Mengenal Ciri-Ciri Meja Kantor dengan Kualitas dan Spesifikasi Baik



Sebuah kantor akan terasa ganjil jika tidak ada meja kantor di dalamnya. Hal ini karena staff atau karyawan yang bekerja selalu membutuhkan meja untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Entah mereka harus berurusan dengan tumpukan dokumen, laptop, menggambar di atas kertas, membuat kerajinan, apa pun itu akan lebih baik jika ada meja kantor. Terlebih bagi karyawan yang bertugas mengurus administrasi, kehadiran meja kantor akan membantu kenyamanan diri dalam menyelesaikan pekerjaan.

Mengenal Ciri-Ciri Meja Kantor dengan Kualitas dan Spesifikasi Baik
Source : Pixabay

Meskipun begitu, membeli meja kantor memang tidak bisa sembarangan. Kualitas dan spesifikasinya harus diperhatikan benar-benar. Jika ingin meja kantor berkualitas baik, coba perhatikan beberapa hal ini.


Bahan Material Pembuat Meja Kantor

Secara umum, meja dan kursi biasanya dibuat dari kayu. Akan tetapi seiring perkembangan teknologi, bahan selain kayu juga menjadi alternative pembuatan meja. Bahan-bahan material untuk meja kantor biasanya berasal dari kayu, besi, particleboard, atau blokteak. Ada juga yang menggunakan kombinasi dari bahan-bahan untuk menciptakan meja dengan kualitas tertentu.

Untuk meja kantor sendiri, sekarang sudah jarang yang menggunakan kayu sejati, apalagi kayu jenis jati, pinus, ek, atau mahoni. Meja yang terbuat dari kayu-kayu berkualitas biasanya untuk meja direktur atau pimpinan perusahaan. Ukurannya biasanya besar dan dibuat sebagus mungkin supaya tahan lama dan dibuat tampak gagah. Sedangkan untuk meja tulis yang ditujukan kepada karyawan atau staff biasanya terbuat dari besi. Bahan besi juga tidak kalah awet dari kayu berkualitas, hanya saja bobotnya sangat berat sehingga sulit dipindahkan.

Oleh sebab itu, untuk alternatif yang lebih baik, meja kantor dari bahan particleboard lebih sering dipilih sekarang ini. Selain untuk meja, biasanya particleboard juga digunakan sebagai furnitur lain di kantor. Selain bahannya ringan, particleboard juga cukup awet asal dirawat dengan baik setiap harinya. Hanya saja meja dari bahan ini kurang tahan air, sehingga jika ada kebocoran di kantor, meja jadi cepat rusak.
Mengenal Ciri-Ciri Meja Kantor dengan Kualitas dan Spesifikasi Baik
Source : Pixabay

Selain particleboard, ada juga meja kantor yang dibuat dari material blokteak. Biasanya material ini digunakan untuk pengganti rangka kayu pada meja atau furniture lainnya. Supaya lebih awet, tidak jarang pembuat meja memadukan blockteak dengan kayu.

Cara Pembuatan

Meja kantor yang berkualitas juga tidak hanya dilihat dari material pembuatnya, tetapi juga bagaimana cara pembuatannya. Pengerjaan yang profesional akan menghasilkan meja dengan kualitas baik meskipun dari bahan-bahan standar. Kamu bisa mengecek bagus dan tidaknya meja dari melihat rangka dan engsel pada meja tersebut, bagaimana pemasangan paku, kehalusan permukaan meja, hingga apakah ada serat-serat yang mencuat dan terlihat tidak halus. Meskipun dari material terbaik, tetapi pengerjaannya buruk, akan membuat meja tidak enak digunakan dan malah mudah rusak.

Fitur dan Desain Meja

Meja berkualitas baik juga terlihat dari desain dan fitur yang ditampilkan. Meskipun hal ini bukan yang utama, tetapi desain meja yang efektif akan sangat membantu karyawan dalam melakukan tugas-tugasnya. Termasuk di dalamnya  adalah adanya fitur-fitur pendukung. Misalnya, meja komputer biasanya terdapat tempat untuk meletakkan keyboard dan CPU. Sedangkan meja bagian administrasi biasanya disertai laci berkunci, atau kolong meja untuk meletakkan sesuatu. Semakin banyak fitur pendukung yang sesuai, semakin baik meja tersebut. Meskipun terkadang penambahan fitur juga akan membuat biaya lebih meningkat.

Lalu, bagaimana dengan harga? Meja dengan kualitas terbaik selalu diiringi dengan harga yang sepadan. Namun, apabila kamu menginginkan meja berkualitas dengan harga terjangkau, berdesain modern, silakan cek website arkadiafurniture.co.id yang jual meja kantor dengan kualitas terbaik.

Tidak ada komentar