Blogtour Sebanyak Tetesan Hujan Kali Ini – Penulis KOBIMO || Review dan Giveaway




Keterangan buku :

Judul : Sebanyak Tetesan Hujan Kali Ini
Penulis : 23 Penulis KOBIMO
Editor : Eva Sri Rahayu
Desain cover : Adhi P. Nugroho
Penata letak : Izza Ezizah
Penerbit : Rumah Fiksi
Tahun terbit : Oktober 2015 (cetakan pertama)
ISBN : 978-602-1168-59-2
Tebal : 318 hlm.




Blurb :

2 Juli 1961, ia mati dengan sebuah senapan yang ditembakkannya ke kepala. Mati meninggalkan karya-karyanya yang membuatku tergila-gila. Aku suka tulisannya yang banyak memandang hidup. Dan semenjak mengetahui kisah hidup penulis itu dan mengagumi karyanya, entah mengapa aku ingin mati seperti dia, bunuh diri. Tapi wajah Marini yang selama ini melekat di benakku seakan melarangku. Menarikku dari imajinasi tentang kematian. Aku harus hidup, harus menjaganya sampai kematian memang Tuhan yang menentukan. Bukan karena jiwa ini yang begitu lemah. Tapi tidak untuk sekarang, aku harus melawan wajah Marini yang melarangku hal bodoh ini. Aku sudah tak pantas hidup. Tak berguna. Lihatlah aku sudah menggantungkan tali ke langit-langit kamar. Ya, tali ini sudah siap menarik leherku. Tinggal kutendang saja kursi yang kuinjak di kamar sepi yang sudah aku kunci ini. Secarik kertas sudah kutidurkan di atas lantai. Juga sebuah puisi terakhir untuknya. Agar ia tahu, tentang semua alasanku. 


Sekilas tentang ‘Sebanyak Tetesan Hujan Kali Ini’


Sebanyak Tetesan Hujan Kali Ini berkisah tentang Putra Rahardian Wijaya. Laki-laki belia ini sedang berduka karena nenek yang sangat dicintainya meninggal dunia. Tak urung Putra merasa sebatang kara. Ibunya meninggal ketika melahirkan adiknya, sedangkan sang ayah kabarnya pergi merantau ke Arab. Tak pernah kembali.

Sejak kecil, Putra sudah menggandrungi dunia tulis menulis. Banyak puisi tercipta dari goresan tangannya. Ia juga penggemar berat buku-buku Ernest Hemingway. Kekasihnya, Marini, menjadi pembaca pertama karya-karyanya. Sekaligus menjadi inspirasi dan motivator bagi Putra.

Terkadang orang datang dan pergi dari hidup  kita dengan gampangnya. Tanpa peduli perasaan. Tanpa peduli seberapa banyak waktu yang dihabiskan untuk bisa menerima kehilangan. Dan ketika waktu itu sudah menjawab, tiba-tiba kehilangan yang sudah diluputkan begitu lama malah muncul secara tiba-tiba. Tanpa diundang dan tanpa diminta. – hlm. 28

Saat tengah berkabung, tiba-tiba seorang laki-laki dewasa yang mengaku sebagai pamannya dari Jakarta –paman Hendro, datang menjemput. Ia mengaku akan membiayai kehidupan Putra, termasuk biaya kuliah. Ia bahkan mengaku bisa memuluskan cita-cita Putra yang ingin menjadi penulis.

Meski awalnya menolak, Putra tak punya pilihan lain. Terlebih Marini telah memberikan restu. Di desa Bandar Sari yang terletak di kaki Gunung Slamet ini, Putra tak akan jadi apa-apa, selain menjadi petani kubis. Sedangkan di ibukota sana, Marini percaya kekasihnya mampu mengumpulkan pundi-pundi rupiah untuk melamarnya kelak.


Tidak ada yang mudah di dunia ini, semua butuh proses dan kerja keras. – hlm. 59


Pindah ke rumah paman Hendro, bukan berarti kehidupan Putra serta merta bertransformasi menjadi bahagia. Ia harus menghadapi tatapan tak suka dari Tante Santi juga Dion – istri dan anak Paman Hendro. Hanya Nasya, gadis kecil, adik si Dion, yang menyambut kehadiran Putra dengan senyum mengembang.

Masalah memuncak saat terjadi kasus kriminal di rumah paman Hendro. Putra digadang-gadang sebagai tersangka utama.

Benarkah tuduhan itu?

Sanggupkah Putra melewati setiap batu sandungan yang menghadang cita-citanya untuk menjadi penulis terkenal?

Bisakah Putra memecahkan misteri kemana ayah kandungnya selama ini?



Review ‘Sebanyak Tetesan Hujan Kali Ini’ versi Ketimpuk Buku


Kesan pertamaku saat membaca ‘Sebanyak Tetesan Hujan Kali Ini’ ialah takjub. Novel ini unik dan ga biasa. Bayangkan, novel ini adalah novel kolaborasi 23 penulis yang tergabung di Grup Kelas Online Bimbingan Menulis Novel (KOBIMO). Biasanya kan kalo nulisnya rame-rame gini, hasilnya adalah antologi yes. Tapi ini novel loh. Satu kesatuan utuh. Novel dengan satu tema utama dari awal hingga akhir cerita.

Keren ya?

Untuk menyatukan pemikiran 2 orang aja ga gampang. Apalagi 23 gini. Tapi buktinya Sebanyak Tetesan Hujan Kali Ini tetap menjadi novel yang asyik dibaca. Meski memang ga bisa dibilang sempurna.

Untuk cover novel ini, sebenarnya unyu. Tapi aku sepakat sama host sebelumnya kalo memang covernya kurang cocok sama jalan cerita. Kalo lihat covernya, kita jadi ngebayangin kalo novel ini berkisah tentang cowok galau di bawah rintik hujan. Hihi. Padahal sih ya ga gitu. Terus, font nama-nama penulis entah kenapa jadi dibikin beraneka rupa kayak gitu. Bagusnya disamain aja biar enak dilihat :)

Blurb?

Sukses bikin penasaran berat buat baca novel ini. Sepakat? Langsung ngebayangin cerita yang bertema seram, pake adegan-adegan pembunuhan gitu. Sayangnya, pas ada adegan pembunuhan beneran, ada satu tokoh yang kesannya kok dipaksa tewas. Pfft. Tragis banget untuk kemudian jadi penyebab problem selanjutnya. Rasanya malah anti klimaks. Pas adegan ini asli berasa lagi nonton sinetron Indonesia, dialognya itu loooh. Ada orang tewas di depan mata, ya masa tokoh-tokoh lainnya masih sempet ngobrol gitu. *bikin gemes

Berbicara tentang tokoh, biasanya setiap baca buku, ada satu dua tokoh –tokoh utama nih biasanya- yang mampu mencuri hati. Tapi si Putra gak ah. Karakternya kurang kuat sih. Ya masa digandeng sama cewek lain mau-mau aja, diancem-ancem pasrah juga *sodorin golok ke Putra. Tokoh lainnya juga kurang mendominasi. Yang paling kalem kayaknya si Marini. Yang lain mah ada aja kelakuan ajaibnya.


Masing-masing pribadi punya karakter yang berbeda-beda. Mereka diciptakan dengan keunikan mereka sendiri-sendiri. – hlm. 73


Soal typo, juga masih cukup banyak typo di sini. Terus ada juga bagian yang ilang. Dari halaman 126 langsung loncat ke halaman 129. *apa cuma punyaku aja ya?

Terlepas dari kekurangan-kekurangannya, novel ini punya ide yang kece. Berkat novel ini aku jadi sedikit mengetahui seluk beluk yang terjadi di balik layar dunia kepenulisan. Seperti di halaman 182 yang menjelaskan tentang aliran sastra juga tentang ghost writer.

Untuk yang menyukai puisi, maka akan puas dimanjakan oleh puisi-puisi cantik. Iyaa, banyak banget puisi bertebaran di novel ini. Kan ceritanya, si Putra jago banget nulis puisi. Salut buat penulis-penulisnya yang meski beda kepala, namun puisinya seolah sedang ditulis oleh satu orang saja.

Novel kolaborasi ini juga bisa dibilang quote-able. Selain beberapa quote yang udah aku share di atas, masih banyak quote lain. Seperti :

Dan mimpi selalu dekat denganmu. Mungkin kamu satu dari sekian nasib orang yang beruntung dalam hidup. – hlm 108

Di setiap kata, berdiri suatu dunia. Seseorang yang sedang menggunakan kata seharusnya ia menyadari bahwa ia sedang menggoyang dunia. – hlm 116

Barangkali saat ini kita hanyalah dua dari sekian pasang kesepian yang mencoba saling merindukan. Kesepianmu melengkapi kerinduanku. Kerinduanmu melingkupi kesepianku. – hlm 177


Pesan moral yang aku dapatkan dari novel kolaborasi ini adalah betapa orangtua tak boleh memaksakan kehendak pada anak. Anak punya potensinya sendiri. Yang bisa jadi amat berbeda dengan orangtuanya. Selain itu, kita juga diajak untuk tidak terbiasa menyimpan dendam. Kita yang bertanggung jawab atas kebahagiaan diri sendiri. Bukan orang lain.

Untuk yang ingin menikmati romantisme dalam rangkaian kata-kata indah, novel ini sayang untuk dilewatkan. :)



GIVEAWAY TIME!

Ketimpukers mau menyimak sendiri kisah Putra dan karir kepenulisannya? Pengen tau misteri soal bapaknya Putra? BISAAAA banget!

Karena aku & temen-temen dari penulis KOBIMO bakal ngasih 1 eks Sebanyak Tetesan Hujan Kali Ini untuk satu pemenang yang beruntung. Yes, ga salah baca kok. Kali ini kita pake sistem kocok arisan buat nentuin pemenangnya yes. Pasti pada bosen kali disuruh kasih jawaban sepanjang jembatan ampera :p

Mau mau mauuuuu?

Caranya MUDAH kok.

1. Share info giveaway ini di twitter beserta cover Sebanyak Tetesan Hujan Kali Ini, kasih hestek #SebanyakTetesanHujanKaliIni, jangan lupa mention @inokari_.

2. Jawab pertanyaan di bawah ini di kolom komentar, jangan lupa cantumkan nama, akun twitter, link share info giveaway dan jawaban

Tuliskan dalam 1 kalimat (iyee satu kalimat aja), aktivitas apa yang menurutmu paling enak dilakukan saat hujan turun?


Jawaban Intan versi 5 tahun : kalo turun hujan, paling enak hujan-hujanan dong.
Jawaban Intan versi 22 tahun : Kalo lagi turun hujan itu enaknya duduk di deket jendela, mandangin hujan, lalu mengenang mantan. *krik krik

Becanda wooii ah! :D


Btw, giveaway Sebanyak Tetesan Hujan Kali Ini di Ketimpuk Buku ini akan berlangsung hingga 13 April 2016, pukul 24.00 WIB. Pengumuman pemenang paling lambat 2 hari setelah giveaway berakhir yuuu..

Good Luck!

Pengumuman sudah diupdate di twitter @inokari_ dan pemenangnya adalah @RaaChoco. Selamaaaaattt! :D

41 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Nama : Diah P
    Twitter : @She_SPica
    Link Share : https://twitter.com/She_Spica/status/718604971692793856
    https://twitter.com/She_Spica/status/718608594103472128

    Bila sedang hujan, aku memandangi jendela sembari menyantap mie rebus dengan campuran telur dan saus yg banyak, ditemani secangkir teh panas.

    BalasHapus
  3. Nama : Heni Susanti
    Akun : @hensus91
    Link : https://twitter.com/hensus91/status/718606648676192260
    Jawaban aktivitas apa yang menurutmu paling enak dilakukan saat hujan turun,
    Heni versi 5 tahun : kalau hujan turun seperti kebanyakan anak kecil pasti hujan-hujanan. Apalagi kalo hujan-hujanannya massal bareng semua temen terus rebutan berdiri di bawah pancuran air dari genteng rumah :D
    Heni versi 24 menjelang 25 tahun : kalau hujan turun aku paling suka duduk di depan jendela ditemani novel kesukaan, segelas kopi hangat, setoples cemilan dengan backsound musik syahdu. :)

    BalasHapus
  4. Nama : Angel Yes Yurun
    Twitter : @anye_yu
    Link share : https://mobile.twitter.com/anye_yu/status/718611340886016000?p=v

    Kalo turun hujan, enaknya itu duduk di pojokan balkon denger lagu melow sambil minum teh anget trus ngelamun.

    BalasHapus
  5. Nama : Sharie
    Akun Twitter : @nAshari3
    Link Share: https://twitter.com/nAshari3/status/718634711761833984
    Jawaban : Kalo lagi turun hujan, enaknya peluk guling, tarik selimut terus tiduuuurrrr.

    BalasHapus
  6. Nama: Wika Agustina
    Twitter: @agstnwika
    Link share: https://twitter.com/agstnwika/status/718647858702852097

    Aktivitas yang paling enak dilakukan saat turun hujan adalah duduk di teras rumah sembari membaca novel ditemani segelas teh panas dan rintikan hujan.

    BalasHapus
  7. Halo, mbak! Pertanyaannya menarik banget ehehehe^^

    Nama: Isna Farhatina
    Twitter: @isnaif
    Link share: https://twitter.com/2isnaif/status/718647905276416000


    Sebagai seorang pluviophile (penikmat hujan), aku sering mengambil gambar tentang hujan dan aku ambil foto dari beberapa sudut dari rumahku.^^

    BalasHapus
  8. Emma | @emmanoer22 | https://mobile.twitter.com/EmmaNoer22/status/718653588818370562 | jawaban : aktivitas paling enak dilakukan waktu hujan itu tidur an diruang bersantai sambil mainin handphone buka medsos dan buka" blog yang sedang mengadakan giveaway semacam ini ditemani susu hangat dan pisang goreng, pas banget.

    BalasHapus
  9. Diki Siswanto
    @diki_twips
    https://twitter.com/diki_twips/status/718656229204054020

    Aktivitas paling enak dilakukan saat hujan turun adalah ngumpul bareng keluarga besar, disuguhi setoples kue dan seduhan teh hangat sambil nonton tv (/^o^)/

    BalasHapus
  10. Widyaningsih
    @ganggaruhanaa12
    https://twitter.com/GanggaRuhanaa12/status/718686115679436800

    Aktivitas yang paling enak dilakukan saat hujan turun yaitu ngumpul bareng bareng keluarga di rumah, makan pisang goreng yang hangat dengan seduhan teh hangat sambil berbincang2 dengan keluarga. Whah Seruuu!!

    BalasHapus
  11. Nama : Miftahur Rizqi
    Twitter : @MR_Laros
    Link Share : https://twitter.com/MR_Laros/status/718686496245440513

    aktivitas yang paling enak di waktu hujan adalah makan mie instan dengan cabe yang banyak. mantap itu guys, ahay ! heheh..

    BalasHapus
  12. Nama : Salwa Balfas
    Twitter : @Safaira01
    Link share : Lihat Tweet @Safaira01: https://twitter.com/Safaira01/status/718707202765103104?s=09

    Tuliskan dalam 1 kalimat (iyee satu kalimat aja), aktivitas apa yang menurutmu paling enak dilakukan saat hujan turun?

    Jawaban :
    yang paling enak saat hujan itu, memandangi langit dan rintik hujan dari jendela, menikmati aroma petrichor yang menguar, ditemani secangkir teh hangat dan diiringi alunan musik lembut seperti fur elise nya beethoven atau symphony no 40 nya mozart lalu (kadang) terlintas kata-kata untuk membuat puisi atau (malah) tertidur, hehee :D.

    Terimakasih kak, semoga beruntung. ^^

    BalasHapus
  13. Hai, Kak Intan, salam kenal. Coba ikutan GA-nya ya.

    Nama Lengkap: Dini Nurhayati
    Twitter: @ChanDinu
    Link Share: https://twitter.com/ChanDinu/status/718708657811161088

    Jawabanku:
    Pas hujan turun suka kepengen main hujan-hujanan seperti anak-anak, sebetulnya bisa saja ya, tapi malu, terkadang akhirnya 'memanfaatkan' hujan dengan curat-coret kertas; entah jadi puisi (tanggung) atau satu scene untuk cerpen, dan soal akan menjadi cerita utuh atau tidak urusan nanti. ^_^

    BalasHapus
  14. Nama: Isna A. Baroroh
    Twitter: @isnaazmut
    Link share: https://twitter.com/isnaazmut/status/718785055988953089

    Tuliskan dalam 1 kalimat (iyee satu kalimat aja), aktivitas apa yang menurutmu paling enak dilakukan saat hujan turun?

    Merenung :). iya merenung.
    Merenungi apa yang sudah saya lakukan selama ini, semua kesalahan yang telah saya perbuat. Mungkin juga sambil merenungkan masa depan. Hujan membuat suasana menjadi tenang, saya akan duduk diteras melihat hujan langsung, dan tak lupa ditemani secangkir kopi hangat.

    BalasHapus
  15. Nama: Vivi Lutfah
    Twitter: @LutfahVivi
    Link share: https://twitter.com/LutfahVivi/status/718794802326667264

    Jawaban:
    Kalau nggak tidur ya merenungi nasib, kenapa masih jomblo sampai sekarang? merenungi nasib kehidupan juga bisa, makan mie rebus apalagi.

    BalasHapus
  16. Nama : Pida Alandrian
    Twitter : @PidaAlandrian92
    Link Share : https://twitter.com/PidaAlandrian92/status/718807643125448705


    Tuliskan dalam 1 kalimat (iyee satu kalimat aja), aktivitas apa yang menurutmu paling enak dilakukan saat hujan turun?

    Saat hujan turun, ngelamunin + ngebayangin Casim (calon suami) aku seganteng siapa sih. *Hehehe Senyum malu2

    BalasHapus
  17. Nama : anindya yusria
    Twitter : @aniindya_
    Link :https://twitter.com/aniindya_/status/718809458827075584

    Jawaban :kalo hujan turun paling enak itu ngeluarin apa yang ada dipikiran dalam bentuk tulisan,bisa jadi lama - lama jadi novel.*amiinnn

    BalasHapus
  18. Bintang Permata Alam / @Bintang_Ach / Link: https://twitter.com/Bintang_Ach/status/718754408540966912


    Kalau hujan, mending live streaming RRI Bintuhan di 98,8 dengerin suara Kak Intan sambil ngemil nastar setoples :D

    BalasHapus
  19. neneng lestari
    @ntarienovrizal
    https://twitter.com/nTarienovrizal/status/718855192322527232

    Kalau hujan, paling enak makan bakso ^^

    BalasHapus
  20. Eni Lestari | @dust_pain | https://twitter.com/dust_pain/status/718968504888614913

    Aktivitas apa yang menurutmu paling enak dilakukan saat hujan turun?

    kalau hujan enaknya berdoa saja, minta sesuatu yang diinginkan, karena katanya salah satu doa yang dikabulkan adalah doa yang dipanjatkan ketika hujan turun :)

    BalasHapus
  21. Nama : Gilang Maulani
    Akun twitter : @gemaulani
    link share : https://twitter.com/gemaulani/status/718989532880764928

    jawaban : nonton drama korea atau film thailand sambil makan mie instan dan minum kopi habis itu ketiduran.

    BalasHapus
  22. Nama: Ayuni Adesty
    Domisili: Bogor
    Twitter: @ayuniadesty
    Link share : https://twitter.com/ayuniadesty/status/718722708347817984

    Aktivitas yang paling enak di waktu hujan adalah makan bakso dengan kuah mengepul. Kuahnya bikin seger dan pastinya anget. Pokoknya maknyuuus!!

    BalasHapus
  23. Nama: Nur Annisa
    Akun Twitter: @YoshikuniNhora
    Link Share: https://twitter.com/YoshikuniNhora/status/719088976510889986
    Jawaban: Berhayal dalam dunia penuh imajinasi ditemani secangkir coklat hangat

    BalasHapus
  24. Nama: tatyana ac
    Twit: @bluesky1319
    Link: https://twitter.com/bluesky1319/status/719104040466927616

    Jawaban
    Kalau lagi hujan enak nya ngeliatin hujan terus dengerin lagu slow sambil minum yang anget anget

    BalasHapus
  25. Nama: tatyana ac
    Twit: @bluesky1319
    Link: https://twitter.com/bluesky1319/status/719104040466927616

    Jawaban
    Kalau lagi hujan enak nya ngeliatin hujan terus dengerin lagu slow sambil minum yang anget anget

    BalasHapus
  26. Tri
    @tewtri
    https://mobile.twitter.com/tewtri/status/719111938932748289

    Hujan turun enaknya ngapain?

    Kalau saya, berdoa. Bukannya saya sereligius itu hanya saja hujan biasa dateng bareng teman-temannya. Kalau di pakai doa, agak santai rasanya.

    BalasHapus
  27. nama : Mukhammad Maimun Ridlo
    akun twitter : @MukhammadMaimun
    link share info giveaway : https://twitter.com/MukhammadMaimun/status/719169994613862400

    Tuliskan dalam 1 kalimat (iyee satu kalimat aja), aktivitas apa yang menurutmu paling enak dilakukan saat hujan turun?

    Kalau aku, waktu hujan paling enak liatin rintik hujan sambil mengingat masa-masa indah dahulu karena "aku selalu bahagia saat hujan turun karena aku dapat mengenangmu"

    BalasHapus
  28. Nama : Yuliana Kusuma Dewi
    Twitter : @iyulquiorra
    Link : https://twitter.com/Iyulquiorra/status/719209831727390720

    Jawaban:
    Aktivitas yang paling enak versi saya adalah membuat embun di kaca jendela biasanga bergantian dengan saudara yang dibuat pake nafas dari mulut, lalu menuliskan/menggambarkan sesuatu di jendela tersebut 😁😁

    BalasHapus
  29. Ananda Nur Fitriani
    @anandanf07
    https://twitter.com/anandanf07/status/719288664220520448

    Kalau lagi hujan itu, enaknya keluar rumah, duduk di teras atau balkon, bawa gitar, melihat pemandangan sekitar (air turun dari langit, membasahi benda apa saja yang ada di bawahnya), menikmati suara serta bau hujan, sambil memetik senar lalu menyanyikan lagu mellow yang dapat membangkitkan kenangan (atau imajinasi mungkin :p) dan membiarkannya bermain dalam kepala kita.

    ^tuh kan panjang. Semoga masih bisa dihitung sebagai satu kalimat ya :p terima kasih atas kesempatannya, Kak Intan :)

    BalasHapus
  30. Nama : Veny
    Twitter : @yutakaNoYuki
    Link share : https://twitter.com/yutakaNoYuki/status/719312843158388736

    Jawaban :
    Kalau hujan paling enak membuat susu coklat terus dinikmatin sambil baca novel bertema thriller psycho di kamar :)

    BalasHapus
  31. Nama: Kiki Amaliah
    Twitter: @kyoungsaeng
    Link:
    https://t.co/NPDP8qBjK7


    Kalau bisa hujan-hujanan di luar. Tapi karena dilarang mending tidur hehe

    BalasHapus
  32. Nama : Aisyah Dewi C.
    Twitter : @AisyahCahyani
    Link : https://twitter.com/AisyahCahyani/status/719424177791311873
    jawaban : aktivitas yang enak dilakukan saat hujan itu duduk di dekat jendela yang setengah terbuka sambil minum kopi panas, ditemani instrumen kiss the rain nya yiruma ^.^

    BalasHapus
  33. Nama : Humaira
    Akun Twitter : @RaaChoco
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/719501795010027520?p=v


    Tuliskan dalam 1 kalimat (iyee satu kalimat aja), aktivitas apa yang menurutmu paling enak dilakukan saat hujan turun?


    Pake sweater, pergi ke dapur bikin hot chocolate, masuk kamar, setel instumental song, terus tarik kursi ke deket jendela, duduk sambil menekuk kaki ke depan dada, mata memandang ke luar jendela yang dibuka sedikit menikmati hujan, sedangkan kedua tangan menggenggam mug berisi hot chocolate sambil sesekali meminum dan menghirup aroma coklat yang bercampur dengan aroma hujan yang menenangkan.

    Maaf kepanjangan :D tapi tetep satu kalimat kan? Meski kebanyakan komanya, hehehe :D :D

    BalasHapus
  34. Nama : M. Sulhan Habibi
    Twitter : SulhanHabibi
    Link share : https://twitter.com/SulhanHabibi/status/719504688857501697

    Tuliskan dalam 1 kalimat (iyee satu kalimat aja), aktivitas apa yang menurutmu paling enak dilakukan saat hujan turun?

    Jawaban:

    1. Kalau hujannya tengah malah sampai pagi paling enak tarik selimut dan melanjutkan tidur dengan mimpi yang indah.

    2. Kalau hujannya pagi hari tentu saja paling enak sarapan bubur hangat, minuman hangat, sambil nonton atau dengerin radio.

    3. Kalau hujannya siang hari paling enak tidur-tiduran sambil membaca buku, mendengarkan musik, bersantai sambil ngemil atau memandangi hujan #syahdu.

    4. Kalau hujannya menjelang sore paling enak main hujan-hujanan, berlari, menari di bawah hujan yang dilanjutkan makan mie rebus cabe atau gorengan atau makanan yang anget-anget #jadi lapar

    5. Kalau hujannya magrib sampai isya paling enak membaca buku sambil dengerin musik dan menikmati suara hujan.

    6. Kalau hujan sepanjang hari jangan lupa berdoa karena doa ketika hujan itu mujarab dan jangan malas untuk beraktivitas

    :) ;)

    BalasHapus
  35. Nama : Ratnani Latifah
    Twitteer : @ratnaShinju2hi
    Link Share: https://twitter.com/ratnaShinju2chi/status/719514877983739905

    Ketika hujan aku lebih suka menghabiskan waktu dengan baca buku.

    BalasHapus
  36. Yeyen Nursyipa | @YeyenNursyipa
    Link share : https://twitter.com/YeyenNursyipa/status/719538347543109632

    Tuliskan dalam 1 kalimat aktivitas apa yang menurutmu paling enak dilakukan saat hujan turun?

    Kalo ujan turun, biasanya aku paling suka masak olahan sosis sama nugget dibakar sama goreng trus dimakan buat camilan sambil nonton drama korea terbaru.. :D

    BalasHapus
  37. Nama = Ana Bahtera
    Twitter = @anabahtera
    Link share = https://twitter.com/anabahtera/status/719727688215232512

    aktivitas saat hujan???

    Menghirup aroma yang muncul ketika hujan bercumbu dengan tanah yang gersang.

    BalasHapus
  38. nama: pramestya
    akun twitter: @p_ambangsari
    link share: https://mobile.twitter.com/p_ambangsari/status/720021570727620608?p=v

    paling enak itu berkumpul sama keluarga mantengin acara tv sambil makan gorengan terutama pisang goreng buatan ibu dan segelas minuman hangat seperti kopi, susu, teh atau wedang jahe.

    BalasHapus
  39. nama: famia kamilia
    twitter: @amifamia
    link share: https://mobile.twitter.com/amifamia/status/720173811631390720?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C6446788640

    jawaban:
    paling enak saat hujan itu adalah main hujan-hujanan bareng kakak dan adek, kemudian masak mie instan bareng plus minuman hangatnya terus makan bersama deh sekeluarga sambil nonton TV.

    BalasHapus
  40. Nama : Daisy S
    Twitter : @daisy_skys
    Link share : https://twitter.com/Daisy_skys/status/720227251069956100

    Tuliskan dalam 1 kalimat (iyee satu kalimat aja), aktivitas apa yang menurutmu paling enak dilakukan saat hujan turun?

    Jawaban Daisy versi 5 tahun : coret - coret kaca yang mengembun pakai jari misalnya gambar wajik ,love , ataupun nulis nama nama orang yang aku cintai .


    Jawaban Daisy versi 17 tahun bikin secangkir macciato ,siapin playlist yang didengerin via earphone , mulai nulis unek unek di laptop dan tiba tiba malah mikirin masa lalu .

    BalasHapus
  41. Nama : Umi Marfa
    Twitter : @umimarfa
    Link : https://twitter.com/umimarfa/status/720290672280887296
    Jawaban : Bikin mie rebus, makan samping jendela, minumnya es kopi, terus tiduran ngadep jendela dan yang terakhir tidur, nikmat banget buat mahasiswa.

    BalasHapus