reggy sejak cowok itu baru berusia 14 tahun. Alev tidak muluk-muluk. Sekedar punya Diaz & Reggy di hidupnya saja sudah cukup. Dia bahkan tidak mengizinkan orang lain untuk masuk ke hidupnya. Jeleknya lagi, Alev kadang suka posesif berlebihan kalau sudah menyangkut Diaz & Reggy. Sayang sih sayang. Seneng sih seneng kalo Alev ngintilin mereka berdua kemana-mana, tapiii Diaz & Reggy juga pengen loh Alev punya kehidupan yang lingkupnya lebih luas.

Belajar buat percaya sama orang lain. Belajar buat nikmatin duniamu sama orang lain. Kamu nggak akan pernah tahu gimana asyiknya dunia kalo sehari-hari cuma melangkah di lingkaran yang itu-itu lagi. (Truly Yours : 54)

Omong-omong soal Reggy nih, normal banget kalo kemudian Reggy naksir, suka, sayang sampai di level sesak sendiri karena nyimpen rasa buat Alev yang digambarkan cantik & pintar tapi gak suka dandan ini. Mau bilang cinta, takut salah. Gak bilang, hati udah susah buat nyimpen rasa. Mampus lo Gy! Haha. Akhirnya ya gitu deh. Sekian tahun Reggy sekedar jadi ‘tempat sampahnya’ Alev. Bingungnya lagi, kadang Reggy ngerasa kalo Alev juga sayang ke dia, tapi kadang-kadang ragu juga lihat kelakuan Alev yang lempeng aja.

Reggy bakal kuat nahan rasa, seberapa lama lagi ya? Perasaan Alev sendiri gimana ke Reggy? Btw, sikap cuek Diaz ke Alev juga ke si pacarnya itu bakal bikin bumerang gak buat dia?


When a man’s got a problem, just let him stay in his cave. (Truly Yours : 118)

Truly Yours. Tentang cewek cowok yang sahabatan, lalu salah satunya memendam rasa bertahun-tahun tentu bukan ‘kasus’ baru. Tapi membaca novel karya Fathnisa Hasnah ini tetap asik karena bumbu-bumbu yang diberikan terasa begitu pas. Masalah-masalah yang dihadirkan cukup pelik, tapi benang merahnya dapat, yaitu KALAU ORANG YANG PALING KALIAN SAYANG NYATANYA BERSELINGKUH, DIKASIH KESEMPATAN KEDUA GAK? Nah kondisi ini nih yang lumayan mengontrol jalannya cerita dari awal hingga akhir.

Emang siapa yang selingkuh sih? Alev? Reggy? Rahasia lah yauuu.

Lo nggak bisa milih kapan lo bisa jatuh cinta dan mau sama siapa, bahkan sahabat pacar lo sendiri. (Truly Yours : 133)

Ketika lo sayang banget sama seseorang, bahkan keburukan apa pun dari orang itu jadi hilang gitu aja. (Truly Yours : 143)


Baca juga : Blogtour Truly Yours – Fathnisa Hasnah || Ask Author


Omong-omong tentang penokohan, baik Alev, Reggy maupun Diaz, punya karakter asem manis yang bikin jalannya cerita terasa segar. Yang terasa banget perubahan karakternya tentu aja si Alev. Gadis cantik posesif yang kadang punya kepala batu ini terasa sekali perkembangan emosinya di sepanjang cerita. Mungkin di beberapa part awal, pembaca dibikin gemes sampai ikutan emosi juga sama kelakuan Alev, tapi yakin deh kalo udah tau penyebab kenapa dia suka kayak badai tornado gitu, pasti bisa ikutan simpati.

Kalo Reggy jangan ditanya lah, dia ini pacar-able banget. Tipe pacar idaman semua wanita. Haha. Cakep, penyayang, baik hati walo kadang ya bablas posesif juga. Dan diawal juga gemesin. Ampun deh, ada ya cowok yang sebegitu sulitnya bilang cinta?

Diaz juga punya peran penting bagi Alev tentu saja, karena mereka tinggal di apartemen cuma berdua saja. Penasaran kenapa? Orangtuanya mana? Dikeep dulu ah, kalian kudu baca sendiri gaes biar seru. Hehe. Di tengah suasana yang gak mengenakkan itu, hubungan Diaz dan Alev sometimes bikin meleleh. Mereka begitu dekat, manis dan saling peduli. Kyaa.. berasa pengen punya kakak cowok. Hubungan persahabatan Diaz & Reggy juga bukan pelengkap doang. Ledek-ledekannya mereka, gimana caranya mereka saling bantu nyelesaiin masalah masing-masing, belajar saling support & menguatkan, bikin persahabatan mereka terasa hangat & saling melengkapi.

Tuhan punya rancangan. Tuhan itu a good planner. Dia tahu persis rute jalan hidup lo harus kayak gimana. (Truly Yours : 181)

Intinya sih, di novel ini permasalahan yang dihadirkan cukup beragam. Salah duga kalo kamu pikir Truly Yours sekedar bahas cinta-cintaannya Reggy ke Alev doang. Gak lah. Namun juga tentang keluarga dan masalah-masalah kompleks yang terjadi di dalamnya. Tentang kehangatan keluarga tanpa cela yang tergambar lewat keluarga Reggy (ya ampun aku sayaaang banget sama maminya Reggy, tipikal orangtua yang menyenangkan sekali). Tentang persahabatan yang berusaha Alev bangun setelah diminta memperluas ‘lingkaran hidup’ sama Diaz & Reggy. Juga tentang kepercayaan dan kesempatan kedua yang gak mudah, tapi terkadang harus dilakukan demi kebahagiaan banyak pihak.

Semua itu bisa kamu temukan di Truly Yours, gaes. Tapi tenang, bukan berarti karena banyak hal yang dibahas, bacanya jadi ga asik, menggantung, lompat-lompat or whatever you called it. Penulisnya pinter kok menjadikan semua bahasan itu terkorelasi dengan apik dan membentuk satu cerita utuh dengan benang merah yang jelas. Kadang kan bete kalo sebuah cerita gagal fokus, lari-lari dari topik yang semula ditawarkan begitu loh. Nah novel ini nggak. Aku aja bacanya sekali duduk & menikmati sekali.

Jodoh itu ketemunya bisa di mana aja, di tempat yang nggak terduga, bisa aja ngilang dulu sekian lama terus berhasil ditemukan atau beribu cara lainnya yang nggak disangka. (Truly Yours : 184)

Kadang lo nggak butuh pertanyaan “kenapa”, tapi cuma butuh perlakuan. Kalau luka ya diobatin, bukan ditanya kenapa. Kalau sedih ya dihibur, bukan ditanya kenapa. (Truly Yours : 214)

Okay. Selesai sudah review Truly Yours versi Ketimpuk Buku. Aku rekomendasiin novel kece ini untuk kalian yang pernah/sedang/akan jatuh cinta pada sahabat sendiri. Untuk kalian yang punya masalah seabrek di rumah, sampai sempat membenci keluarga & takdir yang kalian punya. Untuk kalian yang sebelumnya tidak mengizinkan orang baru masuk ke hidup kalian dalam wujud persahabatan karena merasa apa yang dimiliki udah lebih dari nyaman, namun pelan-pelan mulai buka pintu ‘selamat datang teman-temanku yang baru!’.

Dan di sesi terakhir ini, aku mau menuhin photo challenge dari Twigora. Ceritanya di suruh gonjreng-gonjreng pake sapu. wahahaaaa


Gimana? Kedengeran gak gonjrengannya? Aku lagi mainin Build to Last-nya Melee tuh. Lagu kesayangannya Alev selain Somewhere Over the Rainbow & Creep. Ya gara-gara baca Truly Yours sekarang mp3 aku muternya lagu –lagu itu melulu. Masih gagal move on dari kisahnya Reggy & Alev gimana dong? Hehe.

Btw, jangan kemana-mana Ketimpukers, karena 6 jam lagi aku bakal ngepost postingan giveaway Truly Yours. Hayo siapa yang mau dapetin 1 eks Truly Yours GRATIS persembahan Twigora? Tungguin yay. Giveawaynya gampil. Kamu harus ikutan! :)





Jadwal Blogtour Truly Yours - Fathnisa Hasnah

1– 2 Maret: Ratna Komalasari

3– 4 Maret: Pida Alandrian

5– 6 Maret: Agina Puspanurani

7-8 Maret: Intan Novriza Kamala Sari (Yay! Kamu sedang di sini)
URL Blog:
http://www.ketimpukbuku.com/

9-10 Maret: Sharie

11-12 Maret: Asri Rahayu MS
URL Blog:
www.peekthebook.com

13-14 Maret: Sri Sulistyowati
URL Blog:
http://www.kubikelromance.com/


32 komentar

  1. Mau peluk Babang Reggy boleh ga? ๐Ÿ˜‚

    Reggy-nya buat aku ajaaaa

    BalasHapus
  2. Brotherzone detected haha
    Suka gemes sih kalau ada yg kejebak kakak adek atau sahabat gini. Tapi penasaran. Ngomongin cinta, mau semainstream apapun temanya, pasti kita selalu suka.

    BalasHapus
  3. Reggy memang pacar idaman deh ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    BalasHapus
  4. Paling seneng kalau ada novel yang isinya gak cinta-cintaan aja. Apalagi yang ada konflik keluarga sama persahabatannya. Kalau karakternya kuat, konfliknya mantap, jelas novelnya akan masuk deretan wishlist.

    BalasHapus
  5. Dan hal ini hampir selalu kejadian kayaknya - Jatuh cinta sama sahabat sendiri :D #KuTersipu

    BalasHapus
  6. Aku ingin tahu akhir dari kisah orang yg mencintai sahabatnya sendiri apakah happy atau sad ending. Soalnya aku pernah mengalaminya #hahahaha

    BalasHapus
  7. Semoga aja nanti ada rezeki beli buku, jadi bisa beli nih buku. Keren sih

    BalasHapus
  8. Ohooo,, salah satu plot utamanya tentang perselingkuhan yakk,,, menarik, dari sini juga secara ga langsung anak-anak muda bisa dapet edukasi pula.

    BalasHapus
  9. Aw Reggy.. Duh klo punya pasangan kayak Reggy bahagia kayaknya yaa. Paket komplite..

    BalasHapus
  10. Hati2 jatuh cinta, jatuhnya itu sakit gak keruan. *eh๐Ÿ˜œ

    Mau nyoba ikuttt

    BalasHapus
  11. Toh di dalam mimpimu, dia sudah jadi milikmu... Kok nyesek ya.
    Reggy...oh reggy, sosok mu kayak abel di dealova deh

    BalasHapus
  12. When a man’s got a problem, just let him stay in his cave. Suka denga kalimat itu.

    Bukunya kisah cinta dan persahabatan banget ya tan, jenis buku yang suka aku baca saat SMA ini

    BalasHapus
  13. Wah.. kayaknya bukunya keren ya kak, aku jadi pingin baca deh... musti saving money bulan ini kalo mau beli buku ini

    BalasHapus
  14. constantly i used to read smaller articles or
    reviews which also clear their motive, and that is also happening with this paragraph which I am reading at this time.

    BalasHapus
  15. Alev unik banget. suka nonoton film thriller, tapi parnoan. Hihihi.

    BalasHapus
  16. Kadang2 saya gak berani beli novel beginian krn khawatir isinya roman picisan doang. Tp dengan review ini kok jd penasaran ya.. Pinjem dong.. Hahaha *pinjem? Beli wooii.

    BalasHapus
  17. Wahh kayaknya bakalan masuk wishlist ku nihh! Aku suka sama novel yang nggak sekadar tentang percintaan, tapi diselingi sama masalah-masalah umum lainnya. Lagipula, masalah keluarga itu menurutku kompleks banget tapi bisa jadi hal menarik yang menguras emosi. Apalagi kalo tenang perselingkuhan, sensitif tapi bikin penasaran๐Ÿ™Š๐Ÿ˜

    BalasHapus
  18. Jadi teringat ....
    Ehehe intinya dari reviewnya sih menarik. Paket lengkap :')

    BalasHapus
  19. Diaz? sama kaya nama adikku hehe. Pasti gak gampang nyimpan perasaan sama orang terdekat, takut salah langkah, tapi bener juga kalau dipendam malah tambah muncak, susah ya. Btw, aku jadi salfok sama foto terakhir, mbak hahaha

    BalasHapus
  20. Temanya suka tapi mendem bertahun-tahun emang udah banyak banget ya, tapi gimana penulisnya bercerita itu yang bikin penasaran.

    BalasHapus
  21. Mesti banget berpose macem gitu ntan? Salah fokus kan jadinya, hahaha

    BalasHapus
  22. Pinjem lah pinjem... Udah lama ga baca novel

    BalasHapus
  23. Masukkan komentar Anda...geli sendiri deh ngomongin cinta buat saya dimulai mendekati 40

    BalasHapus
  24. sapuuuu, tinggal terbang saja ya...: salam ya ama penulisnya

    BalasHapus
  25. Duhhh ada kejadian apa ya sama mereka. Kok ada selingkuh segala yah?? Ah kepooo maksimal deh!

    Gimana juga akhir perjalanan Reggy ini, apakah cinta dia menemukan jalan untuk pulang?

    BalasHapus
  26. Ide dan jalan ceritanya ini sebenarnya mudah dibayangkan. Tapi, tetap saja menggelitik untuk disimak secara keseluruhan. Apalagi bagi orang yang juga punya kakak cowok.

    Masih ada pertanyaan di benakku mengapa Reggy sebegitu ragunya mengungkapkan perasaan pada Aleva? Padahal biasanya kalau naksir sama adeknya temen sendiri mah enak ya tinggal embat atau tinggal minta izin sama kakaknya yang juga sahabat sendiri, pasti diizinin banget hehe.

    BalasHapus
  27. Ya ampun, gemez banget ya sama Reggy, cowok tapi betah banget mendam perasaan sampe nyesek gitu.

    BalasHapus
  28. This paragraph will help the internet people for building up new weblog or even a weblog from start to end.

    BalasHapus
  29. Kak, kenapa Kakak menebar umpan dimana2? Aku tidaq kuattt. Soal kenapa dengan keluarga Aleva dan Reggy, siapa yang selingkuh, sampai akhir kisah cinta Alev dan Reggy sendiri sukses banget bikin aku penasaran. Ini novel cuma 260 halaman tapi kok kayaknya komplit banget sih? Pengen banget bacaaa. Kayaknya aku gk bakalan bisa move on juga sama kisahnya. Semoga jodoh aja deh, gk tau lagi mau ngomong gimana. Rasanya udah suka bangetttt

    BalasHapus
  30. Aku selalu suka novel yang tidak hanya mengangkat cerita cinta namun juga ada selipan cerita keluarga, persahabatan, dan lainnya. Aku penasaran deh siapa sih yang sebenarnya berselingkuh, Reggy atau Alev? Terus aku juga penasaran akan sosok maminya Reggy yang menjadi favoritnya Kak Intan. Ah aku nggak sabar pengin baca cerita ini.

    BalasHapus