Review Anak Pohon – Haditha Mohamad || Blogtour & Giveaway




Keterangan E-book :

Judul : Anak Pohon
Penulis : Haditha Mohamad
Editor : Dini Novita Sari
Penerbit : Fantasious
ISBN : 978-602-6922-014
Tebal : 208 hlm.




Blurb :

Satu kisah misteri mencuat dari keberadaan sebuah pohon angker di bekas runtuhan sumur. Satu misteri yang memberi kehidupan bagi makhluk lain. Misteri yang tak bisa dipecahkan oleh warga sekitar. Misteri yang dibiarkan menjadi legenda menyeramkan. Ini tentang hidup seorang gadis bernama Nuansa Aruna. Seorang gadis anomali yang menyingkir dari pergaulan normal.
 
Menghilangnya anak-anak perempuan dengan pola yang sama, usia delapan tahun, sore hari, dan pohon keramat. Mengingatkan warga desa terhadap peristiwa yang pernah terjadi bertahun silam. Kabarnya peristiwa itu pernah menimpa Nuansa.

Nuansa yang penasaran semakin terjerumus ke dunia lain ketika berulang tahun ke-16. Bertemu dengan makhluk-makhluk halus penghias mimpi-mimpinya. Semakin ia terlibat, semakin ia menjadi bagiannya. Pada saat tulang belulang ditemukan di dekat pohon angker, luka-luka lama terbangkitkan. Desa Kebonagung bersiap menyaksikan peristiwa yang tak akan dilupakan seumur hidup.


---


Saat ditawari menjadi host e-booktour Anak Pohon oleh teman sesama blogger buku, Asri, aku langsung mengiyakan. Alasan awalnya, tentu saja karena judul e-book ini menarik. Anak Pohon, sudah terbayang ada kaitannya dengan pohon dan lingkungan hijau. Sesekali beralih dari genre romance boleh dong ya? :p Jadi, meski membaca e-book belum pernah aku lakukan sebelumnya, karya penulis yang bernama Haditha ini tentu sayang untuk dilewatkan.

Btw, udah kenal sama kak Haditha belum? Kenalan dulu yuuk!

Nah, sekarang mari kita lihat sekilas tentang Anak Pohon. 


Review Anak Pohon versi Ketimpuk Buku :

Adalah Nuansa Aruna, pemilik mata mungil yang jernih, yang telah lama jadi gadis penyendiri, terasing dari pergaulan. Kawan karibnya hanya Djabrik, si kribo yang jago bikin sketsa.

Akhir-akhir ini Nuansa kerap diganggu mimpi aneh. Ia bertemu sosok yang teramat putih, pemuda botak berkulit pucat. Lain waktu, perempuan berambut panjang dan berwajah rata, serta bersayap, turut menyemarakkan mimpinya. Anehnya, Nuansa tak merasa takut, debar di dadanya malah seolah merasakan rasa senang. Sensasi yang berdesir seakan sedang berjumpa dengan kawan lama. Djabrik lah yang mendeskripsikan sosok-sosok di mimpi Nuansa dalam beragam sketsa.

Tanpa Nuansa ketahui, ternyata ada sesuatu yang pernah terjadi pada dirinya delapan tahun lalu. Sesuatu yang siap menjeratnya saat ini, saat usianya menginjak enam belas tahun. Lepas delapan tahun dari kejadian di masa lampau.

Apa yang sebenarnya terjadi pada Nuansa?

Benarkah semua keanehan yang ia alami ada kaitannya dengan pohon angker? –- Pohon aneh yang batang utamanya tiga kali ukuran badan orang dewasa, ranting dan batangnya berkelindan hingga mirip sarang di dalam pohon, daunnya hijau gelap, membentuk payung di pucuknya


---


Oh lala. Ternyata ekspektasiku akan Anak Pohon sedikit melesat saat melihat cover dan blurbnya. Novel ini bukan semata-mata mengangkat isu lingkungan, melainkan lokalitas yang mengambil unsur legenda mistik. Awalnya sih nekat baca Anak Pohon malam-malam, tapi nggak kuat bo’, ketegangan yang dihadirkan penulis nyaris muncul di setiap bab. *berhasil bikin merinding disko *empu Ketimpuk Buku penakut emang woo :D

Anak Pohon mengambil setting di dusun Klumpang, Kebonagung. Settingnya bukan sekedar tempelan. Terasa detail. Suasana desanya, percakapan juga interaksi antar penduduk. Selipan tokoh ustadz nyebelin tetanga si Nuansa juga makin membuat hidup cerita yang disajikan. Oh iya, pembaca juga diajak berkenalan dengan salah satu minuman yang sepertinya jadi minuman ngehits di Kebonagung, bernama legen.
Legen; minuman manis yang dibuat dari bunga pohon siwalan.

Legen. Pict source : jelajah-nesia.blogspot.com

Mengenai penokohan, cukup banyak tokoh yang penulis hadirkan. Selain Nuansa dan Djabrik, tentu saja. Bapak dan ibu Nuansa. Teman-teman Nuansa di sekolah, juga teman-teman Djabrik. Karakterisasinya pun’ramai’. Ada perbedaan jelas antara satu tokoh dengan tokoh lainnya. Tidak menimbulkan kekeliruan. 

Kenapa orang sok sibuk menilai orang lain tidak baik, tanpa mengoreksi diri mereka sendiri? – hlm 54

Selain mengetengahkan cerita soal legenda mistik yang berpaut dengan masa lalu Nuansa, Anak Pohon juga menghadirkan cerita persahabatan dan cinta. Porsinya pas. Di adegan-adegan persahabatan Djabrik dan Nuansa, juga adegan cerita di sekolah, terasa begitu natural. Aura ketegangan menyingkir sejenak. Walopun sering bergidik ngeri membayangkan kelakuan Djabrik. Haha. Oh ya, untuk konflik antara Nuansa dan gadis populer, Eka Wahyuni, juga Nanda, rasanya terlalu sederhana cara penyelesaiannya. Pengennya sih lebih nendang :p 

Kata-kata indah adalah seni tertinggi. Bisa  sekaligus bermakna dan juga hampa, tergantung kepada siapakah kata-kata itu dilontarkan. – hlm 98

Aku suka dengan selipan-selipan detail cerita; Nuansa yang menggandrungi buku American Golds (jadi penasaran sama buku itu), juga trik cepat tidur dengan menghitung setiap tarikan nafas dalam-dalam (aku baru tau loh soal ini hehe), menjadikan cerita terasa nyata. Seolah sedang menonton satu kisah kehidupan anak manusia yang utuh. Tapiiii.. beda banget nih sama hal-hal horor yang penulis hadirkan, imajinasinya keren deh. Nggak ketebak sama sekali.

Aku pun juga menyukai pesan-pesan moral yang penulis hadirkan di Anak Pohon. Dari mulai cara berinteraksi dengan sekitar; tidak boleh terlalu ikut campur dengan kehidupan orang lain, namun juga tak boleh menghakimi orang, tanpa kita tau apa-apa tentang si orang itu. Mengenai ajakan untuk menanam pohon, rasanya sudah cukup persuasif.

Dunia adalah misteri yang berkesinambungan. Senantiasa menghadirkan sisi-sisi baru. Karena itulah segala macam kisah terjalin. – hlm 183

Recommended untuk pencinta cerita berlatar lokalitas dibumbui legenda mistik :D




GIVEAWAY TIME!

Heihooo, kak Haditha mau ngebagiin 1 ebook Anak Pohon loh untuk satu Ketimpukers yang beruntung. 

Mau mau mauuuuu?

Caranya MUDAH kok.

1.  Follow twitter @hahahaditha 

2. Share info giveaway ini di twitter beserta cover  Anak Pohon, kasih hestek #AnakPohon, dan mention @inokari_ & @hahahaditha

3. Like FP Anak Pohon di facebook

4. Peserta harus memiliki akun gmail

5. Jawab pertanyaan di bawah ini di kolom komentar, jangan lupa cantumkan nama, akun twitter, link share info giveaway dan jawaban

Jika diminta menanam satu pohon untuk mendukung penghijauan dan keseimbangan bumi, pohon apa yang akan Ketimpukers tanam? Berikan alasannya ya.

Udah gitu doang syaratnya. Tapi kalo Ketimpukers mau dapet poin tambahan, bisa twitpic pohon yang ingin Ketimpukers tanam (comot gambar di google boleh, mau pake foto hasil jepretan sendiri juga boleh). Jangan lupa kasih hestek #AnakPohon, dan mention @inokari_ & @hahahaditha.

Contoh twitpic. Pict source : obatpertanian.com

Giveaway Anak Pohon di Ketimpuk Buku ini akan berlangsung selama 7 hari, dimulai hari ini dan akan berakhir pada tanggal 27 Maret 2016, pukul 24.00 WIB. Pengumuman pemenang paling lambat 2 hari setelah giveaway berakhir yuuu.. Tersedia 1 e-book untuk satu pemenang dengan jawaban paling cakep.

Good luck!




PENGUMUMAN PEMENANG

Hola hola. Terimakasih untuk para peserta giveaway ANAK POHON. Jawabannya kece-kece dan bikin bingung milihnya.

Tapi tetep ya, Ketimpuk Buku harus milih 1 pemenang yang berhak mendapatkan 1 ebook ANAK POHON karya kak Haditha. 


Soooo, selamat untuk ..




Miftahur Rizqi (@MR_Laros)



Sila konfirmasi akun gmail kamu ke intankamala@gmail.com yay.

Untuk yang belum beruntung, jangan khawatir, saat ini tengah berlangsung giveaway berhadiah 1 novel COME BACK TO ME. Ikutan juga ya. Siapa tau giliran kamu yang bawa pulang hadiah :D


11 komentar:

  1. Nama: Kiki Amaliah
    Twitter : @kyoungsaeng
    Link:https://twitter.com/kyoungsaeng/status/711783156949475328


    Pohon sukun, seperti gambar yang aku share di twitter. Alasannya simple, pohonnya besar dan hijau ditambah berbuah. Semakin langkah, dulu depan rumah ibu ada dan buahnya kami masak atau goreng. Tapi karena sesuatu jadi harus ditebang, dan sekarang di sekitar rumah hampir punah. 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap tuh sukun goreng, rasanya kayak singkong.. nais

      Hapus
  2. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    link share: https://twitter.com/nunaalia/status/711813285620748288

    Jika diminta menanam satu pohon untuk mendukung penghijauan dan keseimbangan bumi, pohon apa yang akan Ketimpukers tanam? Berikan alasannya ya.

    Pohon Akasia, karena selain untuk penghijauan pohon Akasia jg salah satu pohon yang dapat dijadikan sebagai penyerap polusi. Dengan adanya penghijauan, polusi akan diserap dan akan menghasilkan oksigen serta lingkungan kita menjadi bebas dari polusi.

    BalasHapus
  3. Khoyul
    @Jkhoyul
    https://twitter.com/JKhoyul/status/711822905470898176

    Beringin. Kalau sudah besar, kesannya angker nggak ada yang berani nebang. Jadi alam tetap hijau, lestari.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Hasanah jaya
    @hasanahjh
    https://mobile.twitter.com/HasanahJh/status/712530618601644033

    Pohon Jamuju, karena pohon jamuju adalah salah satu pohon penghasil oksigen terbesar selain itu juga pohon jamuju sudah langka di asia tenggara karena penebangan pohon besarbesarran. Bukan cuma buat penghasil oksigen tapi pohon ini juga bisa dijadiin tanaman hias krn warna nya suka berubahubah... Lucu deh aku sih blm pernah liat lgsng tapi aku harap aku bisa nnanem pohon itu nanti. Thanks :)

    BalasHapus
  6. Nama : Atika Fatimah
    Twitter : @teChOng
    Link share : https://twitter.com/teChOng/status/712548102494896128

    Pohon mahoni karna ramah lingkungan, cepat tumbuh, banyak ditemui disekolah dan pinggir jalan, tiap lewat jalan yg ada pohon mahoninya atau berteduh dibawahnya adem rasanya ternyata pohon ini menyerap polusi udara.

    BalasHapus
  7. Nama : Dekwid Aryama Putra
    Twitter : @AgganeAryama
    Link Share : https://twitter.com/AgganeAryama/status/712988949698838528

    Gue mau nanam pohon kamboja. Karena pertama pohonnya itu gede, enak banget buat jadi tempat teduh. Apalagi kalau punya dua pohon kamboja yang udah gede bisa dipasang tempat tidur gantung gitu. Kaya dirumah teman gue. Kedua bunganya indah dan harum banget. Apalagi guekan beragama Hindu yang sembahyang pakai bunga, jadi bunga kamboja ini jadi salah satu bunga yang gue pakai. Ketiga yang tentunya fungsi utama dari pohon menyerap karbondioksida dan memberikan oksigen kepada kita semua. Yeeee hidup pohon kamboja:D

    BalasHapus
  8. Nama: Dian Maharani
    Akun Twitter: @realdianmrani93
    Link Share: https://twitter.com/realdianmrani93/status/712830500180598785

    Pohon Kelor. Walau bentuknya kecil, tapi manfaatnya ternyata sangat banyak *dan baru tau belakangan ini)* Mulai dari mengatasi alergi, sakit mata, memar, sampai menghilangkan flek diwajah. Ehh, konon katanya juga, pohon kelor bisa menangkis ilmu hitam ._. Percaya nggak percaya sih.

    (http://cdn.klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2014/06/26/389371/670x335/fakta-dan-mitos-mistis-soal-daun-kelor-yang-melegenda.jpg)

    BalasHapus
  9. Nama : Miftahur Rizqi
    Twitter : @MR_Laros
    Link Share : https://twitter.com/MR_Laros/status/713158696663027712

    kalau untuk mendukung penghijauan dan keseimbangan Bumi, saya akan menanam Pohon Trembesi. Pohon Trembesi merupakan sebuah tumbuhan pohon besar, tinggi, dengan tajuk yang sangat melebar. pohon ini mudah ditanam, dan biasanya pohon ini mudah di temui di pinggir-pinggir jalan karena pohon nya melebar dan tinggi untuk menyerap udara kotor dan untuk berteduh jika para pengendara kelelahan, heheheheh. sebenarnya banyak pohon yg ingin saya tanam utk penghijauan dan keseimbangan bumi misalnya Pohon Asem, Pohon Mahoni, dan Pohon Glodokan. (maaf ya utk pohon yg tidak saya sebutkan, jangan marah ya pohon) :D . kalau teman-teman ingin tau gambar pohon bisa cek di twitpic saya ini :

    Twitpic :
    1. https://twitter.com/MR_Laros/status/713165099880435712
    2. https://twitter.com/MR_Laros/status/713165411009765378
    3. https://twitter.com/MR_Laros/status/713166105687134209
    4. https://twitter.com/MR_Laros/status/713166773583884289

    BalasHapus
  10. Nama :Nurhidayanti
    Akun Twitter :@CallMe_Yanti
    Email : yantinurhida99@gmail.com
    Link Share : https://mobile.twitter.com/CallMe_Yanti/status/713343740643966976?p=v

    Jawaban :
    Pohon yang ingin aku tanam adalah Pohon Mahoni karena Pohon Mahoni  (Swietenia sp)sangat cocok untuk penghijauan di sekolah , jalan raya atau lingkungan . Selain pertumbuhannya yang cepat, perawatan yang mudah . Pohon mahoni juga dikenal rakus menyerap air. pertumbuhan pohon mahoni bisa mencapai 50 Meter. Kemampuan filterisasi udara mahoni juga cukup diacungi jempol, pohon mahoni bisa menyerap 47 - 69 % Polusi udara disekitarnya.  Kayunya kuat dan sering dijadikan perabot rumah tangga.  Selain itu , buah mahoni juga dapat dijadikan banyak obat  juga penangkal radikal bebas. Getahnya sering dijadikan bahan baku lem. Dan daunnya bisa digunakan sebagai pakan ternak.

    BalasHapus