Review Long Distance Relationsick – Hadi Kurniawan



Keterangan Buku :

Judul : Long Distance Relationsick
Penulis : Hadi Kurniawan
Penyunting : Fatimah Azzahrah
Desain Sampul : Gunawan
Tata Letak : Cintia
Pemeriksa Aksara :Julian A.
Penerbit : Ragam Media
Tahun Terbit : 2015 (Cetakan Pertama)
ISBN : (10) 979 – 911 – 539 – 6
            (13) 978 – 979 – 911 – 539 – 3
Tebal : 192 hlm
Harga : Rp 50.000


Kalau pengaruh hubungan jarak pendek aja bisa menyebabkan kebakaran, apa jadinya jika hubungan itu jarak jauh? – hlm 105

Minggu Mahardika a.k.a Minggu udah pacaran selama sembilan belas bulan dengan Ciska Adinda Putri ak.a Ciska. Hari-hari manis selama SMA mendadak harus berganti dengan LDR yang menyiksa. 

Ciska diterima kuliah di Palembang, Universitas Sriwijaya, jurusan Fisika. Sedangan Minggu harus pindah ke Bandung, karena papanya pindah tugas ke sana. Padahal menurut rencana awal, mereka berdua bakal kuliah bareng di Palembang.

Setelah tau bahwa papanya pindah lokasi tugas, Minggu membatalkan rencana kuliah di Palembang tanpa diketahui Ciska. Lagian Minggu sama sekali ga nyangka Ciska bakal lulus tes, soalnya Ciska kan rada bego, ulangan sering remedial. Eh taunya lulus!


Saking takutnya kehilangan Minggu, Ciska nekat ngajakin nikah. Minggu jelas menolak. Karena mereka berdua masih sangat muda. Dia 18 tahun, sedangkan Ciska baru 17 tahun.

“Cuma orang zaman baheula dan orang yang udah hamil duluan yang memutuskan menikah di usia segini. Pokoknya nggak deh! Aku nggak mau nikah sama kamu. Aku belum siap.” (hlm 23)

Akhirnya dengan berat hati LDR Bandung – Palembang pun dilakukan ..

Mereka berdua saling berusaha menguatkan hati. LDRan membuat mereka jadi nggak bisa jauh dari gadget. Ngobrol via telepon, chattingan via BBM. Pacaran yang benar-benar bermodalkan kuota dan pulsa.

Seberapa pun mara bahayanya menantang, kalau hidup ini dilalui bersama orang yang terkasih, pasti pembawaannya akan selalu tenang. (Hlm 81)

Sialnya, mereka mulai sering berantem gara-gara hal sepele. Semacam gara-gara hp mati, pesan yang nggak segera dibalas daann .. kehadiran orang baru sebagai godaan.

Hadir sosok Ifrani Salzabila a.k.a Ifra untuk Minggu. Hadir pula Karen, pacarnya Ages – sahabat Ciska-.

Sanggupkah Minggu dan Ciska memperjuangkan kisah LDR mereka yang mengharu biru?

Cewek itu cuma pengin dimengerti, pengennya dikasih sesuatu yang bisa bikin dia nyaman berada di dekat cowoknya. (Hlm 41)

Long Distance RelationSick adalah karya debut Hadi Kurniawan. Alasan pertama kenapa pengen baca buku ini, selain karena ‘kenal’ sama penulisnya juga tertarik dengan cover dan judulnya yang lucu.

Apa ekspektasi aku terwujud?

Iya. Banyak hal-hal segar yang aku temukan di buku ini yang cukup sukses bikin ngakak. Karakter Minggu yang doyan ngebanyol, Ciska yang kadang-kadang absurd, ngasih kesan ‘nonton kisah pacaran ala abg banget’. Manis asem asin, begitu deh. Emosi remajanya dapet.

Tapi, makin ke ujung, aku makin sebel sama sosok Minggu. Dari awal ga dijelasin juga fisikly cowok ini setampan apa, atau punya skill apa gitu yang bikin klepek-klepek. Yang aku tangkep, cowok ini cuma jago ngebanyol. hihi

Ngg, anuuu .. menurut aku loh ya. Kalau mau selingkuh itu harus ada point plus. Entah cakepnya yang kebangetan, pinternya yang meluap-luap atau ada skill yang bikin cewek-cewek melting. Lah kalau biasa aja –dalam semua hal- terus berkhianat, kok kayaknya itu orang keplak-able banget sih? :p

Ada juga tempo beberapa kejadian yang menurutku terlampau cepat. Nggak dikasih kode-kode di perjalanan cerita. Seperti apa yang terjadi sama Ifra dan temennya Minggu. Bikin kaget aja. Huhu.

Oh iya, selain fokus dengan permasalahan gejolak muda mudi pelaku LDR, penulis juga ngasih selipan mengenai beberapa lokasi wisata. Bisa ngebayangin deh adegan naik bebek-bebek-annya :D

Selipan mengenai ‘tempoyak’ juga persuasif. Aku yang nggak doyan sama sambel durian itu, mendadak pengen nyicipin tempoyak campur patin. Penulis pinter banget bikin ngiler. 

Ternyata cinta itu seperti air putih yang hangat. Cinta itu akan berwarna dan terasa manis jika diidi oleh dua hal, teh dan gula. Namun, saat salah satu dari mereka menghilang, teh itu akan terasa campah. Hlm 143

3,5 dari 5 bintang untuk kisah LDR manis asem asin ala Minggu dan Ciska :)

1 komentar:

  1. Asiikk... makasih banyak ya Intan udah mau ngereview LDRsick :))

    BalasHapus