[Profil Penulis] Kenalan Sama Kak Erlita Pratiwi Yuk!




Alo Ketimpukers. 

Selamat berhari Selasa yess. Maafkeun baru sempat posting. Seharian ini ngejar-ngejar dosen dan nggak ketemu. Hiks. Pulangnya syok karena semua foto yang ada di email terback-up di galeri. Ribuan. Macaauu.. untung ada google. Foto-foto itu pun akhirnya bisa dimusnahkan. Kapan-kapan aku tulis tutorialnya di blog sebelah ya. :D

Eh, kok malah ngelantur sih? Kebiasaan nih suka gagal fokus ..

Jadi, karena sekarang Ketimpuk Buku udah beli domain sendiri ( ciee dot com ciee :p ), aku pengen ngasih postingan yang terjadwal. Tiap selasa, aku pengen ngajakin kamu buat kenal lebih dekat dengan penulis-penulis kece.

Dan, untuk edisi pertama, penulis yang akan kita kepoin adalah ...

Jreng jengg ..



Yey! Udah kenal? Udah ya? Biar makin kenal, yukk simak selengkapnya di sini..


Kak Erlita sejak kapan sih jadi penulis?

Saya mulai menulis Desember 2008, sebatas menulis untuk sebuah blog komunitas. Kemudian coba kirim cerpen anak ke Majalah Bobo. Kebetulan dapat tawaran bikin skenario. Jadi saya belajar bikin sinopsis dan skenario cuma dari contoh yang dikirim. Honor pertama yang saya dapat dari menulis ya dari skenario itu.


Emang basic pendidikannya di dunia tulis menulis atau ada alasan lain? Ehem, barangkali cerita terselubung :p

Saya kuliah di jurusan perpajakan. Enggak nyambung blas sama tulis menulis hehe... Waktu itu saya mencari kegiatan setelah berhenti bekerja. Sesuatu yang bisa menghalau kegalauan setelah jadi pengangguran hehe


Kak Erlita punya kegiatan lain ga selain menulis? Gimana cara ngatur waktunya?

Seperti umumnya emak-emak rempong, urusan saya berkutat di seputar urusan domestik rumah tangga termasuk urusan antar jemput anak. Saya juga buka lapak di kantin sekolah. Cara ngatur waktu? Rasanya sih setiap emak-emak rempong udah gak asing lagi dengan yang namanya ‘jumpalitan’. Jadi itulah yang saya lakukan :p


Sejauh ini, sudah berapa karya yang kakak hasilkan? Buku? Cerpen? Karya-karya yang terbit di media online?

Karya yang sudah dipublikasikan:



Buku:

1. Seri MisteriFavorit. Misteri Tambang Menggerung, ceritaanak, Kiddo (lini KPG), Agustus 2015
2. PerempuanTerowonganCeger&KisahHororNyata Yang Terjadi di TempatUmum, Antologi, Grasindo April 2015
3. Seri MisteriFavorit 9. MisteriPantaiMutiara, ceritaanak, Kiddo (lini KPG), Januari 2015
4. Oishii Jungle, NaskahPilihanLomba Novel Remaja PSA#2 Grasindo 2013, Grasindo April 2014
5. Miss Bento, Novel Remaja, November 2013
6. Dongenganak-anakdari Australia, ceritaanak, Nyonyo – Imprint Andi Publishing, November 2013
7.D ongeng anak-anak Italy, cerita anak, Senama Publishing, November 2013
8.45         Penyakit gigi danMulut, Andi Publishing, September 2013
9. TakoyakiSoulmate, novel remaja, Grasindo, Mei 2013
10. Scary Moment, antologi cerita horor, Indie Publishing, 2011
11. Lovely Ramadhan, antologi, Indie Publishing, 2010
12. Lovely Lebaran, antologi, Indie Publishing, 2010
13 Pengantar Susu Bertopi Merah, cerita anak-anak, Indie Publishing, 2010
14. Kejutansi Kumbang Kepik, cerita binatang, Mediatama Publishing (dalam proses)

Media Massa:
1. ResensiBuku “KisahRambutMoni”, KompasAnak, 30 November 2014
2. Sepatu Terbang, KompasAnak, 25 Mei 2014
3. Jaru, cerita remaja, Majalah Story, Oktober 2013
4. Harta Karun Nino, Kompas Anak, 28 April 2013
5. Ketika Rara berhenti berkicau, MajalahBobo, 28 Februari 2013
6. Resensi Buku ‘Kura-kura sang Juara’, KompasAnak, 6 Januari 2013
7. KacamataAbrakadabra, MajalahBobo, 20 September 2012
8. Yoghurt, Si Basi yang BaikHati, KompasAnak, 20 Mei 2012
9. HantuPianika, MajalahBobo, 8 September 2011
10. TemanBaru Yang Aneh, MajalahBobo, 4 Agustus 2011
11. Roti CoklatMisterius, MajalahBobo, 13 Januari 2011

Skenario:
BukanSinetron, Global TV, Desember 2009 & 2010

Lomba:
1. Pemenang 1 Ghostwriting Competition kerjasamaGrasindo – Writing Management, Januari 2015
2. Naskah pilihan dewan juri, Lomba Novel RemajaGrasindo, Publishers Searching for Authors (PSA) # 2, Desember 2013


WOW! Banyak banget, kak. Diantara buku-buku itu buku mana yang pas nulisnya, butuh perjuangan berlipat ganda dibanding buku-buku lainnya? Ceritain juga dong sedikit soal buku terbaru kakak.

Rasanya semua buku yang saya tulis itu butuh perjuangan hehe... Buku yang proses menulisnya paling ‘enjoy’ itu ‘Takoyaki Soulmate’. Rasanya saya nulisnya gak pakai mikir. Sesekali merasa buntu tapi kemudian bisa jalan lagi. Mungkin karena novel itu adalah gambaran bisnis yang saya pengen punya jadi rasanya ‘ringan’. Semua yang saya khayalkan ada di situ dan saya amat menikmati prosesnya.

Yang terasa lebih ‘perjuangan’ adalah novel anak misteri ‘Misteri Pantai Mutiara’. Itu adalah novel anak misteri yang pertama saya buat. Pindah genre dari novel sebelumnya (novel remaja). Itu adalah novel pertama yang saya tulis setelah cukup lama vakum tidak menulis dan saya merasa saya tidak bisa lagi menulis. Jadi lebih ke perjuangan batin *tsaaahhh...

Untuk cerita seputar buku terbaru dan buku-buku saya lainnya, termasuk behind the scene-nya bisa diintip di http://erlitapratiwi.com


Oh ya, apa sih sebenarnya yang ingin kakak capai dari menulis? Pernah ga kepikiran bakal punya pekerjaan lain yang jauh menyimpang dari dunia tulis menulis? --- Kalo aku tantang ya, kalo bukan jadi penulis, kak Erlita Pratiwi akan jadi seorang apa? (ga boleh semacam blogger, editor yak.. harus menyimpang jauh. Hihi)

Apa yang ingin saya capai dari menulis terus berubah seiring perjalanan waktu hihihi... gaya banget ya! Awalnya mengisi waktu, kemudian ada perasaan senang ketika dimuat. Kemudian jadi takjub ketika melihat buku saya ada di rak buku Gramedia. Terakhir, cuma bisa speechless ketika tahu kalau buku ‘Misteri Pantai Mutiara’ terbang ke Frankfurt Book Fair 2015.

Saya tidak berani menentukan target apa yang ingin saya capai. Duh... saya mah siapa atuh. Jadi sekarang ini saya ingin menghasilkan karya yang bagus, yang bisa memberi tambahan pengetahuan bagi pembacanya. Syukur kalau bisa menginspirasi pembaca untuk menjadi lebih baik.

Soal tantangan, saya ingin meneruskan karir saya sebelum berhenti kerja. Gak ada hubungannya dengan menulis kan? :p


Selama kakak jadi penulis, apa sih pengalaman yang paliiiiing menyenangkan? Juga paling menyedihkan?

Yang paling menyenangkan itu saat dapat testimoni bagus dari pembaca. Yang paling menyedihkan saat dapat kritik pedas luar biasa dari orang yang justru belum baca buku saya secara utuh huhuhu...


Kalo lagi sedih atau mood menulisnya jelek, biasanya kak Erlita menyembuhkan semangat dengan melakukan apa?

Segelas ice vanilla latte mampu memperbaiki mood :p eh tapi tergantung seberapa jelek moodnya. Kalo udah suntuk banget, biasanya saya mengambil jeda sejenak dari hiruk pikuk dunia. Nongkrong sambil bengong, membebaskan pikiran saya berkelanan. Membiarkan mata saya melihat the little sweet thing yang mungkin terlewat. Berinteraksi dengan orang-orang yang tidak terpikirkan sebelumnya oleh saya.


Kak Erlita menulis setiap hari ya? Biasanya berapa jam per hari? Waktu yang paling kakak suka untuk menulis ada gak? Misal pagi, siang, sore, malam? Atau semua waktu sama aja?

Saya ini pekerja rumah tangga :D waktu menulis saya terselip di antara gunungan pekerjaan domestik. Saya tidak mematok harus menulis sekian jam. Tergantuang keperluannya saja.

Tadinya saya suka menulis malam hari saat semua mata penghuni rumah sudah terpejam. Sekarang saya enggak sanggup lagi begitu. Mungkin pengaruh umur ya... huhuhu... Jadi kalau ada tulisan yang harus saya selesaikan, saya usahakan menulis siang hari. Karena malam hari saya mengajari anak saya yang kecil.


Kak Erlita ngasih reward untuk diri sendiri ga sih saat tulisan kakak rampung atau barangkali saat kak Erlita melakukan suatu pencapaian khusus? Kalau ada, rewardnya berupa apa?

Biasanya kalau satu naskah selesai, selama beberapa hari setelahnya saya santai-santai. Leyeh-leyeh nonton film di tv, baca buku. Kalau situasi memungkinkan, saya memilih tidur haha..


Kak Erlita suka baca kah? Paling suka tulisan siapa dan buku apa?

Saya suka baca sejak kecil. Dulu suka buku-bukunya Enyd Blyton. Setelah besar suka novel misteri. Saya mengoleksi buku-buku S. Mara Gd, Sidney Sheldon, Nora Robert. Yang paling saya suka itu ‘Master of the game’ Sidney Sheldon dan ‘The Pelican Brief’  Jhon Grisham.


Pesan-pesan dong kak untuk Ketimpuk Buku dan para Ketimpukers (pembaca Ketimpuk Buku *seolah-olah ada :p)

Kesannya saya udah tua banget ya, sampai ngasih pesan :D Enlighting your mind and broaden your horizon by reading a book. Bagus kan pesan saya?


Wah, bagus sekali :D Makasih ya kak Erlita, semoga someday kita beneran bisa kopi darat dan bisa ngobrol lebih panjang. Aamiin..

Aamiin... Makasih ya, sudah membuat saya tampil di blog. Keep on blogging, yeay!

5 komentar:

  1. wah banyak banget karyanya, salam kenal Erlitaa

    BalasHapus
  2. yang tanya dan yang jawab sama-sama keren...

    salam kenal mbak Intan... :)

    BalasHapus
  3. Mbak Erlita lebih fokus ke cerita anak, ya.
    Aku baru baca yang Australia aja.

    BalasHapus
  4. uuugh.. selain cantik. mbk ini pinter juga, dan rajin menulis, rajin nulis.. berrti juga rajin baca.. smart.. ;-)

    BalasHapus