Blogtour TRULY YOURS – FATHNISA HASNAH || Ask Author



Assalamualaikum. Halo Ketimpukers!

Senang sekali karena akhirnya Ketimpuk Buku punya ‘nyawa’ untuk kembali ke dunia perblogtour-an tanah air setalah hiatus cukup lama. Halah. Mari kita pukpuk rame-rame dulu blog yang sempat berdebu ini, gaes. Dan menandai kembalinya Ketimpuk Buku ke jagat raya book blogtour,  kali ini Ketimpuk Buku berkesempatan berkolaborasi dengan Twigora. Yay! Terima kasih Twigora sudah mempercayakan Ketimpuk Buku untuk jadi salah satu host blogtour Truly Yours karya Kak Fathnisa Hasnah. Novel ini sungguh manis. Baru baca taglinenya aja sudah ikut terbawa rasa galau gundah gulana kayak si Reggy. Dekat di mata, jauh di hati. Ini cinta yang terlalu lama disimpan sendiri. Waaaa!




Btw, Ketimpukers sudah kenal sama kak Fathnisa Hasnah belum? Yuk kenalan dulu.



FATHNISA HASNAH

Lahir di Bandung pada 03 Januari 1994 dan masih menikmati kota Bandung hingga saat ini. Seorang sarjana lulusan Kimia yang sejak kecil selalu bercita-cita menjadi penulis meskipun tidak pernah mengenyam pendidikan khusus sastra. Penikmat buku dan kamar yang hening, sesekali diiringi musik genre apapun yang tidak membuat telinga berdenging. Pengagum berat Enid Blyton, Agatha Christie, Dee Lestari dan Ika Natassa.

--

Nah, itu profilnya Kak Fathnisa. Selain itu, aku juga berkesempatan mengajukan beberapa pertanyaan berkaitan dengan novel Truly Yours. Berhubung novelnya sudah datang jauh hari sebelum pelaksanaan giveaway, pertanyaan yang terlontar pun adalah pertanyaan yang muncul di kepala usai membaca Truly Yours ya man teman. Simak yuk Ask author bersama Kak Fathnisa Hasnah versi Ketimpuk Buku berikut.

Intan : “Ada alasan khusus gak kenapa gaya bercerita di Truly Yours menggunakan 2 sudut pandang (dari Reggy & Alev)? Susah gak ketika harus ganti penggunaan sudut pandang? Secara kan karakter mereka berdua itu beda banget.”

Kak Fathnisa : “Aku membuat cerita dengan dua POV karena aku ingin pembaca bisa benar-benar tahu segala hal yang Alev & Reggy rasakan. Karena sifat Alev dan Reggy berbeda, aku nggak mengalami kesulitan yang terlalu banyak sih. Apalagi POV Alev cenderung agak formal & POV Reggy jauh lebih santai.”


Intan : “Ada beberapa judul lagu yang aku temukan di novel ini, seperti Built to Last-nya Melee.  Pas lagi nulis buku ini, menggunakan lagu tertentu sebagai backsound gak?”

Kak Fathnisa : “Lagu-lagu yang muncul di novel Truly Yours sebagian besar adalah lagu-lagu favoritku yang kebetulan liriknya pas dengan kondisi dalam cerita. Contohnya Somewhere Over The Rainbow, Rest of my life-nya Bruno Mars dan Creep-nya Radiohead.”


Intan : “Kenapa memilih Bandung sebagai setting lokasi cerita di Truly Yours?”

Kak Fathnisa : “Karena aku berdomisili di Bandung dan rasanya lebih menyenangkan aja gitu ngebayangin tokoh-tokoh di novelku bersetting tempat di Bandung. Lebih ke kepuasan pribadi aja sih, hehe.”


Intan : “Siapa tokoh yang paling kamu sayang di novel ini? Kenapa? Kalo aku paling sayang sama maminya Reggy. Hehee.”

Kak Fathnisa : “Karakter yang paling aku sayang itu Diaz. Buatku, sosok Diaz itu sosok kakak cowok idaman banget. Apalagi dengan kondisi broken home dan cuma tinggal berdua sama adiknya. Meskipun terkesan cuek, tapi Diaz itu sayang banget sama Aleva.”


Baca juga : Blogtour TRULY YOURS – FATHNISA HASNAH  || Review   


Intan : “Ada gak bagian-bagian dari Truly Yours yang kamu ambil dari dunia nyata? Misal nama tokoh-tokohnya, penggalan cerita, dll..”

Kak Fathnisa : “Nama tokoh semuanya murni fiksi. Beberapa adalah nama teman-temanku di dunia nyata tapi nggak ada sangkut pautnya dengan isi cerita. Konflik broken home dari cerita nyata, hanya saja ceritanya kubuat lebih kompleks. Penggalan cerita juga sebagian besar adalah hasil imajinasiku. Tapi beberapa lokasi memang benar-benar ada di Bandung hanya saja nama tempatnya kuganti. Seperti Taman Benteng, Coolish dan lapangan tempat Reggy Agam Ozy nongkrong bareng.”


Intan : “Berapa lama proses yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan novel ini? Sesuai sama rencana awal gak jalan ceritanya? Atau mungkin belok arah di tengah penulisan cerita?”

Kak Fathnisa : “Kurang lebih 2 tahun. Belok di pertengahan dan betul-betul revisi ending total.” 


Intan : “Tentang mencintai sahabat sendiri dengan cara diam-diam.. Apa yang bikin Truly Yours beda dari novel yang bertema serupa?”

Kak Fathnisa : “Yang membuat Truly Yours berbeda, novel ini nggak melulu hanya membahas cerita cinta tokoh utamanya. Banyak hal yang mempengaruhi kedua tokoh untuk menentukan akhir cerita persahabatan mereka seperti apa, terutama mengenai hal keluarga, kepercayaan dan kesetiaan.”

Nah, itu dia interview singkat Ketimpuk Buku sama kak Fathnisa Hasnah. Lalu apa kata Ketimpuk Buku tentang Truly Yours? Tetap stay tune di sini yess, karena 6 jam lagi, aku bakal ngepost review Truly Yours-nya Kak Fathnisa. :)




Jadwal Blogtour Truly Yours - Fathnisa Hasnah

1– 2 Maret: Ratna Komalasari

3– 4 Maret: Pida Alandrian

5– 6 Maret: Agina Puspanurani

7-8 Maret: Intan Novriza Kamala Sari (Yay! Kamu sedang di sini)




9-10 Maret: Sharie

11-12 Maret: Asri Rahayu MS



13-14 Maret: Sri Sulistyowati




20 komentar

  1. Ditunggu reviewnya deh, hehehe.

    BalasHapus
  2. Ah, suka Kak Dee juga 😍 suka Somewhere Over The Rainbow jugaaaa 😍

    Hmmm ... Cinta diam-diam ya? Kok sakit ya bayanginnya πŸ˜₯😫

    BalasHapus
  3. Aku paling suka baca buku 2 POV karena emang perasaan tokohnya lebih nyata jadinya. Tapi kadang ada novel yang punya 2 POV berbeda tapi gaya penceritanya sama. Kalau di novel ini nggak ada 'kesalahan fatal' itu,keren deh. Aku juga suka nulis tapi gabisa kalau pakai 2 POV. Kaku, susah pula.
    Btw ini kan temanya mainstrea ya. Cinta diam-diam. Aku jd penasaran sama alternatif pilihan dan kesempatan yang melintasi hidup Alev dan Reggy yg jd penentu hubungan mereka ke depan.

    BalasHapus
  4. Lumayan lama ya proses penulisannya

    BalasHapus
  5. Aku suka sama keputusan penulis buat menggabungkan berbagai poin untuk menentukan jalan cerita. Jadi isinya gak cuma cecintaan. πŸ˜…πŸ˜…

    BalasHapus
  6. Sisi positif yang bisa diambil dari penggarapan novel ini adalah : Nggak ada sesuatu yang instan, mungkin banyak penulis yang bisa merampungkan hasil tulisannya dalam hitungan bulan. Tapi segalanya berproses, aku salut sama ketekunan kak fathnisa untuk Truly Yours nya :* :* :*

    BalasHapus
  7. Aku akan coba mendengarkan lagu-lagu favorit kak Nisa saat membaca novel Truly Yours nanti...biar feels nya dapet😁

    BalasHapus
  8. Persahabatan ya...
    Cewek sama cowok kalau sahabatan itu kok selalu nekan perasaan ya, secara diam-diam, selalu begitu

    BalasHapus
  9. Nggak kebayang gimana repotnya Kak Nisa memakai dua POV dalam satu novel

    BalasHapus
  10. Aku juga sukanya Reggy kok, kayaknya lebih manis gituπŸ˜…

    BalasHapus
  11. Aku juga sukanya Reggy kok, kayaknya lebih manis gituπŸ˜…

    BalasHapus
  12. Memang ada banyak novel lain yang ide ceritanya tentang jatuh cinta diam-diam sama sahabat sendiri. Tapi menurut aku, itu bagus karena kita sebagai pembaca jadi bisa membandingkan gaya bercerita dan alur antara sesama penulis. Kesamaan ide nggak masalah, yang penting bagaimana penulis pintar-pintar membuat karyanya itu menjadi lebih menarik dan beda. Btw, aku jadi penasaran sama novel yang satu ini hehehe

    BalasHapus
  13. Ngga ada yang murni dari persahabatan cewek-cowok. Yha gimana ya :(

    BalasHapus
  14. wah kerenjuga sarjana kimia dan bisa nulis, jempol deh buat author. Menurutku memang biasanya tuh lebih gampang membuat cerita berdasar kisah nyata tapi dengan sedikit polesan hehehe, jadi penasaran sama endingnya yang dibilang revisi total

    BalasHapus
  15. Wih... Selera musiknya sama seperti saya hehehe daya juga suka lagu-lagu yg disebutkan di atas.
    Tapi kalau saya pribadi gara2 si penulis selalu menjawab Diaz lah yg menjadi tokoh favoritnya, saya jadi paling penasaran dg tokoh Diaz ini :D

    BalasHapus
  16. Duhh setting tempatnya Bandung, aku selalu suka sama cerita yang bersetting kota ini. Karena dari kecil hingga besar, aku betah banget tinggal di Bandung.

    BalasHapus
  17. Cerita tentang mencintai sahabat sendiri dengan cara diam-diam memang sudah banyak jenisnya, tapi melihat jawaban penulisnya tentang perbedaan novel Truly Yours dengan cerita tema sejenis bikin aku tertarik nih.

    BalasHapus
  18. Kayaknya tokoh kesayangan Kak Fathnisa selalu Diaz yaa. Sebaik n sebrotherable apa sih dia sampek penulisnya sendiri suka banget? Aku jadi penasaran deh

    BalasHapus
  19. Dengan dua POV kita sebagai pembaca akan lebih mudah mengetahui perasaan maupun isi pikiran dari masing-masing tokoh, dan itu menyenangkan sekali bagiku. Aku jadi tahu isi pikiran mereka. Aku selalu suka novel dgn dua POV . Eh aku jadi penasaran sama tokoh Diaz yang menjadi tokoh favorit penulis.

    BalasHapus