Review Rainbow of You - Indah Hanaco




Keterangan buku :

Judul : Rainbow of You
Penulis : Indah Hanaco
Editor : Anin Patrajuangga
Desainer cover : Steffi
Penata isi : Yusuf Pramono
Penerbit : Grasindo
ISBN : 978-602-2511-939
Tahun terbit : 2013
Tebal : 284 hlm.
Tersedia di : i-Jak


Sinopsis :

Ryu punya mimpi paling murni tentang Robin. Mimpi yang terpelihara rapi selama dua belas tahun. Hingga Tuhan berkenan mengizinkan mereka bertemu lagi. Namun sayang, Tuhan memberi kejutan yang tidak siap untuk dihadapi gadis itu. 

Enzo juga menyimpan mimpi-mimpinya di tempat rahasia. Berbeda dengan Ryu, Enzo tahu bagaimana caranya untuk mewujudkan mimpi itu. Meski tidak mudah, Enzo yakin kesuksesannya hanya masalah waktu.

Pipi semangka. Robin. Juliet. Ian Quintus. Lirik lagu. Satu per satu mendorong Ryu dan Enzo ke satu arah yang sama. Semuanya dilengkapi oleh ‘mantra’ yang diucapkan Ryu bertahun-tahun. Lalu ... abrakadabra! Dan keajaiban pun tercipta.


Review Rainbow of You versi Ketimpuk Buku :

Jika tak bisa memahami maka jangan menghakimi, karena hati manusia tak bisa ditebak maunya. – hlm 64

Bagi Ryu versi 7 tahun, sosok Robin Willem Macfadyen adalah pahlawan. Bocah tampan itu adalah penyelamatnya dari keusilan Enzo –adik Robin, musuh bebuyutan Ryu, namun partner in crime Ken (kakak nomor 2 Ryu). Robin juga tak pelit membacakan dongeng untuk Ryu, berbicara lembut padanya, bahkan menjanjikan bahwa kelak ketika dewasa ia dan Ryu akan menikah.

Menikah.

Janji bocah 10 tahun pada teman kecilnya yang berusia 3 tahun lebih muda darinya. Janji yang nyatanya dipegang Ryu erat-erat selama 12 tahun -selama keluarga Garreth meninggalkan Medan dan pindah ke Inggris.  

Selama itu pula Ryu yang tumbuh menjadi gadis cantik, memandang hidup dengan polos dan lurus. Fokusnya hanya pada Robin. Ritual berbicara dengan foto Robin semasa bayi pun menjadi kegemarannya. Ryu bahkan dengan enteng menolak Jiro Ananta, bahkan Ian Quintus, cowok tampan plus keren di sekolah. Ryu tetap menunggu Robin dengan keyakinan tak tergoyahkan.

Saat Tuhan membuka kesempatan untuk bertemu Robin-nya di masa kekinian, Ryu seakan lupa bahwa Tuhan suka memberi kejutan.

Tidak ada yang bisa memaksa hati, sebagaimana tak ada yang mampu mendesak matahari bersinar tanpa jeda. – hlm 51

Rainbow of You.

Novel dengan cover cantik yang ternyata menyajikan sejuta kekonyolan di dalamnya. Dibuka dengan cerita masa kanak-kanak Ryu, Enzo, Robin, juga kakak-kakak mereka. Rainbow of  You mampu membuatku tergelak berkali-kali. Jalan ceritanya benar-benar heboh khas hari-hari para bocah. :D

Kak Indah begitu pandai membuat karakter-karakter di novel ini menjadi kuat dan lekas akrab dengan pembaca. Terutama Enzo yang luar biasa badung juga manipulatif. Kebayang gak, ada bocah 7 tahun yang udah punya kemampuan merusak sekaligus memperbaiki barang-barang? Kemampuan ini berguna buat ia agar bisa meminta uang dengan paksa pada ibunya. Ckck Enzo!

Kelakuan Ryu juga luar biasa ajaib dan keras kepala. Imajinasinya suka keterlaluan. Wajar kalau kemudian ia bisa betah menunggu Robin hingga berbelas tahun lamanya.

Omong-omong, Rainbow of You tidak hanya berfokus pada penantian Ryu akan Robin atau tentang mimpi terpendam Enzo, kok. Kehangatan keluarga sepaket dengan hal-hal menyebalkan terdeskripsi dengan baik di sini. Tentang Ken yang tumbuh menjadi kakak yang menyenangkan, tentang mama Ryu yang jadi mama idaman karena jago masak, , bukan tipe ibu-ibu nyinyir, tidak mudah tersulut emosi untuk hal-hal sepele. Tentang pertengkaran di anatara kakak beradik yang membuat rumah terasa semarak.

Novel ini bersetting di Medan, meski tidak terlalu terasa rasa Medannya, selain gambaran tentang Medan yang semakin hari semakin ramai dan berkembang. Aku malah merasakan atmosfer Jakarta di sini, eh atau Padang? Soalnya kebayang nasi Padang sih gara-gara Enzo yang doyaaaan banget sama masakan pedas. Hihi.

Hmm, setting cerita sewaktu di Inggris malah lebih terasa, ada selipan info mengenai balloon fiesta, Istana Buckingham juga London Eye dan Sea Life Aquarium. Oh iya, ada pula Boxing Day. Sama kayak Ryu, aku kira ini adalah hari tinju nasional *haha tepok jidat

Btw, Rainbow of You ini diceritakan dari sudut pandang orang ketiga.  Bergantian cerita, dari Medan lalu London, hingga membuat cerita ini semakin sedap untuk dilahap. Tapi tetep ya, aku ketipu sewaktu bagian Inggris itu. Haha. Kak Indah pandai banget nyimpen kejutan untuk dibeberkan sedikit demi sedikit di ujung cerita. *jadi sukses salah duga deh, baru sadar menjelang ending


Masalah hati itu adalah sesuatu yang sangat pelik, tidak ada yang dapat memberi perintah dengan seenaknya. Hati bekerja dengan cara yang misterius. – hlm 72

Menunggu memang menyesakkan, tapi menunggu adalah isyarat masih adanya harapan. – hlm 78

Harapan bisa menjadi madu atau racun, bisa menghidupkan atau mematikan. – hlm 90


Adegan favoritku, selain bagian masa kecil Ryu yang heboh, juga saat keluarga Garreth balik lagi ke Medan. Oh my! Kebayang piasnya Ryu saat ekspektasinya meleset jauh. Kalo aku jadi Ken, aku bakal ketawa ngakak sampai puas. Zonk banget pokoknya. Haha. Bagian favorit lain, tentu saja seputar “pipi semangka”. Aih, itu manis banget banget banget! *timEnzo

Rindu kadang menyergap diam-diam, tanpa pernah terlihat wajahnya. Tiba-tiba sudah menggenggam seisi kalbu. – hlm143

Satu lagi nih, di akhir cerita, kamu bakal tau kalo cover Rainbow of You nggak sekedar manis, tapi juga matching sama cerita. 

Saat semua hal tentang seseorang adalah serupa bianglala, tak usah memaksakan diri mengurai warnanya. Dia indah karena beraneka. – hlm212

4 dari 5 bintang untuk Enzo yang menyebalkan dan untuk Ryu yang keras kepala :D

0 komentar:

Posting Komentar