Blogging : Have Fun and Get the Money- Carolina Ratri (Blogtour & Giveaway)





Keterangan buku :

Judul : Blogging : Have Fun and Get the Money
Penulis : Carolina Ratri
Editor : Herlina P. Dewi
Proof Reader : Weka Swasti
Desain cover : Teguh Santosa
Layout isi : Arya Zenid
Penerbit : Stiletto
Tahun terbit : Desember 2015 (cetakan 1)
ISBN : 978 – 602 – 7572 – 44 - 7
Tebal buku : ix + 245 hlm

Blurb :

Bagi seorang blogger, mempunyai blog yang mendatangkan pemasukan pasti jadi cita-cita. Sedangkan bagi brand, blogger semakin diperhitungkan untuk menjadi partner dalam strategi marketing mereka melalui kerja sama job review. Namun, untuk sampai ke tahap itu, kita perlu membekali diri dengan keterampilan yang cukup. Buku ini membahas berbagai tip, seperti :

-Menentukan tema blog
-Mencari ide tulisan
-Mempelajari teknik menulis yang baik
-Mempercantik tampilan blog
-Cara mendapatkan job review
-Cara kerja Google Adsense
-Memopulerkan blog dengan SEO dan media sosial
-Sampai, profil para blogger senior

Pada akhirnya, akan banyak yang bisa kita dapatkan dari blog. Tak hanya untuk bersenang-senang dan dapat uang, tapi juga jejaring, serta personal branding.  


--




Blogging is fun! Blogging itu bersenang-senang. Senang menulis, senang berbagi, senang eksis, all about fun. – hlm 8

Awal ngeblog pada pertengahan tahun 2013, aku sama sekali tidak berpikir kalau blog bisa dijadikan lebih dari sarana untuk bersenang-senang atau melepas galau. Iya, waktu itu aku menjadikan blog sebagai ajang curhat belaka, sekaligus menjadi alat untuk memenuhi syarat jika ada giveaway atau kuis yang infonya harus dishare lewat blogpost.

Namun saat menerima tawaran job review di tahun 2014 lalu dengan fee yang lumayan untuk blogger pemula, aku ketagihan. Saat melihat blogger-blogger kece, sebutlah Emak Gaoel dan teman-teman mendapatkan hadiah jalan-jalan ke luar negeri berkat aktivitas menyenangkan bernama blogging, aku pun pengen berat. Lihat teman-teman blogger berhasil memboyong gadget-gadget keren berkat blogpostnya. Aku pun lebih dari sekedar ngiler.

Wuuuaah, betapa blog bisa mendekatkan kita pada hal-hal hebat!

Tapi perjalanan untuk mendapatkan tawaran job review maupun menang kontes berhadiah tiket jalan-jalan atau gadget, bukan perkara mudah. Apalagi mengingat pertumbuhan blogger meningkat tajam dalam beberapa tahun terakhir. Mau tak mau menuntut blogger harus punya ‘nilai plus’ jika ingin blognya muncul ke permukaan.

Beruntung sekali para blogger (dan calon blogger), bulan Desember 2015 ini, penerbit Stiletto menerbitkan buku keren ->>  Blogging : Have Fun and Get the Money. Buku ini adalah buku yang ditulis oleh blogger sekaligus penulis buku Sukses Membangun Toko Online, Carolina Ratri. Dari judulnya sudah tergambar, buku ini akan mengajak pembaca untuk bersenang-senang, sekaligus mendapatkan uang melalui blog. Asyiknya!

Buku Blogging : Have Fun and Get the Money Terdiri dari 7 bab, yakni :

-Pendahuluan
Why Blogging
Apa sih Hasil dari Ngeblog?
Yuk, Ngeblog yang Menghasilkan

-Let’s Blogging
Tentukan Niche Blogmu
Tentukan Nama dan Judul Blog
What Platform
Mendaftarkan Blog ke Search Engine
Tip-tip dasar SEO

-Blogging is Writing
Writing as a Passion
Teknik Dasar Menulis Blog
Cari Ide Tulisan, Yuk!
Awas Plagiarisme
Memelihara Semangat Ngeblog

-Blogging for Job Review
Apa Job Review?
How to Get Job Review
Seluk Beluk Ratecard
Yuk, Tulis Artikelnya!
When It’s Published
Bookmarking

-Apa Kata Para Blogger dan Advertiser
Para Headhunters
Para Job Reviewers

-Cara Lain Menghasilkan Uang dari Blog
Google Adesense
Program Afiliasi Lain

-Penutup
Merawat Blog Selayaknya Rumah
Keep Updated, Keep Learning and Keep Sharing
Socialize and Networking




See, komplit banget kan? Dari awal ngeklik sign-up di blogger.com sampai menghasilkan uang lewat blog pun, pembaca dikasih ilmunya. Tentunya dengan bahasa yang mudah dimengerti. Untuk istilah-istilah dalam dunia blogging, seperti afiliansi dan adsense, sudah disediakan artinya dalam bentuk catatan kaki. Jadi, dalam bab mana pun, pembaca bisa leluasa menyerap ilmu tanpa kening berkerut. 

Blogging : Have Fun and Get the Money layaknya sebuah peta perjalanan berharga bagi para blogger. Dimulai dari menentukan nama dan judul blog, memilih platform, memilih template hingga tip-tip dasar SEO dan job review. Semua dikupas tuntas. Sangat relevan dengan kebutuhan saat ini. Dimana banyak blogger yang ingin tak sekedar curhat diblognya melainkan juga mengais rezeki.


Selain itu, buku ini juga memberikan banyak rekomendasi blog-blog keren yang bisa dijadikan inspirasi, seperti iamfoodblog.com (food blogger) milik Stephanie Le, the-edited.com (fashion blog) milik Erica Davies, www.cultofpretty.com (beauty blogger) milik Ann Conville Somma, dan banyak blog lainnya.  

Meski aku menyukai semua bagian buku ini, tapi aku tetap punya bab favorit dong, yaitu bab 5. Ada obrolan penulis dengan para headhunters dan job reviewers. Sttt, pembaca bakal dikasih tau loh ‘rahasia besar’ mengenai job review.

Apa sih yang diutamakan para headhunters saat mencari reviewer?

Siapa aja blogger yang ternyata juga menjadi headhunters?

*kalo udah tau, kan bisa ceki-ceki sosmed mereka, siapa tau sesekali mereka buka pendaftaran reviewer lewat status sosmed kan? hihi

Oh iya,obrolan dengan para job reviewers juga seru banget loh. Kalo selama ini kita bertanya-tanya apa yang para blogger hebat itu lakukan agar dapat tawaran job review, berapa bayarannya, apaaja cerita suka dukanya, semuanya dibahas komplit. Nggak ada yang ditutup-tutupin *seriously cerita versi Emak Gaoel bikin ngakak parah :p

Dan akhirnya, aku pengen bilang kalo buku ini sangat recommended. Untuk semua blogger. Junior dan senior. Belum afdhol jadi blogger kalo belum baca Blogging : Have Fun and Get the Money. :D

 
--
 
Yuhuuuuu .. It’s Time to Giveaway !

Adakah diantara Ketimpukers yang mau dapetin buku kece Blogging : Have Fun and Get the Money ini gratis?

Tenaaang. Stiletto Book berbaik hati menyediakan 2 buku Blogging : Have Fun and Get the Money (untuk 2 pemenang) GRATIS.

Syaratnya GAMPANG.

1. Follow twitter @Stiletto_Book dan @inokari_

2. Like fanspage Stiletto Book di www.facebook.com/stiletto.book

3. Share info giveaway ini di media social milikmu (twitter dan facebook), mention Stiletto Book dan @inokari_ (facebook : www.facebook.com/inokari)

4. Jawab pertanyaan berikut di kolom komentar, sertakan nama lengkap & link share info giveaway.


Apa yang menjadi motivasi utamamu dalam ngeblog? Apakah just for fun, mencari teman, berbagi cerita, atau mulai mencari penghasilan tambahan? Ceritain dong :D

Udah segitu aja persyaratannya.

Yuk submit jawaban paling kece milikmu dan dapatkan kesempatan buat baca dan praktik ilmu dari buku Blogging : Have Fun and Get the Money. Oh iya, giveaway berlaku sejak blogpost ini dipublish hingga 28 Desember 2015, pukul 24.00 WIB.

Ditungguin yak.. :D



UPDATE


Haiii.. makasih banyak ya buat teman-teman yang udah submit jawaban di giveaway yang diselenggarakan Ketimpuk Buku kali ini. Jawabannya bagus-bagus (kayak biasa). Kalo aku perhatiin, emang makin lama, temen-temen yang suka berburu buntelan buku, makin kreatif aja. Beberapa tahun lalu, persaingannya ga seketat sekarang loh :D

Well, aku mau cerita sedikit motivasi awal ngeblog versi aku. Sebelum ‘mengaku-aku’ sebagai blogger, awalnya aku adalah kuis hunter. Mainnya di facebook sama twitter. Tapi lama kelamaan, syarat kuis dan giveaway makin beragam, seperti follow-followan via GFC atau share info giveaway via blogpost. Aku bikin blog deh, dengan tujuan sekedar untuk ‘melengkapi syarat buat ikut kuis atau giveaway’.

Lalu pelan-pelan, aku tertarik juga ikutan giveaway menulis. Temanya juga asyik-asyik, mostly nyuruh cerita soal kita pribadi. Misal, moment bareng ayah yang paling dikenang, jilbab favorit, dll. Aku yang emang suka cerita, mulai ngerasa kalo ngeblog itu menyenangkan. Apalagi sesekali menang, dapat hadiah pula. Dari voucher belanja hingga uang tunai. Happy!

Lama-lama, aku nggak ikutan kuis lagi (sesekali doang hehe), aku lebih prefer kalo ada giveaway menulis atau lomba blog. Kenapa? Soalnya kalo ikut kuis dan kalah, aku suka bรชte. Ngerasa ngebuang waktu sia-sia. Sedangkan kalo ngeblog, meski kalah, aku ngerasa udah ngelakuin hal positif dan berharga. Belajar nulis iya, berbagi iya, dapat hadiah juga.

Akhir tahun 2013, aku bikin blog buku ini. Awalnya buat wadah dokumentasi buntelan-buntelan buku yang aku terima. Tapi karena sibuk kerja sejak awal tahun 2014 (aku direkrut RRI sebagai penyiar), blog buku ini pun terlantar. Baru lah akhir Agustus 2015, aku melirik lagi blog ini dan bertekad buat rutin ngereview. Karena aku pun suka banget baca buku. Sayang aja sih kalo nggak didokumentasikan.

Buat aku,blog itu semacam pembuka jalan yang kelihatannya mustahil. Dapat uang, voucher belanja, gadget, tumpukan buku, rasanya menyenangkan sekali. Tahun 2016 kelak, targetnya sih bisa dapat penghasilan tetap dari ngeblog, sama tiket jalan-jalan gratis *ketauan nih anaknya kurang piknik. Hihiiii..

Okeh, kepanjangan nih ceritanya, waktunya mengumumkan pemenang yang berhak mendapatkan 1eks Blogging : Have Fun and Get the Money.

Selamat untuk ..



--



--



--



--




dan





Yay, selamaaaatt! Sila kirim data diri berupa nama lengkap, alamat dan nomor handphone ke intankamala@gmail.com. Secepatnya ya dear, biar bisa segera aku teruskan ke Stiletto.

Sekali lagi makasih buat semua Ketimpukers yang udah ikutan. Tetap semangat berburu buku bagus dan berburu buntelan ya. Hehe :D
 

37 komentar

  1. Jadi pengen punya bukunya. Kayaknya tebel banget ya. Mba beli di mana?

    BalasHapus
  2. Jadi pengen punya bukunya. Kayaknya tebel banget ya. Mba beli di mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 245 halaman, mbak. Hehe
      Ini dari Stiletto, kalo mbak mau juga, bisa ikutan giveawaynya loh :D

      Yoo ikutan yooo hihii

      Hapus
  3. BW pagi ada blog tour :D

    Aku sih niatnya berbagi informasi plus berbagi cerita buat pembaca. Kalo tiba-tiba dapat job review dan uang dari adsense, itu mah bonus. Lebih plus lagi kalo dapat teman di seluruh dunia. Keren ....

    #memeriahkan ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbakk, mending tambah link share info GA-nya biar terhitung sebagai peserta. Ditungguin yaa :D

      Hapus
  4. Alasan ngeblog saya? Sejujurnya sih saya hanya ingin memulihkan nama baik. lho? Suatu hari saya meng google nama saya, 'melati' dan apa yg terjadi? Isinya kalau ga jadi nama samaran korban pemerkosaan atau jadi sebutan hotel esek2. Sakiiiiiiit banget. Makanya sejak itu selalu pakai nama melati utk blog, biar mudah dilihat di google. Ingin buat postingan sebanyak mungkin yg bermanfaat atas nama melati, demi kedaulatan seluruh pemilik nama 'melati' ^^'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Whuaaaa iya juga ya mbak. Hiks :( Semoga niat baiknya terwujud. Aamiin

      Oh iya mbak, jangan lupa lengkapi sama link share info GA-nya ya. Biar bisa dihitung sebagai peserta :D

      Hapus
  5. Hi Mba,

    Salam kenal ....pengen bikin giveaway kaya gini, lg belajar2 gmn sistem nya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haii mbak, salam kenal jugak. Ini kemarin aku daftarin diri buat jadi host. Hehe

      Tapi kadang juga ditawarin penulisnya langsung. Kadang juga direkomendasiin temen :D

      Hapus
  6. Eh lupa data diri ^.^
    Nama: hp melati
    Link share: https://mobile.twitter.com/hpmelati/status/679814262122926080?p=v

    BalasHapus
  7. Nama : Erin
    Twitter : @RinShoak
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RinShoak/status/679832866046390273

    Awalnya aku buat blog untuk just for fun, gak lebih gak kurang. Sekedar mengabadikan kegiatan ngebolang dan lainnya. Tapi, Setelah dipikir-pikir sepertinya seru juga kalo bisa meraup rupiah dari blog, mesti banyak belajar tentang itu semua nih, makanya aku menantikan banget buku karya Mba Carra ini.

    BalasHapus
  8. Sulis
    @peri_hutan
    Link share: https://twitter.com/peri_hutan/status/679865157783191553

    Aku mau banget buku ini, huhuhu, menangin ya Intan *sembur mantra* :D

    Motivasi utama adalah karena aku memang suka, bisa dibilang ngeblog adalah hobiku. Aku selalu menganggap kalau apa yang memang benar-benar aku lakuin itu nyaman dan bikin bahagia, maka akan aku seriusin, akan aku lakukan dengan hati. Selain itu bisa berbagi dengan orang lain, memberikan informasi yang syukur-syukur bisa bermanfaat untuk orang lain, bisa nambah pahala juga, kan? :D. Untuk ngeblog yang mendapatkan uang itu aku anggap hanya sebagai bonus semata, kalaupun nggak dibayar, aku tetap akan ngeblog kok, tapi enakan dibayar sih, hihihi.

    Semoga menang, semoga menang, semoga menang :D

    BalasHapus
  9. Bukunya keren banget nih. Penasaran! Alasan saya ngeblog sih mau membangun kembali koneksi dengan pembaca. Berharap tambah pembaca baru. :D
    Tau ada istilah job review, makin semangat ngeblog. :D

    BalasHapus
  10. Nama : Aulia Resky
    Link Share : https://twitter.com/auliaarez/status/679899932103282689

    Awalnya motivasi untuk ngeblog berasal dari gebetan:3 aku tau emang absurd sih tapi yaa karena aku dan gebetan ga punya kesamaan yang bisa menandakan bahwa kita berjodoh *Sumpah dulu masih labil* akhirnya aku pun mengikuti jejaknya sebagai seorang blogger. Semenjak aku mulai ngeblog, si gebetan suka bantuin *Akunya modus sebenernya-,-* nah makin semangat buat ngeblog. Awalnya viewersnya dikit banget, yang memberi komentar pun tak ada. Sepi seperti hati ini:v tapi lama kelamaan makin banyak pembaca setia yang memberi komentar yang lucu dan mampu membuatku tertawa>.< Akhirnya blog bukan ajang pdkt dengan gebetan lagi, karena gebetan udah punya pacarT_T tapi semenjak SMA, mungkin ketiban dewi fortuna pas di alam mimpi, guru TIK menanyakan apakah di kelasku ada yang punya blog dan memiliki viewers setidaknya 5000. Berkat bantuan MANTAN gebetan akhirnya aku mengacung dan di ikut sertakan dalam lomba blog di kotaku. Hasilnya tak buruk, juara 3. Yaaa semenjak itu blog menjadi suatu kebutuhan, mencari teman, for fun dan tempat curhatan hati. Blog juga bisa saling bertukar tips dan informasi. Kalau kata temen-temen yang ngeblog juga, blog bisa di jadikan ajang pencarian jodoh ๐Ÿ™ˆ Kalau ajang mendapat penghasilan yaaa ga juga sih karena blogku kurang laku menjadi tempat iklan atau blogtour-_-" sekian, arigatou gozaimasu^^

    BalasHapus
  11. Halo mbak salam kenal
    Saya diah indri
    Twitter @diah_syauqiya
    Link share di
    khttps://twitter.com/diah_syauqiya/status/679902990178758657
    Alasan saya nge-blog awalnya untuk afirmasi diri ke arah positif meski kadang (dulu) masih nulis curhatan yang ga penting dan ga jelas.
    Makin banyak bergaul dengan blogger makin memiliki konsep mengenai blog saya. Selain sharing tentang hal yang umum, saya fokus nge-blog dengan topik motherhood sesuai dengan profesi saya sbg perawat dan doula.
    Saya ingin perawat lebih dikenal masyarakat perannya bukan hanya di rumah sakit dan seputar orang sakit tapi juga memberikan pencegahan supaya tidak sakit.

    Dan ternyata nge-blog bisa datangin rejeki baik berupa silaturahim, kenalan baru, relasi, haadiah barang maupun uang.

    Terimakasih mbak

    BalasHapus
  12. Nama: Shanty Ary
    Twitter:@_shantyAry

    Widih.... Bukunya pas banget kayak yang lagi aku cari.
    Alasan awal aku ngeblog yaitu buat syarat ikutan give away. Haha
    Tapi lama kelamaan juga jadi ajang curhat. Baru baru ini saya tertarik buat buat review. Masih belajar. Lagi cari nama yang pas buat nama blog. Yang menarik dan gampang di inget. Dari reviewnya buku ini sepertinya jawaban dari pertanyaan semua di otakku. Mulai gimana cara buat nama blog yang kece badai, kayak punya mb Inokari. Sampai seluk beluk gimana msnghasilkan uang dari blog. Mantap.. Banget buku ini.

    BalasHapus
  13. Nama : Popi Angriani
    Nama Fb : Popi Angriani Putri
    Twitter : @popiAngriani01
    Link share https://www.facebook.com/PopiAngrianiAndester/posts/1112948738739768?pnref=story

    Hai Mbak Intan, aku ikutan yah. Sekalian curhat. Hehe
    Motivasi pertama kali bikin blog karena sering baca tulisan-tulisan dua orang temen facebook yang sering share link blog mereka ke media sosial (facebook), aku orangnya suka kepo, upps tapi kepo dalam hal yang positif dong yah. Setiap aku buka facebook aku selalu disuguhkan dengan link blog mereka yang berisikan tulisan-tulisan mereka tentang keseharian mereka,yah aku jelajahin terus link blog itu hingga bermuara pada blog mereka. jadi aku sedikit tau bagaimana keseharian mereka lewat membaca tulisan mereka di blog.

    Kadang mereka curhat, ngasih tips, motivasi, nge-review buku, bahkan perjalanan travelling mereka juga mereka tulis dan itu bermanfaat banget kan jadi tau tempat-tempat travelling yang ada di kotaku. Berhubung aku juga hobi travelling hihi

    Nah dari keseringan baca blog mereka, aku jadi termotivasi untuk bikin blog. Dengan mencari tutorial bikin blog di mbah google, aku pun berhasil bikin blog yang masih polos banget hehe, aku coba buat nulis apa pun yang bisa aku tulis, untuk tulisan perdana aku di blog, aku cuma moving tulisan aku yang ada di catatan fb, tulisan yang berbahan dasar curcol juga. Waktu kian melaju aku masih menjadi pembaca setia blog dua orang ini, dengan semangat yang ruaaarrrr biasa aku membangun komitmen untuk menulis hal-hal kebaikan yang bermanfaat untuk orang lain.

    Yahhhh, meski bentuk rumah masih sederhana aku terus menulis, adakah yang membaca? Banyaaak. Tapi mereka yang baca aku PAKSA hehe, ada yang ninggalin komentar di blog ? awalnya nothing, karena yang aku paksain baca pada gak punya blog jadi mereka gak bisa dong ya ninggalin komentar. Coba kalo ada, manusia satu kampus aku paksa untuk komentar hahaha.

    Guliran waktu semakin melaju, aku juga ngikutin jejak guru blogger ini dengan share link di media sosial. Lumayan juga sih ada beberapa komentar yang mampir di tulisan-tulisan aku. Senang banget kalo ada pembaca setia, dan merindukan tulisan kita kalo kita lagi gak update. wkwkw

    Nyammm dua guru blogger aku yang menjadi inspirator di dunia perblogerran sekarang udah naik daun. Suka ngencess kalo lihat mereka sering kedatangan paket-paket yang keren. Senang banget lihat mereka yang semakin hari semakin kece. Penjelajahan aku juga semakin melaju jauh, sering baca blog-blog lain yang gak kalah kerennya kayak blognya Emak Rempong *EH maksudnya EmakGaoel *hihihiks aku sering intip-intip juga di blog mereka juga link-link blog yang ada di fanspage WarungBlogger.

    aku pengen ngasih tau siapa dua orang yang udah menjadikan aku terkategorikan sebagai blogger juga meski masih kelas ikan teri ini *hmm. Taraaaaa sang inspirator blogger itu adalah mbak Ria M Fasha (mbak senior di Radio) dan satunya lagi yang ngadain GA ini mbak Inokari alias mbak Intan (eets ini bukan rayuan maut biar menangin GA-nya mbak Intan ya) ini adalah fakta yang apa adanya. dan aku memang wajib banget punya buku Blogging : Have Fun and Get the Money biar ilmunya nambah dan bisa mewujudkan impian aku kedepan biar bisa jadi Blogger seperti para guru hihi aamiin ya Rabb.

    BalasHapus
  14. link share twitter lupa mbak hehe ini https://twitter.com/PopiAngriani01/status/679997952035704832

    BalasHapus
  15. Nama : Siti Nuryanti
    Twitter :@NelyRyanti
    Link share : https://twitter.com/NelyRyanti/status/680020075827429376

    Hai..intan, ini GA yang ketiga kalinya lho..untuk dapetin buku ini...yang kemarin belum dapat..pantang menyerah he..he
    Motivasi aku ngeblog, pertama kali karena pengin nulis kegiatan harian anak-anaku, itu juga belajar otodidak, jadi blognya masih simpel banget..eh sampe sekarang sih. ilmu ngeblognya ga nambah-nambah ha..ha..
    Terus aku coba bikin blog lagi, sejak aku sering suka baca buku, kayanya sayang kalau hanya baca terus taruh di rak, apalagi setelah sering BW ke blog buku orang-orang, isinya keren-keren banget, menambah wawasanku tntang buku, Seperti blog nya intan..salah satu blog yang sering ku stalking hi..hi Akhirnya aku coba belajar nulis review buku di blog bukuku. Masih banyak belajar sih, kapan2 main ya ke rumahku di jendeladuniaku2015.wordpress
    Dan akhir-akhir ini lagi sering jadi hunter quiz atau GA..just for fun..kayanya ada perasaan yang gimannaaa gitu kl lagi diumumkan pemenangnya...meskipun seringnya kalah sih ..tetapi kalau pas dapat..itu sesuatu banget deh..
    Suatu hari aku pengin ngeblog yang profesional dan dapat memberi penghasilan, seperti blog-blog yang udah pada eksis itu

    BalasHapus
  16. Nama : Veny
    Twitter : @yutakaNoYuki
    Link : https://twitter.com/yutakaNoYuki/status/680049240161128450

    Awal ngeblog karena dulu saya bercita-cita jadi penulis makanya mulai melatih skill dengan nulis blog. Tapi karena kesibukan blog sempet nganggur dan saya hampir menyerah buat jadi penulis. Tapi suatu waktu saya liat ada blog yang khusus review buku, nah akhirnya saya putar haluan deh untuk membuat blog buku juga, secara saya suka membaca buku cuma gak kepikiran untuk buat reviewnya di blog. Karena sekarang mulai aktif lagi ngeblog saya jadi banyak dapat informasi kalau ngeblog juga bisa menghasilkan rejeki Meski gak selalu dalam bentuk uang, dalam bentuk buku hasil giveaway misalnya ;) Jadinya sekarang juga mulai berpikir untuk mencoba menghasilkan uang dari ngeblog cuma belum terlalu kebuka jalannya, mungkin dengan petunjuk dari buku blogging have fun and get money saya bisa menemukan jalan untuk mendapatkan uang dari ngeblog.
    Jadi apa motivasi saya ngeblog ? Campur aduk, ya buat latihan nulis, buat dapet hadiah, buat review buku dan dapat info menarik soal buku lainnya dan juga buat dapetin uang :D

    BalasHapus
  17. Aku mau ikutan ah. Tapi ninggalin jejak dulu ya :D

    BalasHapus
  18. Nama : Emma
    Link share :
    https://mobile.twitter.com/account

    "Apa yang menjadi motivasi
    utamamu dalam ngeblog?
    Apakah just for fun, mencari
    teman, berbagi cerita, atau
    mulai mencari penghasilan
    tambahan?"

    jawaban : Punya blog cuman buat aku anggurin #hiks, jujur aja tiap kali mau memulai menulis postingan diblog pasti semua kata dan kalimat yang ada di pikiranku langsung lewat, bagiku memulai menyusun satu kalimat untuk blog itu benar-benar susah. Padahal dari awal tahun ini sengaja bikin blog untuk memulai menulis dan mencoba bercerita tapi ternyata nggak segampang itu. Entah itu karena nggak memungkin ngeblog dengan HP jadul atau karena signal di tempatku susah, dari kesemuanya motivasi dan waktu untuk memulai ngeblog salah satu yang jadi penyebab sampai sekarang blog-ku nggak keurus.

    BalasHapus
  19. Nama : Emma
    Link share :
    https://mobile.twitter.com/account

    "Apa yang menjadi motivasi
    utamamu dalam ngeblog?
    Apakah just for fun, mencari
    teman, berbagi cerita, atau
    mulai mencari penghasilan
    tambahan?"

    jawaban : Punya blog cuman buat aku anggurin #hiks, jujur aja tiap kali mau memulai menulis postingan diblog pasti semua kata dan kalimat yang ada di pikiranku langsung lewat, bagiku memulai menyusun satu kalimat untuk blog itu benar-benar susah. Padahal dari awal tahun ini sengaja bikin blog untuk memulai menulis dan mencoba bercerita tapi ternyata nggak segampang itu. Entah itu karena nggak memungkin ngeblog dengan HP jadul atau karena signal di tempatku susah, dari kesemuanya motivasi dan waktu untuk memulai ngeblog salah satu yang jadi penyebab sampai sekarang blog-ku nggak keurus.

    BalasHapus
  20. Nama : Ike Dian P
    Twitter : @IkeDianPuspita
    Link share :https://twitter.com/IkeDianPuspita

    Motivasi punya blog :
    Kalo dulu sih, keren rasanya punya blog diantara temen-temen (haha..jaman kuliah dulu). Sekarang, motivasi pengen jadi penlis lebih besar,tapi selalu maju mundur maju mundur cantik. Masih bingung juga mengelola blognya biar cantik dan menghasilkan. Setelah kenal yang namanya bisnis online, punya blog tuh jadi sebuah keharusan bahkan kebutuhan. Motivasi utama sekarang yaa biar bisa dapet duit dari ngeblog hihihi... Nah, biar ngeblognya oke dan branding personalnya jalan, kayaknya aku butuh banget nih buku Blogging : Have Fun and Get the Money
    Mbak Carolina Ratri. Semoga bisa dapet bukunya ;)

    Salam,
    @IkeDianPuspita

    BalasHapus
  21. Dwi Aryanti
    @DwiAryanti
    Share Link: https://mobile.twitter.com/DwiAryanti/status/680925867673960450

    Awal saya ngeblog tahun 2010, awalnya mengungkapkan kesedihan hati karena belum bisa wisuda dan masih berkutat di skripsi sedangkan hari itu teman-teman sedang wisuda. Lalu berlanjut cerita tentang keseharian dan makin jatuh cinta sama blog. Karena saya termasuk tipe introvert, jadi lebih suka meluapkan lewat tulisan dibanding verbal. Setelah nulis, rasanya tuh lebih lega dan bahagia. Semenjak itu nulis blog jadi hobi saya, walau masih belum rutin.

    Semenjak ikut komunitas, jadi tahu tentang ranking, domain dll. Mirip kaya iri-irian, orang begini saya juga mau ikutan. Tapi ini yang positifnya menurut saya, jadi saya cari2 kenapa mereka bisa hebat, apa saja kelebihan blog mereka.

    Tahun lalu, saya coba daftar adsense. Dah setahun tapi belum sampe 30 dollar hehe. Semakin kesini semakin ngeh dengan menghasilkan uang lewat blog tapi bukan tujuan utama sih.

    Tujuan utama blog saya sharing tulisan yang positif buat yang berkunjung ke blog saya. Kalau ada lomba blog yang sesuai baru ikutan. Kalau menang Alhamdulillah, kalau belum menang bisa ambil ilmu dari pemenangnya. Karena menulis itu kan skill, semakin diasah semakin ahli.

    Saya kepo banget dari buku blogging have fun and getting money terlebih tentang job reviewer. Bagaimana caranya supaya dilirik headhunter dan siapa aja headhunter itu? Waahhh mau bacaaaaa

    Kedepannya saya juga mau ngejar beasiswa, dan pasti kemampuan menulis jadi poin penting dalam perkuliahan baik tugas maupun pembuatan jurnal ilmiah.

    Dari hobi nulis, kita juga dituntut banyak baca. I love reading and writing very much deh

    BalasHapus
  22. Nama: Annisa Ayundi Prastiwi
    Link share:
    https://mobile.twitter.com/annsynd/status/680727208583802880

    Jawaban:
    Motivasi ku nge-blog sebenernya sih ini hobi baru mbak, jadi just for fun aja sambil sharing. Biasanya sih aku kalau nge blog sesuai isi hati dan pikiran. Biasanya sih aku nulis free poetry mba. Apalagi kalau aku lagi patah hati *eak -.-* biasanya otak aku jalan kalau lagi patah hati, jadi biasanya aku langsung nulis puisi bebas dan jadilah puisi amatiran itu X'D
    Dan mungkin, saya harus berterimakasih sama dia yang udh bikin hati saya patah. Gara-gara dia, saya jadi bisa berkarya X'D *maaf curhat mbak XD*

    BalasHapus
  23. Nama : Sofhy_Haisyah
    Link : https://mobile.twitter.com/Sofhy_Haisyah/status/681220973840863232 dan https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1008820389201231&id=100002198382692&refid=17

    Jawaban : Aku nge-blog pertama kali itu Februari tahun lalu. Awalnya sih, karena iseng aja pengen ngerasain main nge-blog rasanya kayak gimana, belum lagi sebelum memutuskan nge-blog aku lakuin riset kecil-kecilan tentang tujuan blog itu apa sih. Yaa, singkatnya aku nemuin blog itu kayak diary, alhasil aku pun jadikan blog iseng-isengan tersebut jadi wadah tulis artikel yang pengen aku tulis, daily life aku, dan tugas kuliahku ^^.

    Nah, beberapa bulan kemudian, aku nyangkut sama blog seseorang yang ngadain giveaway. Dari situ jugalah, aku pertama mengenal "giveaway". Terus, rules-nya tuh minta nge-review postingan blog-nya dan ditulis di blog sendiri. Jelas dong, aku mikir kesempatan nih !. Eh, dari iseng-iseng ikutan gituan aku keluar jadi salah satu pemenangnya. Nah, dari situlah aku mulai ketagihan ikutan GIVEAWAY, LOMBA BLOG, dan sejenisnya ^^

    Jadi, berbicara motivasi aku nge-blog, sebenarnya cuma iseng untuk melepaskan keingintahuan dan kepenasarananku tentang blog itu sendiri, berlanjut menjadi diary-ku, lalu sebagai salah satu pintu rezeki buat dapatin berbagai hadiah "gratis", dan tentu juga sebagai media latihanku menulis dengan baik ^^

    BalasHapus
  24. Nama : Rizky Mirgawati
    Twitter : @RizkyMirgawati
    Link Share : https://twitter.com/RizkyMirgawati/status/681330075292143617

    Motivasi utamaku buat blog itu sesuai tagline blogku "Let's talk about books and share to the world". Aku suka sekali membaca dan dulunya aku hanya bisa mereview buku-buku yang kubaca di goodreads, aku benar-benar gak ngerti gimana caranya buat blog.

    Tahun 2015, salah satu resolusiku adalah punya blog buku sendiri. Alhamdulilah, bisa terwujud dan senangnya berkat ngeblog, aku bisa nularin hobby bacaku ke semua orang, syukur-syukur mereka jadi tertarik baca juga setelah membaca review bukuku. Prinsipku, buku bagus itu harus dibagikan, biar orang lain tahu. Apalagi melihat event-event buku sekarang makin banyak, makin semangat lagi mereview dan ngeblog.

    Berhubung aku baru punya blog, pengen juga baca buku ini biar bisa jadi panduan juga buat blogger amatir kayak aku ney :D

    Thanks, Intan. Sukses terus buat kamu dan Ketimpuk Buku ya :*

    BalasHapus
  25. Arinta Setia Sari
    Twitter : @ArintaSetia
    https://twitter.com/ArintaSetia/status/681332027212181505

    Saya awalnya ngeblog buat iseng-iseng dan self healing. Tapi lambat laun saya merasa kualitas tulisan saya semakin meningkat. Saya pun memiliki banyak teman baru di dunia blogging.

    Saya beberapa kali ikutan kontes blog dan 2 kali mendapatkan award. Sejak itu saya merasa tertantang ingin serius di dunia blogging. Buku ini sangat menarik. Saya berharap ilmu dalam buku tersebut akan memberikan manfaat positif bagi saya. :)

    BalasHapus
  26. Nama : Nova Indah Putri Lubis
    Twitter : @n0v4ip
    Link Share : https://twitter.com/n0v4ip/status/681351317831303169

    Awal mula ngeblog itu sebenarnya hanya untuk menuliskan pengalaman-pengalaman dan masalah yang saya temukan seputar mata pelajaran di SMK waktu itu seperti troubleshooting jaringan, instalasi program, dan masalah2 lain yang saat itu bisa saya tangani. Soalnya saya termasuk pelupa orangnya. Jadi, blognya semacam virtual note yang saya gunakan untuk mencatat setiap masalah dan solusi yang saya terapkan. Niat awalnya sih itu, biar gak lupa. Terus suatu hari, ada yang komen di blog saya dan bilang kalo artikel yang saya tulis itu bermanfaat. Saya shock donk. Dari awal buat blog memang gak ada kepikiran kalo tulisan itu bakalan ada yang baca. Karena waktu itu memang saya menulis apa adanya sesuai dengan yang saya lakukan di lapangan, jadi ketika dapat komen kayak gitu rasanya terharu banget, akhirnya tulisan saya bermanfaat juga untuk orang lain... *lebayyyy* Nah, dari situ tuh nulis di blognya makin gencar. Yang awalnya hanya berupa catatan-catatan, kemudian saya rapikan dan jadikan tutorial yang layak untuk dibaca. Saat itu sih blum ada kepikiran untuk jadiin blog penghasilan. Bahkan mungkin saya gak mikir gmn caranya naikin rating. Waktu itu fokusnya hanya di content dan juga layout blog. Yang penting tulisannya informatif dan tampilannya menarik. Sampai suatu hari, teman saya ada yang berhasil memperoleh penghasilan dari blognya. Disitu saya baru ngeh, ternyata blog saya bisa menghasilkan uang juga ya... Tapi sampai saat ini saya belum berhasil mendapatkan penghasilan dari blog :'(
    Tapi yang jelas, motivasi utama saya dalam ngeblog itu untuk berbagi cerita. Menyenangkan rasanya bisa memberikan artikel yang bermanfaat untuk pembaca. Semoga sih harapan saya, kedepannya blog saya juga bisa mendapatkan penghasilan... :D Semoga berjodoh dengan giveaway dan bukunya deh, karena isinya cocok banget terutama bagi newbie kayak saya... Aamiin... :)

    Terima kasih ^^

    BalasHapus
  27. Ayatin Anisa
    @tenchoQ
    http://www.ketimpukbuku.com/2015/12/blogging-have-fun-and-get-money.html#more

    alasannya apa ya? mungkin pemindahan media curhat kali ya mbak. kebanyakan orang curhat di facebook ato twitter tanpa alasan yang jelas. nah mungkin lewat blog ini, blogger bisa "berkeluh kesah" yang sering ditanggapi positf. untung-untung banyak diklik terus jadi nambah pendapatan. ngarep.com

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. nama : Daisy
    twitter : @daisy_skys
    link share :

    https://twitter.com/Daisy_skys/status/681481017757011968


    Apa yang menjadi motivasi utamamu dalam ngeblog? Apakah just for fun, mencari teman, berbagi cerita, atau mulai mencari penghasilan tambahan? Ceritain dong :D

    motivasiku karena lelah menulis di buku harian .Di era digital ini buku harian kurang efisien . Pulpen , kertas , dan yah tulisanku yang kurang lebih kaya cacing .Jelek , nyakitin maya . Kalau Blog lebih efektif bisa dibawa kemana - kemana soalnya bisa ngeblog diponsel dan tulisannya sedap dipandang mata . Toh berbagi ilmu ke publik juga .

    Dulu aku bikin blog cuma buat curhat nggak jelas ( pantes views-nya dikit ) .Lalu lambat laun aku isi cerpen ( biasanya cerpen- cerpen yang ditolak majalah ) , puisi , lirik lagu , berita artis , tutorial make up , resensi buku , aku isi materi pelajaran , forum tanya jawab mata pelajaran .Alhasil blogku jadi terasa aneh .Bhineka tunggal ika . Berbeda - beda tetapi tetap satu juga.
    Sumpah aku bikinnya just for fan .Nggak pernah terlintas buat dapat uang .Karena menulis adalah passionku . aku tidak peduli dengan uang dan ketenaran blogku. Aku hanya ingin menulis untuk waktu yang lama . Liat komentar - komentar readers dipostinganku aja aku udah merasa bahagia kok . Apalagi dapet uang , aku bagiin ke readers * yakin?* kalau lebih .

    oh ya blog-ku anniv ke -3 bulan ini loh .


    udah itu aja kak .

    BalasHapus
  30. Selamat yahhh buat dua pemenang :D
    Asekkk bsa meramaikan GA Kak @Inokari

    Nanti saya cari aja di Gramedia. Semoga nemu bukunya :D
    Memang saya tertarik kok.
    Semoga mimpi2 Kak @Inokari di tahun 2016 tercapai. Amin

    BalasHapus
  31. Hehe...baru liat nih hari inij. Gapapa udah lewat. Tapi pengen bangen punya bukunya. Di mana bisa belinya. Udah sih kalo nanti udah ada bukunya lagi minta Mbak Carolina Ratri untuk colek bunda. Gitu...Salam kenal dari Bunda Yati Rachmat di Pamulang. Makasih.

    BalasHapus