Buku Anak yang Baik, Ciptakan Generasi Cerdas dan Bahagia

Kumcernak Jejak Kaki Misterius


Assalamualaikum.

Halo.

Sebelumnya aku pengen ngucapin selamat dulu nih buat kakak-kakak penulis dari komunitas Be A Writer  yang baru aja menelurkan sebuah karya apik berupa antologi kumcernak misteri berjudul ‘Jejak Kaki Misterius’. Banyak nama-nama beken yang berkontribusi di kumcernak ini loh, diantaranya mbak Riawani Elyta, kak Erlita Pratiwi, mbak Binta al Mamba, kak Dian Onasis dan lain-lain. Wah, yakin deh kalo buku ini ‘comot-able’ banget buat masuk rak buku kesayangan, soalnya udah beberapa kali baca karya penulis-penulis yang aku sebutin di atas dan selalu suka. *masukin ‘Jejak Kaki Misterius’ ke dalam wishlist*



Well, total ada 15 cerita anak yang terangkum dalam kumcernak ‘Jejak Kaki Misterius’, yaitu..

1. Jejak Kaki Misterius - Riawani Elyta (FB : Riawani Elyta  ; twitter : @RiawaniElyta ; IG : riawani_elyta)

2. Buku Pintar Yang Hilang – Kayla Mubara (FB : Kayla Mubara ; twitter : @Kmubarokah)

3. Kebun Misterius – Pujia Ahmad (FB : Pujia Ahmad ; twitter : @pujiaachmad)

4. Ketika Ban Sepeda Rasad Pecah – Dian Onasis (FB : Dian Onasis)

5. Lukisan Yang Menghilang – Diannur Fajria (FB : Fajriatun Nur ; twitter : @fajriatunNur1)

6. Misteri Gigi Palsu – Afin Yulia (FB : Afin Yulia ; twitter : @afinyulia)

7. Misteri Foto Rumah Kosong – Anik Nuraeni (FB : Anik Nuraeni ; twitter : @anik_nuraeni ; IG anikkeenola)

8. Misteri Kotoran Kelas – Yurie Zhafiera (FB : Zakiyah Yurie Zhafiera ; twitter : @zha_yurie ; IG yuriezhafiera) 

9. Misteri Matinya Ikan di Kolam Nino – Pujia Ahmad

10. Misteri Pecahan Kaca – Hairi Yanti (FB : Hairi Yanti ; twitter : @yant165)

11. Pencuri Berlonceng – Erlita Pratiwi (FB : Erlita Pratiwi ; twitter : @takosoulmate ; IG: erlitap_)

12. Pencuri Uang Palsu – Ilham Fauzi (FB : Ilham Fauzi ; twitter : @fauziilham28)

13.Pengendara Perahu Asing – Binta al Mamba (FB : Binta al Mamba ; twitter : @bintaalmamba)

14. Peta Ingatan Ule – Wawat Smart (FB : Wawat Smart ; twitter : @wawatfemale ; IG : wawat smart)

15. Pohon Ara Keramat – Vanda Arie (FB : Vanda Nur Arieyani ; twitter : @VandaArie)

Adakah penulis yang kamu kenal? Ato belum kenal? Soklah diadd dan difollow, terus kenalan hihi. Oh ya kalau dilihat-lihat, semua judul cernaknya bikin penasaran ya temans. Bikin ga sabar buat baca kumcernaknya secara keseluruhan. 

Eh tapi kalo semisal disuruh pilih 3 cernak yang paliiiiiing pengen kamu baca, kamu bakal pilih yang mana?

Hmm, kalo aku, aku pilih ..

1. Jejak Kaki Misterius - Riawani Elyta
2. Pencuri Berlonceng – Erlita Pratiwi
3.Ketika Ban Sepeda Rasad Pecah – Dian Onasis

Alasannya?

Pertama, udah tau sepak terjang penulisnya. Selalu cakep, ngasih pengetahuan baru, menghibur dan ngasih moral value yang kece. Jadi wis, ndak perlu diragukan lagi. Udah sering baca karya mereka mah. :D

Dan kedua, judul cernaknya menarik, bikin penasaran. Apalagi judul cerpen mbak Riawani Elyta, Jejak Kaki Misterius, juga dijadikan judul kumcernaknya. Nah loh, kira-kira ceritanya tentang apa ya? Uwuw, seriusan deh pengen baca!



---

Ciri-ciri buku anak yang baik

Beruntungnya aku yang sejak kecil sudah akrab dengan buku. Ini tak lepas dari peran keluarga besar. Aku dikelilingi olah orang-orang yang mencintai buku dan alhasil kebiasaan membaca pun menular padaku. Bahkan pada akhirnya koleksi bukuku jauuuh lebih banyak dibanding koleksi mainan. Buku yang aku miliki di masa kecil mencapai berkardus-kardus jumlahnya, sedangkan mainan hanya sekardus saja. 

Meski tidak tergolong pembaca yang pemilih, namun kadar ketertarikanku terhadap buku bisa jadi amat berbeda antara buku satu dengan buku lainnya. Ada isi buku yang mudah dilupakan, ada yang membekas hingga belasan tahun (sampai sekarang pun masih teringat jelas), ada buku yang menyenangkan, ada buku yang membosankan. Sebenarnya itu kembali lagi pada selera masing-masing pembaca ya. Tapi, menurutku buku anak yang baik itu punya ciri-ciri sebagai berikut:

1. Memberi pengetahuan baru dengan bahasa yang mudah dipahami.

Untukku, baca buku itu adalah sarana melepas kepenatan, sarana hiburan murah meriah yang menyenangkan. Laksana pintu ajaib yang bisa membawa (imajinasi) kita kemana saja. Jadi nggak lucu kalo selama membaca, kening malah berkerut-kerut, hati malah mengkel, otak malah berasap *emangnya lagi baca buku pelajaran Fisika kak? Hehe

Jadi, musti banget yang namanya buku anak yang baik itu menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Jangan sampai membaca jadi aktivitas mengerikan bagi anak, gara-gara bahasa ‘tingkat tinggi’ yang ia temukan di buku bacaan. 

Eh, bukan hanya bahasa aja deng, keruwetan cerita juga harus disesuaikan dengan pola pikir anak-anak. Intinya jangan sampe bikin bingung. Ngasih pengetahuan, ngasih moral value, sederhana, dan harus mudah dipahami. 

2. Tidak membosankan, disisipi gambar yang lucu untuk menunjang cerita

Kalo buku bacaannya membosankan, anak-anak bakal lari ke media hiburan yang lebih warna-warni dong, televisi contohnya. Aih jangan sampai lah yau. Ada baiknya di buku anak, selain ‘menjual’ cerita, juga ‘menjual’ ilustrasi maupun gambar lucu yang menunjang cerita. 

Pasti deh adik-adik yang membacanya jadi lebih semangat. Aku pun ngerasain hal serupa belasan tahun lalu. Kalo gambarnya menarik, biasanya semangat banget baca ceritanya. hehe

3. Moral valuenya sulit dilupakan dan berhasil mendorong anak untuk melakukan hal-hal baik

FYI, tiap kali lihat orang makan ‘berkecap’, aku selalu teringat sebuah cernak yang aku baca di masa kecil. Tentang seorang kakak yang sebel banget sama adiknya yang makan ‘berkecap’. Jorok ye dengernya. Tapi dasar si adik badung, udah dinasehatin berulang kali tapi tetep aja makannya ‘berkecap’. Si kakak pun akhirnya diam-diam merekam bunyi ‘kecapan’ adik, terus rekamannya dikasih denger ke adik. Wuaah, ternyata adik geli banget denger rekaman itu. Ngerasa jijik. Sejak itu lah adik pun menghilangkan kebiasaan ‘berkecap’ saat makan. Dan aku sebagai pembaca ikut berhati-hati loh saat makan, agar ga ada bunyi aneh-aneh, apalagi bunyi kecapan. Hiiyy!

See, gara-gara bacaan bagus, aku bisa terhindar dari kebiasaan buruk. Seolah sepele, tapi aku ketemu loh sama orang-orang dewasa yang makannya berkecap dan itu nyebellliiiin banget. Sayang, kumcernak itu udah ga tau di mana, kalo masih ada kan bisa tak kasih baca tuh orang-orang yang makannya ‘berkecap-kecap’. Bakal ngerasa jijik gak ya? Haha. 

4. Tidak menampilkan hal-hal yang berkaitan dengan pornografi dan kekerasan. Apapun pengetahuannya disampaikan secara santun. 

Udah jelas ini mah. No offense. Mutlak. Wajib. Harus. 


----

Saran untuk buku anak Indonesia

Hmm, sebenarnya aku cukup girang dengan perkembangan buku anak akhir-akhir ini di Indonesia. Banyak penulis yang tertarik menulis di lini ini. Seneng deh, bacaan adik-adik jadi makin beragam. Isinya juga bagus-bagus. Pengetahuannya nampol. Petualangannya asyik.

Untuk saran?

Kali aja bisa dibikin buku-buku anak versi murah meriah. Bukunya tipis-tipis gitu, biar anak-anak pun bisa beli pake uang jajan mereka. Kali aja ada orangtua atau orang dewasa di sekitar mereka yang belum ‘ngeh kalo buku-buku adalah investasi berharga buat bikin anak cerdas dan bahagia. So, kalo mereka udah punya inisiatif beli pake duit sendiri kan ada buku-buku tertentu yang bisa dibeli. 



----



Buku yang akan aku hadiahkan untuk adik

Tentu aja buku anak yang bagus dong. Aku bakal ceki-ceki review blogger buku dulu di goodreads. Media yang reviewnya pedes-pedes menggigit tapi biasanya jujur. Hehe.


Bukunya punya ‘isi’ yang komplit. Baik ceritanya, gambarnya, moral valuenya. Ya ndak mau aja, asal beli terus bikin adik trauma baca buku. Yang memenuhi ciri-ciri buku anak yang bagus kek di atas deh intinya :)


Judul : Jejak Kaki Misterius
Penulis : Riawani Elyta, Kayla Mubara, Pujia Achmad, Dian Onasis, Diannur Fajria, Afin Yulia, Anik Nuraeni, Yurie Zhafiera, Hairi Yanti, Erlita Pratiwi, Ilham Fauzi, Binta Al Mamba, Wawat Smart, Vanda Arie
Lini : Lintang (Penerbit Indiva)
 ISBN : 978-602-1614-86-0
 Harga : 30K




3 komentar:

  1. Reviewnya bikin mupeng... mupeng ikutan siapa tahu berntung dapat bukunya :)

    BalasHapus
  2. penasaran sama kumcernya, pasti seru :)

    BalasHapus
  3. Kami adalah perusahaan yang terdaftar, meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan mendesak, dan mereka yang telah ditolak kredit dari sana bank karena skor rendah kredit, pinjaman bisnis, pinjaman Pendidikan, mobil pinjaman, kredit rumah, kredit perusahaan (dll), atau untuk membayar utang buruk atau tagihan, atau yang telah scammed oleh pemberi pinjaman sebelum uang palsu? Selamat, Anda berada di tempat yang tepat, dapat diandalkan Pinjaman Perusahaan Ibu Kelly untuk memberikan pinjaman dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% telah datang untuk mengakhiri semua masalah keuangan Anda sekali dan untuk semua, untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan hubungi kami melalui email perusahaan kami: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu kelly

    BalasHapus