Blogtour Merindu Cahaya de Amstel – Arumi E (+ Giveaway)



Keterangan Buku :

Judul : Merindu Cahaya de Amstel
Penulis : Arumi E.
Editor : Donna Widjajanto
Tata letak isi : Fajarianto
Desain sampul : Shutterstock & Suprianto
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : 2015 (cetakan pertama)
ISBN : 978 – 602 – 03 – 2010 - 6
Harga : Rp 52.800


Selama tidak melanggar peraturan kota, tidak mengganggu ketertiban umum, dan tidak mencelakakan orang lain, siapa pun boleh hidup dengan cara masing-masing di kota ini. Hlm 22

Nicolaas Van Dijk. Pemuda setengah Belanda dan setengah Jawa. Saat ia masih kecil, mamanya memilih pulang ke Jawa, meninggalkannya bersama Meneer Thomas Van Djik, papanya. Ketika sang papa menikah lagi dan memiliki dua anak, Nico yang menyukai street photography ini, memilih hidup mandiri. Selain disibukkan dengan kuliah di jurusan arsitektur, ia juga menjadi kontributor tetap di sebuah majalah.

Khadija. Nama aslinya Marien Veenhoven. Gadis bermata hijau jernih, berwajah Eropa dan .. berkerudung. Sejak memutuskan menjadi muslimah yang taat, hidup Khadija begitu banyak berubah. Selain merasakan keteraturan dan kedamaian yang luar biasa, juga ada konsekuensi yang harus dibayar, salah satunya adalah kehilangan keluarga. Tapi tak hanya itu, dibalik transformasinya yang menakjubkan, Khadija pun ternyata tak sempurna. Ia punya masa lalu kelam.   

Aku tidak perlu membicarakan masa lalu. Saat ini aku sudah bergerak maju. Hlm 88

Museumplein menjadi saksi pertemuan tak sengaja Nico dan Khadija. Berawal dari gambar aneh Khadija yang tertangkap oleh kamera Nico, terjadilah pertemuan-pertemuan selanjutnya. Tak dapat dipungkiri, bertemu dengan Khadija mengusik rasa penasaran Nico untuk mencari mama yang sekian lama meninggalkannya. Menuntut penjelasan yang tertunda berbelas tahun.

Lalu hadirlah Kemala Nareswari - Mala. Penari asal Yogya yang mendapatkan beasiswa belajar tari kontemporer untuk kuliah di Amsterdam, Belanda. Ia bersinggungan hidup dengan Khadija secara tak sengaja. Ketika Nico pun mengenal Mala, rasa excitednya meluap-luap. Mala seakan mampu membawanya lebih dekat dengan Indonesia, negara asal mamanya.

Berhasilkah Nico memperoleh jawaban atas semua pertanyaan dan menuntaskan setumpuk rindu pada sesosok mama?

Kalau kamu sudah punya niat kuat ingin mewujudkan sesuatu, selalu ada jalan untuk mencapainya. Itu law of attraction namanya. Yakinlah dengan keinginanmu. Hlm 184

Ini kali ke-lima membaca karya kak Arumi E. Merindu Cahaya de Amstel, khas tulisan kak Arumi yang bergenre religi romantis. Kali ini aku diajak menjelajahi Belanda. Berandai-andai, alangkah indahnya jika di Bengkulu ada taman umum yang asik dijadikan tempat membaca seperti Museumplein. Juga manisnya jika bisa merasakan langsung senja di sungai Amstel. Aw, so sweet!

Belum baca isinya, aku udah jatuh cinta sama novel ini loh. Soalnya covernya cantik. Sepakat? Dan nggak cuma cantik loh, Ketimpukers, covernya juga sinkron sama isi. Aku malah membayangkan kalau cover ini adalah salah satu hasil jepretan Nico. Hihi.  

Tema yang diangkat juga menarik. Gadis bule yang memutuskan menjadi mualaf. Juga kisah Nico yang berhasil merebut sempati. Lantas takdir menyeret mereka pada pusaran perasaan, cinta yang rumit, permasalahan masing-masing yang menuntut penyelesaian, juga letupan-letupan ego berbalur penyesalan. Semuanya mampu disampaikan dengan santun tapi tidak kaku, oleh penulis.

Sejak awal diajak berkenalan dengan Khadija, aku langsung dibuat kagum. Iri dengan keteraturan hidup Khadija. Cemburu dengan kekonsistenan gadis ini untuk beribadah secara utuh. Walau sempat sedikit ilfeel dengan kekurangannya di masa lalu, tapi pendapat Nico membuatku lekas sadar.   

Tidak masalah bagiku. Aku seorang yang memandang ke depan. Tidak terpengaruh dengan masa lalu seseorang. Hlm 97

Banyak adegan yang aku sukai dan membekas di hati dari novel ini. Seperti pertemanan Mala dan Khadija. Yang menyelipkan ajakan terselubung untuk berhijab. Seneng deh, nggak merasa digurui, karena tokoh-tokoh di novel ini pun bukan berubah secara instan untuk menjadi sosok keren, melainkan melalui proses yang panjang. Kuncinya, jangan bosan untuk belajar memperbaiki diri.

Aku tidak akan memaksamu menjalani hidup seperti aku, Mala. Karena yang akan menjalani hidupmu adalah kamu sendiri. Kamu yang paling tahu seperti apa cara hidup yang paling nyaman buatmu. Hlm 99

Di sini juga terselip beberapa adegan konyol yang bikin ngakak. Seperti,

 “Ayo, cepat kamu ketuk pintunya. Bilang kulonuwun.”

“Kulu ... wun what?”

Rasanya pengen ngejitak si tampan, Nico, deh. :D

Beberapa quote positif juga dihadirkan dalam Merindu Cahaya de Amstel loh. Bikin makin betah menyibak halaman demi halamannya hingga tuntas.

Seriuslah berusaha mewujudkan tekadmu, jangan cuma bermimpi. Hlm 171            

Hidup memang sering kali terasa tidak adil. Manusia baru sadar hikmahnya setelah beberapa waktu kemudian. Hlm 198

Soal keyakinan adalah soal hati. Biarkan hatimu mencari sendiri apa yang paling nyaman untuk kamu jalani. Hlm 240

Oh ya, lewat novel ini, aku juga diajak belajar sedikit bahasa Belanda, seperti vergeven (maaf), meisje (nona), goede middag (selamat sore), mag ik je even iets vragen (bolehkah saya bertanya sesuatu), inderdeed (benar), tot zienz (sampai jumpa lagi), dank u wel (terima kasih). Catatan kaki yang tidak lupa disertakan di novel ini bermanfaat sekali. Pembaca jadi tidak perlu menebak-nebak apa arti kata-kata dalam bahasa Belanda tersebut.   

Dan terakhir, pesan-pesan moral yang aku dapatkan dari Merindu Cahaya de Amstel:

Masa lalu tidak semestinya membayangi setiap langkah. Khadija buktinya. Barangkali kita punya masa lalu yang nggak banget, lantas nggak berani berubah karena ketakutan sama judgement dari lingkungan plus ketidakmampuan diri sendiri. Aduh, jangan deh. Setiap hari kita selalu punya hari baru, selalu ada kesempatan-kesempatan baru yang keren, asal kita mau.

Jangan melulu berpikir negatif saat bertemu orang baru. Seperti Mala yang langsung antipati melihat jilbab panjang Khadija. Beda bukan berarti menjadi alasan untuk saling nggak suka. Lagipula, untuk tau isi dalam diri seseorang nggak cukup dengan sekali pandang kan?

Terkadang kita harus mampu menelan ego mentah-mentah. Ada hal-hal yang kita harapkan A, malah berakhir B, bahkan C, D. Jauh meleset. Tapi percayalah, semesta sudah punya takaran keberuntungan yang adil untuk kita. Yuk belajar dari Nico dan Khadija, gimana mereka mampu menekan ego agar masalah mereka selesai dan tidak ada penyesalan yang mengiringi.

Daaannn.. aku mau ngasih empat dari lima bintang untuk senja cantik di tepi sungai Amstel ini. Ditunggu karya selanjutnya ya kak Arumi. :D


Giveaway Time!


Mau dapetin satu novel Merindu Cahaya de Amstel plus satu pin cantik?


Bisaaaaaa banget!

Syaratnya :

1. Follow @rumieko di twitter.

2. Share info giveaway ini di akun sosial mediamu (Bebas. Boleh facebook, twitter atau instagram). Minimal sekali ya. Ajakin temennya juga biar makin rame.

3. Jawab pertanyaan berikut di kolom komentar. Plus nama lengkap, akun twitter dan link share info giveaway ini.

Pertanyaannya adalah

Apa perubahan yang ingin kamu lakukan untuk dirimu sendiri?

Misalnya, pengen berubah jadi makin langsing, putih, bebas jerawat *lah ini mah pengennya pemilik Ketimpuk Buku kali :p

Atau, ingin berubah jadi jago bahasa asing, jago masak kue buat gebetan, atau apalah. Bebas!
Makin unik dan menginspirasi jawaban kamu maka makin besar kesempatan kamu memenangkan giveaway ini.

Yuk ikutan! Giveaway berlaku sejak tulisan ini terbit hingga 17 Oktober 2015, pukul 24.00 WIB. Pengumuman 18 Oktober 2015. Jam fleksibel ya. Tapi aku bakal usahakan banget ga bikin kamu nunggu lama. Dan, hadiah akan langsung dikirimkan oleh kak Arumi. Yey! Serbuuuuuuuu! :D


49 komentar

  1. Ikut yaaa
    Nama: Rahmi Aziza
    twitter: @rahmiaziza
    link share: https://twitter.com/rahmiaziza/status/653312138770055168
    Jawaban: Perubahan fisik pengen lagsing di bagian perut hihihi, perubahan nonfisik pengen lebih mahir manajemen waktu anatara ngurus rumah tangga n nulis, biar ngga ngos-ngosan hehehe

    BalasHapus
  2. Nama : Alifa Nanda Tarina
    Twitter : @_alifananda
    Link Share :
    1. https://mobile.twitter.com/_alifananda/status/653382024699318272?p=v
    2. https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1620873428186616&id=100007919233818&refid=7#footer_action_list
    3. https://plus.google.com/app/basic/stream/z134elypxr3dstf0b22atndwpz2qsx5il04?cbp=11dyvw6vev21s&sview=32&cid=5&soc-app=115&soc-platform=1&spath=/app/basic/stream&sparm=cbp%3D15vh5nljkdmjw%26sview%3D32%26cid%3D5%26soc-app%3D115%26soc-platform%3D1

    Pertanyaan :
    Apa perubahan yang ingin kamu lakukan untuk dirimu sendiri?
    Jawaban : Pengen tinggi serta pengen kurus, itu aja kak.. Dulu nyesel banget gak dengerin kata-kata ortu disuruh olahraga supaya bisa masuk Tentara, sekarang nilai cukup tinggi gak cukup.. Sekarang ikut test IPDN jadi berusaha banget buat ninggiin badan sama ngelangsingin badan juga. Abah selalu bilang gini : "Percuma nilaimu tinggi Lif, kalo badanmu gak tinggi." Kata-kata berasa jadi cambuk bingit aku. *sambil ikut Curcol*

    BalasHapus
  3. Nama: Nurina Widiani
    Twitter: @KendengPanali
    Share: https://twitter.com/KendengPanali/status/653385691401842688

    Aku pengen berubah lebih gemuk! Susah ih, naikin berat badan. Dua kalinya bobot nambah cuna pas hamil doang. Begitu menyusui, turun lagi berat badanku. Hiks.
    Selain itu pengen bisa lebih pintar lagi mendongeng. Kalau mendongeng, suara suka nggak konsisten n ketuker-tuker. Wkwkwkk~
    Anak-anak suka protes. Perlu banyak latihan kayaknya ^^

    BalasHapus
  4. Nama : erin
    twitter : @RinShoak
    Link Share : https://twitter.com/RinShoak/status/653386252469800960

    Jawaban : perubahan dalam diriku yaitu aku pengen banget bisa nge'rap. dengerin para rapper bikin hati adem. aku sudah latihan berkali-kali tapi ga bisa. padahal aku kalo ngomong cepet, bablas aja gitu ga ada titik ama koma, tapi kenapa pas nge'rap ga bisa-bisa ya.

    BalasHapus
  5. Nama : Ratnani
    Twitter : @ratnaShinju2chi
    Link Share : https://twitter.com/ratnaShinju2chi/status/653392112063397888

    Apa perubahan yang ingin kamu lakukan untuk dirimu sendiri?

    Jawab : Ingin menjadi seorang yang bisa beristiqomah pada hal-hal yang sudah aku kerjakan. Istiqomah ketika menulis dan berbagi ilmu.(janagan sampai angin-anginan) Pokoknya tekad bulat. Memperbaiki niat karena Allah. Biar apa yang dikerjakan tidak terbuang sia-sia karena niat yang salah--Inilah yang ingin aku rubah.

    BalasHapus
  6. Nama : annisa ayunda putri
    twitter : @annisayunda_
    link share : https://twitter.com/annisayunda_/status/653396705866452992
    Jawaban : Ada beberapa hal yang pingin aku rubah dari diriku, pertama. Menghilangkan rasa malas! Malas belajar,beribadah dan olahraga (lirik perut&paha #miris), aku juga mau merubah sifat ku menjadi lebih sabar dan cepat memaafkan orang lain, jadi tidak usah disimpan terus rasa kesal hingga jadi dendam di dalam hati. Ada juga nih,sikap plin plan dan boros. Seperti, aku masih ada buku yan harus dibaca tapi tangan udah gatel mau ngambil buku-buku di toko buku atau mekan tulisan PESAN INI di toko buku online. Niatnya udah pingin hemat tapi gak bisa nahan godaan lihat cover dan sinopsis buku yang bagus, dan jadinya bukan hemat tapi malah boros.Tapi sifat yang paling ingin aku ubah adalah sifat pesimisku, aku jarang mencoba hal baru karena takut gagal,aku hobi menulis cerita tapi aku enggak tahan dengan kritik orang lain tentang karyaku, kritikan orang lain selalu menjadi alasanku untuk mundur. Aku ingin lebih percaya diri dan berani keluar dari zona nyaman-ku,tanpa harus takut pada omongan orang lain jadi lebih bebas mengekspresikan diriku.

    ps. sorry kalau kepanjangan :P

    BalasHapus
  7. kak Intan, aku ikutan blogtour yaaa :D

    Nama: Niar Y
    twitter: @haloNiar
    link share: https://twitter.com/haloNiar/status/653407595735085056

    akhir-akhir ini ada beberapa hal yang ingin kurubah dari diriku, salah satunya:

    aku pengen banget bisa public speaking. ya, meski aku terlihat pendiam, tapi pengen bisa public speaking yang bagus.

    selama ini usahaku buat belajar public speaking yaitu jadi penanggung jawab Penyuluhan di Radio Kampus (proker bulanan UKM), jadi sebulan sekali suaraku melayang-layang di udara hehe :D

    selain itu, aku juga pengen bisa bicara di depan banyak orang... tapi aku masih sering minder nih hiks. padahal biar bisa public speaking kan gak boleh minder, ya kan kak?

    mindernya mungkin gara-gara aku gendut, dan muka terlihat kusam ,_,

    biar gak minder pas ada kesempatan untuk public speaking... aku lagi usaha untuk diet dan lebih rajin ngerawat muka.

    sambil memperbaiki penampilan, aku juga berusaha pelan-pelan belajar public speaking :D

    BalasHapus
  8. Nama: intan tarsawiyani putri
    Twitter: intanput _
    Link share : https://mobile.twitter.com/intanput_/status/653409986018541568

    Jawabannya: aku ingin lancar berbahasa inggris hehe

    BalasHapus
  9. Nama : Sri izawati
    Twitter :@chili_ii
    Url :https://mobile.twitter.com/chili_ii/status/653420313586171905

    jawabnnya: pengen punya badan agak berisi, terutama bagian muka. Capek dibilangin tertekan perasaan melulu, padahal makan udah segentong tapi tetap saja gak gemuk-gemuk. Tapi gak gemuk-gemuk amat juga, paling tidak agak berisi lah hehe..
    Selain itu juga pengen bisa jadi blogger yang punya personal branding dengan blog yg keren

    BalasHapus
  10. nama lengkap: Pramestya Ambangsari
    twitter: @p_ambangsari
    link share: https://mobile.twitter.com/p_ambangsari/status/653419474276753408?p=v
    link share mungkin bakal nambah.

    Perubahan jangka terdekat: merubah badan jadi kutilang ideal (kurus tinggi langsing) :D dan merubah kebiasaan biar nggak membuang waktu.

    Perubahan jangka sedang (proses lama): Merubah perilakuku yang nggak bener, pemberontak, judes dsb menjadi lebih alim, sholeha, berprestasi, mudah bergaul, dsb.

    Perubahan jangka panjang:
    Karena aku udah berusaha di masa kemarin, maka masa depan aku pasti (insyaAllah) bakal ngedapetin hasilnya. Di masa depan aku mau merubah diriku agar lebih serius sama kehidupan akhirat. Prosesnya lama, tapi harus diniatin dari sekarang biar ada usahanya. Aku takut kalau ga mikir kayak gitu, entar aku cuma mentingin kehidupan di dunia, kebawa arus yang salah, nggak bisa keluar dari zona yang ga menentu dan bahaya ini.

    Semoga bermanfaat amiin

    BalasHapus
  11. Hola Intan.. ikutan GA nya yak!!!

    Nama: Shinta
    twitter : @Shinta_Ardinta
    link share:
    1. Via FB : https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=979151652142859&id=100001441000757
    2. Via twitter : https://twitter.com/Shinta_Ardinta/status/653429342798610433

    Kalau aku nih lagi pingin berubah jadi super mom. Well, bentar lagi kan bakal punya baby ni, jadi rada cemas kira-kira bisa nggak ya atur waktu biar tetep bisa masak, ngurus suami, ngurus diri plus tetep berburu kuis kaya gini. Jujur sih, punya baby kan ribet, apalagi aku jauh dari ortu dan sudah komitmen buat nggak pakai jasa baby sitter, abisnya takut kalah saing sih. Hahaha..

    Doain yak, moga kekhawatiran yang nggak perlu itu berlalu gitu aja. Btw, selain itu aku pingin banget bisa makin kreatif bikin makanan ringan semisal ice cream, kue-kue dan gorengan simpel gitu biar bisa mengurangi hobi anak kelak buat jajan di luar, selain itu kalau bikin mandiri kan kualitasnya terjamin no pengawet, no basi, no borax. Emang aku bisa masak? bisa dong.. cuman dulu bisanya sekedar bantuin ibu, kalau benar-benar lepas masak sendiri nih baru mau diusahain. Hihi

    Sukses yes untuk segalanya. Barakallah. ^^

    BalasHapus
  12. Nama: Anggita Dewiravina Octavia
    Twitter: @anggitarav
    link share: https://twitter.com/Anggitarav/status/653426569214431233

    Apa perubahan yang ingin kamu lakukan untuk dirimu sendiri?

    jawaban:
    -perubahan yang ingin dilakukan adalah ber-inovasi. menciptakan sesuatu yang baru. dari dulu pingin banget menghasilkan karya buatan sendiri, dan di karya itu ada label namaku. kebanggaan bagiku dan orang tua pastinya. karena "Manusia mati meninggalkan nama" dari peribahasa ini pun, aku ngga mau mati cuman ninggalan nama di dunia ini. aku mau ninggalin sesuatu yang akan diingat orang dan tetap di nikmati. entah itu novel, puisi, karya bangunan(arsitektur) dan yang lainnya. yang jelas, kehidupanku di dunia itu ngga sia-sia.
    -keluar dari zona introvert saat ketemu orang baru. saat lagi sendirian pingin banget ngobrol santai sama orang yang baru dikenal. tapi pas ketemu banyak orang, rasanya lebih baik sendirian. jadi introvert itu ngga selamanya nyaman
    -lebih teliti dan ngga ceroboh. kalau ngerjain metik atau ketemu soal yang akhirannya (kecuali) semacam kena jebakan.
    -jadi diri sendiri. kadang ngga pernah percaya diri apalagi sama kekurangan yang di punya. pft....
    -dan terakhir, mungkin. pingin banget jadi orang yang ngubah suasana. dari sepi jadi rame. dari canggung, jadi fun. bisa bikin temen ketawa sama yang kuucapin. sederhana aja sih. tapi pasti bakal dikangen pas lagi ngumpul "ngga ada dia nih... jadi sepi" "garing banget, ngga ada yang mau ngelucu kah?" yang jelas kehadiran kita itu selalu diterima :)

    BalasHapus
  13. Nama: Rainif Venesa
    Twitter: @Nesandika

    Tidak ada yang ingin kurubah dari segi penampilan, fisik. Yang ingin kurubah adalah diri ini agar jadi lebih baik

    URL: https://twitter.com/NesAndika/status/653439995873619969

    BalasHapus
  14. Nama: Bintang Permata Alam
    Twitter: @bintang_ach
    Link share Twitter: https://mobile.twitter.com/Bintang_Ach/status/653441247042899968?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C9040527463

    Jawaban:
    Pertama.. aku ingin melakukan perubahan fisik. Dengan tubuh yang gemuk kadang aku menjadi kurang PD, jadi sebisa mungkin aku ingin membuat tubuhku lebih ideal. Biar kata cool. Hahahhaa.
    Yang kedua, ingin mengubah gaya rambut. Menurutku, dg gaya yang disisir ke atas gini udah terlalu mainstream buat aku. Jadi, ingin sekali buat membuat tampilan baru.
    Terus yang terakhir, Hidung. Hidungku itu mekar.. gede banget.. pengen punya idung yang mancung, biar kata orang Arab, hahaha.
    Lengkap kan? Tubuh ideal, rambut keren sama idung mancung. Wahh cool banget pasti, hahahah.

    Thanks^^

    BalasHapus
  15. nama lengkap: Auliyati
    twitter: @nunaalia
    link share: https://twitter.com/nunaalia/status/653457206705176576

    Pertanyaan: Apa perubahan yang ingin kamu lakukan untuk dirimu sendiri?

    Jawaban:
    Aku ingin merubah status single menjadi double alias menikah!! :D

    BalasHapus
  16. nama lengkap: Dewi Ratnasari
    twitter: @JawzQ
    link share: https://twitter.com/JawzQ/status/653460241812582400

    Pertanyaan: Apa perubahan yang ingin kamu lakukan untuk dirimu sendiri?
    Perubahan emosi, jadi nggak oversensitif sama dikit2 baperan. Ngga cepet putus asa sama cengeng juga biar bisa lebih tough dan setrooonnngg...

    BalasHapus
  17. Nama : Diah Pujiawati
    Twitter : She_Spica
    Link Share : https://twitter.com/She_Spica/status/653504384546947072

    Ingin sekali berubah menjadi prbadi yg lebih baik. Mnghilangkan sifat malas yg luar biasa. seperti sholat misalnya. Kadang malu sama Allah krna suka nunda2 sholat sampai di akhir waktu. Malu jg sama krudung yg udah brtahun2 dipake tapi sifat malesnya kebangetan belum luntur jg. Jg pgn banget ngebunuh sifat males menulis dengan ad aja alesan buat gak nulis. Dengan diri ini yg gemuk, tidak cantik (sadar diri), hitam, kadang minder jk hrus brurusan dgn lelaki smntra usia sudah harus mnghruskan menikah. Tapi menyadari bnyk sekali kekurangn diri, jd smkin minder krna memangnya siapa yg mau menikh dgn orng yg bnyak kekurngan bgni?
    Well, mungkin fisikku yg bgni sudh takdirnya dari sana dan mmng gak ad yg prlu kusesali. Namun setidaknya aku ingin sekali setidaknya ada satu kebaikn dalam diriku untuk berubah mnjadi pribadi yg lebih baik lagi. walaupun susahnya ampun-ampunan, tapi akhir2 ini memang sedng mencoba berusaha ke arah sana.
    doakan semoga brhasi ya, min :D

    BalasHapus
  18. Nama : Fitri Handayani
    Twiter : @FitriyaniHanda
    Link : https://twiter.com/FitriyaniHanda/status/653505265648558081

    Jawaban :
    Perubahan yang aku inginkan ialah, berubah menjadi pribadi yang mendekatkan diri ke Allah dengan tulus meski diri ini berlumur segudang dosa.
    Berubah, datang dan mendekat kepada Allah bukan karena ada apa - apanya, melainkan tulus karena Allah.
    Seperti kisah khadija diatas yang berubah secara kaffah meski dalam proses yang panjang.
    Namun, hatinya yang tulus mendekati Allah berbuah manis dan membentuknya menjadi pribadi yang lebih baik.

    Itu saja. Berubah dengan ketulusan. Berubah dengan tulus itu ibarat, tatkala ada dua pria yang mendekati kita dengan dua kriteria. Yang pertama mendekati karena ada maunya atau ada udang dibalik batu, sedangkan yang kedua datang karena tulus tidak ada maksud tujuan lain. Tentu kita akan memilih pria yang tulus. Itulah yang ingin saya rubah dalam diri saya sekarang.
    Berubah jadi baik tulus karena Allah, dijalan Allah dan untuk Allah.

    BalasHapus
  19. Nama : Agatha Vonilia Marcellina
    Akun twitter : @Agatha_AVM
    Link share: https://twitter.com/Agatha_AVM/status/653530267269771264

    Apa perubahan yang ingin kamu lakukan untuk dirimu sendiri?

    Be confident dan nggak tremble lagi saat menghadapi seseorang atau lingkungan atau tempat baru. Be positive thinking, soalnya aku ini orangnya selalu berpikiran buruk padahal aku belum menghadapinya sendiri. Selalu takut kalau aku tidak akan berhasil dan hasilnya tidak memuaskan. Minder terhadap orang lain dan merasa kalau diriku tidak akan bisa. Itulah yang menjadi alasan aku belum mengajukan proposal dan mengulang mata kuliah berulangkali karena jarang masuk (takut kalau nanti pasti akan diejek pas presentasi). Aku harus melawan semua itu walaupun pasti nanti badanku bakalan panas dingin dan keringetan nggak karuan waktu presentasi. Be confident, positive thinking and trust myself. Aku harus berubah seperti itu karena aku sudah tertinggal jauh.

    BalasHapus
  20. Nama : Chusnul Chotimah
    Twitter : @husnabjn
    Link Share : https://twitter.com/husnabjn/status/653554022763237376

    Apa perubahan yang ingin kamu lakukan untuk dirimu sendiri?

    Jawab : Aku ingin menjadi Wanita yang lebih dewasa lagi, bisa menjadi anak yang patut dibanggakan orang tua, menjadi wanita yang sukses dunia akhirat, dan menjadi wanita yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

    langkah yang harus ditempuh : Selalu berusaha menjadi orang baik hati :-), sabar, selalu belajar, Pandai bersyukur, taat beribadah :-).

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Nama : Nabila Rheva Zuhrita
    Twitter: @zuhrinab_bila
    Link share:https://www.facebook.com/nabila.wediati/posts/725925144218902?comment_id=725926954218721&notif_t=feed_comment

    Apa perubahan yang ingin kamu lakukan pada dirimu sendiri?
    Jawabnya satu, aku ingin hapus sifat egoisku yang berlebih, aku sadar setelah aku sempat perang dingin dengan beberapa teman sekelasku hanya karna hal sepele, ternyata sifat egoisku emang berlebihan,fiks mulai sekarang aku akan coba lakonin perubahan mendasar agar bisa lebih ngerti perasaan orang :), aku gak mau seperti quote yang satu ini..
    "terus saja simpan egoismu,atau seluruh dunia bisa menjadi musuh, dengan sifat burukmu itu"
    be friendly be lovely

    BalasHapus
  23. Nama : Sofhy Haisyah
    Twitter : @Sofhy_Haisyah
    Link : https://twitter.com/Sofhy_Haisyah/status/653727901875990529

    Apa perubahan yang ingin kamu lakukan pada dirimu sendiri ?

    Pengen berubah supaya punya banyak teman. Well, menyedihkan memang :'( Sebenarnya aku orangnya gampang bergaul "dulunya". Tapi karena trauma pernah dibully secara "verbal" dengan teman sendiri, akhirnya sampai sekarang aku sedikit menutup diri untuk punya teman yang sedikit akrab hubungannya.
    Untuk di kampus sih, buat sekedar bicara mengenai tugas dan diskusi kelompok dikelas aku gak punya masalah. Tapi untuk konteks jalan bareng, hangout bareng, jujur aku sangat jarang. Karena itu tadi, aku terlanjur nutup diri buat bergaul sama orang.
    Tapi, untuk sekarang, aku dah berusaha sih biar bisa akrab dengan teman seangkatanlah minimal. Dengan cara, senyum duluan kalo berpapasan, minta no. hape atau add sosmed mereka dluan walaupun sekedar buat chat nanyain tugas. Yaa, itu karena aku sadar belum tentu mereka sama dengan temanku yang jahat dulu.

    BalasHapus
  24. Nama: Aya Murning
    Twitter: @murniaya
    Link share: https://twitter.com/murniaya/status/653595411370799104

    I wrote this answer as realistic & specific as possible. So, please, read carefully. Hihihi ;)

    Sebagai seorang penjelajah dunia maya yang kini sudah mulai rutin ngurusin blog--yang lebih sering post review buku ketimbang post yang lain, meski pun masih nggak/belum mau join sama BBI--tentu saja aku ingin melakukan perubahan besar untuk bisa lebih produktif mengisi blog dengan hal-hal yang berguna untuk saling berbagi, serta sebagai tempat untuk bisa menyalurkan ide-ideku dalam menulis cerita (singkat) meski masih ternilai ecek-ecek. Aku ingin coba jadi 'mandiri' dengan blog wordpress-ku itu (blog yang tumblr repot kalo buka via hp, makanya jadi jablay deh dia). Hmm, mungkin bagi kalian ini perkara kecil ya. Apanya sih yang gede dari hal gitu doang?

    Begini... untuk bisa produktif, terutama untuk urusan review buku, ya pastinya harus banyak-banyak baca. Nah, ini dia yang mau aku gebrak. Membabat timbunan! Tapi... tiap mengingat kerjaan lain... malah lempem lagi. Hufttt! Jadinya progress produksiku tetap lambat. Ah, harusnya aku ikutan challenge babat timbunan itu ya, biar ada siraman bensin yang lebih bisa membuat gelora api itu berkobar lebih dahsyat. Penginnya dalam sebulan tu bisa habis 15buku sekaligus bisa post review-nya. Kalau aja bisa habis 15buku/bulan, insya Allah kira-kira dalam 10bulan bisa habis juga tuh semua timbunan.

    This question may pop-up in your mind:
    "emang punya total timbunannya berapa banyak?"
    Yah, kalkulasikan sendiri saja ya. Ngehehehe. That's my big plan. Makanya kukategorikan sebagai perubahan (besar). Because, for me, it's not that easy to do continously.

    Another thing that I want change in my life is... segera bisa dapet kerjaan yang tetap, yang punya jam kerja tetap, dan tentunya nominal gaji yang tetap pula. Nggak kayak sekarang yang masih mengawang-awang kayak abu kebakaran hutan yang berterbangan. Udah jamnya nggak tentu, masih berkutat dengan nasib untung-untungan pula. Heuheuheu.

    Jadi, mohon doakan dan aminkan ya, semoga semua planning ini bisa berjalan dengan lancar. Mumpung akika belum direpotkan sama urusan keluarga serta suami dan anak kelak (pas udah punya). Mwehehehe. Aamiin~ :D

    BalasHapus
  25. Nama: Cahya
    Twitter: @chynrm
    Link share di sosmed: https://twitter.com/chynrm/status/653794864694321152

    Perubahan yang ingin saya lakukan yaitu:

    1) ingin hasilnya seperti Khadija yang sampai bisa membuatmu iri atas keteraturan hidupnya dan keistiqomahannya dalam beribadah. Pasalnya, dulu sempat ada kejadian di diri saya karena saya cuek dalam beribadah. Malasnya nggak tanggung-tanggung. Jangankan sholat 5 waktu, bahkan sholat waktu lebaran saja saya rela absen. Qur'an yang dulu jadi kesayangan yang saya dapat sejak SMA pun cuma teronggok berdebu di rak buku. Nggak pernah dibuka untuk dibaca (ngaji) satu kali pun. Sampai akhirnya ada kenalan yang bilang kalau selama ini ada yang selalu ngikutin saya dan tinggal di kamar saya. Dia seperti sudah 'mendarah daging'. Apa yang saya makan maka dia juga makan. Makanya saya nggak bisa gemuk-gemuk. Perempuan itu adalah jin qorin muslim sebutlah T namanya. Sudah lama dia ngikutin saya sejak jaman saya kuliah dulu. Asalnya dari pohon dekat perpustakaan kampus. Alasan dia ikut saya karena dia mirip sama saya (pendiam, pemalu, suka dibully, dll). Ketika ditanya kenapa dia tinggal di kamar saya dan mendiami sebuah boneka beruang lalu pindah ke lampu angry bird, alasannya karena betah dan nyaman (tidak dipakai untuk ibadah). T pula yang menutup hati saya supaya benci pada lelaki karena dia dulu hidupnya disakiti oleh lelaki. Bukan cuma ada dia, bahkan ada lima 'parasit' lainnya di dalam diri saya. Salah satu dari mereka yang membuat saya jadi malas. Mereka punya peran masing-masing yang nggak tega buat saya sebut di sini. Bisa bayangkan kan betapa syoknya saya saat itu? Ucapan mama lebih 'menampar' saya lagi,
    "Makanya kamu tu sholat ngaji zikir! Lakukan rutin. Sholat jangan sengaja ditinggal. Ya wajar saja mereka mau ikut ngintilin kamu karena kamu sendiri nggak punya pegangan apalagi pernah berusaha membentengi diri."
    Sejak itu saya bertekad bulat nggak mau nyimpan boneka dan memajang benda-benda lain yang punya wajah seperti poster atau foto atau lampu karakter karena kemungkinan besar akan ada isinya. Saya juga nggak mau lagi sengaja ninggalin sholat. Harus rutin zikir dan ngaji minimal sehalaman tiap habis sholat. Kalau kelewatan sholat karena ketiduran pun rasanya menyesal sekali. Menjadikan sholat sebagai kebutuhan, bukan kewajiban, supaya tidak ada rasa beban.

    2) kalau sekarang sholatnya masih sering nggak tepat waktu, maka selanjutnya ingin selalu tepat waktu, habis azan langsung siap depan sajadah. Maunya semua sholat/ibadah sunnah disempurnakan mulai dari tahajjud, qobliyah, ba'diyah, dhuha, puasa senin-kamis, dll. Menutup aurat lebih syar'i. Membiasakan diri untuk pakai rok, celana dalaman panjang (legging), dan nggak lupa pake kaos kaki ke mana-mana. Manset tangan buat baju berlengan tanggung atau yang mudah ketarik. Jilbab menutup dada, jangan yang tipis, jika tipis harus 2 lapis. Fase perubahan ini tidak hanya demi menghindari godaan syaiton-syaiton yang terkutuk itu. Ini termasuk dalam visi memantaskan diri agar lebih bisa menjaga diri dari larangan agama dan mendapat pasangan yang setimpal sholehnya. Aamin...

    3) memperbaiki silaturahmi dengan teman-teman lama saya. Terutama dengan seseorang yang selama 17 tahun ini sudah saya sebut sebagai sahabat. Kami sudah berteman sejak kelas 1 SD. Namun hanya karena satu ucapan yang sengaja diucapkannya demi membuat saya tersinggung dan malu, persahabatan kami rusak dalam sekejap. Aku merasa aku tidak salah apa-apa sehingga aku tidak merasa perlu minta maaf. Dan ternyata dia juga cuek saja tidak merasa salah. Kemudian dia mulai menghapusku dari kontak dan media sosialnya. Hubungan kami benar-benar terputus. Aku ingin bisa bicara 4 mata dengannya tentang maksud dari ucapannya yang menyinggung itu. Aku tidak ingin bermusuhan dan tidak mau pula kehilangann teman, meski mulai sekarang label sahabat itu terpaksa kucoret dari jidatnya.

    Sekian dan terima kasih. ^^

    BalasHapus
  26. Nama lengkap: Safitri Ariyanti
    Akun twitter: @safitriariyanti
    Link share:
    Facebook: https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=832855616827057&id=100003078780892

    Twitter: https://mobile.twitter.com/safitriariyanti/status/653822870749970433

    Sebelumnya, ada sedikit tanggapan setelah baca review di atas. Cuplikan dialog antara Mala & Niko di atas bener-bener bikin ketawa. Yang bikin ketawa sebenarnya jawaban Niko yang niruin "kulonuwun"-nya Mala, malah jadi "kulu ... wun", ini bener-bener lucu kak! Bikin greget :D Jadi pengen banget banget baca novelnya. Aaaaaak. Gregeeeet.

    Jawaban: Sebagai makhluk Tuhan yang paling doyan nuntut, tentu saja aku banyak nuntut diri sendiri buat berubah. Untuk sekarang, aku pengin berubah supaya mahir bahasa Inggris, nggak lancar-lancar nih, sering update di media sosial pakai bahasa Inggris, bukan bertujuan pamer kayak "nih loh aku lancar bahasa Inggris", bukaaan, tapi biar terbiasa nulis bahasa Inggris. :(

    Kemudian, pengin mempertebal kepercayaan diri dalam berbicara, utamanya public speaking. Percuma kan kalau berprestasi dalam bidang akademik tapi nggak mampu dan nggak berani bicara di depan umum?

    Dan yang ketiga, pengin turunin berat badan 3kg ajaaa, agak bosan juga sering dibilang gendut, padahal cuma kelebihan 3kg dari berat idealnya. CUMA 3 KG :D.

    Dan yang terakhir, pengin jadi orang yang konsisten dalam hal apa pun, utamanya ya ibadahnya konsisten, terus ngeblog konsisten, minat baca juga konsisten. Itu aja deh kak. Thank you. ^_^

    BalasHapus
  27. Nama: Nadia Puspaningtyas A.
    Twitter: @Nadia48nafla
    Link share: https://twitter.com/Nadia48nafla/status/653902167762333697

    Naikin berat badan!!!
    Biasanya kalau cewek penginnya nurunin berat badan *ups* tapi aku beda, penginnya naikin berat badan. Jujur dibanding sama teman2 aku di kampus, aku yang punya badan kecil tapi termasuk tinggi. Bukannya nggak suka makan, emang dari turunan keluarga. Padahal aku tipe cewek yang doyan banget makan sama ngemil, kalo iklan tv "tumbuh tu ke atas bukan ke samping" aku berpendapat sebaliknya. Tapi hasilnya makin tumbuh ke atas :D. Yah yang penting sudah usaha dulu, biarkan waktu yang menjawab.

    Sama bisa dalam bidang akuntansi, soalnya aku kuliah ambil jurusan pend. akuntansi. Padahal dulu nggak suka banget dan nggak pernah nyambung tentang akuntansi, eh tapi sekarang kuliah yang ada akuntansinya. Begitulah, kadang apa yang kita benci itu adalah hal yang disukai. Tapi dibalik itu semua, banyak hal-hal terulang kembali. Ada susah senangnya jadi anak akuntansi, jadi ingat *dipaksa* pelajaran akuntansi dulu waktu MAN. Yang penting sekarang jalanin dengan rasa ikhlas, bersyukur dan bahagia. Insyaallah lancar jaya. Tunggu puncaknya 3 tahun lagi ;D aamiin.

    BalasHapus
  28. Nama : Nova Indah Putri Lubis
    Twitter : @n0v4ip
    Link Share : https://twitter.com/n0v4ip/status/653988901674070016

    Yang paling di-pengen aja kali ya, nih aku pengen kulit wajah mulus bebas jerawat soalnya wajahku penuh jerawat :(
    pengen bisa manage waktu dan bisa bangun pagi biar shubuh gak sering bolong dan biar kerja gak sering telat :D
    pengen bisa ngatur keuangan biar lebih hemat, biar gaji yang didapat itu keliatan hasilnya :)
    pengen berubah jadi orang yang 'bersegera' dan gak nunda-nunda apapun soalnya ini kebiasaan jelek -_-
    dan aku pengen bisa dan pintar masak biar nanti kalo udah nikah gak cuma gorengin telur aja ma si abang tapi bisa masakin yang lain biar si abang makin cinte... hehe :D

    Itu aja deh... Terima Kasih Intan ^^

    BalasHapus
  29. Nama : Putri Prama Ananta
    Twitter: @PutriPramaa
    Link share: https://mobile.twitter.com/PutriPramaa/status/654021715685605376?p=v

    Apa perubahan yang ingin kamu lakukan untuk dirimu sendiri?

    Menutup aurat dengan lebih baik lagi. Lebih tepatnya kasusku begini:
    Aku sekarang berkerudung (alhamdulillah), hanya saja aku masih merasa bahwa kerudungku ini tidak sepenuhnya menutupi auratku. Maklum, aku berkerudung karena peraturan. Bagi siswi muslim di sekolah-sekolahku memang diharuskan mengenakan kerudung, jadi sejak SMP aku sudah berkerudung berkat peraturan tersebut. Aku harus berterimakasih pada peraturan itu karena berkatnya aku masih bertahan berkerudung hingga sekarang.
    Nah, permasalahannya adalah aku (hampir) nggak punya rok panjang untuk dikenakan ketika berkerudung.Sekalipun punya, rok itu transparent. Alhasil, cara berpakaianku menjadi celana jins, kemeja, kerudung, dan sandal. Aku ingin bergabung dengan organisasi islami, hanya saja, permasalahanku tadi menahanku. Aku tahu jika yang terpenting adalah niatnya, tapi, dari apa yang didiskusikan di organisasi itu adalah berkerudunglah yang baik (aku diberitahu temanku) . Secara tidak langsung, itu menjadi tembok penghalang untukku bergabung, aku jadi takut dikucilkan, dll. Bukannya aku tidak ingin membeli rok atau kaus kaki, hanya saja, aku tidak mempunyai cukup uang, sekalipun mau beli pasti uangnya kurang atau aku tergoda pada buku-buku yang menarik minatku untuk duduk diam dan merenungi pesannya. Akibatnya, rencanaku untuk mengubah diri sendiri tak kunjung terealisasi.
    Jadi, perubahan yang ingin kulakukan adalah menutup aurat lebih baik lagi dengan mengenakan rok dan kaus kaki.

    BalasHapus
  30. Nama: Eni Lestari
    Twitter: @dust_pain
    Link share: https://twitter.com/dust_pain/status/654064525109407744

    Apa perubahan yang ingin kamu lakukan untuk dirimu sendiri?

    gak cepet emosi kalo liat sesuatu yang gak sesuai denganku. jadi gini, aku tuh sedikit terobsesi dengan keteraturan. istilahnya sih OCD (Obsessive-Compulsive Disorder) meski bukan tahap parah banget sampe butuh ke psikiater. tapi jujur aja kalo lagi kumat, aku bisa berubah dari manis jadi sadis banget ._. misalnya aja kalo sesuatu yang udah kutata diberantakin, pasti aku akan ngamuk, banting2 barang, dan semacamnya. kalo liat noda setitik, mataku bisa langsung melotot dan ngumpat segala macem. horor banget kan? makanya aku mau mengubah kebiasaan itu. emang sih gak mudah dan butuh usaha, karena susah banget mengubah sesuatu yang bersifat refleks. tapi itu gak mustahil untuk dilakuin kok. tiap kebiasan OCD-ku kumat, aku langsung komat-kamit istighfar yang banyak sambil merem. abis itu men-sugesti diri sendiri kalo aku gak mau jadi orang yang emosian. aku percaya kalo menanamkan hal2 yang baik ke diri sendiri, maka akan disimpen di alam bawah sadar. secara gak langsung akan mengubah perilaku kita juga. yah, emang gak langsung saat itu juga perubahannya. butuh waktu yang lama. tapi yang penting udah berusaha buat jadi orang yang lebih baik. ya gak? ;)

    BalasHapus
  31. Nama: Didi Syaputra
    Twitter: @DiddySyaputra
    Link Share: https://twitter.com/DiddySyaputra/status/653481129295515648

    Mungkin lebih kerohanian kali ya. Karena aku sendiri masih bisa dikatakan muslim abal-abal, muslim keturunan, nggak ngegali islam secara mendalam sendiri, ikut-ikutan doang. Aku berharap banget, nggak hanya bisa ngikutin tren islam saja. Tapi memang benar-benar memahami islam secara spesifik. Salah satu identitas muslim yang ingin sekali aku terapkan di dalam kehidupan yaitu "Tradisi Salim." Perlu keistiqomahan dan tentunya keberanian sikap sebagai konsekuensi terhadap perubahan ini. Ya, setidaknya aku harus tegas dalam mewujudkannya. Apalagi di Indonesia yang kultur budayanya kebarat-baratan. Tradisi salim (tidak bersalaman dengan yang bukan Mahrom) ini masih sangat terlihat asing di mata masyarakat. Bahkan konsekuensi terberatnya, sering dianggap tidak sopan jika memasyarakatkan tradisi salim. Semisal dengan guru, keseringan aku bingung untuk menerapkan ini. Terlebih, pengetahuan agamanya (maaf) masih dalam taraf minus. Butuh perjuangan luarbiasa untuk berani dikatakan SOK ALIM. Terkadang juga masih menilik situasi dan kondisi untuk menerapkannya, belum memiliki keistiqomahan. Nggak bisa dipungkiri, ISTIQOMAH merupakan awal dari memulai segala yang ingin diwujudkan.Oleh karena itu, Make a Wish di Tahun Baru 1437 H, berharap bisa meningkatkan keistiqomahan dalam berprilaku atau apapun, terutama istiqomah dalam menerapkan tradisi salim. Aamiin.

    Terima kasih!

    BalasHapus
  32. Nayzillah
    @nhaybendre
    Link share : https://twitter.com/NhayBendre/status/653385531905044480

    Apa perubahan yang ingin kamu lakukan untuk dirimu sendiri?

    Yang pertama pengen aku rubah adalah Sholat. Bukan gerakan atau doa-doa sholat tapi watku. Waktu untuk melaksanakan sholat. Waktu yang kadang aku gunakan untuk kesibukan lain sehingga meninggalkan sholat. Subhanallah .....
    Dosaku menumpuk :(

    Dan yang kedua pengen aku rubah adalah cara ber Hijab. Bukan berhijab seperti style hijaberas yang sedang naik daun saat ini. Tapi hijab syar'i, hijab yang bisa melindungiku, menutup seluruh auratku, menutup segala kekuranganku. Hihii ....

    Inilah yang ingin aku rubah. Perubahan hijrah yang terlihat mudah tapi tidak semua wanita mampu.

    BalasHapus
  33. nama: Lailatul Muizzah
    twitter: @ila_elmu
    share: https://twitter.com/ila_elmu/status/654137371542163456

    Apa perubahan yang ingin kamu lakukan untuk dirimu sendiri?
    pengen menguasai bahasa inggris. supaya bisa baca karya penulis luar versi aslinya yang bhasa inggris, sehingga gak perlu menunggu terlalu lama versi terjemahan bahasa indonesianya.

    BalasHapus
  34. Nama : Afika Yulia Sari
    Twitter : @afikayulia
    Link Share : https://twitter.com/afikayulia/status/654193661203255297

    Perubahan yang ingin saya rubah dari segi fisik adalah gemukan *sedih. Sebel dibilang gemukan terus. Aku pun berusaha untuk diet. Tapi diet yang aku lakukan bukan seperti tidak makan atau apalah, aku mengurangi porsi makan trus makan buah. Kebiasaan ngemilku yg engga bisa di stop *sama juga boong kalo gitu. Ada solusikah?
    Perubahan yang kedua, aku ingin bisa lebih menghargai waktu, memanfaatkan waktu sebaik-baiknya karena aku selalu merindukan waktu kosong *saking sibuknya

    BalasHapus
  35. Name : Nur Laila Qodriyah
    Twitter : nurlaila_q
    Link share : https://twitter.com/nurlaila_q/status/654199656340021249

    perubahan?
    pengen mengingatnya ketika jalan yang saya pilih salah.
    karena seringkali saya melupakannya.

    BalasHapus
  36. nama : juwitasari
    twitter : @juwita_es
    link share :
    twitter
    https://mobile.twitter.com/juwita_es/status/654205608887910401?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C1244197757

    fb
    https://mbasic.facebook.com/story.php?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C8666154970

    jawaban : pengen ngilangin rasa malas dan menyepelekan sesuatu

    BalasHapus
  37. Nama : Ardita Ardyanti
    Twitter : @ardyanti18
    link share : https://twitter.com/ardyanti18/status/654327714116071425

    Apa perubahan yang ingin kamu lakukan pada dirimu sendiri ?

    Jawaban :

    Aku ingin jadi orang lebih baik lagi dengan cara memperdalam ilmu agama kayak membaca Al-Qur'an tiap hari soalnya aku masih jarang jarang bacanya. Aku juga ingin jadi anak yang supel dan mudah bergaul dengan orang karena aku anak yang pemalu dan kadang suka menyindiri. Aku juga ingin menguasai bahasa inggris atau bahasa asing lainnya dengan lancar. Serta aku ingin penyakit menahun ku sembuh karena aku mempunyai skizofrenia. Dan terakhir aku ingin berubah menjadi anak, kakak, serta cucu yang baik bagi keluargaku dan bisa membanggakan mereka kelak. Terima kasih :)

    BalasHapus
  38. Naning Pratiwi
    @chelseas_lover
    https://twitter.com/chelseas_lovers/status/654912965355810816

    Apa perubahan yang ingin kamu lakukan untuk dirimu sendiri?

    Ikutan pemilik blog ah.. Hihihi :P :P Ijin copas ya kak... :P pengen berubah jadi makin langsing, putih. Hehehhe

    Rajin baca buku, nulis buku, baca buku, nulis buku,..

    Berubah nggak suka sama seseorang yang lagi aku demen. Hihihihh..
    :P :P
    Maaf ya kak, sedikit curcol... Ihuuu :D :D

    BalasHapus
  39. Apa perubahan yang ingin kamu lakukan untuk dirimu sendiri?

    Berhijrah.
    Merantau dalam bahasa kerennya.
    Selama ini kan sejak lahir, besar, sekolah, kuliah sampai hari ini sudah kerja masih tinggal sama orang tua di Makassar, jadi pengennya merantau ke Jakarta & merasakan bagaimana hidup jadi perantau yang jauh dari orang tua. Hidup dari hasil keringat sendiri & berdiri di atas kaki sendiri. Semoga bisa terwujud dalam waktu dekat.
    Aamiin ya rabbalalamin.
    Bantu doain yak. :)


    Nama: Dian Maya
    Domisili: Makassar
    Twitter: @dianbookshelf
    Link share: https://twitter.com/dianbookshelf/status/654933401019875328

    BalasHapus
  40. Ikutan

    Nama : Anissa Novita
    Twitter : @nissa_nov
    Link Share : https://twitter.com/nissa_nov/status/655300481338572801

    Apa perubahan yang ingin kamu lakukan untuk dirimu sendiri?

    Banyak sih, tapi dari semua-mua nya, saya ga mau lagi menjadi munafik. Selama ini saya selalu ada disisi angel, dianggap baik oleh semua orang, supel, ramah, agamis, tapi sebenarnya saya ga seperti itu. Saya cuma beruntung, beruntung dapat teman-teman yang baik sehingga terkesan "baik" juga, beruntung ada di lingkungan yang kondusif jadi terkesan bersih. Saya ga mau lagi menjadi munafik, saya ingin benar-benar menjadi angel sejati, bukan gadungan. Saya ga ingin lagi numpang, saya ingin jadi bagian.

    BalasHapus
  41. Nama : Eka Sulistiana
    Twitter : @ekasulistiana24
    Link Share : 1. https://twitter.com/ekasulistiana24/status/655349924750450688
    2. https://twitter.com/ekasulistiana24/status/655350569830232065

    Jawaban :
    Perubahan-perubahan yang ingin aku lakukan untuk diriku sendiri, yaitu :
    1. Dari segi fisik, aku ingin berubah menjadi wanita yang bertubuh lebih langsing dari yang saat ini. Maunya sih pas nimbang berat badan, angka yang muncul nggak lebih dari 55 kg. Aku sudah sangat sangat bosan mendengar ucapan-ucapan temanku ketika kami berjumpa. Ex: "Eh, gemukan ya ka?" atau yang lebih nyakitin "Ka, makin gendut aja ya?"
    Aku mau sesegera mungkin tak mendengar lagi ucapan-ucapan itu.
    2. Masih soal fisik, aku punya keinginan untuk mengubah tubuhku menjadi lebih tinggi. Ini perkara yang menurutku jauh lebih sulit daripada menurunkan berat badan. Punya tubuh tinggi dengan berat badan yang ideal adalah impianku yang sampai sekarang masih terus kuperjuangkan. Meski kecil kemungkinan untuk berhasil *mengingat umur sudah hampir kepala dua*.
    3. Aku mau berubah menjadi seseorang yang pandai dalam memanajemen waktu. Dengan kesibukan yang terus menerus menghampiri hidupku, aku sering sekali kewalahan dalam menyelesaikan tugas-tugas dan sering melanggar deadline yang aku buat sendiri. Selalu saja aku merasa bahwa 24 jam itu terlalu sedikit. Kuakui memang diriku yang penuh kelalaian ini masih kesulitan dalam mengatur waktu.
    4. Mau berubah jadi manusia yang 'stabil'. Nggak 'labil' lagi. Nggak moody. Dan bisa mengontrol emosi dengan baik.
    5. Mau lebih rajin lagi dalam hal membaca, baik itu buku fiksi maupun buku pelajaran. Selain itu, mau lebih rajin nulis juga. Nggak males-malesan lagi.
    6. Mau jadi anak yang penurut, sopan santun, lembut, tunduk, patuh, hormat, dan makin cinta sama kedua orangtua. Aku sadar, selama ini aku masih sering berperilaku tak lazim kepada kedua orangtuaku. Terkadang aku suka membentak, melawan, tak menuruti kemauannya, pokoknya masih jauh dari kata baik. Itu adalah perubahan yang wajib aku lakukan. Harus terlaksana, jika aku memang menginginkan tempat istimewa yang disebut surga.
    7. Meski ini perubahan terakhir yang aku sebutkan, tapi ini justru perubahan paling penting dan paling utama. Aku ingin berubah menjadi hamba Allah yang lebih bertaqwa lagi kepada-Nya. Tetap berada dijalan kebenaran. Dengan terwujudnya perubahan ini, maka aku yakin, keenam perubahan diatas dapat dengan mudah juga kulakukan. Aamiin :)

    BalasHapus
  42. Nama: Leny Hermi
    Twitter: @Lenny66677291
    link share: https://mobile.twitter.com/Lenny66677291/status/655378288391536640?p=v
    jawaban: aku ingin berubah menjadi orang yang lebih baik lagi kedepannya. Jadi orang yang sabar dlm situasi apapun, karena kesabaran itu sangat penting dlm segala hal. Jadi aku ingin jd org yg lbh sabar, baik, ramah, menyenangkan.

    BalasHapus
  43. Nama : Karunia Sylviany Sambas
    Twitter : @Karunia_Sambas
    Link share : https://twitter.com/Karunia_Sambas/status/655381479682240513

    Apa perubahan yang ingin kamu lakukan untuk dirimu sendiri?
    Jujur, ketika memikirkan jawaban pertanyaan ini, saya harus menanyakan diri saya dalam-dalam. Kamu mau jadi apa kedepannya? Mau terus-terusan begini? Terkungkung dalam rasa takut yang tak beralasan. Kamu mau jadi katak dalam tempurung selamanya?
    Saya masih freelance hingga saat ini. Beberapa tawaran pekerjaan saya cancel. Niat saya awalnya untuk menemani Ibu, setelah Ayah tiada. Namun ke sini-ke sini, saya rasa kehadiran saya malah menambah beban Ibu. Hidup di kampung, dekat dengan perhatian orang sekitar. "Anakmu belum kerja?" Ibu saya hanya tersenyum. Freelance dikira pengangguran. Setidaknya itu yang saya rasakan. Karena kita diam di rumah dan selalu berhadapan dengan layar terpaku. Saya kasihan melihat Ibu. Saya tahu di lubuk hatinya ia ingin melihat saya lebih sukses daripada sekarang. Punya status pekerjaan lebih tepatnya. Saya sedang mengumpulkan segenap rasa. Saya sedang belajar untuk keluar dari zona stagnan ini. Saya ingin melakukan perubahan besar. Keluar dari tempurung ini. Saya ingin membuat Ibu tersenyum bangga. Kelak ketika ada tawaran pekerjaan yang tepat, Insya Allah saya akan keluar dari tempurung ini, Bu. Ini perubahan besar yang ingin saya lakukan untuk saat ini.

    BalasHapus
  44. Nama: Noer Anggadila
    twitter: @noeranggadila
    link share: https://twitter.com/NoerAnggadila/status/654322708382027777
    Jawaban: banyak yang pingin aku rubah dalam hidupku, karena keharusan berhijrah menjadi muslimah yang lebih baik lagi. Saking banyaknya samapai bingung nulisnya gimana.

    Belum bisa masak yang bener-bener masak [selain masak air, nasi, mie, telor, tempe-tahu] malas bljar dan akhirnya gak bisa. Maka dari itu suka malu kalau ada yang nanya tentang masakan dan aku jawab "aku gak bisa masak" ><

    Susah banget buat fokus kalau mengerjakan sesuatu, apalagi ngerjainnya pakai laptop, jadi tugas-tugasnya gak selesai-selesai. Udah coba buat fokus, tapi susah dan ternyata kuncinya adalah kuat iman, harus! kalau gak gitu gak bakal selesai-selesai deh tugasnya, sama kaya cari jodoh, harus kuat iman naham segala godan kalau belum waktunya, biar akhirnya dapet yang paling pas menurut-Nya, bukan menurut nafsu kita *asihhh

    Kalau ngomong, masih suka ceplas-ceplos, susah ngerem apalagi bahas tentang aqidah, kadang apa yang aku mau omongin itu gak sama kaya apa yang mereka denger, salah oersepsi gitu gara-gara akunya yang kurang bener nyampeinnya, keburu-buru, gak sabaran, kadang sok tau :( lagi belajar buat nerapin "Diam lebih baik dari berbicara yang tidak perlu/bicara asal"

    BalasHapus
  45. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    Lihat Tweet @RiniCipta: https://twitter.com/RiniCipta/status/655378175271174147

    Perubahan yang ingin aku lakukan secara fisik mungkin membentuk dan membuat tubuh lebih proporsional ya. Sekarang masih nggak pede aja, soalnya ada beberapa bagian tubuh yg mulai menyimpan cadangan makanan hahaa..
    Trus kalau dari segi sikap pengin lebih dewasa kali yaa.. selama ini masih ngerasa suka egois, cuek dan ambivert banget. Kalau udah diminta ambil keputusan, masih banyak bimbangnya. Masih suka males, selengekan, gak bisa dandan, gak terlalu feminim.. ya pokoknya, pengin nggak berhenti berbenah ke arah yang lebih baik :)

    BalasHapus
  46. Nama : Widya Neva
    Akun twitter : @widyaneva2
    Link share ; 1. https://twitter.com/widyaneva2/status/655410862979592192
    2. https://twitter.com/widyaneva2/status/655405725238226944

    Jawaban : Aku ingin datang/sampai ke tempat kerja lebih pagi. Dulu awal diterima aku terbiasa datang sangat pagi. Namun seiring berjalannya waktu ini tidak berjalan sebagaimana biasa. Akan sangat menguntungkan dan nyaman rasanya bila datang kala pagi-pagi sekali. Bukan berarti aku sering telat akhir-akhir ini. Hanya saja tidak seperti dahulu kala saja. Oh ya aku harus tegas pada diri sendiri juga kepada mereka. Aku merasa, aku kurang tersenyum belakangan ini. Apapun yang terjadi, tak ada salahnya tersenyum kepada sekitar.

    BalasHapus
  47. nama: Rany Dwi Tanti
    twitter: @Rany_Dwi004
    link share: https://mobile.twitter.com/Rany_Dwi004/status/655173753765261312?p=v

    Apa perubahan yang ingin kamu lakukan untuk dirimu
    sendiri?

    Untuk sekarang ingin menata diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Simple aja dan nggak muluk-muluk. Pengen jadi pribadi yang nggak gampang mengeluh. Banyak bersyukur. Memiliki pemikiran yang dewasa karena saya juga sadar kalau umur saya udah nggak bisa dibilang muda lagi. Perubahan lainnya adalah rajin + teratur melaksanakan sholat 5 waktu. Hal lain yang paling sepele yang ingin saya rubah juga adalah saya ingin merubah sifat malas saya yang udah keterlaluan. Bener lho, saya ini orangnya males ngapa-ngapain. Kalau nggak disuruh, nggak bakal jalan. Jadi semoga saja dalam waktu dekat saya bisa merubah sifat malas saya. Karena perubahan itu harus dimulai dari diri sendiri, mulai dari hal yang kecil dan mulai dari sekarang.

    BalasHapus