Tapered Roller Bearings - Salah Satu Jenis Roller Bearings

Pict source : Pixabay


Roller bearing adalah tipe bearings yang sangat penting di antara semua jenis produk bearing yang berbeda. Dibandingkan dengan ball bearing, mereka memiliki kapasitas beban radial yang lebih tinggi.

Meski begitu, jenis ini juga memiliki kelemahan. Misalnya, mereka memiliki kapasitas aksial yang rendah dan gesekan yang lebih tinggi di bawah beban aksial. Karena itu, setiap tipe bearing memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Anda dapat memilihnya sesuai kebutuhan.


Perkembangan bearings dan roller bearing semakin maju dari hari ke hari. Kini telah ada berbagai jenis bantalan dan bearings yang bisa Anda pilih, seperti roller bearing silinder, roller bearing bulat, tapered roller bearings, dll.

Di antara semua jenis ini, jenis tapered roller bearing termasuk jenis yang cukup penting. Hal ini karena jenis roller bearings yang satu ini dapat menghasilkan gaya aksial besar. Selain itu, ia dapat mempertahankan gaya radial besar. Produk tersebut terdiri dari banyak bagian seperti cincin luar, cincin dalam, dan rakitan roller yang berisi rol dan sangkar. Cincin bagian dalam dan rakitan rol yang tidak dapat dipisahkan disebut kerucut, sedangkan cincin bagian luar disebut cangkir.

Jenis produk yang satu ini memiliki sejarah yang sangat panjang. Pada akhir abad ke-19, roller bearing mulai diperkenalkan di dunia industri. Sebenarnya, pada tahun 1898 perusahaan bearings terkenal bernama Timken dianugerahi paten untuk tapered roller bearing. Dan produk inilah yang membuat perusahaan menjadi cukup sukses.
 

pict source : Pixabay
Karena pengembangan produk jenis ini, jurnal bearing yang berfungsi atas dengan menggunakan pelumas dapat mereka gantikan fungsinya dengan cepat. Bearing berpelumas perlahan akan menghadapi kegagalan fungsi jika tidak ada proses pelumasan yang tepat. Kegagalan disebabkan oleh gesekan. Untungnya, Timken berhasil menciptakan tapered roller bearing yang dapat mengurangi gesekan dengan menggunakan desain cangkir dan kerucut.

Tidak diragukan lagi bahwa inovasi tapered roller bearing membawa kejutan besar bagi pelanggan. Produk tersebut dapat menahan akselerasi dan deselerasi dengan sangat baik, beban berat dan berbagai suhu dan kondisi lingkungan. Jika dibandingkan dengan jenis lain, tapered roller bearing dapat mendukung beban radial dan aksial. Karena area kontak yang lebih besar, mereka dapat mengambil beban yang lebih tinggi.

Tapered roller bearing dapat diaplikasikan kepada berbagai jenis mesin seperti transmisi helikopter, transmisi pengurangan kecepatan, mesin turbin gas dan sebagainya. Selain itu, mereka juga dapat secara umum diterapkan di banyak mesin sederhana seperti kebanyakan mobil, truk, dan bus.

Karena rumitnya proses pembuatan, tapered roller bearing biasanya lebih mahal daripada ball bearings. Meskipun harganya lebih mahal namun ternyata bearings jenis ini masih diterima secara luas oleh pelanggan. Mereka tidak dapat digantikan oleh jenis lain dalam beberapa kesempatan. Dan orang dapat memilih produk ini untuk fitur khusus yang didesain untuk kebutuhan khusus.

Selain fungsinya, hal yang perlu diperhatikan saat memilih bearings adalah memperhatikan kualitasnya. Untuk itu, pilihlah merek yang sudah memiliki reputasi kualitas yang baik dan belilah dari supplier resmi mereka. Logam Makmur sebagai toko otomotif menyediakan berbagai jenis bearing termasuk roller bearing dengan harga dan kualitas yang bersaing.

.

Tidak ada komentar