Review My Bittersweet Marriage – Ika Vihara || Blogtour & Giveaway




Keterangan buku :

Judul : My Bittersweet Marriage
Penulis : Ika Vihara
Editor : Afrianty P. Pardede
Penerbit : Elex Media Komputindo
Tahun terbit : 2016
ISBN : 978-602-02-8243-5
Tebal : 349 hlm.


Blurb :

Aarhus. Tempat yang asing di telinga Hessa. Tidak pernah sekali pun terlintas di benaknya untuk mengunjungi tempat itu. Namun, pernikahannya dengan Afnan membawa Hessa untuk hidup di sana. Meninggalkan keluarga, teman-teman, dan pekerjaan yang dicintainya di Indonesia. Seolah pernikahan belum cukup mengubah hidupnya, Hessa juga harus berdamai dengan lingkungan barunya. Tubuhnya tidak bisa beradaptasi. Bahkan dia didiagnosis terkena Seasonal Affective Disorder. Keinginannya untuk punya anak terpaksa ditunda. Di tempat baru itu, Hessa benar-benar menggantungkan hidupnya pada Afnan. Afnan yang tampak tidak peduli dengan kondisi Hessa. Afnan hanya mau tinggal dan bekerja di Denmark, meneruskan hidupnya yang sempurna di sana.

Kata orang, cinta harus berkorban. Tapi, mengapa hanya Hessa yang melakukannya? Apakah semua pengorbanannya sepadan dengan kebahagiaan yang pernah dijanjikan Afnan padanya?



Review My Bittersweet Marriage versi Ketimpuk Buku :

Saat ditawari menjadi salah satu host blogtour novel ini, aku sebenarnya sudah diberitahu bahwa ini adalah novel pertama penulisnya. Tapi saat menikmati halaman demi halaman My Bittersweet Marriage (yang nyatanya aku selesaikan dalam sekali baca), aku perlu mengecek ulang percakapan di messenger bersama teman sesama blogger buku. Aku pun mengecek profil penulis. Benar kok, My Bittersweet Marriage ini adalah novel pertama kak Ika Vihara. Duh, asli, aku bakal nungguin karya-karya selanjutnya dari seorang Ika Vihara, secara karya pertamanya aja menghanyutkan begini boo’. Serius.

Covernya cantik, berwarna biru muda lengkap dengan sepeda warna kuning yang enak dilihat. Kalau kamu sudah membaca ceritanya, menyelami kehidupan Hessa di Aarhus sana, kamu bakal ngeh kalo sepeda kuning di cover bukan sekedar pemanis, namun memang berkaitan erat dengan jalan cerita. 

Karena blurbnya udah cukup buat mewakili sinopsis cerita, aku ga bakal tulis ulang ya. Novel ini adalah salah satu Le Marriage yang diterbitkan sama Elex Media, tentu aja isinya adalah seputar serba serbi pernikahan. Dan menurutku, tema yang dipilih kak Ika ini kece. Karena memang ini menjadi permasalahan besar bagi pasangan baru, tentang siapa yang berkorban untuk siapa, siapa yang harus ikut siapa. 

Pembuka cerita juga menarik. Bagaimana si Hessa yang sudah berusia 27 tahun, namun belum punya pacar, setelah putus dengan si mantan pacar sebelumnya, akhirnya pasrah saat dijodohkan dengan anak teman mamanya. Laki-laki beruntung itu ialah Afnan, sang microbiologyst tampan dan cerdas berusia 30 tahun. Lelaki ini bermasalah dalam masalah asmara bukan karena ada kelainan, melainkan terlalu sibuk dengan pekerjaannya. 

Bukan perjodohan kayak biasanya sih, karena memang di sini, Afnan duluan yang ngasih kode-kode naksir. Tau gak alasannya apa kenapa memilih Hessa jadi istri? Sederhana khas laki-laki yang emang lemahnya di mata : karena Hessa cantik. Titik. Jadi ga ada gombalan-gombalan semacam “karena cinta pada pandangan pertama” atau “karena Hessa baik hati”. Afnan ini adalah tipe laki-laki yang realistis juga jujur. Celetukan-celetukannya bikin gemes. Haha *Afnan, mbok ya kamu itu sesekali berbasa-basi dong :p


Laki-laki yang baik itu walaupun tidak mencintaimu, dia tidak akan menyakitimu. – hlm 7


Tokoh Hessa digambarkan punya fisik yang memanjakan mata kaum adam. Ia cantik, punya tubuh bagus, Afnan aja manggil dia “pantat seksi” pas udah nikah. Nyahaha. Hessa juga digambarkan cewek yang lembut. Dia sering mengunggah video-videonya lewat youtube channel saat sedang mendongeng di depan anak-anak di sekitar rumahnya. 

Sebenernya kalo lihat si Afnan dan Hessa ini, mereka cocok banget loh. Tampan dan cantik, sama-sama single, sama-sama direstui, sama-sama pengen nikah dan punya keluarga buat diajak hidup selamanya. Okay, emang belum ada yang namanya cinta. Tapi perasaan berharga ini bisa tumbuh kan? Apalagi mereka berdua bukan orang-orang yang gagal move on dan masih memendam cinta sama orang lain. No. Mereka free. 

Aku sukaaa banget sama konflik yang dihadirkan kak Ika. Kesannya natural, ga mengada-mengada. Jadi si Afnan ini punya pekerjaan bagus di Aarhus. Ga mungkin banget dia balik ke Indonesia lalu nyari kerja lagi. Bayangin aja, dia udah merintis karir selama 12 tahun loh, jadi keputusannya, Hessa yang harus mengalah. Pindah. Ikut Afnan. Menggantungkan hidupnya sama Afnan. 

Konflik batin Hessa mampu nyuri simpati. Aku sih sama sekali ga menganggap Hessa cengeng yes. Jangankan pindah negara, lah aku yang pindah kabupaten aja sempat down berbulan-bulan. Haha. Adaptasi itu emang ga mudah sama sekali. Belum lagi saat Hessa terserang Seasonal Affective Disorder (SAD) : penyebabnya adalah sedikitnya sinar matahari dan panjangnya malam hari selama musim dingin. 

Konflik-konflik lainnya pun ditata rapi oleh penulis. Benar-benar menggambarkan kehidupan rumah tangga baru yang ga jauh dari drama. That’s why, aku betah menekuri halaman demi halaman karena bikin penasaran dan hanyut sama kisahnya. Sampai menjelang ending pun, aku masih kesulitan nebak kira-kira kisah cinta Afnan dan Hessa ini mau dibawa kemana *lalu nyanyi lagu Armada :D


Sesuatu yang mudah didapatkan, biasanya tidak terlalu berkesan dan mudah dilupakan. – hlm 22

Kita akan berteman dan saling mengenal, lalu siapa tahu kita akan saling mencintai. – hlm 68


Setting cerita novel ini tentu aja sebagian besar di Aarhus. Berkat novel ini, aku jadi tau banyak tentang kota yang terletak di Denmark ini. Penggambarannya detail. Aku sampai iri sama kondisi mental penduduk di sini. Tindak kriminal minim, kalo ga sengaja ninggalin gadget ato dompet di tempat umum, ga bakal hilang, ga pernah ada cerita tindakan kejahatan macam pemerkosaan gitu, dll. Barangkali karena kondisi ekonomi penduduk sama rata, ga ada yang kaya-kaya banget, ga ada yang miskin-miskin banget.  

Adegan favorit aku di novel ini waktu Afnan ngasih action figure berupa cewek berambut panjang warna pink, memakai baju astronot. Cewek di Gundam yang karakternya pinter, kuat, sabar dan lembut. Cinta pertamanya si Afnan.

“Itu sebagai tanda .... aku sudah nggak perlu dia lagi. Karena aku punya kamu sekarang. Siapa yang butuh cinta pertama? Kamu akan jadi yang terakhir.” – hlm 96

Aih, so sweet!


Pict source : www.japanifo.com


Kata-kata yang keluar dari mulut itu seperti anak panah. Sekali terlepas, tidak bisa kembali lagi ke busurnya. Tidak bisa dibelokkan, tidak bisa dipelankan. Begitu kena sasaran, meninggalkan luka yang dalam. – hlm 160

Recommended untuk pencinta romance yang ingin mengecap asem manis dunia pernikahan dengan latar lintas negara, lintas budaya, namun tetap di bawah atap yang sama, yaitu cinta. 





GIVEAWAY TIME!


Hai Ketimpukers, kita udah tiba di bagian penutup blogtour My Bittersweet Marriage, yakni GIVEAWAY. Mau dapetin 1 novel My Bittersweet Marriage, karya kak Ika Vihara ini? Mau intip-intip pahit manisnya pernikahan Hessa & Afnan? BISAAAA banget!

Caranya MUDAH kok.

1. Follow twitter @IkaVihara

2. Share info giveaway ini di twitter beserta cover My Bittersweet Marriage, kasih hestek #MyBittersweetMarriage. Mention @inokari_ & @IkaVihara

3. Kali ini kita seru-seruan di twitter ya.

Nah, ceritanya kan kalo si Afnan ngasih action figure cewek berambut pink ke Hessa di malam pertama mereka. Kalo kamu nih di malam pertama kelak pengen ngasih benda apa ke suami/istri?

Yang belum nikah silahkan berkhayal, yang udah nikah silahkan curcol. Curcolnya dalam bentuk twitpic yes. Sila twitpic benda yang pengen kamu kasih itu, lalu mention @inokari_ & @IkaVihara. Pake hestek #MyBittersweetMarriage

4. Tinggalkan data diri kamu di kolom komentar blogpost ini berupa akun twitter dan link twitpic.

Penilaiannya apa?

Tentu aja twitpic itu beserta captionnya. Maksimal 1 tweet aja biar adil. Mau twitpic benda yang konyol boleeh, yang bikin mengharu biru, boleh juga. Pemenangnya ya yang twitpicnya paling seru dan unik. Akan dipilih satu pemenang yang berhak mendapatkan 1 novel My Bittersweet Marriage yes.

Btw, giveaway My Bittersweet Marriage di Ketimpuk Buku ini akan berlangsung mulai hari ini dan akan berakhir pada tanggal 15 April 2016, pukul 24.00 WIB. Pengumuman pemenang paling lambat 2 hari setelah giveaway berakhir yuuu..

 Good luck!

26 komentar

  1. @hensus91
    Link twitpic : https://twitter.com/hensus91/status/720093914896568321

    BalasHapus
  2. Twitter: @imahreana
    Link twitpic: https://twitter.com/imahreana/status/720119028283482112

    BalasHapus
  3. @bluesky1319
    https://twitter.com/bluesky1319/status/720197867034378240

    BalasHapus
  4. @She_Spica
    https://twitter.com/She_Spica/status/720191880256839681

    BalasHapus
  5. @She_Spica
    https://twitter.com/She_Spica/status/720191880256839681

    BalasHapus
  6. @AisyahCahyani

    https://mobile.twitter.com/AisyahCahyani/status/720218367513092096

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. @kyoungsaeng

    Link:https://t.co/kGl2m9LblB

    BalasHapus
  9. @hanisaaprilia
    https://twitter.com/hanisaaprilia/status/720210021842169857
    https://twitter.com/hanisaaprilia/status/720210963463544832

    BalasHapus
  10. nama: Noer Anggadila
    link: https://twitter.com/NoerAnggadila/status/720235490939506688

    BalasHapus
  11. @ratnaShinju2chi
    Link Twitpic: https://twitter.com/ratnaShinju2chi/status/720249469065801728

    BalasHapus
  12. @juliahartini
    Link : https://twitter.com/juliahartini/status/720503576246755328?lang=en

    BalasHapus
  13. Akun Twitter : @MR_Laros
    Link Twitpic :
    https://twitter.com/MR_Laros/status/720567948042117120

    BalasHapus
  14. @nAshari3

    Link twitpic : https://twitter.com/nAshari3/status/720592925235609601

    BalasHapus
  15. @dairezuki

    https://twitter.com/dairezuki/status/720615143235715072

    BalasHapus
  16. @TriTrexcaren

    link twitpic: https://twitter.com/TriTrexcaren/status/720633049088589825

    BalasHapus
  17. @RaaChoco

    Link Twitpic :
    https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/720612271198576641?p=v

    BalasHapus
  18. @Khuznul-Nhunu
    link twitpict: https://twitter.com/Khuznul_Nhunu/status/720683519156944896

    BalasHapus
  19. @KDP264

    https://mobile.twitter.com/KDP264/status/720754249013919744

    BalasHapus
  20. twitter: @nunaalia
    link twitpic: https://twitter.com/nunaalia/status/720823874611335168

    BalasHapus
  21. @Arrinn_Kka

    https://twitter.com/Arrinn_Kka/status/720825808021884928?s=03

    BalasHapus
  22. @gemaulani

    link share https://twitter.com/gemaulani/status/720849282064973824
    link twitpic https://twitter.com/gemaulani/status/720853270936182784

    BalasHapus
  23. @putripramaa

    https://twitter.com/PutriPramaa/status/720882844994654208

    BalasHapus
  24. Link share: https://twitter.com/tiarizee/status/720886737648504834
    Twitter: @tiarizee

    BalasHapus
  25. @afifahmazaya

    https://twitter.com/afifahmazaya/status/720928640930742272

    BalasHapus
  26. @btgmr

    https://twitter.com/btgmr/status/721012565476663296

    BalasHapus