5 Cara Mendapatkan Buku Gratis



Dengan usia yang baru aja resmi memasuki angka 23 tahun, beberapa hari lalu, hingga sekarang aku masih berpindah-pindah domisili. Beberapa tahun lalu, aku ngekost di Bengkulu karena kuliah S1 sekalian kerja di radio. Belum kelar kuliah, udah dapat SK pindah kerja ke Bintuhan. Mental jauh sekitar 180 km dari Bengkulu. Hiks. Sempat banget ngalamin yang namanya bolak balik tiap minggu Bengkulu - Bintuhan karena harus bimbingan skripsi segala macem. Stress berat! Tapi lebih stress lagi pas pindahan, masa. Hidup sendirian tapi barang yang kudu diangkut-angkut kayak barang pindahan sekeluarga lengkap. Hihi.

Dan nggak lain nggak bukan, barang yang cukup memakan tempat ketika pindahan adalah BUKU. Padahal awal ngekost, aku sama sekali nggak bawa buku bacaan agak sebiji pun, tapi pas pindahan, bukunya nyampe berkarung-karung. Kyaaa! Itu buku-buku apakah hasil belanja belinji di toko buku?

Sebagian kecil sih iya beli. Sebagian besar? Dari hasil berburu buntelan GRATIS. Nggak salah baca. Beneran gratis. Gratisan yang didapatkan dengan cara yang benar. Bukan minta gratisan sama penulis dong. Itu mah ga boleh dilakuin. Dosa! Bikin sedih penulisnya, masa iya mereka nulis berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun dengan mengorbankan waktu, tenaga, pikiran juga perasaan, lantas kita dengan entengnya ngechat dengan bilang ‘kak, bagi satu bukunya buat aku kak!’. Please JANGAN!

Banyak banget cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan buku gratis, tentunya dengan usaha yang setimpal. Ada buku gratisan yang didapat, ada usaha keras yang dilakukan. Setimpal bukan? Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan buku gratis :


1. Ikut Kuis dan Giveaway

Wait. Memangnya kuis dan giveaway berbeda?

Iya beda. Kalo kuis biasanya ngandelin keberuntungan, biasanya diminta buat ngelike, share, komen yang simple dan pemenangnya dipilih secara random. Sedangkan giveaway syaratnya lebih komplit dan biasanya dinilai berdasarkan kualitas jawaban.

Enaknya ikutan yang mana?

Dua-duanya enak. Aku pernah menang kuis yang pemenangnya dipilih secara random, juga pernah menang giveaway yang dinilai berdasarkan kualitas jawaban. Yang harus diperhatiin sih, pas penilaian sedang berdasarkan jawaban, kasih jawaban yang nendang, unik, beda, yang sekali baca doang, penyelenggaranya bakal keinget terus sama jawaban kamu. Meski balik lagi ke selera penyelenggara, tapi semakin unik dan ga terduga jawaban kamu, maka peluang untuk menang akan lebih besar.

Kalo mau ikutan kuis, bisa ceki-ceki media sosial penerbit dan penulis yay. Banyak banget sih kuis bertebaran sekarang ini. Tinggal balik lagi ke semangat kamunya, mau memperjuangkan si buku atau nggak?

Nah, kalo mau ikutan giveaway, aku rekomendasiin buat ikutan giveaway di blog kak Luckty. Blogger buku pasti kenal lah sama si kakak kece satu ini. Blog kak Luckty nggak pernah sepi giveaway. Selalu ada dan ada lagi. Dari tahun 2012an kak Luckty udah rajin ngadain giveaway-giveaway, baik yang hadiahnya pake modal sendiri, maupun disponsorin. Bisa dibilang, kak Luckty adalah blogger buku pertama di Indonesia yang sering berbagi buku lewat giveaway. Selain itu, kamu juga bisa mampir ke blog kak Atria, kak Asri, kak Rizky, mereka-mereka ini juga blogger-blogger buku yang konsisten berbagi buku dari tahun ke tahun.




2. Jadi Host Giveaway


Beberapa bulan lalu, aku sempat ‘ganas’ banget jadi host giveaway. Seminggu ada 3 giveaway sekali tayang, masa. Terus ada yang komen, ‘Intan enak banget dapet buku gratisan mulu!’

Sini aku kasih tau, kalo jadi host itu nggak cuma perkara buku gratisannya doang. Hihi. Ada tanggung jawab yang mesti dipikul. Review yang berimbang, juga promosi di media sosial yang harus berkelanjutan. Jelas lebih ribet dibanding sekedar jadi peserta giveaway lah. Lebih ribet tapi sebanding sama apa yang kita dapat. Bisa kenalan lebih dekat sama penulis bukunya, sama penerbit, sama temen sesama host, juga ga perlu deg-degan nungguin pengumuman pemenang.

Oh iya satu lagi, FYI, followers akun twitter sama instagramku : @inokari_ bisa mencapai 2800an dan 1300an itu ya salah satu faktornya karena sering jadi host giveaway buku. Lalu, gimana caranya biar bisa jadi host? Pantengin media sosial penerbit, penulis, blogger buku, sering banget ada penawaran buat daftar jadi host. Biasanya yang jadi penilaian adalah kualitas blog dan media sosial. Namun selain itu, peran networking juga penting, aku sering banget dapet tawaran ngehost dari sesama temen blogger buku, seperti dari kak Rizky dan kak Asri, misalnya.


3. Ikutan Kuis Buku di Radio
Setahu aku, ada beberapa radio di Indonesia yang rutin ngadain kuis kuis buku setiap minggunya, termasuk radio tempat aku kerja *promosi sis! hehe Enaknya berburu buku gratisan lewat kuis buku di radio gini, biasanya syaratnya lebih simple. Cuma jawab sekalimat doang mah paling. Tapi harus cepet-cepetan jawab sih biasanya, jadi jangan lupa buat dengerin dari awal acara, siapin handphone yang ada pulsanya, terus jawab dengan benar dan cepat, biasanya yang kek gini yang bakal menang.


4. Ikutan Reading Challenge

Reading challenge ini biasanya dibuka setiap awal tahun. Banyak banget jenis reading challenge mah. Ada Indah Hanaco Reading Challenge, Indonesia Romance Reading Challenge, dll. Tinggal sesuaikan aja sama selera, kemampuan dan kesempatan. Jika giveway hanya memberikan hadiah berupa satu atau dua buku plus merchandise, nah kalo reading challenge biasanya hadiahnya gede. Entah itu paket buku atau malah voucher jajan buku. Setimpal lah ya. wong, durasinya setahun. Banyak-banyakan baca buku dan review gitu. Yang perlu diingat, tantangan membaca kayak gini membutuhkan kadar sabar dan komitmen yang nggak sedikit.

5. Tukaran Buku

Pernah dapet buku yang sama lebih dari satu buku? Terus dijual gitu? Kalo aku sih berat banget buat ngejual buku. Meski dapatnya gratis. Eit, malah menurutku buku-buku gratis yang aku punya malah lebih memorable. Soalnya perjuangan buat dapetinnya itu berat bok. Harus saingan sama puluhan (atau malah ratusan) peserta. Lagian nggak etis deh sepertinya, buku yang didapet boleh dikasih orang, kok ya malah dijual. Saranku, kalo emang kebetulan lagi hoki dan dapat buku dengan judul yang sama dan jumlahnya lebih dari satu, mending dituker aja sama temen sesama pencinta buku. Kan lumayan banget bisa dapet buku lain dan buku yang kita punya juga nggak mubadzir.



 --


Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengisi rak buku kesayangan dengan buku-buku kece tapi gratis. Ingat, nggak ada usaha yang sia-sia. Kalo belum menang hari ini, coba lagi, siapa tau rezeki kamu ditakdirkan untuk esok hari. Dan kalo udah sering dapet buku gratisan, jangan lupa untuk ikut berbagi. Jangan takut buku kamu bakal habis karena sering dihibahkan, justru malah buku-buku yang kamu miliki akan semakin banyak. Percaya deh! Selamat berburu buku-buku gratisan yess Ketimpukers! :)




17 komentar:

  1. Kali pertama ikutan GA y di blog mba Intan terus jadi pemenang lagi hehehe dari situ aku mulai berburu deh buku2 gratis hahahaha emang rasanya beda sama beli buku sendiri

    BalasHapus
  2. Numpang curcol ya kak. Kalo aku busa berjuang lewat poin 1 kak. Aku ngga punya blog jadi ngga mungkin jadi host😦 Aku dari SMU suka baca tapi kalo cuma jadi member taman bacaan jadi kalo beli bener2 yg mau banget baru deh ngumpulin duit😊. Pertama kenal ada acara2 giveaway di twitter kak atria ada sesi NgeBookSip,dari situ tau blog yg ternyata banyak sekali giveaway. Aku aja baru tau bedanya kuis ama giveaway sekarang✌. Pertama kali ikutan acara di twitter ka atria tapi belum berhasil,tapi pertama kali nyoba di blog-nya ngga disangka2 malah menang. Aku inget banget awal september kemaren pertama kali menangin buku #Bristol lewat giveaway. Dari situ aku mulai suka wara-wiri ikutan giveaway baik di twitter,blog atau IG.
    Sorry ya kak curcolnya kepanjangan😊

    BalasHapus
  3. Saya termasuk masih berimbang, tapi kelemahan saya satu, gemar numpuk buku. Huhuhuhu, bahkan saya juga ikutan ngantri kalau ada yang bebenah rak. Padahal tumpukan udah menggunung #help etapi ga kapok hehe

    BalasHapus
  4. Ketimpuk buku.... Keren idenya Intan

    BalasHapus
  5. Aku akuuu...mau dong buku gratisan. Dulu sering banget ikutan kuis di twitter. Sampai lumayan lah dapet bukunya.
    Tapi sekarang aku syibuuuk *krai* *padahalsoksibuk*
    Mention2 dunks Tan kalo ada GA, via twitter okelah :*

    BalasHapus
  6. Awalnya saya suka banget ikutan kuis atau giveaway. Dan karena blog saya sudah mulai 'agak' rame, sudah pernah jadi host juga. Sekarang masih suka ikutan daftar kalau ada yang butuh host. Tapi, saya mulai fokus ke baca buku, agar tidak terlalu banyak novel yang menumpuk.

    BalasHapus
  7. Mau juga ketimpuk buku gratisan!
    Biasanya aku lebih milih opsi pertama dibandingkan yang lainnya. Jadi host kayaknya seru sih tapi sepertinya aku belum mampu jadi itu. xD #soksibuk wkwk

    BalasHapus
  8. Kalau saya mah kayakya sering tukaran buku deh mbak, btw postingan unik jadi senyum senyum sendiri deh serasa nyindir saya mau yang gratisan, ahi hi hi.

    BalasHapus
  9. Yang tukeran buku sudah sering liat sih, tapi belum pernah ikutan. Kalau GA sering. :D Hehehehe rasanya seru2 gimana gitu deh.

    BalasHapus
  10. Dulu pernah ikut lomba blog dan tnyata dapat hadiah buku.. senangnya gak ketulungan... 😁

    udh saatnya hunting buku gratisan lg nih.. makasih udh berbagi tipsnya 😊😊

    BalasHapus
  11. klo rajin mantengin kayanya blogger buku emang banyak yang ngadain GA yaa..blom pernah kusus ikut GA buku, tapi pernah dapet hadiah buku dari lomba ato GA lain emang seneng banget

    BalasHapus
  12. Saya rajin ikutan kuis, giveaway, lomba atau apalah namanya demi mendapatkan buku. Sayangnya kalau urusan undi-mengundi namaku suka kurang beruntung. Tapi Alhamdulillah, sudah beberapa kali dapat buku gratis. duh senangnya....

    BalasHapus
  13. Emang nggak sopan sih kalo yg suka ngemis2 minta buku gratis sama penulis. Ini banyak juga cara2 untuk ngedapetin buku gratis tanpa menjatuhkan harga diri, haha...

    BalasHapus
  14. Yap, caranya bener banget. Dulu tiap minggu aku dapat buku gratis. Tapi ingat, bakal ada konsekuensinya juga. Kadang kita jenuh dan nggak bisa memenuhi deadline. Atau kita jadi semakin pilih-pilih padahal buku-buku gratis terus berdatangan. Pokoknya yg konsisten aja :)

    BalasHapus
  15. klo aku dapet buku gratis pas lagi ada doorprize aja, kalo dapet sih :)

    BalasHapus
  16. salam kenal..
    makasih udah berbagi tips mba...

    rata-rata yang di GA in buku jenis roman ya, jarang dapat yang fiksi misteri, hukum, atau sosial

    BalasHapus
  17. Wahhh... ulasan yg bagus kak..

    Aku sih baru tahu ada yg namanya GA, ada GA yg berhadiah novel gratis. Ya ampun, selama ini kemana aja?!

    Ckrg sih lagi perjuangan ikut GA #BadRomance di blog kakak, moga bisa menang.. :D

    #SalamSapa

    BalasHapus