Review Play and Learn – dr. Meta Hanindita, Sp.A




Keterangan buku :
Judul : Play and Learn (Mendampingi anak usia 0-4 tahun belajar sambil bermain)
Penulis : dr. Meta Hanindita, Sp.A
Editor : Herlina P. Dewi
Proof Reader : Weka Swasti
Desain cover : Teguh Santosa
Layout isi : Sindy Fatika
Foto isi : Carol Kuntjoro
Penerbit : Stiletto Book
Tahun terbit : Mei 2015 (cetakan 1)
ISBN : 978 – 602 – 7572 – 39 – 3
Harga : Rp 55.000,-

Dapatkan Play and Learn di www.bukupedia.com ; http://www.bukupedia.com/id/book/id-91431/play-and-learn.html


Mengajak anak bermain (walaupun itu permainan yang sederhana sekalipun) dapat membantu tumbuh kembangnya. Dengan bermain, anak dapat melatih emosi, sosialisasi, motorik, bahkan kognitifnya. Di buku ini, penulis membagi pengalaman selama mendampingi pertumbuhan dan perkembangan anaknya, sejak masih di kandungan sampai berusia 4 tahun. Buku ini terbagi dalam 4 chapter, yaitu :

-Play and learn to be happy
-Play and learn to be adorable
-Play and learn to be smart
-Play and learn to be independent

Setiap chapter disajikan dalam dua bagian :

(1) Pemaparan info-info dalm bentuk sharing pengalaman penulis sebagai seorang ibu sekaligus dokter anak,

(2) Ide-ide kreatif yang bisa menstimulasi tumbuh kembang anak melalui aneka permainan, lengkap dengan foto-foto full color.

Let’s play and learn by reading this book, Mom!



Play and Learn..

Awalnya aku membeli buku ini, karena ingin mengikuti kuis yang digelar oleh Stiletto. Tapi karena satu dan lain hal, malah ga jadi ikutan kuisnya. Pufufuuu! Tapi nggak nyesel kok beli buku bercover cantik ini, karena ternyata isinya bener-bener bikin aku ‘ber-ooooh’ ria. Maklum, aku jarang berinteraksi dengan anak kecil. Masih benar-benar hijau menyoal pengetahuan mengenai mereka.

Play and Learn terdiri dari 2 bagian yang masih dibagi-bagi lagi menjadi beberapa chapter, yakni

Bagian 1 – Learning by Doing ;
Chapter 1 – Play and Learn to be Happy
Chapter 2 – Play and Learn to be Adorable
Chapter 3 – Play and Learn to be Smart
Chapter 4 – Play and Learn to be Independent

Bagian 2 – Let’s Play!
- Let’s Play and Learn to be Happy
- Let’s Play and Learn to be Adorable
- Let’s Play and Learn to be Smart
- Let’s Play and Learn to be Independent

Di Play and Learn, penulis membagi pengalaman selama mendampingi pertumbuhan dan perkembangan putri kecilnya, Naya. Penulis menceritakan segala hal yang penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak, seperti : memberikan nutrisi berimbang untuk mendukung tumbuh kembang, memberikan stimulasi dengan cara bermain sambil belajar, dan topik-topik seru lainnya. Penulis mengatakan, kalau dilihat sekilas, bermain sepertinya hanya having fun menghabiskan waktu tanpa manfaat lain. Tapi ternyata bermain justru sangat penting untuk tumbuh kembang anak. –hlm.7

Tips-tips yang disampaikan penulis begitu menarik, karena dicontohkan dengan kejadian real yang penulis dan anaknya alami. Seperti ‘count to-20’ untuk melatih kesabaran anak, cara menghadapi anak yang tantrum, mengganti kata “jangan” dengan kata lain yang gampang diterima anak, bahkan cara  mengenali minat dengan tes sederhana yang dilakukan sendiri secara sederhana dan murah meriah. Baca pengalaman penulis bikin hati adem, seenggaknya jadi mampu berpositif thingking kalo ternyata mengurus anak itu nggak mengerikan. Hanya perlu nambah stok sabar jadi bergudang-gudang. Hehe :D

Ada beberapa istilah yang penulis hadirkan, seperti Bonding Time, juga mengenai Temper Tantrum ; perilaku tidak menyenangkan atau mengganggu atau merusak yang merupakan ledakan emosi tidak terkendali.  Ngasih pengetahuan baru lah pokoke.

Btw, di setiap awal bab, penulis ngasih quote-quote kece mengenai dunia ibu dan anak,

“Being a good mother means you take the good moments and cherish them and try to make even better moments turn into even better years!” – Frederica Ehimen

“Children learn as they play. Most importantly, in play children learn how to learn.” – Fred Donaldson

“We cann’t always build the future for our youth, but we can build our youth for the future.” – Franklin D. Roosevelt

Meski menyukai setiap babnya, namun aku paliiiing menyukai bagian Let’s Play. Wooh, ide mainannya contek-able banget. Murah meriah lagi. Cuma modal kertas, kain flanel sama pernak pernik kecil. Bikinnya pun ga ribet, tapi ngasih segudang manfaat buat si kecil.

Tie Your Shoes



Tie Your Shoes, adalah salah satu ide mainan sederhana yang yang ternyata bermanfaat untuk melatih motorik halus, melatih kesabaran, melatih kemandirian dan melatih tangan anak menjadi lentur.

Tick-Tock-Tick-Tock

Lain lagi dengan ide permainan Tick-Tock-Tick-Tock, hanya bermodalkan kertas karton aneka warna, Velcro, lem dan double tape, jangka dan kain felt, ternyata bermanfaat untuk mengenalkan angka, melatih anak membaca jam, melatih motorik halus dan melatih logika anak.

Wah kreatif ya! Really nice, nice, nice book! Recommended untuk mama-mama maupun calon mama :)

1 komentar: