Selasa Bercerita : Tips Menang Giveaway & Kuis



Yuhuu, jumpa lagi di Selasa Bercerita, project ngeblog bareng antara aku dan kak Princess Asri. Kali ini bahasannya rada songong ya. Haha. Seolah-olah yang nulis ini adalah orang yang langganan menang giveaway. Padahaaaal ... menangnya sesekali doang. Tapi ya ga papa dong, meski hanya sedikit tips yang bisa dibagi, semoga aja bisa berguna yess.


Baca juga :



Mengenang sekilas nih ya, aku mulai gandrung ikutan kuis dan giveaway itu sejak Desember 2012, sekitar 3,5 tahun lalu. Getoool banget ngekuisnya. Sampe kebiasa bangun jam 2 atau 3 dinihari biar sempet ngekuis. Kalo bangun jam 5 atau lebih lambat ya mana sempet dong, soalnya waktu itu kan masih kuliah semester awal. Tugas laporan praktikum lagi banyak-banyaknya.  

Karena rajin, dalam sebulan aku bisa menang 6-10an hadiah. Ada voucher makan, pulsa, powerbank, baju dan tentu aja ... buku-buku bagus. Cihui banget. Aku yang dengan uang jajan pas-pasan ala mahasiswa, yang hanya mampu beli 1-2 buku doang setiap bulannya, mendadak dalam waktu hitungan bulan bisa ngumpulin berkardus-kardus buku (mostly novel). Whoooaa surga!





Ngekuis/nge-GA dari tahun ke tahun. Dapat permen hingga voucher makan.


Jadi gimana dong cara biar rajin menang giveaway. Kalo kata aku sih gini..


Rajin nyari tau info giveaway

Dulu itu aku punya genk kuters haha. Boleh dibilang ketuanya adalah kak Artha Amalia. Doi yang paling senior, paling sering menang, paling sering ngasih tau info kuis/giveaway terbaru. Sayang banget kak Artha vakum ngekuis juga ngeblog. Kalo masih lanjut, aku yakin dia sekarang dah punya beberapa blog, termasuk blog buku, soalnya kak Artha juga sering nulis review-review buku yang dia menangkan. Anggota genk kuter lainnya ada mba Vera Astanti, Mia, juga Rani. Mba Pey sama Mia sibuk sama dunia nyata. Sedangkan Rani kayaknya perlahan banting stir jadi food blogger hihi. 

Kalo sekarang gimana caranya buat tau info kuis/giveaway tergress?

Tentu aja dengan follow/like akun penerbit, penulis, para blogger buku, dan juga sesama kuis hunters dong. Contohnya nih, main-main lah ke blog ini, sekarang aja lagi ada 3 giveaway *ish promosi colongan





-- 

Kasih usaha terbaik.

Kuis/giveaway paling sering berbentuk pertanyaan yess. Pemenang biasanya dipilih berdasarkan jawaban yang paling kece. Artinya apa? Kasih jawaban yang menarik dan unik dong. Yang beda. Yang kalo si host baca jawaban kamu, langsung nyengir ato langsung baper. Jawaban yang susah dilupain.

Gimana caranya biar bisa bikin jawaban yang seru?

Ala bisa karena biasa sih. Untuk awal-awal bisa googling, terus dimodifikasi. Lama-kelamaan pasti jago bikin jawaban yang ‘unik’. Baca-baca jawaban peserta lain juga ngasih inspirasi loh.

--

Perhatikan rules.

Jangan pernah menggampangkan rules dengan mikir “ah ga bakal dicek juga”. Masaaa? Puluhan kali blog ini ngadain giveaway, aku selalu ngecek tuh. Wkwk. Jadi mohon maaf, meski jawabannya panjaaaaaang juga unik, tapi kalo ga menuhin persyaratan, ya babay.

--

Rajin ikutan

Aku dulu juga kerap sebel kalo kalah. Rasanya sia-sia banget ga sih udah nyediain waktu berjam-jam buat ngekuis lalu kalah? Hiks

Eh tapi jangan salah loh, bukannya ga ada usaha yang sia-sia? Bukankah kalo usaha demi usaha itu digabung, bakal menjadi sesuatu yang besar? Dan percayalah, someday kita bakal dapetin hasil yang ga kalah besar.

Pernah nih kejadian sama aku, misal di bulan A, aku cuma menang satu dua kuis/giveaway, padahal usahanya udah keras banget. Eh tau-tau bulan depannya menang banyaaak banget. Ada yang malah 5 hari berturut-turut dimention menang dari kuis/giveaway yang beda-beda. Percaya deh ga ada usaha yang sia-sia. 

Jadi jangan sebel kalo kalah. Jangan gampang takluk. Habisin semua jatah kalah, biar bisa ngerasain nikmatnya saat menang.

--


Lain-lain

Ada beberapa penyelenggara kuis/giveaway yang menjadikan keaktifan peserta sebagai poin plus (baca baik-baik persyaratan & kriteria pemenang). Nah, kalo gitu, share berkali-kali info giveawaynya juga boleh, asal ga nyepam. Biar penyelenggara hafal sama nama kamu.

Ada juga nih (tapi bukan aku loh yaa) yang milih pemenang kuis/giveaway berdasarkan kualitas sosmed dan blog. Entah itu jumlah followers, juga ‘attitude’. Makanya, yuk sosmed dan blognya diisi dengan baik. Jangan sampai curhatan-curhatan kasar di sosmed atau blog malah bikin orang ilfeel dan ngeri berurusan sama kamu. Gituu.


-- 


Btw, kenapa aku sekarang ga getol lagi ngekuis?

Selain karena lagi banyak job ngereview, ngehost juga promoin buku di blog dan sosmed, aku juga lagi ada prioritas lain. Ada yang pengen aku kejar di dunia nyata. Kalo di dunia digital ini, aku juga pengen serius ngeblog. Karena mungkin ya (mungkin), someday, bekerja dari rumah, lewat blog yang dibangun dari 0 ini, aku bisa melepaskan pekerjaan yang harus dijalani di luar rumah. Seneng aja liat blogger-blogger cantik, bisa tetap produktif (sharing & getting much money) sambil ngurus adek bayi. Haha. Okefix, Intan mah mikirnya suka kejauhan. LOL

Babay, see you at next blogpost yay!

14 komentar:

  1. *adek bayi* >> salah fokus aku bacanya udah serius2, langsung adek bayi.. ehm.. adek bayinya siapa, Intan?

    hwaa.. Intan, udah sering ikutan GA.. *aku aja kadang males*

    BalasHapus
  2. aq dulu juga sering ikutan GA. mulai intan masih kuliah tuh, waktu awal-awal intan bikin blog, aq ikutan GA-nya, hihihi...ngintip blognya intan juga.. :D
    sejak hamil anak kedua udah jarang ikutan GA lg. sok sibuk sama kerjaan plus 2 balita ganteng. eh ternyata intan uda lulus aja kuliahnya, uda pgn pny "adek bayi" pula ^_^
    semoga ntar ada GA krn intan mau launching undangan married deh ya, amiiin :)

    BalasHapus
  3. makasih tipsnya intan :D
    seru bacanya :D

    BalasHapus
  4. Hahah Mama cantik sama baby? Kayak aku dong *plak* ayooo semangat, senang banget ya masih muda semangatnya kece badai, saluut

    BalasHapus
  5. tips yang bermanfaat dan akan selalu kusimpan di otak alias pikiran dan juga disimpan di hati agar selalu terkenang kemanapun ku memburu kuis !

    #bukanbaper

    BalasHapus
  6. Aku mulai getol ikutan GA itu kira-kira September tahun lalu. Masih baru banget nih aku, dan dalam tahun 2015 lalu, itu sekitar dua puluhan buku yang kudapetin, seneng banget. Bikin tambah seneng baca :D

    BalasHapus
  7. Thanks kak ya ini membantu sekaligus mengispirasi banget lohh, hmm tadi serius serius baca ehhh malah kesumpel adek bayi :D, dedek bayi siapa hayooo *hahaha *piss becanda kok yaa

    BalasHapus
  8. Aku baru2 ini mulai tertarik dunia 'giveaway' gara2 baca2 cerita di blog orang yg menangin beberapa hadiah kuis giveaway kayak intan ini.
    Sempet beberapa kali ikut kuis giveaway tp ga perrnah menang, ngeiliat tips2 dr kamu jd semangat lagi
    Thanks ya^^

    BalasHapus
  9. Mantap tipsnya...bisa langsung dipraktekkan ini mbak :D..

    BalasHapus
  10. patut di coba tipsnya..hehe
    apalagi buat anak kost macam ane...hehe
    makasih Mbak Intan

    BalasHapus
  11. Kalau sering promosiin barang olshop tersebut dan tempatny di komemtar olshop tersebut, gimana kak?
    sebaikny dilakukan ato lebih baik gak dilakukan agar menang GA(instagram), kak?
    contohny"buruan order sebelum kehabisan barangnya gays(+mention temen2)"
    Mohon bantuanny y kak: )

    BalasHapus
  12. Aku mulai aktif ikut GA itu tahun lalu, lupa Bulan berapa hihi alhamdulillah dapat 3 buku 😁 semoga tahun ini nambah. Oh ya makasih kak untuk tips nya

    BalasHapus
  13. Jauh pikirannya dan segar pikirannya :) Terimakasih tipsnya yaaa

    BalasHapus