Untuk Kamu Generasi Millenials Pilih Tinggal di Apartemen atau Rumah?



Halo millenials, untuk hidup di jaman modern saat ini sangat penting untuk memikirkan tentang menabung atau investasi. Terkadang kita susah mengontrol ketika memiliki uang lebih kemudian membeli barang yang bukan menjadi kebutuhan utama. Oleh sebab itu penting sekali untuk kita bisa memikirkan dan melakukan investasi dari sekarang. Bagaimana caranya? Mulailah dari sekarang untuk memikirkan bagaimana cara memiliki tempat tinggal sendiri. Saat kamu memilih mencari tempat tinggal, ada beberapa faktor yang sangat berperan yaitu lokasi dan lingkungan sekitar. Hunian yang kamu pilih, nantinya akan menjadi tempat tinggalmu sehingga ini sangat penting.

Ada dua hunian yang bisa kamu beli yaitu rumah tapak dan rumah vertikal seperti apartemen, rumah susun atau kondominium. Masing-masing hunian memiliki keistimewaan dan juga kekurangannya. Ditambah apabila kamu ingin menjadikan hunian tersebut sebagai investasi. Bagaimana kamu ingin melihat perbedaanya? 

Berikut penjelasannya :

Untuk Kamu Generasi Millenials Pilih Tinggal di Apartemen atau Rumah?

Rumah

Bagi kamu yang terbiasa tinggal di rumah pasti tidak asing dengan penjelasan ini. Rumah pada umumnya lebih mudah dijual daripada apartemen, selain itu rumah juga lebih mudah untuk dijadikan jaminan bank dan bisa juga disewakan dengan harga yang tinggi. Bisa diketahui bahwa semakin sempitnya lahan kosong saat ini membuat harga properti per tahunnya semakin tinggi. Sementara bangunan rumah semakin tahun mengalami penyusutan, jadi untuk meminimalisir itu pemilik perlu melakukan renovasi agar harga jual rumah sekali meningkat.

Keuntungan tinggal dirumah adalah bisa lega untuk mendapatkan kepemilikan, yaitu kepemilikan bangunan dan tanah dalam bentuk sertifikat. Sehingga kamu bisa bebas untuk merenovasinya. Tetapi perlu diingat juga bahwa jika kamu tinggal di rumah harus mengeluarkan biaya pembangunan dan pemeliharaan, karena semua itu ditanggung sendiri. Untuk mengatasi hal tersebut, setidaknya kamu harus memiliki asuransi untuk berjaga-jaga.

Untuk Kamu Generasi Millenials Pilih Tinggal di Apartemen atau Rumah?

Apartemen

Hunian ini sangat populer ditahun ini, kenapa demikian? Kamu pun tahu apartemen merupakan sebuah hunian yang sangat lengkap dengan berbagai fasilitas yang disuguhkan. Fasilitas yang jarang ditemui disemua hunian, seperti kolam renang, taman, gym center, foodcourt, keamanan 24 jam dan lainnya. Jadi jangan heran jika kamu membeli apartemen  lebih tinggi harganya padahal ukurannya sama dengan rumah. Dan jika lokasinya sama, harga unit apartemen lebih murah karena luasnya lebih kecil.

Sama halnya dengan rumah, saat kamu tinggal di apartemen perlu mengeluarkan biaya yang cukup untuk perawatan dan pengelolaan gedung.

Jika rumah memiliki harga tinggi saat dijadikan jaminan kredit, lain halnya dengan apartemen harganya relatif lebih rendah. Setiap pemilik apartemen tidak memiliki hak guna karena tiap unit apartemen tidak bisa berdiri secara langsung diatas tanah. Begitupun dengan renovasi bangunannya kamu akan lebih terbatas untuk merubahnya. Jika kamu ingin merenovasinya, biasanya hanya bisa pada bagian interiornya saja.

Perlu kamu ketahui juga bahwa apartemen biasanya dibangun dengan lokasi yang sangat strategis berada ditengah kota. Lokasi yang strategis ini membuat kamu bisa menghemat pengeluaran untuk transportasinya. Ditambah jika kamu ingin privasi, tidak ada salahnya jika memilih apartemen sebagai tempat tinggal.

Bagaimana diantara keduanya mana yang kamu pilih? Jika kamu memilih untuk investasi, apartemen sangat cocok. Tapi pasti kamu alternatif apartemen apa yang sesuai seleramu dan nyaman untuk ditinggali. Jangan khawatir kamu bisa menggunakan website mamikos.com untuk mengetahui kriteria apartemen seperti apa yang kamu cari. Salah satu contohnya misal sewa apartemen green bay, disitu kamu bisa melihat fasilitas apa saja yang disuguhkan. Jika ingin lebih mudah, kamu bisa download aplikasi mamikos untuk mengaksesnya.

Nah, jadi gimana, udah tau mau memilih hunian yang mana? Apartemen atau rumah? :)

Tidak ada komentar