Review Buku Telusur Bandung, Panduan Wisata Bandung yang Lengkap

Pict source : Pixabay


Buku kecil namun cukup tebal ini berisi panduan wisata untuk Bandung dan sekitarnya. Isinya cukup lengkap tidak hanya membahas wisata tapi juga hal lain yang menarik.

Bab 1 Kondisi Geografis

Membahas letak Bandung, geografisnya, juga sejarah geologinya. Cekungan Bandung yang ada sekarang ini ternyata dulunya adalah danau purba.

Bab 2 Sejarah

Bandung dulu masih berupa hutan liar, lalu diceritakan bagaimana kota Bandung sekarang terbentuk. Ada kaitan antara kolonial Belanda dengan pendirian kota Bandung.


Diceritakan juga bagaimana Bandung mempersiapkan diri sesuai dengan rencana pemindahan ibu kota Hindia Belanda dari Batavia ke Bandung. Pembaca juga diajak merunut sejarah Bandung di masa perjuangan hingga masa kemerdekaan.

Bab 3  Bandung Saat Ini dan Masyarakatnya

Pict source : Pixabay

Bab yang singkat ini menjelaskan kondisi Bandung di jaman modern. Dibahas bagaimana pembangunannya dan perkembangan Bandung menjadi kota mode ditandai dengan banyaknya factory outlet.

Bab 4 Menuju Bandung

Informasi di bab ini cukup penting bagi wisatawan. Digambarkan dengan cukup lengkap bagaimana mencapai Bandung dari kota lain dan transportasi apa saja yang bisa dipilih. Tak ketinggalan dibahas juga soal transportasi di dalam kota Bandung.
Salah satu transportasi yang dibahas adalah rental mobil. Bandung mempunyai banyak perusahaan penyewaan mobil. Salah satunya yang sudah beroperasi sekitar 30 tahun adalah Dirgantara Car Rental.

Bab 5 Pusat Kota

Sejak bab ini mulai dibahas destinasi wisata, dimulai dari wilayah pusat kota Bandung. Cukup banyak tempat yang diulas dengan ulasan singkat tapi padat. Sesuai dengan daerahnya, pusat kota, maka tempat wisata yang ada banyak yang berupa bangunan terutama bangunan bersejarah.

Bab 6 Bandung Utara

Obyek wisata yang ada di Bandung Utara sebagian terletak di wilayah kota, sebagiannya di wilayah pegunungan. Ditunjukkan juga mana saja dari obyek itu yang bernilai sejarah.

Bab 7 Bandung Timur

Digambarkan bahwa Bandung Timur merupakan pemukiman penduduk. Tapi juga terdapat pabrik dan industri di berbagai bidang. Di wilayah ini pula terletak Trans Studio Mall yang terkenal.

Bab 8 Bandung Selatan

Bandung Selatan merupakan kawasan pemukiman, industri garmen, industri tekstil dan perbelanjaan. Di daerah ini juga ada wisata kuliner, museum, wisata budaya, dan wisata alam terbuka.

Bab 9 Bandung Barat

Daerah ini tempatnya obyek bernilai sejarah dan perbelanjaan, mengingat cikal bakalnya adalah Pecinan Bandung yang mempunyai banyak kegiatan dagang. Kawasan pecinan itu sendiri masih ada dan layak dikunjungi sebagai obyek wisata.

Bab 10 Urban(dung) Legend

Membahas cerita hantu dan misteri yang ada di Bandung. Misalnya hantu prajurit Belanda tanpa kepala, hantu kentang, hingga hantu boneka.

Bab 11 Sekitar Bandung

Bab ini menyajikan obyek wisata di sekitar kota Bandung seperti Lembang, Tangkuban Perahu, Peneropongan Bintang, kebun teh Malabar, dan lainnya.

Bab 12 Sarana Wisata

Pict source : Pixabay

Berisi daftar lengkap sarana pariwisata seperti penginapan, tempat makan, dan tempat belanja. Juga ada alamat rumah sakit, polisi, dan informasi pariwisata.

Bab 13 Event Kota Bandung

Daftar pendek kegiataan seni, belanja, dan budaya yang rutin diadakan di kota Bandung.

Bab 14 Alternatif Kegiatan Liburan di Bandung

Berisi saran kegiatan bagi mereka yang berwisata di Bandung untuk satu hari, 3 hari, seminggu. Juga menjelaskan dengan singkat wisata malam dan wisata anak yang ada.

Bab 15 Wisata Jalan Kaki

Bagi saya bagian ini paling menarik dan sangat berguna. Ada beberapa rute yang disarankan untuk mengeksplorasi Bandung dengan jalan kaki, dan tiap rute mempunyai keunikan tersendiri.

Bab 16 Bandoeng Laoetan Api

Kejadian bersejarah Bandung lautan api 1946 sangat terkenal. Bab ini memberi arahan rute yang musti ditempuh untuk menelusuri peristiwa bersejarah itu.

Bab 17 Destinasi Paling Gres dari Bandung

Bab penutup ini berisi obyek wisata terbaru di Bandung saat itu.

Buku berjudul Telusur Bandung ini ditulis oleh Teguh Amor Patria. Diterbitkan oleh Elex Media Komputindo tahun 2014. Umurnya sudah cukup tua untuk buku panduan wisata, namun isinya menurut saya masih relevan dengan wisata Bandung saat ini.

Buku yang berharga bagi kamu yang ingin berlibur di Bandung dan sekitarnya. Panduannya cukup informatif dan lengkap sekali. Kekurangan kecilnya hanya satu, fotonya tidak berwarna.


Tidak ada komentar