Review Buku Get Scholarship, Reach Your Dream and Explor the World – Cara Mendapatkan Beasiswa ke Luar Negeri


Keterangan buku :
Judul buku :
Penulis : Indah Syoraya
Editor : Anita Silvia
Desain Grafis & Desain Cover : Novan
Desain Layout : Ronny
Accounting & Administration : Elfi
Penerbit : People Publisher
Tahun terbit : Desember 2015 (cetakan pertama)
ISBN : 978 – 602 – 73659 – 0 -2
Tebal : x + 165 halaman


Halo Ketimpukers.

Kali ini aku akan mereview sebuah buku bagus karya anak Bengkulu. Yay, selamat untuk mbak Indah Syoraya dan teman-teman People Publisher yang beberapa waktu lalu sudah melaunching buku dengan judul Get Scholarship, Reach Your Dream and Explor the World – Cara Mendapatkan Beasiswa ke Luar Negeri. Omong-omong, waktu itu aku juga hadir loh di acara launching buku ini. Ceritanya bisa disimak di sini ya, Ketimpukers.



Well, sekilas membaca judulnya, aku kira buku Get Scholarship, Reach Your Dream and Explor the World – Cara Mendapatkan Beasiswa ke Luar Negeri ini berisi kumpulan tips dan trik untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Eh ternyata kurang tepat. Buku ini tak hanya menyajikan tips dan trik, melainkan diramu dengan lebih asyik karena ditulis dengan model ‘biografi’, lengkap dengan tips dan trik yang ndak jelimet dong pastinya.

Lengkapnya, buku ini terdiri dari 4 bab, yaitu:

1. Biografi Andri Saputra (Beasiswa ke Australia)
2. Biografi Luqman Arjasari (Beasiswa ke USA)
3. Biografi Ikhsan Hasibuan (Beasiswa ke Belanda)
4. Biografi Kurnia Anggriani (Beasiswa DIKTI)

Aku bakal ngebocorin sedikit isi biografi yang pertama ya ..

FYI, kak Andri Kurniawan ini baru berusia 24 tahun, Ketimpukers. Yess, masih muda banget, tapi prestasinya udah bejibun. Termasuk juga sukses jadi dosen muda di IAIN, tempat kak Andri menamatkan S1 Bahasa Inggris pada tahun 2013 lalu. Menurutmu, apakah pencapaian kak Andri didapat dengan cara mudah? No no no, a BIG NO.

Meskipun berstatus sebagai anak bungsu dari 3 bersaudara, namun kehidupan kak Andri jauh dari yang namanya sennag-senang dan dimanja. Sewaktu kecil, kak Andri pernah membantu perekonomian keluarga dengan jualan opak dan kue goreng.

Lalu, apakah kak Andri termasuk anak yang pintar? Selalu juara kelas? Langganan mendapat nilai sempurna?

Wah, ternyata tidak loh.

Sewaktu SD, kak Andri langganan mendapatkan nilai merah. Jadi, di hari pembagian raport, pertanyaan langganan keluarga besar kak Andri bukanlah “dapat juara berapa?” melainkan “dapat nilai merah berapa nih?”

Wah wah..

Nah, kak Andri baru menemukan pola belajar yang tepat untuk dirinya saat duduk di bangku SMP dan bertemu dengan guru yang punya konsep mengajar yang seru. Yakni meminta siswa menyimpulkan pembelajaran di hari itu dan bagi siswa yang menjawab benar akan mendapat nilai 100. Tapi ya ndak lantas dengan penemuan itu kak Andri langsung jadi juara kelas loh. Kak Andri mengaku bahwa dirinya masih sebagai ‘orang yang biasa-biasa saja’.

Pun saat akan melangkahkan kaki ke bangku kuliah, lagi-lagi niat baik kak Andri menemui batu penghalang. Ya, kak Andri terbentur biaya untuk Kuliah.

Terus, gimana ceritanya kak Andri bisa menamatkan S1 bahkan menjadi dosen? Mendapat beasiswa ke luar negeri pula?

Jawabannya ada di buku Get Scholarship, Reach Your Dream and Explor the World – Cara Mendapatkan Beasiswa ke Luar Negeri ini yay Ketimpukers. Cerita inspiratifnya sayaaaang banget untuk dilewatkan. Serius!

Anak panah tidak bisa mencapai targetnya jika tidak meluncur dari busurnya (Imam Syafi’i)– hlm 11

Nggak hanya cerita dari kak Andri yang bikin aku melongo takjub, cerita dari Luqman, pak ikhsan dan mbak Kurnia juga nggak kalah menghangatkan hati. Betapa nggak ada mimpi yang mustahil buat diraih di tangan ke-4 orang hebat ini. Dijamin deh semua bagian bisa ngasih inspirasi juga motivasi bagi jiwa-jiwa yang semangatnya kadang naik, lalu turun dan gak naik-naik lagi *ngomongin diri sendiri LOL

Membaca buku karya mbak Indah ini sungguh mengasikkan, berasa sedang mendengarkan kisah hidup teman lama. Tidak sedikitpun kesan menggurui yang ditangkap dari cerita-cerita inspirasi yang diangkat penulis, malah menyalakan bara semangat dalam diri. Merasa sedang disemangati oleh rangkaian cerita yang ditulis di buku ini. Oh ya, yang bikin buku ini makin kece, di sela-sela cerita ada quote-quote apik yang sayang banget buat dilewatkan, seperti ..

Struggle never betrays the result – Luqman Arjasari Asa – hlm 28

You are bigger than what you think you are – hlm 34

Don’t let your dream be dream – Shia Lebouf – hlm 44

Recommended nih Ketimpukers. Terlebih untuk kamu-kamu yang punya mimpi untuk menjejakkan kaki ke negeri orang. Kamu harus baca sendiri bahwa tak ada pencapaian tanpa usaha, doa juga keringanan tangan untuk membantu orang lain.

Cheers!

3 komentar:

  1. wah, beasiswa. semoga bukunya menginspirasi yang baca ya, Tan

    BalasHapus
  2. Kami adalah perusahaan yang terdaftar, meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan mendesak, dan mereka yang telah ditolak kredit dari sana bank karena skor rendah kredit, pinjaman bisnis, pinjaman Pendidikan, mobil pinjaman, kredit rumah, kredit perusahaan (dll), atau untuk membayar utang buruk atau tagihan, atau yang telah scammed oleh pemberi pinjaman sebelum uang palsu? Selamat, Anda berada di tempat yang tepat, dapat diandalkan Pinjaman Perusahaan Ibu Kelly untuk memberikan pinjaman dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% telah datang untuk mengakhiri semua masalah keuangan Anda sekali dan untuk semua, untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan hubungi kami melalui email perusahaan kami: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu kelly

    BalasHapus