Selasa Bercerita : Buntelan Buku Pertamaku

11 Juli 2013, nyaris 3 tahun lalu.


“Mbak, ada paket dari Malang. Maaf ya saya telat, tadi paketnya banyak bener. Mutar-mutar dulu.”

Si bapak kurir dari ekspedisi Waha*a yang basah kuyup, mengangsurkan paket yang bersih dan rapi dari buntelan di motornya. Aku menaksir rasa letih dan kedinginan yang bapak itu rasakan, pasti capek banget, pasti dingin banget. Tapi ya ampun, bapak yang sama sekali udah ga muda itu, masih bisa tersenyum lebar. Senyumnya terlihat tulus.

“Ya ampun pak, sampe bela-belain nganterin hujan-hujanan gini. Besok aja nggak apa-apa, pak. Atau biar saya sendiri yang ambil paketnya di kantor”.

“Nggak apa-apa, bapak nggak mau nunda-nunda pekerjaan. Permisi ya mbak.”

Aku tercenung. Berapa banyak orang yang bekerja tulus kayak gini? Orang yang nggak mau menunda-nunda pekerjaan? Orang yang amanah?


--


Baca juga :



Momen pertama emang istimewa. Kejadian di atas sudah nyaris 3 tahun berlalu, tapi memorinya masih nempel. Paket di hari itu juga adalah paket istimewa, isinya buku, salah satu benda yang bisa narik aku dari waktu kekinian, tenggelam dari cerita yang tengah aku nikmati sendirian. FYI, setelah 6 bulan ngekuis (dari akhir 2012), ini kali pertama aku mendapatkan hadiah buku. Yipi!



Zaman masih unyu-unyu *lol

Yap, buntelan buku pertamaku adalah Book Junkies, Catatan Para Pencandu Buku, terbitan Mozaik Indie Publisher, salah satu penerbit Indie dari Malang. Aku dapetin buku ini karena menang kuis di facebook, kalo ga salah pertanyaannya ‘apa arti buku buatmu?’. Kalo ga salah loh ya. Udah 3 tahun juga. Kalo inget terus detail momen-momen terdahulu, bisa gagal move on selama-lamanya dong eike *anaknya suka gagal fokus :p

Di buku ini, banyak cerita dari para pecandu buku. Ada yang bisa beli buku sesuka hati, namun ada juga yang harus rela berdiri berjam-jam di toko buku agar bisa baca. Bener-bener salut sama kecintaan mereka sama buku. Buat mereka, buku memang bukan hanya sekedar kumpulan lembaran kertas. 

Buku ini berhasil memancing semangatku untuk mengistimewakan buku lagi. Gara-gara buku ini juga, aku membuat gerakan “2 thousands everyday for my books wishlist”. Lumayanlah dapat 60 ribuan/bulan, bisa dapet 1 buku. Bisa nambah-nambah ilmu buat nulis. Ciyan ya? Zaman dulu itu harus nabuuuung lama, buat beli 1 buku *maklum, mahasiswa ngerangkap anak kost haha. Alhamdulillah, nggak lama berselang, aku diterima kerja di radio swasta, ada tambahan buat jajan buku. Yeay!

Dan makin Alhamdulillah lagi, makin ke sini makin mudah dapetin buku. Giveaway dan kuis buku ada di mana-mana. Selain itu karena temenan sama blogger-blogger buku yang baik hati, aku sering diajakin ikutan project promosi buku, entah itu lewat blogtour, baca bareng, atau instagram book tour. Aku ga nyangka sama sekali, kalo di tahun ke-3 berburu buku ini, aku bisa dapetin 6-10an buku / bulan. Jumlah yang ga akan bisa aku dapetin kalo mengandalkan ‘beli di toko buku’.

Maaci ya kakak-kakak penulis, teman-teman book blogger, kakak-kakak kece penyelenggara giveaway dan kuis. Semoga makin banyak orang yang akrab sama buku dan ga lagi menganggap buku sebagai benda mahal.

See ya Ketimpukers! :)

7 komentar:

  1. wahh ini yah buntelah pertamanyaa
    semangat y intan,
    makin kesini makin keren deh blog bukunya
    tinggal nungguin buku solo intan sendiri hehee

    BalasHapus
  2. Sama nih, kak. Buntelan pertamaku juga bukan dari penerbit mayor.

    BalasHapus
  3. ternyata masih ada kurir yang baik dan penuh senyum....

    BalasHapus
  4. kok aku fokus sama yang megang bukunya ya *eh :D

    BalasHapus
  5. Buntelan pertama????
    Kalau aku sih April tahun lalu, iya emang baru banget.
    Dan buntelan itu berisi buku Gerbang Dialog Danur dari Risa Saraswati, yay!
    Sama kek Ka Intan sih, pertama kali daprt buntelan karena kuis yang diadakan di web, hehe. Seneng banget waktu itu :D

    BalasHapus
  6. Kami adalah perusahaan yang terdaftar, meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan mendesak, dan mereka yang telah ditolak kredit dari sana bank karena skor rendah kredit, pinjaman bisnis, pinjaman Pendidikan, mobil pinjaman, kredit rumah, kredit perusahaan (dll), atau untuk membayar utang buruk atau tagihan, atau yang telah scammed oleh pemberi pinjaman sebelum uang palsu? Selamat, Anda berada di tempat yang tepat, dapat diandalkan Pinjaman Perusahaan Ibu Kelly untuk memberikan pinjaman dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% telah datang untuk mengakhiri semua masalah keuangan Anda sekali dan untuk semua, untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan hubungi kami melalui email perusahaan kami: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu kelly

    BalasHapus