Review Love on Probation – Christina Juzwar




Keterangan buku :

Judul : Love on Probation
Penulis : Christina Juzwar
Editor : Ayu Yudha
Proofreader : Yuliyono
Desain sampul : Marcel A.W.
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Genre : Metropop
ISBN : 978-602-03-2721-1
Tebal : 328 hlm; 20 cm



Blurb :

Janji kencan yang tidak ditepati membuat Alita Mendrofa sakit hati dan ingin melupakan keberadaan Arestyo Miller dalam hidupnya. Namun itu tak mungkin. Mereka bekerja di kantor yang sama dan pria itu pun gigih meminta maaf, bahkan nekat mengajaknya kencan ulang.

Yang tidak Lita pahami, persetujuannya atas usul Ares tentang memberi kesempatan pada hubungan mereka. Percobaan yang awalnya terdengar konyol. A thirty days probation. 

Pelan-pelan, Lita membiarkan dirinya mengenal ares. Ia masuk lebih dalam ke kehidupan pria itu. Ke cerita kelam tentang keluarga Ares dan akhirnya, alasan tentang janji kencan pertama yang tidak ditepati pria itu.

Yang Ares tidak pahami, alasan Lita menarik diri setiap pria itu bertanya tentang masa lalunya. Tentang bekas luka di punggungnya. Lalu bagaimana status hubungan mereka di hari ke-30?



Love on Probation adalah karya ke-3 kak Christina Juzwar yang aku baca setelah Lovely Proposal dan Salon Tua. Kali ini aku diajak berkenalan dengan Alita Mendrofa, cewek 30an yang lagi beteeee bukan kepalang sama si muka dingin misterius, sedikit jutek tapi tampan sekali, bernama Arestyo Miller

Konflik yang dihadirkan oleh kak Christina barangkali terlihat sederhana. Bagaimana seorang cewek yang ngambek karena janji kencan yang nggak ditepati. Namun konflik ini menjadi begitu menarik karena baik Alita maupun Ares punya sesuatu yang nggak baik di masa lalu. Alita punya banyak bekas luka di punggung. Sedangkan sikap Ares yang jutek dan dingin pun bukan tanpa penyebab. Ada masalah yang sulit dia bagi dengan orang lain. 

Cerita berjalan dari sudut pandang Alita dan alur cerita berjalan cukup lambat. Mungkin kita akan berkali-kali dibikin gemes dengan sikap Alita yang keras kepala, sekaligus iri karena Ares benar-benar gigih merebut hati cewek ini. Hingga akhirnya Ares mmapu membuat seorang Alita mau menjalani 30 hari melakukan Love on Probation, masa percobaan.




Adegan manis sekaligus bikin ketawa geli adalah saat Alita nerima pesan dari Ares lewat paper cup kopi. Howaa. Ares nekat yee. Idenya ada-ada aja. Banyak banget momen-momen mereka berdua yang bikin ngiri, apalagi ‘adegan kipas-kipasnya’, yang emang cukup banyak :p *jomblo lapuk langsung ngebet nikah lol




Selain Alita dan Ares, ada beberapa tokoh lain yang mendukung jalannya cerita. Seperti Leo, Jasmine dan tentu saja Adriana, sahabat Alita di kantor. Tokoh Adriana banyak membantu jalannya cerita. Seneng deh lihat persahabatan Adriana dan Alita, meski sering saling ledek, tapi saling peduli dan interaksinya itu loh ... heboh!   

Karakter Leo dan Jasmine juga menyenangkan. Leo kelihatan peduli banget sama Alita, terlebih Alita pernah mengalami sesuatu yang buruk pada masa lalu. Ehem, kalo misalnya kak Christina mau nulis kisah tentang Leo dan Jasmine, aku bakal nungguin banget loh. Mereka berdua ini manis.





Kak Christina pandai banget nyimpan rahasia besar yang sukses dijaga hingga ending cerita. Pasti diurai? BUMM! Nggak nyangka. Huhu. Kejutan banget. Meski sempat menghindar, namun aku suka gimana caranya para tokoh terkait menyelesaikan masalahnya. Ala orang dewasa.


Dari Love on Probation, aku belajar bahwa memang setiap orang punya rahasia –entah besar atau kecil- yang kadang nggak bisa dia bagi sama orang lain. Kadang, bukan maksud hati mau nutup-nutupin, tapi membahas luka lama kadang-kadang bikin rasa sakit itu menyeruak hadir lagi. Overall, aku rekomendasikan novel kece ini untuk para pencinta novel romantis.

2 komentar: