Selasa Bercerita : Ketika Novel Difilmkan

               Bukan seberapa lama umat manusia bisa bertahan hidup sebagai ukuran kebahagiaan, tapi seberapa besar kemampuan mereka memeluk erat-erat semua hal menyakitkan yang mereka alami. (Hujan : 317)


Happy Tuesday!

Jumpa lagi di Selasa Bercerita. Kali ini aku, kak Asri dan Putri mau berkhayal jika seandainya novel yang kami sukai difilmkan. Udah banyak ya novel-novel kece yang difilmkan, sebut aja Sabtu Bersama Bapak, Refrain, Remember When, juga Melbourne yang filmnya bakal tayang akhir tahun 2016 ini. 

Baca juga






It’s time to Selasa Bercerita


Well, setelah aku pikir-pikir, novel yang paliing pengen aku lihat difilmkan itu adalah novel Hujan. Novel terbaru karya Tere Liye. Jadi, novel ini bergenre science fiction berbumbu romance sedikit. Mengambil setting di tahun 2042. Pada tahun ini, perkembangan teknologi sudah sedemikian pesat.


-         Layar sentuh berukuran kecil, menggantikan jam tangan konvensional.

-         Tablet menjadi setipis kertas HVS.

-         Chip berbentuk layar kecil ditanam di lengan, menjadi layar kecil yang multifungsi. Sebagai alat pembayaran, pengganti tiket bus, trem, belanja di toko, hingga sistem presensi kantor, juga sebagai alat komunikasi.

-         Teknologi cetak 3 dimensi, membangun rumah dan gedung cukup pakai komputer, apalagi sekedar membuat lemari.

-         Tongkat selfie sudah ketinggalan, digantikan dengan kamera terbang seukuran kumbang.


Lalu terjadilah bencana alam, yakni meletusnya gunung purba, kekuatannya 100 kali lebih dahsyat dari letusan gunung Krakatau atau Tambora. Mengubah hidup sang tokoh utama (dan seluruh anak manusia), yakni Lail dan Esok. Lail menjadi yatim piatu sejak kejadian ini. Untunglah ada Esok menemani Lail melewati masa-masa sulit, menghiburnya, memastikan dia makan tepat waktu, mengurus semua keperluannya. 

Esok ini adalah anak yang cerdas, dia adalah anak kesayangan di tenda pengungsian. Hingga kemudian, Esok dijadikan anak angkat oleh salah satu keluarga kaya, keluarga itu juga bersedia merawat ibu Esok yang lumpuh. Esok dan Lail pun terpisah. Esok hidup di rumah baru, sedangkan Lail tinggal di panti sosial bersama kawan barunya yang bernama Maryam.

Pertemuan rutin Lail dan Esok berlangsung sebulan sekali. Hari berganti hari, semakin dewasalah Lail, semakin ia menyadari hatinya bukan sekedar menaruh sayang pada Esok. Lebih parah dari itu. Perasaan manis sekaligus menyakitkan yang menuntun Lain menemui paramedis senior, Elijah. Lail ingin menghapus memori-memori di hari kemarin. Termasuk perasaannya untuk Esok.


Kesibukan adalah cara terbaik melupakan banyak hal, membuat waktu melesat tanpa terasa. (Hujan : 63)


Aaaaak! Pokoknya novel ini bakal keren banget kalo difilmkan.

-         Menyajikan kisah cinta yang sederhana namun kuat.

-         Penokohannya keren. Lain dan Esok sama-sama berkembang. Sama-sama berjuang dalam ranah berbeda.

-         Penonton diajak membayangkan masa depan yang penuh dengan kecanggihan teknologi super keren.


Hmm, aku ngebayangin Maudy Ayunda yang meranin Lail. Cowoknya? Ga tau. Hehe. yang jelas cakep, pinter, baik hati, mukanya kalem. Hoho. Afgan kali ya? *lah sama kayak pemain Refrain dong? :D

Babay, sampai jumpa di Selasa Bercerita minggu depan!

4 komentar

  1. Belum punya bukunya mba intan ga adain GA Hujan hahaha #ngarepgretonk :p

    BalasHapus
  2. Hujan memang memiliki alur cerita yang unik. Tapi untuk difilmkan sepertinya gak mungkin. Teknologi tahun 2042 terlalu canggih untuk dibuat versi filmnya, dan Indonesia sepertinya belum bisa membuat film seperti itu 😐😪 😥

    BalasHapus
  3. langsung cus ke Gramedia cari novel hujan. hehe

    BalasHapus
  4. Kami adalah perusahaan yang terdaftar, meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan mendesak, dan mereka yang telah ditolak kredit dari sana bank karena skor rendah kredit, pinjaman bisnis, pinjaman Pendidikan, mobil pinjaman, kredit rumah, kredit perusahaan (dll), atau untuk membayar utang buruk atau tagihan, atau yang telah scammed oleh pemberi pinjaman sebelum uang palsu? Selamat, Anda berada di tempat yang tepat, dapat diandalkan Pinjaman Perusahaan Ibu Kelly untuk memberikan pinjaman dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% telah datang untuk mengakhiri semua masalah keuangan Anda sekali dan untuk semua, untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan hubungi kami melalui email perusahaan kami: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu kelly

    BalasHapus