A Second Chance, for Better Life [Blogtour dan Giveaway When Love Is Not Enough – Ika Vihara]




Keterangan buku 

Judul : When Love Is Not Enough 
Penulis : Ika Vihara 
Editor : Afrianty P. Pardede 
Penerbit : Elex Media Komputindo 
Tahun Terbit : 2017 
ISBN : 978-602-02-9768-2 
Tebal : vii + 271 hlm. 


Blurb

Awalnya, Lilja Henrietta Moller berpikir, menikah dengan sahabatnya, Linus Zainulis, dan tinggal bersamanya di Munchen, akan menjadi sebuah pernikahan yang sempurna. Tidak ada yang salah dengan pernikahan mereka. Karena Linus dan Lily bisa sama-sama melakukan apa yang mereka suka.


Tapi semua tidak sesempurna angan-angan Lily. Karier Linus sebagai pembuat kereta cepat, yang semakin menanjak, ternyata malah menghancurkan gerbong kehidupan pernikahan mereka. Lily kehilangan laki-laki yang dia cintai. Ayahnya dari anaknya. Suaminya. Yang lebih buruk lagi, dia kehilangan sahabatnya. Sosok yang sudah bersamanya sejak dia dilahirkan. Lily kembali ke Indonesia, mencoba membangun kembali hidupnya, tanpa Linus bersamanya.


First Impression


Kali kedua baca karya seorang Ika Vihara. Excited karena novel debutnya, My Bittersweet Marriage yang aku baca pada April 2016 lalu, membuatku jatuh cinta. Diajak jalan-jalan ke Aarhus, Denmark. Mengintip kehidupan rumah tangga Afnan dan Hessa yang menikah karena dijodohkan dan baru bertemu 3 kali, untuk kemudian mantap menikah.




Baca juga : Review My Bittersweet Marriage – Ika Vihara



Dan kali ini, di When Love Is Not Enough aku bertemu si mata biru, Lilja alias Lily, adik tersayang Afnan yang diceritakan menikah dengan sahabatnya sedari bayi, Linus. To good to be true, seakan Lily dan Linus ditakdirkan untuk hidup bersama dari bayi hingga tua. Menjadi sahabat, keluarga, kakak-adik, hingga kemudian naik status menjadi suami-istri. 



Namun ternyata, menikah dengan seseorang yang kita kenal sepanjang usia, nggak ada bedanya dengan menikah sama orang yang baru kita temui 3 kali, sama-sama akan dihadapkan pada ujian. Dan untuk Lily, ujiannya amat berat. Dia bukan hanya terpaksa kembali ke Indonesia dan meninggalkan Munchen, tapi juga harus menendang Linus si jenius, pergi jauh dari hatinya. Linus, seseorang yang amat berharga bagi Lily, orang yang bahkan telah memenangkan hatinya sedari bayi, ternyata sanggup meluluh lantakkannya dalam sekejap. 



Aku kemudian penasaran, apakah Kak Ika Vihara mampu membuat cerita ini menjadi perpaduan manis pahit yang sempurna. Karena bagaimana pun pedihnya ide cerita ini, Lily dan Linus punya cerita indah di sepanjang hidup mereka sebelum kehadiran sosok baru di tengah-tengah mereka, memunculkan ego Linus ke permukaan. 

Apakah aku akan menangis lantas blushing menikmati bagian perjalanan rumah tangga Lily dan Linus, seperti ketika beberapa waktu lalu aku rasakan saat mengikuti kisah Afnan dan Hessa? 


Scrolling down please! 


Ide Cerita 

Aku kasih 2 jempol untuk Kak Ika atas ide ceritanya yang cerdas. Dikisahkan kalau Lily dan Linus ini sudah saling sayang seperti keluarga dari bayi, seperti anak kembar malah. Orangtua Lily dan Linus bersahabat, Linus akrab dengan Afnan dan Mikkel, Lily juga sering ‘dipinjam’ Mama Jasmine (mamanya Linus) karena dia tidak punya anak perempuan. Sempurna ketika kemudian mereka saling jatuh cinta, lantas menikah.  

Happy ending? 

Nope! Sebenar-benarnya kehidupan justru baru saja dimulai. Yang memisahkan Lily dan Linus sama sekali bukan rasa bosan atau orang ketiga. Terlalu klise. Melainkan perbedaan prinsip hidup yang setelah beberapa tahun berjalannya pernikahan, terasa sekali mengganggu. 

Linus yang sedang menikmati kejayaannya di tempatnya bekerja (perusahaan pembuatan lokomotif kereta cepat) dengan jabatan baru masih ingin menunda punya anak, sedangkan Lily sebaliknya, ia ingin segera menjadi ibu. Bukankah demikan kodratnya sebagai wanita? Kebutuhan untuk punya anak terasa mendesak baginya. 

 Hingga .. 

 Lily hamil. 

Lily mengira prinsipnya seperti pesawat terbang saja, yang ketika sudah terbang, tidak boleh berhenti di tengah perjalanan atau balik arah untuk kembali lagi ke landasan, tidak boleh. Baru boleh berhenti ketika tiba di landasan berikutnya. Begitu juga dengan kehamilannya. Lily merasa tak ada yang salah jika dia hamil. Toh dia sudah sabar menanti beberapa tahun untuk itu. Dia adalah istri sah Linus, bukan selingkuhan. 

Nyatanya, Linus malah dengan kejam meneriakinya, menganggap Lily menjebaknya, hingga menarik diri secara emosional dari Lily. Tidak ada lagi kehangatan, tidak ada keintiman, tidak ada kasih sayang. Lily kira semuanya akan beres saat anak mereka lahir. Tapi ternyata semakin parah. Linus bahkan tidak pernah memeluk bayi cantik mereka, Leyna Jasmine. 

Lily terluka. Terluka melihat anaknya tidak mendapat kasih sayang dari papa kandungnya sendiri. Terluka karena Linus tega tidak membantunya sedikit pun dari masa kehamilan hingga Leyna lahir, kecuali untuk urusan uang saja. Tapi Linus kan suami, papa Leyna, bukan mesin ATM?! 

Lily sendirian. Merasa single parent tapi nyatanya ia punya suami. Hadirnya Leyna, membuat ia harus kehilangan Linus. Alangkah pedihnya! Puncak malapetaka adalah ketika Leyna meninggal. Lily rasanya kehilangan sebelah kaki. Dia tak sanggup lagi berdiri tegak dengan sempurna, hilang sudah kepercayaan dirinya. Dia gagal sebagai ibu. Tapi Lily tidak merasa bahwa itu adalah total kesalahannya. Linus adalah pihak yang tak kalah salah. 

Andai saja Linus mau mengerti kelelahannya mengurus Leyna seorang diri, andai saja Linus mau membantunya menjaga Leyla, andai saja Linus tidak sepengecut itu – menanam benih untuk kemudian tidak mau sama-sama merawat ketika benih itu sudah bertransformasi menjadi bayi lucu nan cantik. 

Keputusan Lily sudah bulat. Dia meninggalkan Munchen. Meninggalkan Linus. Minta cerai. Apa gunanya menikahi bajingan seperti Linus? Miris. 

Pernikahan yang diawali dengan persahabatan puluhan tahun, pernikahan yang dipenuhi taburan bunga cinta, berakhir dengan brutal. 

Apakah Linus mau meninggalkan karirnya yang meroket di Munchen dan menyusul Lily ke Indonesia untuk merebut hati wanita itu kembali? Dan ya, kalau pun Linus mau berkorban, bisakah Lily memberi kesempatan kedua untuk Linus yang telah menyebabkan Leyna meninggal? Oh, adakah yang lebih pedih selain kehilangan anak, buah hati belahan jantung. 


Penokohan dan Chemistry 

So damn! Aku nangis hanya dengan membaca beberapa lembar saja. Haha. Kok nyesek ya. Leyna yang cantik harus meninggal di usia beberapa bulan saja. Padahal kalo aja dia sempat tumbuh besar, dia pasti akan jadi tokoh yang menawan. Cantik, kuat, lucu, passionate seperti papa mamanya. 

Aku suka sekali dengan cara Kak Ika mendeskripsikan tokoh lewat cara mereka berinteraksi. Percakapan-percakapan cerdas Lily dan Linus, sang tokoh utama dalam cerita ini. Mereka ini selain menawan secara fisik, tapi juga cerdas. Dua-duanya cerdas. Linus sebagai pembuat gerbong-gerbong kereta standar dunia dengan ilmu Fisikanya dan Lily sebagai programmer yang menguasai Matematika. Woh mereka keren! 

Flashback mengenai cinta yang hangat dan sedikit nakal di masa lalu mereka saat masih baik-baik saja sebagai suami istri, bikin aku blushing sendiri. Cara mereka bercinta kreatif ya? hoho. Ilmu nih buat para lajang seperti aku. Tapi tentu aja kalo Kak Ika berniat membuat pembaca bersimpati pada Lily dan benci Linus, aku akui hal itu berhasil. Rasanya benci setengah mati sama Linus nyaris di sepanjang cerita. Meski kadang sebel juga sama keras kepalanya Lily. Tapi ya masuk akal, orang-orang passionate dan ambisius, biasanya keras kepala. 

Love. Karena karakter tokoh berkembang di sepanjang cerita. Perkembangannya pelan-pelan, jadi aku menikmati ritme pergolakan emosi serta mendewasanya cara pikir para tokoh. Harus sabar ya, jangan jedotin pala ke tembok pas ngikutin permasalahan yang memang gak sederhana ini. Jangan lupa siapin tisu. 

Oh iya, buat yang kangen Afnan sama Hessa, di sini mereka bakal muncul juga, dengan porsi sebagai kakak ipar. Kita juga bakal kenalan sama Mikkel dan Lilian yang semoga aja ceritanya bakal dibuat satu novel khusus sama Kak Ika. 

Sedangkan untuk cerita tentang kakaknya Linus dan pasangannya, Annika, dikemas dalam versi bonus untuk novel When Love Is Not Enough ini, judulnya Bread Love. Ceritanya asyik dan bikin laper. Soalnya Annika jago baking. Hihi. Nggak dijual terpisah yes, satu paket berupa novel dan bonus. 

Kalo ada yang udah baca My Bittersweet Marriage dan jatuh cinta, harus baca novel yang ini, pasti suka. Cara bercerita Kak Ika berkembang, semakin memikat. Pesannya sampe. Bisa bikin kita sedih dan marah dengan konflik egois yang terjadi antar kedua tokoh utama. Ngakak dan blushing lihat keintiman mereka. Juga menikmati setiap detail cerita yang ditawarkan. 

Untuk setting, meski cerita masa kini novel ini ada di Indonesia, namun kita juga bisa merasakan kehangatan Munchen dan semarak dunia sepakbola di sana. Hal yang seru tapi bikin sebel para istri, termasuk Lily. Tapi gak ngaruh juga sepertinya ya, karena kalo pun tinggal di Indonesia, masih bisa menikmati hebohnya dunia sepakbola melalui layar kaca. Bedanya, harus rela bangun pas dinihari. Hehe. 


Pesan moral 

Gerbang pernikahan bukan gerbang untuk menuju dunia tanpa cela, dunia sempurna bak di negeri dongeng, melainkan sebuah perjuangan babak baru yang butuh energi lebih besar, butuh hati yang lebih luas. Nggak ada pernikahan tanpa ujian. Tapi nggak ada ujian yang nggak bisa diatasi jika kedua pihak mau berusaha. 

Dan ya satu lagi, pasangan kita bukan malaikat, mungkin dia akan berbuat salah, mungkin dia akan membuat hati kita terluka, tapi sekali lagi, bergandengan tanganlah, hadapi kesalahan dengan mata terbuka, tanpa ingkar, tanpa ego. Jadikan kesalahan sebagai pijakan untuk hidup yang lebih baik di masa depan. 


Kutipan favorit 















Giveaway Time !! 


Syarat dan Ketentuan 

1. Peserta memiliki alamat kirim hadiah di Indonesia. 

2. Follow twitter @IkaVihara @elexmedia & @inokari_ 

3. Follow instagram @IkaVihara @elexmedia & @inokari_ 

4. Repost banner giveaway di bawah ini, mention @IkaVihara @elexmedia & @inokari_ serta (minimal) 2 orang temanmu di instagram. Pada bagian caption, jawab pertanyaan “Apa alasanmu menginginkan novel When Love Is Not Enough karya Ika Vihara ini?” Jangan lupa sertakan hashtag #WhenLoveIsNotEnough.




5. Tinggalkan komentar di blogpost ini dengan format : nama, akun twitter, akun instagram dan link repost banner giveaway.

6.Giveaway berlangsung sejak blogpost ini tayang hingga 24 Januari 2017, pukul 24.00 WIB. 

Pengumuman pemenang akan dilakukan sekitar 1-2 hari setelah giveaway closed. Pemenang akan dimention via twitter, instagram @inokari_ dan melalui updatean blogpost ini. 

Good luck!!

Update – 20 Januari 2017

Teman-teman, terima kasih untuk yang sudah mengikuti giveaway ini dan melakukan semua persyaratan. Namun dikarenakan pertimbangan dari host dan penulis, untuk mempermudah giveaway, untuk bagian share info dan ajak (minimal) 2 teman untuk mengikuti giveaway ini bisa dialihkan ke twitter saja, tidak perlu repost banner di instagram. Jangan lupa mention aku dan Ika ya.

Follow instagram gimana? WAJIB follow Kak @IkaVihara. Kalo mau sekalian follow aku & @elexmedia juga boleh banget. Terus jawab pertanyaannya gimana? Langsung jawab aja di sini ya : https://www.instagram.com/p/BPbkWtmjn9E/?taken-by=inokari_ . Jangan lupa tinggalin data diri di kolom komentar blogpost ini biar aku gampang ngeceknya.



Kak, kalo aku udah ikutan dan repost banner di instagram, gimana?

Gakpapa. Bagus malah. Namamu sudah masuk dalam list peserta giveaway dan jawabanmu yang akan menjadi pertimbangan apakah akan menjadi pemenang di giveaway kali ini atau bukan.


Selamat bersenang-senang di giveaway ini ya. Semangaaat! 

--

Update!


34 komentar:

  1. Yup. Menikah itu ujian yang sesungguhnya. Yang tidak akan pernah terbayangkan sebelum melangkahkan kaki ke dalamnya. Kalau saya istilahkan, seperti masuk ke balik sebuah tembok besar yang kita tidak tahu apa yang ada di balik tembok itu. Setelah masuk, kita sadar tidak ada jalan balik, kecuali PISAH (atau CERAI).

    *pengen ketawa seram tapi gak elok ah*

    Keren, novel yang bisa membuat orang belajar. Mudah2an tidak membuat orang memutuskan untuk menunda2 pernikahannya karena takut.

    Moga bisa ikut GAnya lagi ribet dengan deadline, cuma mampir sebentar :)

    BalasHapus
  2. Nama : Fitratun Ramadhany
    Twitter : @fitratun_rmdn
    Instagram : @pelangi.senjaa
    Link : https://www.instagram.com/p/BPbyMQFg7do/

    BalasHapus
  3. Nama: mega pratiwi
    Twitter: @megaprtw_
    Ig: @megaaaa99
    Link: https://www.instagram.com/p/BPcBPdljPME/

    BalasHapus
  4. semoga bisa ikut GA nya....sukses ya mba

    BalasHapus
  5. Nama : Siti Nurhasanah
    Twitter : @nde_NRH
    Instagram : @ndenrh
    Link repost : https://www.instagram.com/p/BPcMp4TBlo3/

    BalasHapus
  6. Nama: Nastiti ayu
    Twitter: @nastiti_tsang
    Instagram: nastiti.ayu
    Link https://www.instagram.com/p/BPb7gaBAeJWBJ_KwBOUh5_gDDm2Hcst7os1EDc0/

    BalasHapus
  7. Nama : Aminatuzzahra
    Twitter : @aminatuzzahra21
    IG : aminatuzzahra255
    Link repost :https://www.instagram.com/p/BPcRLoTgagV/

    BalasHapus
  8. Ketika memasuki gerbang pernikahan, kenal lama sebelumnya sama pasangan juga tetep aja ada hal-hal yang nantinya nggak sejalan yaaa. T_T pukpuk Lily. Linus jahat ish *angry

    BalasHapus
  9. Kemarin liat salah satu akun yang post blurb-nya, aku langsung tertarik, rasanya cerita ini bakalan menyentuh banget. Sekarang begitu baca review-nya bikin baper maksimal, padahal belum baca secara keseluruhan. Quote-quotenya nendang abis, menyentil. Semoga suatu hari bisa baca novel ini komplit.

    Semoga beruntung buat yang ikutan :) :)

    BalasHapus
  10. Nama : Aminatuzzahra
    Twitter : @aminatuzzahra21
    IG : aminatuzzahra255
    Link Repost :https://www.instagram.com/p/BPcRLoTgagV/

    BalasHapus
  11. Nama: Rohaenah
    Twitter&IG: @rohaenah1
    Link share: https://www.instagram.com/p/BPeMrzHjwa6/

    BalasHapus
  12. Nama: Nastiti Ayu
    Twitter: @nastiti_tsang
    Ig: @nastiti.ayu
    Link : https://www.instagram.com/p/BPb7gaBAeJWBJ_KwBOUh5_gDDm2Hcst7os1EDc0/

    BalasHapus
  13. Nama: Bety Kusumawardhani
    Akun twitter/IG: @bety_19930114
    Link: https://www.instagram.com/p/BPe5JlZAQwe/

    BalasHapus
  14. Nama: Lala
    Akun Twitter: @fazidaa_
    Akun Instagram: @lalabook.land
    Link repost banner giveaway: https://www.instagram.com/p/BPfDGsJAsaj/

    BalasHapus
  15. Nama: Rinita
    Akun Twitter: @Rinitavyy
    Akun Instagram: @Rynvirgo_
    Link Repost: instagram.com/p/BPfJ5-WAhl4/

    BalasHapus
  16. Elsita F. Mokodompit
    twitter dan ig @sitasiska95
    https://www.instagram.com/p/BPhnkHHjPOx/

    BalasHapus
  17. Nama: Lina Ernawati
    Twitter: @Linaernaw
    Instagram: @linaern

    Link repost banner GA:

    https://www.instagram.com/p/BPh7OlWF5ye/

    BalasHapus
  18. Haii..ijin ikutan GA.nya yah cantik ^^
    Nama: Winda Scorfi
    Twitter: windascorfi
    Instagram: windascorfi
    link repost banner giveaway: https://www.instagram.com/p/BPi6mhhlmAU/

    thanks for the chance ^^v

    BalasHapus
  19. Nama: Fara Astryani
    Instagram: faraast
    link repost banner giveaway: https://www.instagram.com/p/BPjYXiHghP9/

    BalasHapus
  20. Nama: Fara Astryani
    Instagram: faraast
    link repost banner giveaway: https://www.instagram.com/p/BPjYXiHghP9/

    BalasHapus
  21. Nama: Fara Astryani
    Instagram: faraast
    Link banner: https://www.instagram.com/p/BPjYXiHghP9/

    BalasHapus
  22. Nama: Fara Astryani
    Instagram: faraast
    Link banner: https://www.instagram.com/p/BPjYXiHghP9/

    BalasHapus
  23. Nama: Ama
    Twitter: @ainunmarhamah
    Instagram: @cold.wxter
    Link: https://instagram.com/p/BPjgmMCgzLO/

    BalasHapus
  24. Nama: insan gumelar ciptaning gusti
    Twitter: @san_fairydevil
    Ig: @callmeinsan
    Link: https://www.instagram.com/p/BPlCMDCFcYf/

    BalasHapus
  25. Nama : Heni Susanti
    Akun Twitter/IG : @hensus91
    Link share : https://twitter.com/hensus91/status/823324148399304704
    Domisili : Pati - Jawa Tengah

    Aku menginginkan novel ini karena sudah dibuat jatuh cinta lebih dulu dengan My Bittersweet Marriagenya Mbak Ika. Terus pas beliau mulai promosiin Linus yang agak diperhatikan di MBM - fokus ke Afnan :D - jadi penasaran dengan kisahnya dan Lily. Aku suka dengan tulisan Mbak Ika yang bisa menggambarkan alur menuju ending dengan runut dan tidak membingungkan. Bahasanya juga ringan dan tidak membuat pusing. Dan lagi, kisah sahabat jadi cinta selalu jadi favoritku, dan membaca reviewnya membuatku disadarkan kalau menikah dengan orang yang dikenal seumur hidup gak hanya enak-enak aja, ada juga gak enaknya. Owh, makin ingin mendalami hidup Lily-Linus.

    Semoga mereka bisa menyusul Afnan-Hessa dan menghuni rakku. Aamiiin.

    BalasHapus
  26. Nama: Siti Nihlatul fuadah
    Twiter :@nihlafuadah09
    Instagram :@nihlafuadah
    Link share:https://www.instagram.com/p/BPmZtK5guSj/


    Wish me luck kaa...

    BalasHapus
  27. Nama: Afiyatul Futhona
    Twitter: @afi_iput
    Instagram: @my_booklicious
    Link repost banner:
    https://www.instagram.com/p/BPn19SbgOKh/
    Link share twitter:
    https://twitter.com/afi_iput/status/823650412343357440

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, Kak. Itu akun IG-nya salah..
      Harusnya @my.booklicious hehe..

      Hapus
  28. Nama: Fara Astryani
    Instagram: faraast
    Twitter: @FaraAstryani
    Link banner instagram: https://www.instagram.com/p/BPpaIBUgZOa/

    Oke kemarin aku nge-repost bannernya kepotong ternyata ini link repost yang benarnya ka. Bismillah semoga ga salah lagi

    BalasHapus
  29. nama: Ana bahtera
    Twitter: @anabahtera
    Link:
    https://twitter.com/anabahtera/status/823900604191780864
    https://twitter.com/anabahtera/status/823901278665261057

    BalasHapus
  30. Nama: Nela Norhela S
    Akun Twitter/ Instagram: @Nelahela
    Link share Banner Ig: https://www.instagram.com/p/BPpvwFOAZ0m/

    Semoga beruntung.. Aamiin

    BalasHapus
  31. Nama: Nela Norhela S
    Akun Twitter/ Instagram: @Nelahela
    Link share Banner Ig: https://www.instagram.com/p/BPpvwFOAZ0m/

    Semoga aku beruntung.. Aamiin

    BalasHapus
  32. Nama :Dini Auliana
    Twitter :@Dini_Auliana28
    Instagram :@dini_ap28
    Link share :https://www.instagram.com/p/BPpzpsWB7_M/?taken-by=dini_ap28

    BalasHapus
  33. Aku udah baca novelnya, tan. Mewek deh sepanjang baca cerita Lily dan Linus. Hiks

    BalasHapus